Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 77 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Siti Aura Nurusysyarifah
Abstrak :
ABSTRACT
Tesis ini membahas penerapan konsep shared learning di Perpustakaan Kementerian PUPR yang dapat dilihat dari desain, layanan, fasilitas, dan kegiatan yang diadakan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus menggunakan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa Perpustakaan Kementerian PUPR telah berhasil menerapkan pembelajaran bersama. Buat ruangan sesuai dengan kriteria fungsional, mudah disesuaikan, diakses, bervariasi, interaktif, kondusif, kompatibel dengan lingkungan, aman dan terkendali, efisien, menggunakan teknologi informasi, dan memiliki desain yang baik. Layanan dan fasilitas yang dibuat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, yaitu Ada layanan pendidikan, layanan rujukan, loker, wifi, ruang tamu, area kerja komputer, area pengumpulan, area baca, ruang baca anak, ruang diskusi, ruang baca VIP, audio visual ruang, ruang pustakawan, dan dapur. Kegiatan itu diadakan review buku dan pelatihan pustakawan. Persetujuan Kementerian Pekerjaan Umum dan Pekerjaan Umum menjadi yang ketiga.
ABSTRACT
This thesis discusses the application of the concept of shared learning in the Ministry Library PUPR that can be seen from the design, services, facilities, and activities that are held. The research method used is the case study method using qualitative. Data collection techniques used were observation, interviews, and document analysis. The results of research conducted indicate that the Library The PUPR Ministry has successfully implemented joint learning Make a room according to functional criteria, easy adapted, accessed, varied, interactive, conducive, compatible with the environment, safe and controlled, efficient, using information technology, and has a good design. Services and facilities created are tailored to the needs of users, i.e. There are education services, referral services, lockers, wifi, living rooms, computer work areas, collection area, reading area, children's reading room, discussion room, VIP reading room, audio room visuals, librarian room, and pantry. The activity held was book review and librarian training. The Ministry of Public Works and Public Works Library approval became the place third.
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Prasasta Nirantara
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini menganalisis mengenai klasifikasi yang diterapkan di Kompas Forum. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan skema klasifikasi yang diterapkan di Kompas Forum dan pengembangannya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penerapan klasifikasi di Kompas Forum menggunakan skema klasifikasi faceted dengan unsur verbal dan terdapat empat tahap pengembangan yang disesuaikan dengan kebutuhan pembaca, akan tetapi dalam skema klasifikasi Kompas Forum masih terdapat kekurangan dalam temu kembali informasi, karena tidak adanya indeks dan penggunaan istilah yang tidak terkontrol. Penelitian ini menyarankan untuk menggunakan indeks dan melakukan pengawasan kosakata untuk istilah yang digunakan oleh pengguna.
ABSTRACT
This research analyzed about content classification in Kompas Forum.. This qualitative research aims to classification scheme in Kompas Forum and the classification development. The results of this research indicate that classification in Kompas Forum used faceted classification scheme with verbal elements and there are four steps of development that adapted with user needs, but classification in Kompas Forum still lack in information retrieval, because there is no index and vocabulary control. This research suggests to use index and do the vocabulary control for term used in Kompas Forum.
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S57505
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Fahri Maihesa
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan ruang penyimpanan arsip di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dan kendala apa saja yang dialami oleh staf pusat arsip inaktif Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi pustaka. Informan dalam penelitian ini adalah staf Sub Bagian Tata Usaha dan Kearsipan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Teknik wawancara yang digunakan adalah unstructured interview. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bagaimana pengelolaan ruang penyimpanan arsip di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai tidak sesuai dengan pedoman atau standar yang berlaku. Hal ini terjadi karena kurangnya pemahaman dan tidak lengkapnya peralatan yang sesuai dengan standar. Kendala yang terdapat di dalam kegiatan penyimpanan adalah lokasi pusat arsip inaktif, peralatan serta pemahaman staf kearsipan. Perlunya perbaikan terhadap bagaimana pengelolaan ruang penyimpanan arsip agar kendala dapat diatasi dan kegiatan penyimpanan menjadi lebih baik dan efektif
ABSTRACT
This study aims to determine how the management of records storage in the Directorate of Customs and Excise and any constraints experienced by archival’s staff of the Directorate of Customs and Excise. This study use a descriptive approach with qualitative methods. Data was collected by interview, observation, and literature. Informants in this study are staff of Sub Division of Administration and Archives Directorate of Customs and Excise. Interview techniques used are unstructured interviews. These results indicate how the management of records storage in the Directorate of Customs and Excise is not accordance with the applicable guidelines or standards. This happens due to the complete lack of understanding and not according to the standard equipment. Constraints in the storage activity is the location of inactive records center, equipment and lack of understanding in archival’s staff. The management of recods storage improvement are needed, so that obstacles can be resolve and storage activities become more effective
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S57462
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ferry Kurniawan
Abstrak :
Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta (2011-2014). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan karya ilmiah dosen meliputi kebijakan, pengadaan, pengolahan, pelayanan (akses dan diseminasi) dan pelestarian serta kendala yang dihadapi di Perpustakaan Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukakan dengan observasi, wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah pengelolaan karya ilmiah dosen masih belum berjalan seperti yang diharapkan, terlihat dari masih sedikitnya jumlah karya ilmiah yang terkumpul dan belum semua dosen mengumpulkannya pada perpustakaan. Permasalahan yang terjadi tidak terletak pada teknologi dan kebijakan yang sudah ada, namun pada implementasi kebijakan yang belum maksimal dilakukan. Karena belum adanya laporan mengenai karya ilmiah dosen kepada pihak universitas selaku pembuat kebijakan.
