Ditemukan 80 dokumen yang sesuai dengan query
Alia Rizaliani
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterikatan pegawai di PT Pasifik Satelit Nusantara, kualitas kehidupan kerja para pegawai PT Pasifik Satelit Nusantara, serta pengaruh kualitas kehidupan kerja (work quality dan employment quality) terhadap keterikatan pegawai (vigor, dedication, absorption). Data penelitian ini diambil dari 51 responden yang merupakan karyawan PT Pasifik Satelit Nusantara. Analisis data menggunakan metode statistik deskriptif, teknik analisis regresi dan general linier model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas kehidupan kerja PT Pasifik Satelit Nusantara memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterikatan pegawai. Selain itu, PT Pasifik Satelit Nusantara juga memiliki keterikatan pegawai (employee engagement) yang tinggi dan dimensi kualitas kehidupan kerja yang berpengaruh signifikan terhadap keterikatan pegawai (employee engagement) PT Pasifik Satelit Nusantara adalah work quality. Dimensi work quality ini juga memiliki pengaruh yang positif terhadap dimensi-dimensi keterikatan pegawai (employee engagement) yaitu vigor, dedication dan absorption. Penelitian ini juga memberikan saran dan masukan terhadap peningkatan kualitas kehidupan kerja di perusahaan untuk efektivitas kualitas kehidupan kerja yang dapat meningkatkan keterikatan pegawai (employee engagement) di PT Pasifik Satelit Nusantara.
ABSTRACT
The purpose of this research is to analyze the influence of quality of work life on employee engagement at PT Pasifik Satelit Nusantara. Data was taken from 51 respondents. Data analysis is conducted using descriptive statistics, regression analysis and general linier model. Results showed that there is a significant influence of quality of work life on employee engagement at PT Pasifik Satelit Nusantara. Results also showed that PT Pasifik Satelit Nusantara has a high employee engagement and the dimension of quality of work life that has a significant effect on employee engagement is the dimension of work quality. This dimension also has a positive influence on employee engagement’s dimensions: vigor, dedication, and absorption. This research also recommended the need to improve quality of work life that can enhance employee engagement in PT Pasifik Satelit Nusantara.
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T34732
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Fidyannissa
Abstrak :
ABSTRAK
Person-job fit memiliki pengaruh terhadap kinerja pegawai secara langsung di
Kelompok Wilayah I Direktorat Jenderal Pajak. Dengan menggunakan analisis
strategi causal step yang dikembangkan oleh Baron dan Kenny (1986) terhadap
data 438 responden yang dikumpulkan pada bulan Oktober 2012, penelitian ini
menemukan bahwa kepuasan kerja bukan merupakan variabel mediator pada
pengaruh person-job fit terhadap kinerja pegawai di Kelompok Wilayah I
Direktorat Jenderal Pajak. Kondisi ini terjadi karena adanya ketidakpuasan terkait
kebijakan punishment yang sangat tinggi dibandingkan dengan reward serta
belum terintegrasinya sistem kepuasan kerja dan penilaian kinerja pegawai di
Direktorat Jenderal Pajak.
ABSTRACT
Person-job fit has an effects on employee performance at Region I Directorate
General of Taxes directly. By using causal step strategy analysis that developed
by Baron and Kenny (1986) of the data from 438 respondents which collected in
October 2012, the study found that job satisfaction is not a mediator variable in
the effects of person-job fit on employee performance at Region I Directorate
General of Taxes. It occurs because of employee’s dissatisfaction with
punishment policies which is very high compared to the reward policies and
disintegration between job satisfaction and performance appraisal systems at
Directorate General of Taxes.
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T34730
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Resti Aysiani Dewi
Abstrak :
ABSTRAK
Tesis ini membahas tentang keahlian instruktur dalam meningkatkan kemampuan
siswa penyandang disabilitas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif
dengan desain eksploratif. Penelitian menunjukkan bahwa menjadi seorang
instruktur pelatihan vokasional bagi para penyandang disabilitas selain memiliki
keahlian dasar, keahlian manajerial, keahlian administratif, keahlian direct
training, dan keahlian konsultatif, seorang instruktur perlu memiliki keahlian
dalam memberikan motivasi yang intens, memberikan bimbingan mental dan
menerapkan praktek pendekatan sosial agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Keahlian yang dimiliki oleh instruktur tersebut diakui oleh para siswa penyandang
disabilitas telah dapat meningkatkan kemampuan mereka sehingga siap untuk
memasuki dunia kerja.
