Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Zakyta Pangestiara Gunarso
"Pandemi COVID-19 menjadi masalah kesehatan di dunia dalam 2 tahun terakhir. Kebijakankebijakan telah dibuat oleh pemerintah tiap negara dalam rangka memutus transmisi virus seiring dengan bertambahnya kasus, salah satunya dengan membatasi pergerakan masyarakat. Fasilitas kesehatan memiliki risiko untuk mentransmisikan virus. Telemedicine merupakan salah satu alternatif solusi yang bisa digunakan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan akan layanan kesehatan di tengah pandemi. Di luar kelebihannya, telemedicine masih memiliki banyak tantangan yang akan berpengaruh pada kualitas pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan dimensi mutu layanan elektronik terhadap persepsi mutu pengguna telemedicine. Penelitian kuantitatif ini menggunakan desain cross sectional dan mengambil data primer menggunakan kuesioner online. Sampel berjumlah 172 responden. Analisis hubungan menggunakan metode PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara dimensi pengalaman pengguna (EXP) dan kepercayaan pengguna (TRU) terhadap persepsi mutu pengguna telemedicine (ESQ). Sedangkan dimensi lain, seperti empati (EMP), kemudahan penggunaan (EOU), privasi (PRI), reliabilitas (REL), ketanggapan (RES), ketersediaan sistem (SA), dan desain aplikasi (WD) tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap persepsi mutu pengguna telemedicine (ESQ). Saran yang dapat diberikan kepada penyedia layanan telemedicine adalah untuk mengembangkan fitur voice atau video call untuk meningkatkan pengalaman pengguna, serta penambahan fitur cash on delivery pada pembelian obat untuk meningkatkan kepercayaan pengguna.

The COVID-19 pandemic is a global health problem for the past 2 years. Policies have been made by the governments in order to break the virus transmission along with the increasing number of cases, one of which is by limiting the movement of people. Health facilities have a potential to transmit the virus. Telemedicine is solution that can be used by the community to fulfill their need of health care in the midst of a pandemic. Despite its advantages, telemedicine still has many challenges that will affect the quality of service. The purpose of this study is to analyze the correlation between the dimensions of the quality of electronic services on the perceptions of telemedicine users. This quantitative study used a cross sectional design and using primary data from online questionnaire. The sample is 172 respondents. Analysis of the correlation using the PLS-SEM method. The results showed that there was a significant association between the dimensions of user experience (EXP) and trust (TRU) on the quality perception of telemedicine users (ESQ). Meanwhile, empathy (EMP), ease of use (EOU), privacy (PRI), reliability (REL), responsiveness (RES), system availability (SA), and application design (WD) did not have a significant association to quality perception of telemedicine users (ESQ). Suggestions that can be given to telemedicine service providers are to develop voice or video call features to improve user experience, as well as add cash on delivery features on drug purchases to increase user trust."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zacharias Eko Susilo
"Sistem Rekam Medis Elektronik merupakan teknologi informasi yang paling banyak digunakan RS saat ini. Penelitian – penelitian sebelumnya menunjukkan hasil yang beragam mengenai dampak implementasi RME, bahkan ditemukan fenomena paradoks produktivitas teknologi informasi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh sistem RME terhadap produktivitas RS beserta gambaran implementasi dan faktor yang berpengaruh terhadap dampak implementasi sistem RME di RS. Metode literature review naratif digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan 6 literatur terpilih dengan topik terkait yang diterbitkan dalam basis data Pubmed tahun 2015 – 2020. Hasil penelitian menunjukkan adanya beberapa faktor berpengaruh bagi RS dalam memutuskan untuk melakukan implementasi sistem RME antara lain kebijakan pemerintah, jumlah tempat tidur, lokasi RS, bed occupancy rate (BOR), jumlah pasien, arus kas, status rujukan, dan status RS pendidikan. Indikator produktivitas menunjukkan bahwa implementasi sistem RME dapat membawa dampak negatif pada jangka waktu pendek (kurang dari 2 tahun) dan dampak positif pada jangka waktu panjang (lebih dari 2 tahun). Adapun beberapa faktor yang dapat dikaitkan dengan tingkat produktivitas RS setelah implementasi sistem RME antara lain pendapatan dan pengeluaran RS, sumber daya manusia RS, dan kebijakan pemerintah terkait teknlogi informasi kesehatan.

Electronic Medical Record is the most widely used information technology in hospitals. Previous studies have shown mixed results regarding the impact of RME implementation, even information technology productivity paradox was found. This study aims to see the impact of EMR implementation on hospital productivity along with a description of the implementation and the factors that influence the impact of the implementation of the EMR system in hospitals. The narrative literature review method was used in this study using 6 selected literatures with related topics published in Pubmed in 2015 – 2020. The results showed that there were several influential factors for hospitals in deciding to implement the EMR system, including government policies, number of beds, hospital locations, bed occupancy rate (BOR), number of patients, cash flow, referral status, and education hospital status. Productivity indicators show that the implementation of the EMR system can have a negative impact in the short term (less than 2 years) and a positive impact in the long term (more than 2 years). There are several factors that can be related to the hospital productivity level after the implementation of the EMR system, including hospital revenues and expenses, hospital human resources, and government policies related to health information technology."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library