This thesis discusses Management of lecturer?s scholarly publications at Atma Jaya Catholic University (2011-2014). The purpose of this study was to describe the management of Lecturer Scholarly Publications includes policies, acquisition, processing, services (access and dissemination), and the preservation and obstacles encountered in the Library of the Catholic University of Atma Jaya Jakarta. Data collected by observation and interview. Results from this study is the management of Lecturer's Scholarly Publications is still not working as expected, it seen by the small number of Scholarly Publications collected and not all lecturers collect Scholarly Publcations at the library. The problems that occurred not on the technologies and policies that already exist, but on implementation of policy. because of the lack of reports of scientific work as a university lecturer to the policy makers. Because of the lack of reports of Lecturer?s Scholarly Publication to the university as the policy makers.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2015
S61484
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yulia Annisa
Abstrak :
Penelitian ini membahas mengenai minat baca anak jalanan di KOPPAJA Klender, Jakarta Timur serta upaya yang dilakukan oleh komunitas dalam meningkatkannya. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini ialah minat membaca anak di KOPPAJA terkait dengan aktivitas sehari ? hari mereka di jalan dalam memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk memahami minat membaca anak jalanan yang didukung oleh adanya fasilitas, koleksi, serta program yang dibuat oleh KOPPAJA Klender, Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif dengan teknik studi kasus. Peneliti menyimpulkan bahwa keberadaan KOPPAJA sangatlah penting karena merupakan sarana pembentukan kebiasaan membaca bagi anak-anak jalanan di Klender, Jakarta Timur.
This study discusses about reading interest of street children in KOPPAJA Klender, East Jakarta and efforts community to improve it. The issues raised in this research children reading interest at KOPPAJA related to their daily activities in the street to meet the economic necessity of a family. This study attempt to understand reading interest of street children who supported by facilities, collection, and program made by KOPPAJA. In this study, researcher use the qualitative method which is case study method. The researcher concluded that the existance of KOPPAJA is very important because it is a means of reading habit formation for street children in Klender, East Jakarta.
2016
S62481
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Matthias Janu Kurniawan
Abstrak :
ABSTRACT
Perpustakaan gereja adalah sebuah fasilitas yang berperan penting dalam peningkatan kualitas spiritualitas jemaat di sebuah gereja, namun sampai saat ini perpustakaan gereja masih sangat jarang diteliti di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi fungsi perpustakaan dalam menunjang kegiatan gerejawi. Perpustakaan Pelita adalah sebuah perpustakaan yang terdapat di salah satu gereja di bilangan Jakarta Pusat. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif serta metode studi kasus, didapati bahwa dalam empat kegiatan gerejawi yang diteliti (Kebaktian, Katekisasi, Sekolah Minggu, Pemahaman Alkitab), perpustakaan Pelita menjalankan lima dari enam fungsi perpustakaan rumah ibadah sesuai dengan The Public Library Service: IFLA/UNESCO Guidelines for Development. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan perpustakaan gereja secara tidak langsung akan meningkatkan spiritualitas jemaat gereja.
ABSTRACT
Church library is an important facility in improving the quality of a church congregation?s spirituality. To date, however, the function of church library has yet to be analyzed in Indonesia. This research seeks to identify the functions of a library in supporting church activities. Using qualitative approach and case study method on Pelita Library, a library that supports a church in Central Jakarta, it is found that the library has been doing five out of six functions of a library in a place of worship, according to The Public Library Service: IFLA/UNESCO Guidelines for Development. The results show that the existence of a church library will indirectly improve the quality of a church congregation's spirituality.