ABSTRACT
This thesis discusses the expertise of instructor to improve the ability of students
with disabilities. This research is a qualitative exploratory design. Research shows
that a vocational training instructor for persons with disabilities needs the basic
skills, managerial skills, administrative skills, direct trainer skills, and consultative
expertise. Furthermore this research also shows that an instructor needs to have
expertise in providing intense motivation, providing mental assistance and
implementing social welfare approach to ensure that learning objectives can be
achieved. The expertise of the instructors is acknowledged by students with
disabilities have supported them in improving their skills so they are ready to
enter the workforce.
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
T34775
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Andri Nurfitriana
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan
transformasional terhadap komitmen karyawan dalam menjalankan reformasi
birokrasi. Penelitian dilakukan di salah satu organisasi sektor publik di Jakarta
dengan jumlah sampel sebanyak 163 yang merupakan pegawai dari organisasi
tersebut. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur kepemimpinan
transformasional adalah kuesioner Multifactor Leadership Questionnaires
(MLQ5X), dan kuesioner komitmen perubahan yang dikembangkan oleh
Herscovitch dan Meyer (2002) untuk mengukur komitmen karyawan terhadap
reformasi birokrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komitmen karyawan
terhadap reformasi birokrasi dipengaruhi secara signifikan oleh kepemimpinan
transformasional. Kepemimpinan transformasional juga berpengaruh secara
signifikan terhadap komponen affective commitment to change dan normative
commitment to change, sedangkan kepemimpinan transformasional tidak
berpengaruh secara signifikan terhadap continuance commitment to change. Hasil
penelitian ini menyarankan untuk melakukan analisis lebih lanjut mengenai
pengaruh gaya kepemimpinan yang lain yaitu, kepemimpinan transaksional,
laissez-faire, servant leadership, dan change leadership terhadap komitmen
karyawan dalam menjalankan reformasi birokrasi.
ABSTRACT
This research aims to analyze the influence of transformational leadership toward
commitment to bureaucracy reformation. The research was held in one of the public
sector organization in Jakarta with the 163 employees of the organization used for the
sample. The Multifactor Leadership Questionnaires (MLQ) was used to measure
transformational leadership and questionnaires developed by Herscovitch and Meyer
(2002) was used to measure commitment to bureaucracy reformation. The results showed
that commitment to bureucracy reformation was significantly influenced by
transformational leadership. The transformational leadership also has significant
influence on affective and normative commitment to change, whereas transformational
leadership has no significant influence on continuance commitment to change. The study
suggests conducting more analyses about the influence of other leadership style
(transactional, laissez-faire, servant leadership, and change leadership) toward
commitment to bureaucracy reformation.
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T34772
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Ika Oktarina
Abstrak :
ABSTRAK
Tesis ini membahas hubungan antara praktik-praktik manajemen sumber daya
manusia dengan kualitas pelayanan account representative dengan kepuasan kerja
sebagai mediator di KPP di KANWIL DJP wajib pajak besar. Penelitian ini
adalah penelitian kuantitatif dengan desain survey dengan menggunakan kuisioner
penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan kerja memediasi
pengaruh praktik-praktik manajemen SDM terhadap kualitas pelayanan. Hasil
Penelitian ini menyarankan manajemen KPP pada khususnya dan manajemen
DJP pada umumnya dalam mengembangkan atau menjalankan praktik-praktik
SDM perlu memperhatikan variabel evaluasi kinerja; dari segi kepuasan kerja
manajemen DJP diharapkan dapat membuat suatu kebijakan yang memperhatikan
jaminan kehidupan dimasa yang akan datang baik dari segi material maupun non
material, misalnya dalam bentuk tunjangan kepindahan keluarga dan pendapatan
di masa pensiun yang tidak jauh perbedaannya dengan pendapatan pada masa
aktif bekerja; manajemen terutama kepala seksi yang membawahi para account
representative harus dapat menciptakan mood yang positif yang mempengaruhi
kualitas pelayanan.
ABSTRACT
This thesis examines the influence of practices of human resources management
on quality of service of account representatives with job satisfaction as a mediator
at KPP in KANWIL DJP Wajib Pajak Besar. This research is a quantitative
research design using a questionnaire survey approach. The Results of regresion
analysis show that job satisfaction mediates the influence of human resources
mangement practices on service quality. The results of this study also suggest
KPP management in particular and DJP management in general need to consider
variable performance evaluation in developing or running HRM practices; in
terms of job satisfaction DJP management is expected to develop a life assurance
policy in the future both in terms of material and non-material, for example in the
form of relocation allowance and income after retirement is not much difference
with revenues during active work; management especially section chief in charge
of the account representative should be able to create positive mood which
influences the quality of service.
