Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 98 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Zhazha Mia Adelina
Abstrak :
Dalam rangka melaksanakan Instruksi Presiden No.10 Tahun 2016 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi, Badan Standardisasi Nasional mengadopsi ISO 37001:2016 mengenai Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) menjadi SNI ISO 37001:2016. Saat ini SMAP telah diterapkan oleh berbagai instansi pemerintah maupun perusahaan di Indonesia. Salah satu instansi yang menerapkan SMAP adalah Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian A. Urgensi Itjen Kementerian A menerapkan SMAP adalah Itjen selaku Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) memiliki risiko ketika melakukan audit yang berpotensi terjadinya negosiasi-negosiasi untuk menutupi suatu masalah, sehingga proses audit yang dilakukan menjadi rawan terhadap penyuapan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengevaluasi penerapan SMAP yang telah dilakukan Itjen. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan skenario evaluasi menggunakan metode analisis gap pada 7 klausul persyaratan berdasarkan SNI ISO 37001:2016 yaitu klausul Konteks Organisasi, Kepemimpinan, Perencanaan, Operasi, Dukungan, Evaluasi Kinerja, dan Peningkatan. Analisis gap digunakan untuk mengetahui kesenjangan antara kondisi penerapan saat ini dan seberapa penting kondisi tersebut harus dicapai. Data yang digunakan adalah data primer berupa hasil kuesioner dan wawancara serta data sekunder berupa dokumen pedoman SMAP pada Itjen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada klausul Dukungan, Evaluasi Kinerja, dan Peningkatan dalam hal penerapannya masih perlu dilakukan peningkatan. Implikasi penelitian ini sebagai evaluasi penerapan SMAP pada Itjen sehingga SMAP dapat berjalan efektif untuk meminimalisir adanya risiko penyuapan. ......In order to implement Presidential Instruction No. 10 of 2016 concerning Actions to Prevent and Eradicate Corruption, the National Standardization Body adopted ISO 37001:2016 concerning Anti-Bribery Management System to become SNI ISO 37001:2016. Currently SMAP has been implemented by government institutions and companies in Indonesia. One of the agencies implementing SMAP is the Inspectorate General of Ministry A. The urgency implementing SMAP is that the Inspectorate General as the Government Internal Supervisory Apparatus has a risk when conducting an audit that has the potential for negotiations to cover up a problem, so that the audit process made to be vulnerable to bribery. The purpose of this research to evaluate the implementation of the SMAP that has been carried out by the Inspectorate General. This research is a case study research with evaluation scenarios using the gap analysis method on 7 requirements clauses based on SNI ISO 37001: 2016 namely Organizational Context, Leadership, Planning, Operations, Support, Performance Evaluation, and Improvement. Gap analysis is used to find out the weaknesses between the current application conditions and how important the conditions must be achieved. The results of the study show that the implementation of the Support, Performance Evaluation, and Improvement clauses in terms of implementation still needs to be improved. The implication of this research is to evaluate the implementation of the SMAP at the Inspectorate General so that the SMAP can run effectively for minimizing the risk of bribery.