2016
S64280
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Nurfadilah
Abstrak :
ABSTRAK
Indonesia adalah negara hukum yang kegiatannya harus berdasarkan peraturan perundang-undangan yang ada. Dalam menegakkan supremasi hukum, dibutuhkan suatu kerjasama membentuk sebuah lembaga yang mengelola peraturan perundang-undangan yang tersebar di seluruh Indonesia. Kerjasama Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional JDIHN yang diciptakan tersebut melibatkan banyak pihak pusat dokumentasi hukum yang ada pada setiap instansi yang tersebar di seluruh Indonesia sehingga perlu diperhatikan tahapan dari proses kerjasamanya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dalam bentuk penelitian studi kasus. Penilitian ini akan membahas proses kerjasama, suatu teori dari Tuckman mulai dari tahap forming, storming, norming, performing, dan adjourning. Penelitian dilakukan untuk mengetahui perkembangan kerjasama yang ada pada JDIHN. Kerjasama yang ada dalam JDIHN bertahan hingga saat ini karena adanya legitimasi hukum dan kepentingan pimpinan instansi pemerintahan dan non pemerintahan. JDIHN merupakan organisasi yang mengelola peraturan hukum dan merupakan media mendapatkan peraturan hukum sebagai referensi dalam membuat produk hukum yang dikeluarkan oleh masing-masing instansi.Kata kunci :Kerjasama jaringan, JDIHN, BPHN, networking.
ABSTRAK
Indonesia is state of law whose activities must be based on existing legal regulations. In upholding the supremacy of the law, it takes a cooperation to establish an institution that manages the laws and regulations spread throughout Indonesia. The cooperation in the National Legal Information Documentation and Information Network JDIHN created involves many parties of legal documentation center that existed in every agency spread all over Indonesia so it should be noted the stages of the cooperation process. This research uses qualitative method in case study research. This research will discuss the process of cooperation, a theory of Tuckman from the stage of forming, storming, norming, performing, and adjourning. The research was conducted to know the development of cooperation in JDIHN. Cooperation is in JDIHN survived until today because of the legitimacy of the law and the interests of the heads of government and non government agencies. JDIHN is an organization that manages the rule of law and media to get the rule of law as a reference in making the legal product issued by each agency. Keywords Network cooperation, JDIHN, BPHN, networking
2017
S69385
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Erwin Rahmandita
Abstrak :
ABSTRAK<>br> Penelitian ini adalah tentang gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh Kepala Perpustakan Perguruan Tinggi Gayo. Perpustakaan Perguruan Tinggi Gayo telah berkembang menjadi perpustakaan dengan kualitas yang baik dalam waktu singkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya kepemimpinan kepala perpustakaan dalam menyelenggarakan Perpustakaan Perguruan Tinggi Gayo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan menjadikan Perpustakaan Perguruan Tinggi Gayo sebagai kasus yang diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi lapangan langsung dan wawancara kepada Kepala Perpustakaan, pustakawan, dan tenaga Perpustakaan Perguruan Tinggi Gayo. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa gaya kepemimpinan yang digunakan oleh kepala perpustakaan adalah kepemimpinan situasional yaitu kepala perpustakaan dapat memimpin dengan gaya yang berbeda pada situasi yang berbeda. Kepala perpustakaan telah memimpin dengan menggunakan gaya directing, coaching, dan supporting. Namun, kepala perpustakaan belum menggunakan gaya delegating dalam kepemimpinannya, karena tingkat kesiapan anggota yang di persepsikannya belum memadai.
ABSTRACT<>br> This thesis discusses the leadership style of the head of the library of Perguruan Tinggi Gayo. The library of Perguruan Tinggi Gayo has been developing rapidly into a good library. The purpose of this study is to determine the leadership style of the head librarian in leading the library of Perguruan Tinggi Gayo. This study uses a qualitative approach, and put the library of Perguruan Tinggi Gayo as the single case for research. The data collection techniques use observation and interviews of the head of libraries, librarians and library workers of the library of Perguruan Tinggi Gayo. The research concludes that the leadership styles used by the head of the library is situational leadership, that is the head lead using different style of leadership for different situations. It showed that the head of the library has been using the telling, selling, and participating style of leadership. However, the head of the library has not been using delegating style of leadership, presumably because he perceived that the readiness level his members is inadequate.
