Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Intan Rasyidah
Abstrak :
Konsep job engagement merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan. Untuk meningkatkan job engagement, salah satu cara yang bisa dilakukan oleh perusahaan adalah membuat pekerja merasa percaya dengan atasannya (trust in supervisor). Trust in supervisor dianggap belum cukup untuk memperkuat job engagement sehingga penelitian sebelumnya menggunakan psychological safety dan felt obligation sebagai mediasi sekuensial. Penelitian sebelumnya telah membuktikan adanya peran mediasi sekuensial pada trust in supervisor terhadap job engagement. Meskipun peran mediasi sekuensial tersebut terbukti, penelitian sebelumnya memiliki limitasi yaitu responden yang homogen dan telah terikat dengan tempat kerjanya. Oleh karena itu, penelitian ini menjawab limitasi tersebut dengan menggunakan Generasi Milenial berusia 21 sampai 36 tahun yang memiliki atasan langsung. Untuk mengumpulkan data yang beragam, penelitian ini menggunakan kuesioner online melalui media sosial dengan total 332 orang pekerja di Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa, Indonesia. Hasil dari data analisis ini membuktikan bahwa ada pengaruh signifikan mediasi sekuensial dari trust in supervisor terhadap job engagement. Implikasi manajerial dibahas mengenai hasil penemuan ini.
Depok: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Arini Agustina
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh job stress dan organizational identification terhadap employee job satisfaction, baik secara langsung, maupun secara tidak langsung dengan mediasi psychological capital pada jenis pekerjaan yang memiliki tingkat job stress cukup tinggi di sektor perbankan, seperti frontliner (teller dan customer service). Data penelitian ini diambil dari 196 sampel dengan menggunakan kuesioner pada teller dan customer service yang bekerja di bank BUMN area Jakarta Timur. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisis jalur atau path analysis dengan metode regresi linier berganda, dan menggunakan software Statistical Package for Social Science (SPSS) 20.0.
Hasil yang diperoleh menjelaskan bahwa job stress yang dirasakan oleh teller dan customer service sebagai responden dalam penelitian ini, secara signifikan berpengaruh negatif terhadap job satisfaction, baik secara langsung maupun secara tidak langsung melalui mediasi psychological capital. Sedangkan organizational identification tidak memiliki pengaruh pada job satisfaction, baik secara langsung maupun secara tidak langsung melalui mediasi psychological capital.
This study aims to examine the effect of job stress and organizational identification with employee?s job satisfaction, either directly or indirectly mediated by psychological capital, on the type of job that has a high enough level of job stress in banking sector, such as frontliner (teller and customer service). The research data was taken from 196 samples using a questionnaire on teller and customer service working in state-owned banks in East Jakarta area. The data obtained were processed using path analysis with multiple linear regression method, and using Statistical Package for Social Science (SPSS) 20.0.
The results explain that job stress which is perceived by teller and customer service as respondents in this study, has significantly negative effect on job satisfaction, either directly or indirectly through the mediation of psychological capital. While organizational identification has no impact on job satisfaction, either directly or indirectly through the mediation of psychological capital.
Depok: Universitas Indonesia, 2016
S62991
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library