Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 13 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Regina Yasmina Ausustine Polin
Abstrak :
Secara umum, penelitian eksploratif ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tipe-tipe kiaim lingkungan yang digunakan dalam iklan dengan kredibilitas atau tingkat kepercayaan khalayak terhadap iklan dan klaim lingkungan yang ada di dalamnya. Penelitian ini sendiri merupakan replika dari penelitian yang telah dilakukan oleh Les Carlson, Stephen J. Grove, dan Norman Kangun pada tahun 1993, namun penulis berusaha memasukkan indikator baru yang lebih sesuai dengan keadaan di Indonesia. Prosedur penelitian dimulai dengan mengumpulkan iklan-iklan yang menyertakan klaim lingkungan (iklan rhijau) dari 2 majalah lokal (Tempo dan Femina) edisi April 1999 - April 2000 serta 2 majalah asing (Newsweek dan National Geographic) edisi Desember 1998 - Desember 1999. Kemudian dilakukan penjurian oleh 13 orang juri atas 54 iklan yang terkumpul, berdasarkan kategorisasi tipe klaim dan kategorisasi tingkat kredibilitas. Seterusnya, dari hasil penjurian dua kategori itu dibuat matriks untuk mempermudah analisis penelitian. Dari matriks yang terbentuk, dapat disimpulkan bahwa klaim lingkungan yang paling sering digunakan adalah klaim yang menekankan pada citra produk, dan klaim yang paling sedikit dipakai adalah klaim yang menyajikan fakta-fakta lingkungan. Selain itu, kiaim lingkungan yang paling banyak ditemukan hanya menampilkan logo atau slogan lingkungan hidup secara umum. Klaim semacam ini dianggap memiliki kecenderungan untuk menyesatkan khalayak. Klaim yang menyajikan fakta lingkungan cenderung lebih dipercaya daripada klaim yang berorientasi pada citra produk. Jika dikaitkan dengan media yang memuat iklan, klaim-klaim lingkungan yang ada pada iklan di majalah asing cenderung lebih dipercaya dibanding majalah lokal. Hal ini disebabkan karena klaim lingkungan pada iklan majalah asing lebih berani menggunakan isu tentang pelestarian satwa langka dibandingkan klaim pada iklan majalah lokal. Hasil lain yang didapat dari penelitian ini adalah klaim lingkungan yang mengangkat isu efisiensi energi, kerusakan hutan, dan lapisan ozon, lebih dapat diterima khalayak.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2001
S4227
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Amalia Beta
Abstrak :
PT Bank Tabungan Negara adalah suatu perusahaan yang memberikan pelayanan jasa di bidang perbankan. Sebagai suatu perusahaan yang membutuhkan kepercayaan publik, diperlukan adanya Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan dapat dipercaya. Untuk dapat mewujudkan hal tersebut, maka diperlukan adanya kegiatan-kegiatan yang ditujukan kepada karyawan agar dapat tercipta suatu rasa disiplin, loyalitas dan dedikasi yang tinggi, yang dapat tercipta jika terdapat rasa turut memiliki perusahaan atau sense of belonging pada diri karyawan. Sense of belonging tersebut dapat tumbuh jika karyawan merasa dirinya diakui, dihargai dan diperhatikan oleh perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji kegiatan-kegiatan employee relations yang telah dilakukan di PT BTN cabang Jakarta Harmoni dan untuk melihat dampak dari kegiatan-kegiatan tersebut terhadap rasa turut memiliki perusahaan (sense of belonging) karyawan PT BTN cabang Harmoni Jakarta Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Data mengenai kegiatan employee relations di PT BTN cabang Harmoni Jakarta diambil dari berbagai sumber, baik literatur maupun dokumen perusahaan. Wawancara dengan karyawan maupun kepala divisi SDM selaku divisi yang melakukan kegiatan kehumasan juga dilakukan untuk mendapatkan informasi mengenai fakta yang diperlukan. Data tersebut diperlukan untuk melihat kegiatan employee relations yang telah dilakukan oleh PT BTN cabang Harmoni Jakarta agar dapat digambarkan sejelas dan secermat mungkin sehingga dapat dikaji dan dilihat dampak dari kegiatan employee relations tersebut terhadap sense of belonging karyawan terhadap perusahaan. Dad hasil pengamatan ditemukan bahwa kegiatan employee relations yang telah dilakukan oleh PT BTN cabang Harmoni Jakarta