Ditemukan 58 dokumen yang sesuai dengan query
Botutihe, Sukma Nurilawati, author
Dalam upaya menangani perilaku yang tidak diharapkan dari anak, perlu dilakukan perubahan perilaku. Perubahan tersebut akan menjadi efektif dengan adanya kontrol dan keterlibatan orang tua. Oleh karena itu orang tua perlu diberikan pelatihan dalam mengupayakan teknik modifikasi perilaku pada anak (Schaefer & Briesmeister, 1989). Untuk itu disusun program intervensi yang...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2009
T38102
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Tarmidi, author
Depok: Universitas Indonesia, 2008
T38106
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Kristin Setyorini Suyanto, author
2007
T38208
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Ocky Jhon Gumilang Hidayat, author
ABSTRAK
Perilaku inovatif merupakan hal yang penting untuk memastikan sebuah institusi dapat berjalan dengan efektif. Penelitian ini akan berfokus pada perilaku inovatif guru yang merupakan garda terdepan dalam institusi pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah kreativitas dan teachers self-efficacy dapat memprediksi perilaku inovatif guru. Instrumen yang digunakan adalah Innovative...
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Sri Aswati, author
Penelitian ini berawal dari mengapa saat ini banyak terjadi kehamilan yang belum diharapkan di kalangan remaja. Kemudian ditunjang dengan buku para pakar yang mengetengahkan hasil-hasil penelitian yang dilakukan di kalangan remaja bahwa, banyak remaja sudah berani melakukan perbuatan seksual. Hal ini disebabkan antara lain: tersedianya berbagai media cetak dan media...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1994
T107
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Herlinda Ekapraja, author
Initiation of joint attention merupakan kemampuan dasar yang diperlukan individu dalam berinteraksi secara sosial. Kemampuan ini melibatkan aspek bahasa, komunikasi, dan interaksi sosial, yang merupakan area defisit utama pada individu dengan Autism Spectrum Disorder (ASD). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan modifikasi perilaku melalui penerapan prompting dan reinforcement oleh...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
T42822
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Istiana Amalia, author
Kerentanan tunagrahita terhadap pelecehan seksual meningkat dikarenakan kurangnya pemahaman terkait seksualitas dan kesehatan reproduksi (Tang & Lee, 1999; WHO, 2009; Arisanti dalam Asra, 2013). Meski demikian, kebutuhan tunagrahita tersebut tidak diiringi dengan ketersediaan informasi dan layanan yang memadai (WHO, 2009). Penelitian ini kemudian ditujukan untuk membuktikan apakah program psikoedukasi bagi...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
T45099
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Yunia Candraresmi, author
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur sikap guru terhadap pendidikan inklusif dan penggunaan strategi yang efektif dalam mendukung interaksi sosial siswa berkebutuhan khusus dan teman sebaya. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari 40 orang guru yang berasal dari sekolah dasar negeri inklusif di Depok. Partisipan diberikan dua buah kuesioner, masing-masing mengukur...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
T46959
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Lia Febrian, author
ABSTRAK
Pelaksanaan pendidikan inklusif di Indonesia menghadapi tantangan khususnya dari guru karena guru harus melakukan perubahan dalam dukungan instruksional untuk mengakomodasi kebutuhan belajar siswa berkebutuhan khusus di kelas inklusif. Hasil penelitian sebelumnya menunjukan bahwa faktor yang memengaruhi kemampuan guru untuk dapat memberikan dukungan instruksional yang baik adalah tingkat self efficacy guru....
2017
T47914
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Anna Anita Widyarti, author
Temuan Proyek The Indonesian Early Childhood and Development (ECED) menyebutkan bahwa anak-anak usia dini di Indonesia perlu mendapatkan perhatian yang lebih serius dalam hal pembentukkan kesiapan belajar mereka di sekolah formal. Atas dasar itu peneliti membuat modul pembelajaran numerasi untuk anak usia 5-6 tahun sebagai salah satu upaya meningkatkan kemampuan...
Depok: Universitas Indonesia, 2017
T48577
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library