Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Muhammad Waliyadin
Abstrak :
ABSTRAK
Keberadaan unit bimbingan keija dalam struktur lembaga
pemasyarakatan memegang peranan yang cukup signifikan dalam membina
narapidana menjadi manusia seutuhnya yang sadar dan ingin hidup secara
berdampingan dalam tatanan hidup masyarakat yang beradab. Peningkatan kreativitas petugas bimbingan keija lembaga
pemasyarakatan merupakan wahana yang cukup menjanjikan dalam
meningkatkan produktivitas dan budaya keija serta pembinaan narapidana
secara berdaya guna dan berhasil guna ditengah keterbatasan institusi
memenuhi tuntutan anggaran operasional dan tingkat kesejahteraan yang
memadai. Kreativitas merupakan kemampuan mengidentifikasi banyak
kemungkinan solusi pada persoalan tertentu. Kreativitas bukanlah ciri
kepribadian tetapi keterampilan atau proses yang menghasilkan produk yang
kreatif. Setiap orang memiliki potensi kreatif dan dapat dipelajari serta
dikembangkan melalui suatu pelatihan yang bersifat apiiude dan nonapitude. Penulis mengajukan program ini sebagai alternatif penyelesaian
masalah dalam mengembangkan kemampuan menciptakan program pembinaan
narapidana yang berkualitas dan efektif melalui pelatihan peningkatan
kreativitas petugas bimbingan kerja lembaga pemasyarakatan.
2007
T37642
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Mohamad Solichin
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan kualitas soal
Ujian Akhir Madrasah (UAM) Madrasah Aliyah tahun pelajaran 2007/2008 serta
ingin mengetahui daya serap dan kemampuan siswa pada mata pelajaran fiqh di
Karesidenan Semarang Provinsi Jawa Tengah. Penelitian ini termasuk penelitian
deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah data respon siswa peserta ujian
dengan jumlah 6848 responden.. Pengambilan sampel dalam penelitian ini
menggunakan teknik cluster/area sampling dan terpilih Kabupaten Kendal
sebagai kelompok sampel dengan jumlah responden 935 siswa terdiri dari 394
siswa MA Negeri dan 541 siswa MA Swasta. Adapun paket soal Fiqh berjumlah
50 butir soal terdiri dari 5 pilihan jawaban dengan waktu pengerjaan 90 menit.
Dilakukan analisa kualitatif dan kuantitatif berdasarkan teori tes klasik
menggunakan program ITEMAN serta teori tes modem menggunakan program
BIGSTEPS.Secara kualitatif tes tersebut cukup bagus, tetapi masih banyak
ditemukan pengecoh yang kurang berfungsi dangan baik. Adapun secara
kuantitatif berdasar teori tes klasik menggunakan Iteman, dari Statistik Tes
diperoleh Indeks kehandalan ( reliabilitas) tes 0,828, dengan rerata tingkat
kesukaran 0.56 dan indeks daya beda 0.317 dengan 4 soal yang ditolak dan hanya
14 soal yang pengecohnya berfungsi baik. Berdasarkan teori tes modem
menggunakan Bigsteps, diperoleh Indeks kehandalan tes 0,85, dengan tingkat
kemampuan siswa 0.45 , 5 soal ditolak dan terdapat 20 siswa yang tidak fit
dengan model.
Berdasar analisa diatas, kualitas tes tersebut cukup bagus dan bisa diterima
secara empiris, tetapi perlu dilakukan perbaikan terhadap alternatif pilihan
jawaban agar pengecoh bisa berfungsi dengan baik.
2009
T37992
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library