sangat bervariasi, meliputi kebutuhan fisik dan jiwa, yaitu kegiatan olahraga, darmawisata, kegiatan kerohanian, pemberian penghargaan kepada karyawan berprestasi dan kegiatan pelatihan (training). Kegiatan olahraga terdiri atas olahraga sepakbola, bowling, senam, bulu tangkis, dan tennis meja. Melalui kegiatan employee relations yang telah dilakukan oleh Bank Tabungan Negara cabang Harmoni Jakarta tersebut, karyawan dapat merasakan dampak yang positif dari kegiatan tersebut, antara lain perasaad bangga dan merasakan adanya dukungan dari rekan kerja maupun dad pimpinan. Kedua pihak, balk perusahaan maupun karyawan mendapatkan keuntungan yang sama dalam bentuk yang berbeda. Karyawan dapat merasakan dampak positif dari kegiatan yang dilakukan, seperti perasaan bangga, bahagia, puas karena rasa dibutuhkan oleh perusahaan. Sedangkan perusahaan diuntungkan karena memiliki karyawan yang memiliki dedikasi tinggi, disiplin, loyalitas terhadap perusahaan dan tentu saja Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Sumber Daya Manusia yang berkualitas dapat berbentuk inisiatif dari karyawannya untuk memberikan sumbangan ide, masukan dan kritik membangun yang ditujukan kepada perusahaan demi kemajuan perusahaan.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2005
S4252
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Karina Rachmavina F
Abstrak :
ABSTRAK
Film Sang Pencerah adalah sebuah film nasional bergenre biopic yang mengangkat tema agama dan konflik yang terjadi dalam kehidupan beragama, dalam hal ini penganut agama Islam. Permasalahan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana konflik intra kelompok penganut agama Islam di Indonesia direpresentasikan melalui film bergenre biopik yang mengangkat kehidupan KH.Ahmad Dahlan. Penelitian ini menggunakan teori Konstruksi Sosial pada Realitas dan Analisis Framing Gamson & Modigliani untuk melihat bagaimana representasi tersebut dihadirkan melalui serangkaian dialog dan adegan. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil temuan maka dapat disimpulkan bahwa di dalam film Sang Pencerah ini konflik dibingkai dalam bentuk oposisi biner. Ditemukan pula bahwa penyebab konflik adalah karena terdapat perbedaan pandangan dalam menjalankan syariat agama dan pengaruh kekuasaan.
Abstract
?The Enlightenment? is an Indonesian film with biopic genre that came with the theme of religion and conflict in religious life, in this case among fellow Moslems, represented through the film that deliver the life?s story of notable clergy KH. Ahmad Dahlan. Using the theory of Social Construction of Reality as well as Gamson & Modigliani Framing Analysis to see how the representation is presented through a series of dialogues and scenes. The study uses a constructivist paradigm with qualitative approach. The findings indicates that intra-group conflict in the Islamic religion in this film is framed in the form of binary opposition. Another finding is that the cause of the conflict is due to differences in the running of the Shari'a and the influence of the religion.
2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Citra Dinanti
Abstrak :
Penelitian ini dilakukan kepada khalayak perempuan terhadap iklan televisi Pond?s Age Miracle versi ?Donna-Darius?. Fokus penelitian ini ialah khalayak perempuan berusia diatas 30 tahun dan sudah menikah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui posisi pemaknaan nilai ?awet muda? pada pesan iklan yang menggunakan pendekatan emotional oleh khalayak dengan melihat posisi pemaknaan pada daya tarik iklan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif konstruktivis. Data dikumpulkan dengan menggunakan tehnik wawancara mendalam. Hasil Penelitian menunjukan bahwa penggunaan pendekatan emotional dalam iklan belum mampu membuat khalayak mengadopsi nilai ?awet muda? dalam iklan secara dominan, karena faktor frameworks of knowledge, relations of production, dan technical infrastructure  yang dimiliki khalayak. Implikasi dari penelitian ini memperlihatkan adanya posisi decoding yang dominan dalam daya tarik iklan tidak mengindikasikan diterimanya konsep keseluruhan dalam iklan.