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T34755
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Een Setia Suharjito
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan servant leadership
pada Kantor Imigrasi dan Lembaga Pemasyarakatan di DKI Jakarta berdasarkan
faktor demografi pegawai. Data penelitian ini diambil dari 277 responden dengan
menggunakan kuesioner Ehrhart (2004). Analisis data menggunakan metode
statistik deskriptif serta t-test dan one way ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa penerapan servant leadership pada Kantor Imigrasi dan Lembaga
Pemasyarakatan dalam kategori sedang. Faktor gender tidak memberikan
perbedaan yang signifikan dalam penerapan servant leadership. Faktor golongan
pangkat dan tingkat pendidikan memberikan perbedaan yang signifikan terhadap
penerapan servant leadership secara keseluruhan.
ABSTRACT
This study aim to analyze implementation of servant leadership at Immigration
and Correcction Bodies in DKI Jakarta based on demographic factor. Data for this
study was taken from 277 respondent by using Erhart’s questionnaire(2004). Data
is analyzed by using descriptive statistics, t-test and one way ANOVA. The result
show that implementation of servant leadership at Immigration and Correction
Bodies in the medium category. Gender didn’t make any significant difference in
implementation of servant leadership. Job rank and education level make a
significant differences in implementation of servant leadership.
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Resa Rahmawatie
Abstrak :
Tesis ini membahas implementasi performance management atau manajemen kinerja untuk melihat keberlangsungan dan kesinambungan antar proses manajemen kinerja untuk guru di XYZ International School sesuai dengan konteks dan kondisi yang terjadi di sekolah tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah ini masih belum menyelaraskan tujuan dari semua pihak yang terkait dengan sistem manajemen kinerja, termasuk merapihkan regulasi atau prosedur mengenai sistem manajemen kinerja, untuk menjaga setiap tahapan proses berjalan dengan baik. Lebih lanjut, penelitian ini juga menunjukkan bahwa guru belum dilibatkan dalam pembuatan target dan ekspektasi yang harus diraih. Selanjutnya pengawasan belum berjalan secara kontinu, untuk mendapatkan hasil penilaian yang konsisten, yang berdampak kepada kesulitan untuk mendapatkan hasil evaluasi yang baik. Semua ini membutuhkan dukungan dari semua pihak yang terkait sistem manajemen kinerja untuk guru.
This thesis studies about the implementation of performance management for teacher at XYZ International School, by concerning and context that applies in this school. This research is qualitative with descriptive design. The results from this research shows that the school needs to align the purposes of performance management of all stakeholders that related to performance management. The school also needs to complete the regulations or procedures on performance management system, to ensure each process goes well. Involving teachers in developing targets and expectations is also important to create two-way performance agreement. Furthermore continous monitoring and supervision continuously are need to obtain the consistent assessment result, that can be well evaluated. All of this require support from all stakeholders that related to performance management system.
Depok: Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Nindya Sekar Wiwitan
Abstrak :
ABSTRAK
Tujuan studi ini adalah meneliti kepuasan kerja karyawan Daya Indonesia, yaitu
suatu perusahaan produsen minyak dan gas yang berlokasi di Kalimantan Timur
dan berkantor pusat di Jakarta. Instrumen survei yang digunakan adalah Job
Satisfaction Survey (Spector, 1997). Berdasarkan hasil penelitian ditemukan
bahwa tingkat kepuasan kerja secara umum masuk dalam kategori agak
memuaskan. Dari kesembilan dimensi, sifat kerja dan rekan kerja merupakan
dimensi dengan tingkat kepuasan tertinggi dengan kategori memuaskan. Hasil uji
T dan uji ANOVA menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan tingkat kepuasan
kerja karyawan Daya Indonesia secara signifikan berdasarkan faktor gender.
