Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
David Febraldo
Abstrak :
Kendaraan listrik memerlukan energi listrik untuk beroperasi yang disimpan didalam baterai. Kendaraan listrik menghasilkan panas pada baterai yang digunakan. Panas baterai yang berlebih dapat mengurangi masa pakai dan menyebabkan terjadinya ledakan. Penggunaan pipa kalor sebagai sistem pendingin memiliki potensi menjadi solusi masalah panas berlebih pada kendaraan listrik. Tujuan penelitian adalah menyusun konsep keberlanjutan penerapan pipa kalor pada baterai kendaraan listrik. Pengujian dilakukan dengan membangun prototipe, analisis ekonomi melalui cost comparison serta analisis persepsi sosial melalui kuisioner. Hasil menunjukkan penggunaan pipa kalor mampu menjaga temperatur baterai dibawah 40 °C. Penggunaan pipa kalor dalam jangka panjang dapat memberikan keuntungan dan teknologi ini diterima secara sosial oleh peneliti dan para ahli. Saran untuk penelitian adalah perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai penerapan pipa kalor pada baterai, perlu adanya pengembangan kebijakan terkait lokasi pembuangan, mekanisme pengelolaan dan penyuluhan kepada masyarakat. ......The increase in the use of electric vehicles is increasing over time. Electric vehicles require electrical energy to operate which is stored in the battery. Electric vehicles generate heat in the batteries used. Excessive battery heat can reduce its life and cause an explosion. The use of heat pipes as a cooling system has the potential to be a solution to the problem of overheating in electric vehicles. The aim of the research is to develop the concept of sustainability applying heat pipes to electric vehicle batteries. Testing is done by building prototypes, economic analysis through cost comparison and analysis of social perceptions through questionnaires. The results show that the use of heat pipes is able to maintain the battery temperature below 40 °C. The use of heat pipes in the long term can provide benefits and this technology is socially accepted by researchers and experts. Suggestions for research are that further research is needed regarding the application of heat pipes to batteries, it is necessary to develop policies related to disposal locations, management mechanisms and outreach to the community.
Jakarta: Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ari Kabul Paminto
Abstrak :
Indonesia masih menjadi importir energi terutama dalam bentuk minyak mentah dan produk BBM. Berkurangnya produksi energi fosil dan komitmen pengurangan emisi gas rumah kaca, mendorong pemerintah Indonesia untuk mendukung peran energi baru dan terbarukan. Produksi biodiesel berbasis minyak sawit dihadapkan pada sejumlah masalah lingkungan dari pelepasan emisi. Tujuan penelitian ini adalah menyusun LCI produksi biodiesel, menganalisis dampak lingkungan yang meliputi emisi CO2(eq), acidification dan eutrophication dan menyusun konsep daur hidup produksi biodiesel dari minyak sawit. Metode penelitian ini yaitu kuantitatif (LCA-AHP) dan kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah LCI dalam 1 ton biodiesel terdiri dari tandan buah segar 5,67 ton, CPO 1,17 ton dan POME 3,47 m3. Total emisi CO2(eq) sebesar 1489 Kg CO2(eq), eutrophication 1,115 Kg PO43(eq) dan acidification 3,058 Kg SO2(eq). Konsep daur hidup produksi biodiesel dapat diterapkan dengan pemanfaatan limbah POME. ......Indonesia is still an energy importer, especially in the form of crude oil and fuel products. Reducing fossil energy production and commitments to reduce greenhouse gas emissions encourage the Indonesian government to support the role of new and renewable energy. The production of palm oil-based biodiesel is faced with several environmental problems from releasing emissions. The purpose of this study was to develop LCI for biodiesel production, analyze environmental impacts including CO2(eq), acidification and eutrophication emissions and develop a life cycle concept for biodiesel production from palm oil. This research method is quantitative (LCA-AHP) and qualitative. The results of this study are LCI in 1 ton of biodiesel consisting of 5.67 tons of fresh fruit bunches, 1.17 tons of CPO; and POME 3.47 m3. The total emission of CO2(eq) is 1489 Kg CO2(eq), eutrophication 1.115 Kg PO43-(eq) and acidification 3.058 Kg SO2(eq). The concept of a biodiesel production life cycle can be applied by utilizing POME waste.
Jakarta: Sekolah Ilmu Lingkungan Uiniversitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Akbar Hipi
Abstrak :
Pengembangan kendaraan listrik tentunya perlu didukung oleh sistem charging station yang bisa menjangkau pengguna kendaraan listrik secara umum dan di samping itu juga bermanfaat dalam pemanfaatan energi terbarukan. Masalah dalam penelitian ini adalah mengkaji pemanfaatan energi terbarukan sebagai sumber energi CS. Idealnya kendaraan listrik menggunakan sumber energi terbarukan yang ramah lingkungan. Tujuan dari penelitian ini mengkaji strategi keberlanjutan dari Hybrid Charging station (HCS) dengan metode Life Cycle Costing (LCC), Life Cycle Assesment (LCA) dan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunity, hreat). Metode penelitian menggunakan metode gabungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek ekonomi HCS tergolong efisien, kemudian pada aspek lingkungan komponen photovoltaic yang memberikan kontribusi terbesar terhadap dampak yang ditimbulkan. Stategi keberlanjutan HCS perlu didukung oleh seluruh stake holder yang berperan dalam  pengembangan kendaraan listrik dan infrastruktur pendukungnya. Kesimpulan penelitian adalah strategi pengembangan HCS yang tepat dapat mengurangi dampak lingkungan, meningkatkan efisiensi dan memudahkan pengembangan charging station yang ramah lingkungan. ......The development of electric vehicles certainly needs to be supported by a charging station system that can reach electric vehicle users in general and besides that is also beneficial in the use of renewable energy. The problem in this research is to examine the use of renewable energy as a CS energy source. Ideally electric vehicles use renewable energy sources that are environmentally friendly. The purpose of this study is to examine the sustainability strategy of the Hybrid Charging station (HCS) using the Life Cycle Costing (LCC) method, Life Cycle Assessment (LCA) and SWOT analysis (Strengths, Weaknesses, Opportunity, Threat). The research method uses a combined method. The results showed that on the economic aspect HCS was classified as efficient, then on the environmental aspect the photovoltaic component contributed the most to the impact. The HCS sustainability strategy needs to be supported by all stakeholders who play a role in the development of electric vehicles and their supporting infrastructure. The conclusion of the research is that the right HCS development strategy can reduce environmental impact, increase efficiency and facilitate the development of environmentally friendly charging stations.
Jakarta: Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library