Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ishak Djohar
"Penelitian ini dilakukan karena dilatarbelakangi oleh suatu keinginan untuk mengetahui bagaimana persepsi para pemimpin proyek (untuk selanjutnya disingkat pimpro) pembangunan gedung-gedung milik Pemerintah Daerah dilingkungan Pemerintah Dearah DKI Jakarta terhadap kualitas pelayanan karyawan Dinas Tata Bangunan DKI Jakarta (untuk selanjutnya disingkat DTB DKl Jakarta) serta secara khusus menganalisis signifikansi korelasi dan pengaruh antara varibel-varibel kepuasan kerja, iklim organisasi dan insentif di DTB DKI Jakarta terhadap kepuasan kliennya (pelanggan), dalam hal ini para pimpro. Untuk mengumpulkan data lapangan yang diperlukan, dipilih secara sistematik random sebanyak 94 responden dari kelompok karyawan DTB DKI Jakarta dan para pimpro dilingkungan Pemerintah Daerah DKI Jakarta termasuk 5 (lima) Wilayah Kotamadya.
Penelitian dilakukan untuk mengetahui korelasi dan pengaruh ketiga variabel bebas (kepuasan kerja, iklim organisasi dan insentif) terhadap variabel terikat (kepuasan klien). Analisis dilakukan dengan menggunakan model regresi linier (sederhana) dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan ketiga variabel bebas memberikan kontribusi signifikan sebesar 31,2 % terhadap variabel terikat yang ditunjukkan oleh koefisien diterminasi (R2 = 0,312 a= 0,05).
Sedangkan varibel bebas kepuasan kerja, iklim organisasi dan insentif scara sendiri-sendiri juga mempunyai korelasi yang signifikan pula terhadap variabel terikat kepuasan klien (pelanggan). Dari hasil penelitian didapat hubungan varibel kepuasan kerja dengan varibel kepuasan klien yang ditunjukkan korelasi (R = 0,303a=0,05), kemudian hubungan variabel iklim organisasi dengan variabel kepuasan klien menunjukkan korelasi (R=0,324a= 0,05) dan hubungan varibel insentif dengan varibel kepuasan klien menunjukkan korelasi (R = 0,382 a = 0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa hubungan masing-masing varibel bebas terhadap variabel terikat menunjukkan korelasi yang signifikan. Jadi dari analisis yang telah dilakukan bahwa ketiga variabel bebas (kepuasan kerja, iklim organisasi dan insentif) di DTB DK1 Jakarta mempunyai korelasi dan pengaruh terhadap tingkat kepuasan klien."
2001
T1550
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abdul Wakhid
"ABSTRAK
Tesis berjudul sebagaimana tersebut di atas mempunyai pokok
permasalahan yaitu bagaimanakah gaya kepemimpinan eselon V dan
tingkat kuatitas pelayanan staf pelaksanaan pada Kantor Wilayah V BAKN Jakarta.
Variabal-variabel dalam penelitian ini adalah gaya kepemimpinan
eselon V dengan tiga indikator yaitu gaya kepemimpinan direktif, suportif dan
partisipatif. Sedangkan kualitas pelayanan staf pelaksana sebagai
variabel terikat dengan lima indikator (dimensi-dimensi kualiias pelayanan)
yaitu tampilan fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati.
Obyek penelitian adalah manajemen Kanwil V BAKN Jakarta.
Populasi terdiri dari 164 karyawan BAKN Jakarta. Sampel ditetapkan
sebanyak 120 orang yang terdiri 80 orang staf pelaksana, 27 orang
pejasabat eselon V, 9 orang eselon IV, 3 orang eselon lIl dan seorang
eselon Il, yang selanjutnya merupakan responden penelitian ini.
lnstrumen penelitian ditentukan dalam kuesioner dimana gaya
kepemimpinan mencakup kepsmimpinan direktif, suportif, dan partisipatif.
Sedangkan instrumen kualitas pelayanan mencakup dimensi-dimensi kualitas pelayanan.
Analisis data dilakukan dengan analisis diskriptif kuantitatif, yakni
dengan menggambarkan gaya kepemimpinan eselon V dan kualitas
pelayanan staf pelaksana. Hasil analisis gaya kepemimpinan eselon V
menunjukkan dominan menggunakan gaya kepemimpinan direktif. Nilai
rata-rata sebesar 2,25. Penilaian yang bersifat negatif di atas rata-rata
sebanyak 53,33%. Penilaian kategori menunjukkan rendah sebanyak 75%.
Sedangkan hasil analisis kuaiitas pelayanan menunjukkan belum
memuaskan atau kurang optimal atau negatif. Terdapat hubungan positif dan
signifikan yakni r-hit sebesar 0,624 dan r-tab (0,198) Koefisien determinasi
(r²) sebesar 38,93%. SeIanjutnya gaya kepemimpinan dapat mempengaruhi
kualitas pelayanan.
Untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan disarankan agar
pimpinan berupaya merubah gaya kepemimpinan dari direktif menuju
suportif hingga partisipatif dehgan mengembangkan kerja tim yang bekerja
berorientasi kepada kualitas, dan didukung oleh komitmen para pimpinan
diatasnya serta upaya peningkatan dan pengembangan sumber daya
manusia melalui pendidikan dan pelatihan ataupun tranning sesuai dengan
kebutuhan masa sekarang dan masa yang akan datang.

"
1999
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library