Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Waliyadin
Abstrak :
ABSTRAK
Keberadaan unit bimbingan keija dalam struktur lembaga pemasyarakatan memegang peranan yang cukup signifikan dalam membina narapidana menjadi manusia seutuhnya yang sadar dan ingin hidup secara berdampingan dalam tatanan hidup masyarakat yang beradab. Peningkatan kreativitas petugas bimbingan keija lembaga pemasyarakatan merupakan wahana yang cukup menjanjikan dalam meningkatkan produktivitas dan budaya keija serta pembinaan narapidana secara berdaya guna dan berhasil guna ditengah keterbatasan institusi memenuhi tuntutan anggaran operasional dan tingkat kesejahteraan yang memadai. Kreativitas merupakan kemampuan mengidentifikasi banyak kemungkinan solusi pada persoalan tertentu. Kreativitas bukanlah ciri kepribadian tetapi keterampilan atau proses yang menghasilkan produk yang kreatif. Setiap orang memiliki potensi kreatif dan dapat dipelajari serta dikembangkan melalui suatu pelatihan yang bersifat apiiude dan nonapitude. Penulis mengajukan program ini sebagai alternatif penyelesaian masalah dalam mengembangkan kemampuan menciptakan program pembinaan narapidana yang berkualitas dan efektif melalui pelatihan peningkatan kreativitas petugas bimbingan kerja lembaga pemasyarakatan.
2007
T37642
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohamad Solichin
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan kualitas soal Ujian Akhir Madrasah (UAM) Madrasah Aliyah tahun pelajaran 2007/2008 serta ingin mengetahui daya serap dan kemampuan siswa pada mata pelajaran fiqh di Karesidenan Semarang Provinsi Jawa Tengah. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah data respon siswa peserta ujian dengan jumlah 6848 responden.. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster/area sampling dan terpilih Kabupaten Kendal sebagai kelompok sampel dengan jumlah responden 935 siswa terdiri dari 394 siswa MA Negeri dan 541 siswa MA Swasta. Adapun paket soal Fiqh berjumlah 50 butir soal terdiri dari 5 pilihan jawaban dengan waktu pengerjaan 90 menit. Dilakukan analisa kualitatif dan kuantitatif berdasarkan teori tes klasik menggunakan program ITEMAN serta teori tes modem menggunakan program BIGSTEPS.Secara kualitatif tes tersebut cukup bagus, tetapi masih banyak ditemukan pengecoh yang kurang berfungsi dangan baik. Adapun secara kuantitatif berdasar teori tes klasik menggunakan Iteman, dari Statistik Tes diperoleh Indeks kehandalan ( reliabilitas) tes 0,828, dengan rerata tingkat kesukaran 0.56 dan indeks daya beda 0.317 dengan 4 soal yang ditolak dan hanya 14 soal yang pengecohnya berfungsi baik. Berdasarkan teori tes modem menggunakan Bigsteps, diperoleh Indeks kehandalan tes 0,85, dengan tingkat kemampuan siswa 0.45 , 5 soal ditolak dan terdapat 20 siswa yang tidak fit dengan model. Berdasar analisa diatas, kualitas tes tersebut cukup bagus dan bisa diterima secara empiris, tetapi perlu dilakukan perbaikan terhadap alternatif pilihan jawaban agar pengecoh bisa berfungsi dengan baik.
2009
T37992
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library