Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ismail Dony Adityo
"ABSTRAK
Bersepeda sebagai salah satu bentuk gaya hidup sehat, kini tengah menjadi tren
masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Salah satu faktor yang memengaruh
meningkatnya tren ini ialah peran dari komunitas sepeda yang secara aktif
mempromosikan kultur bersepeda. Studi sebelumnya cenderung lebih
menekankan pada pentingnya faktor kebijakan serta infrastruktur. Tulisan ini akan
melengkapi studi terdahulu dengan menjelaskan peran komunitas dalam
membangun kultur bersepeda melalui jaringan sosial. Untuk menggali data
mengenai penggunaan jaringan sosial dalam membangun kultur bersepeda, studi
ini menggunakan metode kualitatif melalui wawancara mendalam. Jaringan sosial
erat kaitannya dengan akses kepada sumberdaya-sumberdaya yang dapat
digunakan untuk mencapai tujuan komunitas, yaitu membangun kultur bersepeda.
Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa komunitas Bike To Work
Indonesia membangun jaringan dengan komunitas lain, pasar, dan pemerintah.
Jaringan tersebut digunakan untuk membangun kultur bersepeda baik secara
struktural maupun kultural.

ABSTRACT
Cycling as a form of healthy lifestyle, is becoming a trend of the world society,
including Indonesia. One of the factors that influence this trend is the increasing
role of the bicycle community that actively promote cycling culture. Previous
studies tended to put more emphasis on the importance of policies and
infrastructure factors. This paper will complement previous studies by explaining
the role of the community in building a culture of cycling through social
networks. To collect data on the use of social networks in building a culture of
cycling, this study used qualitative methods through in-depth interviews. The
social network is closely related to access to resources that can be used to achieve
community goals, namely to build a culture of cycling. Findings from this study
indicate that the Community Bike To Work Indonesia build a network with the
community, the market, and the government. The network is used to build a
culture of cycling both structurally and culturally"
Depok: [Fakultas Sosiologi Universitas Indonesia;, ], 2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Sofiah Zulfa
"Penelitian ini berfokus pada pengaruh terpaan social media influencer terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa Generasi Z. Selain itu, penelitian ini menggunakan jenis kelamin sebagai variabel kontrol untuk melihat bagaimana pengaruh terpaan social media influencer terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Generasi Z. Peneliti memiliki hipotesis di mana semakin tinggi terpaan social media influencer, maka semakin tinggi pula perilaku konsumtif melalui variabel kontrol jenis kelamin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner online menggunakan Google Form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara terpaan social media influencer dengan perilaku konsumtif dengan kekuatan hubungan yang kuat dan memiliki arah yang positif serta signifikan di tingkat populasi. Hasil analisis bivariat yang menunjukkan hubungan kuat ini juga didukung oleh data kualitatif melalui wawancara mendalam. Adapun, hasil analisis multivariat menunjukkan adanya perbedaan pengaruh terpaan social media influencer terhadap perilaku konsumtif pada jenis kelamin yang berbeda di mana laki-laki cenderung lebih konsumtif dibandingkan perempuan.

This study focuses on the influence of exposure to social media influencers on consumptive behavior in students of Generation Z. In addition, this study uses gender as a control variable to see how the influence of exposure to social media influencers on the consumptive behavior of students of Generation Z based on different genders. Based on previous research, The researcher has a hypothesis in which the higher the exposure to social media influencers, the higher the consumptive behavior through the control variable of gender. This research uses a descriptive quantitative approach using data collection methods through distributing online questionnaires using Google Form The results showed that there is a significant influence between exposure to social media influencers and consumptive behavior with a strong relationship strength and has a positive direction and is significant at the population level. The results of bivariate analysis showing this strong relationship are also supported by qualitative data through in-depth interviews. Meanwhile, the results of multivariate analysis show that there are differences in the influence of exposure to social media influencers on consumptive behavior in different genders where men tend to be more consumptive than women. "
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library