2017
S70173
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raden Mas Aria Aditya Mahendra
Abstrak :
ABSTRAK
Penilaian unstructured data sebagai bagian dari rekod Perpustakaan UI dipilih sebagai topik berdasarkan perubahan terbaru dalam dinamika manajemen informasi seiring dengan perkembangan teknologi informasi. penggunaan media sosial sebagai cara untuk berkkomunikasi dengan publik menambahkan elemen baru untuk dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan di perpustakaan. Tujuan dari topik ini adalah untuk menganalisis fungsi penilaian unstructured data sebagai bagian dari rekod yang dipertimbangkan di dalam pengambilan keputusan. Metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah analisis. Data akan didapatkan melalui wawancara dan studi literatur. Penilaian unstructured data berdasar pada apakah unstructured data diperlakukan sama seperti rekod yang mana digunakan sebagai memori kolektif organisasi dan pertimbangan mereka dalam pengambilan keputusan.
ABSTRACT
Unstructured data appraisal as a part of the record of University of Indonesia rsquo s central library is selected as the paper rsquo s topic based on the recent changes in the dynamic of information management in accordance to the development of information technology. The activity of using social media as a mean to communicate with the public adds a new element to be considered in the decision making of the library. The objective of this topic is to analyze the function of appraising unstructured data as a part of record that is considered in the decision making. The method used in this paper is analytical. The data will be acquired through interview and literature studies. The appraisal of the unstructured data is based on whether it is treated the same as record which is used as a collective memory of an organization and their assessment in the decision making.
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Reino Auzan Rifqi
Abstrak :
Skripsi ini membahas tentang bagaimana UIANA bekerja sebagai repositori institusional dengan melihat tata cara penyusunan karya ilmiah, cara mengunggah dan mengelolanya di perpustakaan UI. UIANA adalah kumpulan karya ilmiah yang dihasilkan oleh civitas akademika UI sebagai kekayaan UI. Kepengurusan UIANA diawali dengan terbitnya SK Rektor tahun 2008 tentang Pedoman Teknis Penyusunan Tugas Akhir Universitas Indonesia dan diperbaharui dengan Keputusan Rektor Nomor 2143 Tahun 2017 tentang Pedoman Teknis Penulisan Tugas Akhir Mahasiswa Universitas Indonesia yang wajib digunakan oleh seluruh mahasiswa UI, baik mahasiswa S1 maupun S2 pedoman penulisan tugas. UIANA sebagai arsip Universitas Indonesia dapat digunakan sebagai bukti akuntabilitas UI sebagai lembaga penghasil pengetahuan dan dapat menunjukkan perkembangan ilmu pengetahuan di Universitas Indonesia. UIANA itu yang telah dirintis sejak tahun 2004, dikelola secara digital dengan menggunakan aplikasi LONTAR, aplikasi yang sama untuk mengolah bahan pustaka lainnya di Perpustakaan UI, sehingga dapat dikatakan bahwa Perpustakaan UI memiliki mengintegrasikan manajemen koleksi dalam satu sistem aplikasi terintegrasi (sistem perpustakaan terpadu). Skripsi ini membahas tentang manajemen UIANA sejak proses unggah mandiri yang dilakukan oleh mahasiswa sampai dengan pemberian akses ke pengguna dan masalah yang muncul dalam proses manajemen. Dari proses kebijakan pengembangan koleksi hingga pemberian akses, Manajemen Koleksi UIANA dapat dikatakan sebagai Perpustakaan Digital UI. UIANA sebagai Repositori Universitas Indonesia baru bisa menjaring Tugas Akhir mahasiswa namun belum mampu menangkap karya penelitian yang dihasilkan dosen serta, personel fungsional lainnya di lingkungan UI. ......This thesis discusses how UIANA works as an institutional repository by looking at the procedures for compiling scientific papers, how to upload and manage them in the UI library. UIANA is a collection of scientific works produced by the UI academic community as a wealth of UI. The management of UIANA begins with the issuance of the Rector's Decree 2008 regarding Technical Guidelines for Compiling University of Indonesia Final Projects and updated with Rector's Decree Number 2143 of 2017 concerning Technical Guidelines for Writing Student Final Projects at the University of Indonesia which must be used by all UI students, both undergraduate and postgraduate students, guidelines for writing assignments. UIANA as an archive of the University of Indonesia can be used as evidence of UI's accountability as a knowledge-producing institution and can show the development of science at the University of Indonesia. UIANA which has been initiated since 2004, is managed digitally using the LONTAR application, the same application for processing other library materials in the UI Library, so it can be said that the UI Library has integrated collection management in one integrated application system (integrated library system). This thesis discusses UIANA management since the independent upload process carried out by students to providing access to users and problems that arise in the management process. From the collection development policy process to granting access, UIANA Collection Management can be said to be the UI Digital Library. UIANA as the Repository of the University of Indonesia has only been able to capture student Final Projects but has not been able to capture research work produced by lecturers and other functional personnel within the UI.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8   >>