Sedangkan untuk faktor usia terdapat perbedaan tingkat kepuasan kerja secara
signifikan pada dimensi supervisi atasan dan rekan kerja. Untuk faktor masa kerja,
terdapat perbedaan tingkat kepuasan kerja secara siginifikan pada dimensi
supervisi atasan
ABSTRACT
The main purpose of this study is to investigate the job satisfaction of employees
at Daya Indonesia. Daya Indonesia is a oil and gas production company which
located in Kalimantan Timur and the head quarter is in Jakarta. The instrument of
survey of this study is Job Satisfaction Survey (Spector, 1997). Based on the
results of the study it is found that the level of the general job satisfaction is
categorized on “rather satisfactory”. From nine dimensions, nature of work and
coworker are on top list of the highest satisfaction dimensions which are satisfied.
The result of T Test and ANOVA shows that there is no significant difference in
the level of job satisfaction of Daya Indonesia’s employee based on gender. On
age factor, there is a significant difference in the level of job satisfaction on
supervision and coworkers dimensions. On tenure factor, there is a significant
difference in the level of job satisfaction on supervision dimension.
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Emi Tri Rachmawati
Abstrak :
Penelitian ini membahas pengaruh kecerdasan emosi terhadap organizational citizenship behavior OCB dengan dimediasi oleh komitmen organisasi di Lembaga X Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode non eksperimental Responden penelitian adalah 247 pegawai yang tersebar di seluruh unit kerja yang ada di Lembaga X Responden telah bekerja pada Lembaga X sedikitnya selama 3 bulan dengan alasan responden telah mengikuti masa percobaan sebelumnya Alat ukur yang digunakan adalah Trait Emotional Intelligence Questionnaire dari Petrides 2000 Organizational Commitment Scale dari Allen dan Meyer 1990 dan Organizational Citizenship Behavior Questionnaire yang dikembangkan oleh Podsakof 2001 Dengan menggunakan analisis strategi causal step yang dikembangkan oleh Baron dan Kenny 1986 penelitian ini menemukan bahwa komitmen organisasi menjadi partial mediator pada pengaruh kecerdasan emosi terhadap OCB di Lembaga X.
This study discusses the influence of emotional intelligence on organizational citizenship behavior OCB mediated by organizational commitment in The X Agency This study uses a quantitative approach with non experimental methods The respondents were 247 employees spread across work units at The X Agency Respondents had worked at The X Agency at least for 3 months on the grounds respondents have followed the previous probation The measuring instruments used are the Trait Emotional Intelligence Questionnaire developed by Petrides 2000 Organizational Commitment Scale by Allen and Meyer 1990 and Organizational Citizenship Behavior Questionnaire by Podsakof 2001 By using analysis of causal step strategy developed by Baron and Kenny 1986 this study found that organizational commitment is partial mediator on the influence of emotional intelligence to OCB in The X Agency.
Depok: Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Bimo Edi Tri Putranto
Abstrak :
ABSTRAK
Sebagai makhluk sosial yang melakukan interaksi dalam lingkungan, manusia perlu untuk menjaga keharmonisan dengan mematuhi norma-norma yang berlaku dalam lingkungan tersebut. Namun, setiap individu pada dasarnya memiliki perbedaan termasuk perbedaan perilaku. Lingkungan tempat manusia berada dapat menjadi sebab yang mempengaruhi perilaku manusia tersebut, baik perilaku yang bersifat positif maupun perilaku negatif. Dalam konteks lingkungan kerja, perilaku yang positif atau produktif tentunya dapat memberikan manfaat berupa nilai tambah bagi organisasi, namun apabila terdapat perilaku negatif atau kontraproduktif maka tentunya hal tersebut dapat merugikan organisasi tempat manusia tersebut bekerja. Analisis terhadap PT. DGI dilakukan untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja perusahaan terhadap munculnya perilaku-perilaku yang dapat menimbulkan dampak negatif bagi perusahaan. Hasil penelitian yang menggunakan metode kuantitatif menunjukkan bahwa terdapat hal-hal yang mempengaruhi munculnya perilaku kerja kontraproduktif dari lingkungan kerja.
ABSTRACT
As social beings who interact in the environment, human beings need to maintain harmony by complying with the established norms within the environment. However, each individual essentially has differences including behavioral differences. The environment in which human being exist can become reasons which affects human behavior, either positive or negative behavior. In the context of work environment, positive or productive behavior can provide benefits in the form of added value to the organization, but if there is negative or counterproductive behavior then surely it can be detrimental to the organization of the working men and women. Analysis on PT. DGI was conducted to determine the effect of the company's work environment on the emergence of behaviors that can have negative impact for the company. Results of research using quantitative methods pointed to things that influence the emergence of counterproductive work behavior from work environment.
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library