Depok: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abraham
Abstrak :
Laporan magang ini akan mengevaluasi prosedur audit KAP Roselia Indonesia terhadap akun kas dan setara kas PT RAS untuk tahun 2020. Kas dan setara kas PT RAS berisikan akun cash on hand dalam beberapa mata uang dan akun cash on banks dalam mata uang Rupiah, Dolar Amerika, dan Yen. Evaluasi dilakukan dengan menggunakan standar akuntansi yang berkaitan dengan kas dan setara kas yaitu PSAK 2 dan standar audit yang berlaku yaitu International Standards on Auditing. Evaluasi yang dilakukan pada laporan magang ini mencakup prosedur audit pada tahapan testing. Berdasarkan evaluasi terhadap prosedur audit yang dilakukan yaitu membuat template working paper, melakukan analytical review analysis, melakukan inquiry kepada klien, melakukan perbandingan antara transaksi general ledger dengan bank statements, membandingkan saldo buku dengan bank statements, melakukan confirmation control untuk akun cash on banks, melakukan perhitungan kembali untuk mata uang asing, membuat akun jurnal penyesuaian dan menguji asersi manajemen atas akun kas dan setara kas, sebagian besar prosedur telah sesuai dengan standar yang berlaku, namun masih terdapat prosedur yang tidak sesuai dengan standar dan prosedur yang tidak dilakukan. ......This internship report discusses the evaluation of KAP Roselia Indonesia audit procedures on PT RAS cash and cash equivalent accounts for the year 2020. PT RAS cash and cash equivalents consist of cash on hand accounts in several currencies and cash on bank accounts in Rupiah, US Dollars, and Yen. The evaluation is carried out using accounting standards related to cash and cash equivalents, namely PSAK 2 and the applicable audit standard, namely International Standards on Auditing. The evaluation carried out in this internship report includes audit procedures at the testing stage. Based on the evaluation of the audit procedures carried out, namely making working paper templates, conducting analytical review analysis, conducting inquiries to clients, making comparisons between general ledger transactions and bank statements, comparing book balances with bank statements, conducting confirmation controls for cash on banks, conducting recalculation for foreign currencies, making adjusting journal s and testing management's assertions on cash and cash equivalent accounts, most of the procedures have been applied to the applicable standards, but there are still procedures that are not in accordance with the standards and procedures that are not carried out.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisinis Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Rauda Intan Suryaningtyas
Abstrak :
Kegiatan dari suatu universitas adalah memberikan pengajaran, memberikan pencerahan, mencerdaskan masyarakat, dan memberikan manfaat langsung untuk kehidupan masyarakat. Salah satu kegiatan spesifik yang universitas lakukan adalah melakukan penelitian. Kegiatan penelitian yang dilakukan oleh universitas adalah untuk memberikan stimulan kepada para sivitas atau akademisi untuk menghasilkan penemunan-penemuan baru. Adanya kewajiban terhadap pelaksanaan kegiatan penelitian dan pencapaian terhadap target-target yang ditentukan menuntut setiap Perguruan Tinggi atau Univeristas untuk mengadakan suatu pengelolaan secara keseluruhan. Untuk menjaga proses pengelolaan berjalan dengan baik, suatu institusi dapat mengoperasikan pengendalian internal. Tujuan dari pengendalian internal itu sendiri merupakan cara atau langkah bagi suatu institusi untuk menjaga setiap proses operasional dan kepatuhannya supaya dapat mencapai target kinerja yang telah ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengendalian Internal pada pengelolaan penelitian yang berjalan di Universitas XYZ. Analisis dilakukan berdasarkan kerangka pengendalian internal COSO dengan lima elemen pengendalian internal dan standar yang berlaku terkait pengelolaan penelitian di perguruan tinggi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pengendalian internal pada pengelolaan penelitian yang dilakukan oleh Universitas XYZ sudah berjalan dengan baik namun masih perlu adanya peningkatan di beberapa aspek antara lain lingkungan pengendalian terhadap pengelolaan sumberdaya manusia; identifikasi dan penilaian terhadap risiko penelitian; aktivitas pengendalian terhadap pendokumentasian pencatatan yang memadai dan pengecekan fisik terhadap pelaporan keuangan penelitian; informasi komunikasi untuk memperoleh, menghasilkan, dan menggunakan informasi yang berkualitas dan relevan; pengawas untuk melakukan evaluasi yang berkesinambungan dan terpisah secara periodic. Peningkatan pengelolaan terhadap penelitian dan inovasi juga perlu dilakukan untuk memaksimalkan langkah Universitas untuk mencapai tujuannya menjadi unggulan di Asia Tenggara dan menuju Universitas Kelas Dunia.