This research is conducted among female audience of Pond?s Age Miracle television commercial ?Donna-Darius? version. This research focuses on married women over 30 years of age. The purpose of this research is to understand the decode position of the ageless? value by audiences over emotional approach ads through the examination of ads appeals decode position. This research uses qualitative descriptive constructivist approach. The information was gathered using indepth interview. The research findings show that the use of emotional approach in ads is unable to make the audience to adopt a dominant position of the ageless? value over TV commercial, which is caused by frameworks of knowledge, relations of production, and technical infrastructure factor from the audience. The implication of this research shows that dominant decoding position in ads appeal doesn?t indicate the acceptance of the overall ads concept among the audience.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2010
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Nurhikmah
Abstrak :
Majalah ini merupakan prototype majalah mengenai olahraga ekstrim di Indonesia. Berisi tentang berbagai olahraga ekstrim seperti menyelam, sepeda gunung, panjat tebing, berselancar, dan lain-lain. Prototype ini bertujuan untuk memberi informasi sesuai kebutuhan serta pengetahuan mengenai olahraga ekstrim baik dari referensi tempat, produk, tips, hingga komunitas dan berbagai hal lainnya sesuai kebutuhan olahraga ekstrim yang diminati. Majalah ini ditujukan bagi laki-laki dan perempuan usia 15 tahun - 45 tahun. Total biaya yang akan dikeluarkan majalah ini sebesar Rp 1.542.700.000 dan Break Even Point (BEP) di perkirakan dalam waktu empat tahun tiga bulan. Sebagai upaya pengembangan majalah, redaksi akan selalu mengadakan evaluasi secara berkala berupa evaluasi per-edisi, Focus Group Discussion (FGD) dan survey pembaca. ......"X-TRIM!" is an Indonesian magazine prototype. Its contents are various extreme sports, such as diving, mountain biking, wall climbing, surfing, etc. This prototype provides essential information for extreme sports lover. Location, products, tips, community, story, profile, and all about extreme sports can be found here. This magazine is presented for men and women in the range of age around 15 - 45 years old. Estimated total cost for this magazine is Rp 1.542.700.000. Which will reach Break Even Point (BEP) in four year and three months. In order to improve quality, editorial staff will conduct evaluation for each edition, Focus Group Discussion (FGD) and readers survey.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Dea Reskiana Irawan
Abstrak :
Dalam rangka menjaga hubungan baik dan meningkatkan kepercayaan investor terhadap Pasar Modal Indonesia, PT KSEI sebagai Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian Transaksi saham memberikan fasilitas Kartu AKses kepada investornya. Untuk itu maka PT KSEI membutuhkan metode yang menarik dan interaktif seperti Special event untuk memperkenalkan dan edukasi seputar kartu AKSes tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti jalannya special event dalam membentuk product knowledge investor. Konsep yang digunakan adalah Special event dan Product knowledge. Penelitian ini menggunakan paradigma Konstruktivis, pendekatan kualitatif, dan bersifat deskriptif. Wawancara dilakukan kepada dua orang pihak internal KSEI dan masing-masing tiga investor pada setiap kota. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa special event merupakan salah satu cara yang baik dalam membentuk product knowledge kepada investor. ......In order to maintain good relations and enhance investor confidence in Indonesia's Capital Market PT KSEI as the Central Securities Depository shares Transaction Access Card provides facilities to investors. For that the PT KSEI takes an interesting and interactive methods such as Special event to introduce and educate about the AKSes card. This study aims to examine the special event in shaping the course of investors product knowledge. The concept used is Special events and product knowledge. This study uses a Constructivist paradigm, a qualitative approach, and is descriptive. Interviews were conducted to two KSEI's internal parties and to the three investors in each city. In this study found that the special event is one good way in shaping the product knowledge to investors.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Aghita Kruliane
Abstrak :
Skripsi ini meneliti tentang penggunaan bahasa alay yang sedang berkembang di kalangan remaja yang membutuhkan suatu identitas untuk menunjukkan eksistensinya di lingkungan masyarakat. Lalu remaja mulai mencari cara untuk mendapat tempat dalam masyarakat, dengan menggunakan bahasa alay. Dengan teori reception analysis dan paradigma konstruktivis, tujuan penelitian kualitatif ini adalah mendeskripsikan cara berkomunikasi remaja yang menggunakan bahasa alay melalui ragam tulisan dan perilaku non verbal yang terpengaruh dari lingkungan remaja. Unit analisis yang diangkat dalam penelitian ini adalah individu yang menggunakan bahasa tersebut dan pengambilan bahasa yang diambil dari MTV Alay. This thesis researched the use of alay language among teenagers that requires a sense of identity to show their existence in the community. Then teenagers start looking for a way to take the place in their community by the use of alay language. With the reception analysis theory and the constructivism as a paradigm, this qualitative research aims to describe teenagers ways of communicating by using alay language through variety of writing and non verbal behavior that affected of their neighborhood. The unit of analysis in this research is an individual that uses such language and language retrieval that is taken from MTV Alay.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ayu Mirna Mirlanda
Abstrak :
ABSTRAK
Kemacetan merupakan masalah pelik yang terjadi di kota Jakarta. Kemacetan telah menimbulkan dampak buruk yang menyangkut pada segi ekonomi, khususnya kerugian ekonomi berupa pemborosan bahan bakar minyak (BBM), kerugian produktivitas waktu, dan kerugian distribusi barang. Kerugian ekonomi yang diakibatkan bisa mencapai angka triliunan rupiah per tahunnya. Segala kebijakan sudah dikeluarkan pemerintah tidak membuahkan hasil yang berarti. Kerjasama pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga tidak terlaksana mulus. Maka kerugian akibat kemacetan pun terus meningkat.

