Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ahmad Muzakki
"Salah satu komponen penting kendaraan adalah rangka atau chassis. Rangka merupakan bagian kendaraan yang berfungsi melindungi pengendara dari benturan. Rangka yang nantinya akan didesain tersebut dirancang dengan bobot seringan mungkin dan tetap memerhatikan factor keamanan yang sesuai dengan regulasi Shell Eco-Marathon. Penelitian skripsi ini bertujuan untuk merancang struktur rangka komposit serat karbon mobil untuk kompetisi Shell Eco-Marathon dengan sumber energi penggerak yaitu motor pembakaran dalam atau ICE (Internal Combustion Engine) dan motor listrik. Skripsi difokuskan untuk mendesain struktur rangka komposit untuk mobil hemat energi konsep urban berbahan bakar gasoline dan listrik dengan material komposit serat karbon.Jenis serat karbon yang digunakan yaitu woven wet dengan matriks epoxy serta core material yang digunakan yaitu divinycell h-100. Pembuatan desain struktur menggunakan perangkat lunak Autodesk Inventor 2022 dan Solidworks 2018, penetapan struktur komposit menggunakan Ansys ACP Workbench 19.2, dan simulasi beban menggunakan Ansys Static Stuctural Workbench 19.2. Besar beban pada simulasi didapatkan dengan mengambil data torsi dan daya mobil hemat energi ICE dan listrik tim Universitas Indonesia Supermileage Vehicle (UI-SMV) dengan dynamometer dan shaft dynamometer sebagai data acuan torsi dan daya yang dibutuhkan oleh mobil hemat energi. Uji simulasi kekuatan chassis yaitu beban vertikal, beban puntir, beban pengereman, beban rollbar sebesar 700 N, beban lateral dan beban traksi. Simulasi kekuatan pada perangkat lunak tersebut untuk menemukan hasil berupa tegangan von-mises, faktor keamanan, total deformasi dan massa. Data hasil simulasi akan dijadikan acuan untuk mendesain rangka komposit serat karbon mobil hemat energi dengan mempertimbangkan deformasi maksimal dan safety faktor juga. Massa yang diperoleh dari hasil simulasi untuk mobil ICE sebesar 18,742 kg sedangkan mobil listrik sebesar 19,1 kg. Kemudian untuk target kekakuan dan kekuatan kedua desain chassis mobil layak atau aman untuk digunakan.

One of the important components of the vehicle is the frame or chassis. The frame is the part of the vehicle that serves to protect the driver from collisions. The frame that will be designed will be designed with the lightest possible weight and still pay attention to the safety factor in accordance with the Shell Eco-Marathon regulations. This thesis research aims to design a car carbon fiber composite frame structure for the Shell Eco-Marathon competition with a driving energy source, namely an internal combustion engine or ICE (Internal Combustion Engine) and an electric motor. The thesis is focused on designing a composite frame structure for an energy-efficient urban concept car using gasoline and electricity with carbon fiber composite material. The type of carbon fiber used is woven wet with an epoxy matrix and the core material used is divinycell h-100. The structure design was made using Autodesk Inventor 2022 and Solidworks 2018 software, the determination of the composite structure using Ansys ACP Workbench 19.2, and load simulation using Ansys Static Stuctural Workbench 19.2. The magnitude of the load in the simulation is obtained by taking the torque and power data of the ICE energy-efficient car and the electricity of the Universitas Indonesia Supermileage Vehicle (UI-SMV) team with a dynamometer and shaft dynamometer as reference data for torque and power required by energy-efficient cars. The chassis strength simulation tests are vertical loads, torsional loads, braking loads, rollbar loads of 700 N, lateral loads and traction loads. Strength simulation in the software to find results in the form of von-mises stress, safety factor, total deformation and mass. The data from the simulation results will be used as a reference for designing a carbon fiber composite frame for energy-efficient cars by considering maximum deformation and safety factors as well. The mass obtained from the simulation results for the ICE car is 18.742 kg while the electric car is 19.1 kg. Then to target the stiffness and strength of both the car chassis design is feasible or safe to use.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Erwin
"ABSTRAK
Pengembangan kawasan minapoitan sering terkendala karena jauh grid dari tambak petani, sehingga petani membutuhkan genset untuk menjalankan aerator dan peralatan lainnya. Potensi daerah minapolitan desa Domas adalah angin biomassa sekam padi dan sinar matahari. Pada penelitian ini sumber daya energy baru terbarukan angin dan biomassa akan dijadikan pembangkit energi terbarukan untuk mejalankan kegiatan ekonomi di tambak. Turbin angin vertika hibrida savonius darrieus dirancang, dimanufaktur, dan di uji untuk mendapatkan performa turbin anginnya, dan sistem termal biomassa di uji untuk dijadikan penyangga dalam sistem ini di sesuaikan dengan potensi alam sekitar. Dari optimasi sistem disimpulkan bahwa dibutuhkan 12 unit turbin angin dan sistem termal biomassa sebesar 4,8 kW.  Turbin angin vertikal hibrida savonius darrieus memiliki performa dengan Cp maksimum sebesar 38.9% pada TSR 0.89, dan power rating sistem termal biomassa sebesar 5.247 kW dengan efisiensi.

ABSTRACT
The development of the Minapoitan area is constrained due to the far grid of farmers' farms, so farmers need generators to run aerators and other equipment. Potential of the Domas village Minapolitan area is wind rice husk biomass and sunlight. In this study new wind and biomass, renewable energy resources will be used as renewable energy plants to carry out economic activities in the ponds. The hybrid wind turbine savonius darrieus was designed, manufactured, and tested to get the performance of its wind turbines, and the biomass thermal system was tested to be used as a buffer in this system according to the potential of the surrounding environment. From the system optimization, it was concluded that 12 wind turbine units and a biomass thermal system were needed at 4.8 kW. Vertical hybrid wind turbine Savonius Darrieus has a maximum Cp performance of 38.9% at TSR 0.89, and a thermal biomass power rating system of 5.247 kW and efficiency 0.553 kW / kg rice husk.

"
2019
D2750
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library