The activities of a university are to provide teaching, enlightenment, educate the community, and provide direct benefits for people's lives. One specific activity that universities do is to conduct research. Research activities carried out by universities are to provide stimulants to the civitas or academics to produce new discoveries. There is an obligation to carry out research activities and the achievement of specified targets requires each university or university to carry out an overall management. To keep the management process running well, an institution can operate internal controls. The purpose of internal control itself is a way or step for an institution to maintain each operational process and compliance in order to achieve predetermined performance targets. This study aims to analyze Internal Control in the management of research that runs at XYZ University. The analysis was carried out based on COSO's internal control framework with five elements of internal control and applicable standards related to research management in tertiary institutions. The results of this study conclude that internal control in the management of research conducted by XYZ University has been going well but there still needs to be an improvement in several aspects including the control environment on human resource management; identification and assessment of research risks; control activities for adequate documentation and physical checking of research financial reporting; communication information to obtain, produce and use quality and relevant information; supervisor to carry out continuous and periodic separate evaluations. Improved management of research and innovation also needs to be done to maximize the steps of the University to achieve its goal of becoming a leader in Southeast Asia and towards a World Class University.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gregorius Glegar Rahadyan Pratama
Abstrak :
ABSTRAK Laporan magang ini membahas mengenai prosedur audit atas akun pendapatan iuran dan beban klaim ABCD Ketenagakerjaan cabang B05, untuk periode 31 Desember 2014. Laporan ini membahas mengenai prosedur audit yang dijalankan, tahapan - tahapan audit, beserta hasil pelaksanaan audit, temuan audit, serta kesesuaian prosedur - prosedur audit tersebut dengan teori audit. Proses yang dijalankan dalam audit ini mencakup test of controls, serta substantive test of transactions, yang dilaksanakan kepada seluruh program kerja ABCD Ketenagakerjaan cabang B05. Berdasarkan pelaksanaan audit, auditor memperoleh keyakinan yang cukup bahwa akun pendapatan iuran dan beban klaim ABCD Ketenagakerjaan cabang B05 sudah disajikan secara wajar dan bebas dari salah saji material.
ABSTRAK This report aims to explain the audit procedures for the contribution revenue and claim expenses of ABCD Ketenagakerjaan's B05 branch, for the period ended December 31st, 2014. This report mainly discusses about the processes undertaken during the audit and its conformity with the audit theories, the result of the audit, and also the issues found upon completing the audit. The processes undertaken include test of controls, and also substantive test of transactions, both of which are performed across all ABCD Ketenagakerjaan's work program. Based on the audit procedures performed, auditor achieved enough evidence to assure that the contribution revenue and claim expenses of ABCKetenagakerjaan?s B05 branch have been fairly presented, and are free from any material misstatements.
2016
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
David Dion
Abstrak :
Laporan Magang ini membahas mengenai implementasi pengakuan pendapatan berdasarkan IFRS 15 pada PT VWX Tbk. yang merupakan sebuah perusahaan penyedia jasa telekomunikasi dan informasi. Laporan ini juga membahas prosedur analisa kontrak yang dijalankan KAP DEF untuk menghitung pendapatan yang dapat diakui oleh PT VWX Tbk. selama tahun 2018. Proses analisa kontrak dilaksanakan menggunakan sistem aplikasi review berdasarkan IFRS 15. Selama melakukan analisa kontrak, penulis melihat kesesuaian sistem aplikasi review dengan IFRS 15 sebagai standar akuntansi yang mulai berlaku sejak 1 Januari 2018. Pada bagian selanjutnya, laporan ini akan memberikan ilustrasi dari dampak perubahan pengakuan pendapatan yang dilakukan PT VWX Tbk. Berdasarkan hasil analisis, penulis mengidentifikasi beberapa permasalahan yang dapat menjadi risiko dalam implementasi standar oleh PT VWX Tbk. Permasalahan signifikan yang ditemukan adalah terkait dengan kontrak yang hilang dan manajemen kontak. ......This internship report examined the implementation of revenue recognition according IFRS 15 in PT VWX Tbk., a company engages in telecommunication and information services. This report also discusses the contract analysis procedure carried out by DEF Public Accounting Firm to calculating the revenue that can be recognized by PT VWX Tbk. for the period of 2018. Contract analysis process are implemented using application review system based on IFRS 15. During the contract analyses process, the writer analyses the conformity of application review system with the accounting standard for revenue recognition that effective on January 1st 2018, which is IFRS 15. In the next section, this report will provide some illustration of the impact of changes in revenue recognition made by PT VWX Tbk. Based on the results of the analysis, the writer identified several problems that could be a risk in implementing standard by PT VWX Tbk. Significant problems found are related to missing contract and contract management.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Tesalonika Hana Teresa