Penghimpunan bahan laporan ini sebagian besar dilakukan dengan metode Computer Assisted Reporting (CAR), yang mulai populer dipergunakan dalam jurnaslistik sejak akhir 1980-an. Sedangkan data lainnya didapatkan dengan cara wawancara, serta observasi ke lokasi kemacetan. Sifat laporan ini adalah interpretative reporting, dan disajikan dalam satu paket laporan mendalam yang terbagi dalam empat judul artikel.
Abstract
Traffic Jam is a constant and ever present problem in Jakarta. It has caused very bad effects regarding to the economic aspect, especially that of the fuel consumption, time productivity, and goods distributions. The economic loss that it causes may reach up to trillions of rupiahs annually. Many policies and regulations has been issued by the government, but in practice there has been a lack of synergy and co-operation between the government and the Jakarta city authorities. Therefore, the economic loss and amount of traffic jams keep on rising by time.

This in-depth report uses Computer Assisted Reporting (CAR) to collect data, which began to be used in journalism since the late 1980s. While other data obtained by interview and direct observation on the traffic jam area. The nature of this report is interpretative, and is presented in a in-depth report package that is divided into four article.
2011
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ais Purnama Putri
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana remaja perempuan kelas menengah di Jakarta memberikan pemaknaan terhadap K-pop. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis, pendekatan kualitatif, reception studies, Encoding-DecodingStuart Hall, serta didasarkan pada perkembangan studi pemaknaan dari seeing is believing menjadi believing is seeing, dalam arti khalayak memaknai sesuatu bukan diawali dari program yang dilihatnya tetapi diawali dengan konteks sosial atau karakter sosial yang sudah ada sebelumnya pada diri mereka. Hasil penelitian menemukan pemaknaan remaja perempuan kelas menengah terhadap K-pop terkait dengan persepsi awal yang dilatarbelakangi konteks budaya dan peer group. Pemaknaan cenderung dominan ketika persepsi awal sejalan dengannilai dan gaya hidupdalam K-pop. Pemaknaan negosiasi terbentuk ketika faktor ekternal yang melatarbelakangi persepsi awal lebih berperan dibandingkan media. The aim of this research is to understand the reception of Jakarta middle class teenage girls in K-pop phenomenon. This research used constructivism paradigm, qualitative approach, reception studies, Stuart Hall's Encoding-Decoding model, and the changing view in reception studies fromseeing is believing to believing is seeing, which means the reading process does not start from the programviewing but from the social context or social characters that audiences have hadbefore they watch the program. The findings show the reception of Jakarta middle class teenage girls in K-pop phenomenon is mostly influenced by their previous perception formed by theirculturalandpeer groupcontext. Dominant reading occurs when theirpreviousperceptionsuits thevaluesand lifestylesin K-pop. Meanwhile, in negotiated reading the external factors that formed previous perception are more influental than the media itself.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sitinjak, Katrin Rosely
Abstrak :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh upaya perwujudan citra positif perusahaan, dimana dalam penelitian ini Teater IMAX Keong Emas berupaya membangun citranya melalui publikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan strategi publikasi yang dijalankan Keong Emas dalam upaya pembentukan citranya. Dalam penelitian ini metodologi yang digunakan yaitu konstruktivis dengan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif serta studi kasus. Dari penelitian ini ditemukan bahwa publikasi tidak dilaksanakan secara maksimal oleh Keong Emas, temuan ini diperoleh dari hasil wawancara dengan pengunjung yang menyebutkan minimnya pengetahuan publik akan perkembangan Keong Emas sehingga citranya kurang positif. Dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa posisi PR dalam Keong Emas ditempati oleh divisi marketing juga dirangkap oleh divisi lainnya di Keong Emas dimana ketika penelitian ini dilaksanakan posisi marketing sedang berada dalam posisi kosong.
The background of this research is the efforts to actualized positive image of the company. In which of this research, Keong Emas IMAX theatre make an effort to build image with publication. The aim of this research is to describe the publication strategy which is used by Keong Emas in effortto build the image. This researchis conducted in constructive paradigm with qualitative approach,a descriptive research and case study strategy. As the result, this research found that Keong Emas didn?t implement maximal publication based on the result of interview with the visitors who said that they have lack of furthur about the development of Keong Emas, so the image is less of positive. This research found that PR position in Keong Emas placed by Marketing Division and other divisions. But when this research held, Marketing Division wasin empty position.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>