Abstrak :
Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi prosedur audit yang dilakukan KAP KIM atas penjualan sebagai bagian dari audit atas laporan keuangan PT RAV untuk tahun 2021. PT RAV merupakan perusahaan manufaktur yang melayani pasar industri otomotif. Evaluasi dilakukan dengan mengacu pada PSAK 72 terkait Pendapatan dari Kontrak Pelanggan, SA 500 dan SA 315, serta didukung oleh teori Arens et.al. (2016), Hayes et.al. (2014), dan Gray et.al. (2011). Adapun prosedur audit yang dievaluasi, meliputi uji walk-through, uji pengendalian (test of details), dan prosedur substantif uji rinci untuk menguji asersi manajemen atas akun penjualan. Berdasarkan evaluasi atas pekerjaan yang dilakukan selama periode magang, prosedur audit yang dilakukan telah sesuai dengan standar dan teori yang berlaku. ......This internship report aims to evaluate the audit procedures carried out by KAP KIM on sales as part of an audit of PT RAV's financial statements for 2021. PT RAV is a manufacturing company that serves the automotive industry market. The evaluation was carried out with reference to PSAK 72 related to income, SA 500, SA 315, and was supported by the theory of Arens et.al. (2016), Hayes et.al. (2014), and Gray et.al. (2011). The audit procedures evaluated include walk-through tests, tests of controls, and substantive procedures for tests of details to test management's assertions on sales accounts. Based on the evaluation of the work carried out during the internship period, the audit procedures carried out were in accordance with applicable standards and theories.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Leonard Day Mas Sangur
Abstrak :
Laporan magang ini disusun dengan tujuan untuk melakukan evaluasi prosedur pada setiap tahapan audit beserta kecukupan dan ketepatan bukti audit pada PT DDD berdasarkan teori dan standar audit yang berlaku. Prosedur audit yang akan dievaluasi dimulai dari tahap penerimaan klien, perencanaan audit, pengumpulan & pengujian bukti, dan evaluasi & pelaporan hasil audit. Kecukupan dan ketepatan bukti audit dievaluasi melalui seberapa banyak prosedur audit yang dilaksanakan. Evaluasi hanya terbatas pada prosedur audit yang dilakukan oleh penulis selama melakukan aktivitas magang di KAP HIJ. Hasil analisis yang dilakukan menyimpulkan bahwa sebagian besar prosedur audit yang dilakukan dalam tahapan audit masih belum sesuai dengan teori dan standar audit. Selain itu, bukti audit yang dikumpulkan belum cukup dan tepat karena sedikitnya prosedur audit yang dijalankan oleh penulis. Terdapat juga hasil evaluasi dimana auditor dalam melakukan prosedur audit kurang menerapkan prinsip kode etik yaitu objektivitas & independensi dan kehati-hatian. Di samping itu, laporan magang ini juga menyertakan evaluasi refleksi diri atas kegiatan magang di KAP HIJ. Hasil evaluasi menyimpulkan bahwa penulis masih perlu memperluas wawasan terkait audit jika ingin merintis karir sebagai auditor. Selain itu, kemampuan untuk menyelesaikan masalah, beradaptasi, berkomunikasi dengan atasan, klien, rekan kerja, pengoperasian Microsoft Excel, belajar mandiri, dan sikap professional dalam bekerja sangat perlu untuk ditingkatkan agar dapat bekerja secara efektif dan efisien. ......This internship report was prepared with the aim of evaluating procedures at each stage of the audit along with the adequacy and accuracy of audit evidence at PT DDD based on applicable audit theory and standards. The audit procedure to be evaluated starts from the client acceptance stage, audit planning, evidence collection & testing, and audit results evaluation & reporting. The adequacy and appropriateness of audit evidence is evaluated through the number of audit procedures performed. The evaluation is only limited to the audit procedures carried out by the author during internship at KAP HIJ. The results of the analysis concluded that most of the audit procedures carried out in the audit stage were still not in accordance with audit theory and standards. In addition, the audit evidence collected was not sufficient and appropriate due to the lack of audit procedures carried out by the authors. There are also evaluation results where the auditor in carrying out audit procedures does not apply the principles of the code of ethics, namely objectivity & independence and prudence. In addition, this internship report also includes a self-reflection evaluation of internship activities at KAP HIJ. The results of the evaluation conclude that the authors still need to broaden their horizons regarding auditing if they want to start a career as an auditor. In addition, the ability to solve problems, adapt, communicate with superiors, clients, co-workers, operate Microsoft Excel, learn independently, and have a professional attitude at work really need to be improved in order to work effectively and efficiently.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Catur Widi Jurgen Mucharom
Abstrak :
ABSTRACT
Penelitian ini dibuat untuk menganalisis perbandingan antara pengakuan akun Ventura Bersama dengan akun Operasi Bersama pada PT FML. Analisis dilakukan dengan mengidentifikasi kesesuaian pengakuan yang telah dilakukan oleh PT FML atas transaksi Perikatan Bersama dengan PSAK 66: Perikatan Bersama. Hasil analisis ini menyimpulkan bahwa pengakuan yang dilakukan oleh PT FML belum sesuai dengan PSAK 66: Perikatan Bersama.
ABSTRACT
This research was made to analyze the comparison between the recognition of a Joint Venture account with a Joint Operation account at PT FML. The analysis is carried out by identifying the compatibility of the recognition that has been made by PT FML on Joint Arrangement transactions with PSAK 66: Joint Arrangement. The results of this analysis concluded that the recognition made by PT FML was not in compliance with PSAK 66: Joint Arrangement.
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anissa Putriasari
Abstrak :
Penelitian ini menganalisis secara komprehensif mengenai penerapan pengendalian internal pada pemberian kredit mikro Bank Bukopin. Jenis kredit mikro yang diteliti pada penelitian ini adalah kredit Swamitra. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif yang bertujuan untuk menjelaskan bagaimana sistem pengendalian internal pada pemberian kredit Swamitra dan bagaimana penanganan terhadap kredit macet (non performing loan) disaat pertumbuhan portofolio terus meningkat. Hasil dari penelitian ini adalah Bank Bukopin telah melakukan sistem pengendalian kredit dengan cukup baik pada sebelum ataupun sesudah pemberian kredit. Akan tetapi Bank Bukopin perlu meningkatkan kontrol pada sistem pengendalian pada kredit Swamitra karena nilai non performing loan yang masih cukup tinggi dibandingkan dengan nilai non performing loan kredit industri mikro dapat menyebabkan ancaman bagi Bank Bukopin pada masa yang akan datang. ......This study comprehensively analyzes the implementation of internal control in Bukopin micro credit. The type of micro credit examined in this study is Swamitra credit. This is a descriptive research with qualitative design. The purpose of this study is to explain how the system of internal controls in the provision of Swamitra credit and how they handle non-performing loans. The result of this study is Bank Bukopin have done credit control system well enough before and after the provision of credit. However Bank Bukopin needs to improve controls on Swamitra credit control system because the ratio of non performing loan for Swamitra credit is still high enough compared to the ratio of non performing loan for micro industry credit will cause a threat to Bank Bukopin in the future.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S46151
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Embun Sari
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa sistem pengendalian internal dalam penyaluran Kredit Pemilikan Rumah (KPR), mulai dari prosedur penyaluran, peran dari pihak terkait, pengendalian fasilitas kredit yang sudah diberikan, hingga pencegahan dan penyelesaian kredit macet (Non Performing Loan). Penelitian ini dilakukan pada Bank BTN Cabang Depok dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penulis mendapat kesimpulan bahwa sistem pengendalian penyaluran KPR yang dilaksanakan Bank BTN Cabang Depok telah berjalan sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia. Selain itu, Bank BTN Cabang Depok telah menerapkan sistem pengendalian manajemen perbankan dengan baik, sehingga penerapannya dapat dijadikan acuan bagi penyaluran KPR oleh Bank Umum lainnya. Namun demikian, Bank BTN Cabang Depok masih dapat meningkatkan kinerjanya melalui optimalisasi penggunaan sistem informasi dan meningkatkan kehati-hatian dalam proses penilaian debitur untuk meminimalisir terjadinya kredit bermasalah. ......The main purpose of this research is to analyze the control system of mortgage loan distribution, including the distribution procedure, job descriptions of responsible parties, loan control, prevention and resolution of Non-Performing-Loan. The study is conducted in Bank BTN Cabang Depok and using descriptive qualitative method. We could take a conclusion that Bank BTN Cabang Depok has complied the regulation of Bank Indonesia in delivering their mortgage loan. Besides, Bank BTN Cabang Depok has also apllied the control system of banking management. Their practice in mortage loan can be a benchmark for other Banks in the same field. However, there are still room for improvement for Bank BTN Cabang Depok. They may consider to optimizing the usage of information system, and improvement in debtor assessment process to minimize the bad loans.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S46190
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>