Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 77 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tri Hardiningtyas
Abstrak :
Tujuan penelitian ini adalah (1)mengetahui pelaksanaan jasa penelusuran di Pustaka Bogor, (2) mengetahui metode kerja pustakawan dalam memberikan pelayanan jasa penelusuran, (3) menghitung hasil dari kegiatan jasa penelusuran informasi yang berupa hasil temuan, ketepatan informasi, dan waktu pelayanan yang diberikan, (4) mengetahui efektivitas jasa penelusuran melalui hasil pelayanan yang diberikan pada periode Januari-Juli 1995, di Pustaka, Bogor secara objektif dan subjektif. Subjek penelitian berupa surat hasil penelusuran yang sekaligus memuat nama pemakai yang kalak menjadi responden. Objek penelitiannya ialah efektivitas pelayanan jasa penelusuran. Sampel diambil secara acak sederhana dengan jumlah sampel sebanyak 87 responden. Berdasarkan jumlah tersebut, responden yang mengembalikan kuesioner sejumlah 69 (±80%). Hipotesis penelitian terdiri dari: (1) ada hubungan antara hasil temuan dan kepuasan pemakai, (2) ada hubungan antara ketepatan informasi yang diterima pemakai dan kepuasan pemakai, (3) ada hubungan antara waktu pelayanan yang diberikan dan kepuasan pemakai, dibuktikan dengan uji korelasi product moment.
This research's purpose are (1) to investigate how reference services being performed and operated in Pustaka Bogor, (2) to investigate how librarians doing that service according to fulfill a request, (3) to calculate outputs from searching services about recall, precision, and time of services, (4) to account the effectiveness of searching services from January until July 1995. The letters received from user who use that service become as subject of this research. The object of research is effectiveness of searching services. The number of sample are 87 respondents and sample is taken by simple sampling method. From 87 questionnaire that had been sent, about 80 percent are received. Hypotheses test by Pearson's product moment proved that (1) there is positive correlation between recalls and user's satisfaction, (2) there is positive correlation between information precision and user's satisfaction, and (3) there is negative correlation between time of services and user's satisfaction.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1995
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Karim
Abstrak :
Tujuan penelitian deskriptif ini adalah : 1) untuk mengetahui gambaran pemanfaatan naskah kuno oleh mahasiswa, berdasarkan frekuensi kunjungan, lamanya waktu baca, jumlah koleksi yang dibaca, tujuan pemanfaatan, cara pemanfaatan, subjek naskah yang dimanfaatkan, metode penggarapan naskah, pemanfaatan bahasa naskah oleh mahasiswa di Perpustakaan Nasional RI, dan 2) untuk mengetahui faktor apa saja yang dapat mempengaruhi pemanfaatan naskah kuno oleh mahasiswa. Janis penelitian ini adalah penelitian survei yang digunakan untuk maksud deskriptif. Sampel penelitian ini adalah 40 orang mahasiswa yang sedang memanfaatkan naskah kuno di Perpustakaan Nasional RI. Sampel tersebut ditentukan dengan menggunakan teknik sampel kebetulan. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner sebagai alat pengumpul data yang utama, dan wawancara mendalam dengan 10 orang responden sebagai data tambahan. Analisis data dilakukan dengan metode analisis deskriptif dan teknik korelasi dengan menggunakan uji Tau Goodman dan Kruskal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa berkunjung 1 kali dalam sebulan. Mahasiswa membutuhkan waktu antara 2 - 3 jam sehari untuk membaca naskah. koleksi yang dibaca mahasiswa sebanyak 2 - 3 eksemplar naskah. mahasiswa memanfaatkan naskah kuno karena tugas-tugas kuliah dan sedang menyusun skripsi. Cara pemanfaatan naskah kuno oleh mahasiswa adalah dengan membaca teks naskah asli dan hasil print out dari mikrofilm. Subjek naskah yang paling banyak dimanfaatkan mahasiswa adalah subjek tentang agama dan subjek tentang bahasa dan sastra. Metode penggarapan naskah adalah metode edisi untuk naskah tunggal. Naskah yang paling banyak dipilih adalah naskah berbahasa Malaya dan naskah berbahasa Arab. Dari hasil uji Tau Goodman dan Kruskal menunjukkan bahwa pemanfaatan naskah kuno berdasarkan frekuensi kunjungan dipengaruhi oleh minat dan pemahaman mahasiswa tentang bantuan, pemahaman, dan sikap pustakawan dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa. Pemanfaatan naskah kuno berdasarkan tujuan pemanfaatan dipengaruhi oleh tingkat akademik (strata) dan minat mahasiswa terhadap naskah kuno. Pemanfaatan naskah kuno berdasarkan cara pemanfaatan dipengaruhi oleh tingkat akademik (strata) mahasiswa. Pemanfaatan naskah keno berdasarkan subjek naskah dipengaruhi oleh asal perguruan tinggi dan jurusan yang diambil mahasiswa; pemahaman mahasiswa tentang keragaman bahasa/aksara naskah; serta pemahaman mahasiswa tentang katalog yang digunakan. Pemanfaatan naskah kuno berdasarkan pemanfaatan bahasa naskah dipengaruhi oleh asal perguruan tinggi, jurusan yang diambil mahasiswa, dan pemahaman mahasiswa tentang katalog yang digunakan.
The utilization of manuscript by the students at The National Library of Indonesia The purpose of this description research are : 1) to know the utilization of manuscripts by the students, based on frequency of visit, period of reading time, number of collection read, purpose of utilization, way of utilization, subject of manuscript, method of study, and manuscript language used by the students, and 2) to know any factor that perhaps affect .the utilization of manuscript by the students. Type of this research is a survey research with descriptive purpose. Research of survey took 40 sample of students that used manuscript collection at the National Library of Indonesia. Those sample being choosed by using the accidental sampling. Questioner are used to gather data, and 10 respondents are interviewed to obtained main data complement. Data analysis is conducted using a descriptive analysis method and correlation technique with using Tau Goodman and Kruskal Test. Result of the research has shown that most students visit 1 time a month. The students spend 2- 3 hours a day for reading manuscript collection. Number of manuscript read by the students are 2 - 3 copy of manuscripts. The students' purpose to utilize the manuscript is to perform lecture task and complete final work. The students utilize manuscript collection by reading original text of manuscript and result of printed out manuscript collection. Subject of manuscripts used frequently by students are subject of religion and subject of language and literature. Method of study used by the students is codex unicus edition. Manuscripts choosed frequently by the students are Malay manuscripts and Arabic manuscripts. Result of Tau Goodman and Kruskal Test has shown that the utilization of manuscripts based on frequency of visit affected by interest and students' understanding to cooperation, understanding, attitude of librarian. The utilization of manuscript based on purpose of utilization affected by academic level and students' interest to the manuscript The utilization of manuscript based on way of utilization affected by academic level. The utilization of manuscript based on subject of manuscript affected by identity of university and field of study, students' understanding to variety of manuscript language/character, and students' understanding to the catalogue used. The utilization of manuscript based on utilization of manuscript language affected by identity of university, field of study, students' understanding to the catalogue used by the students.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2005
T15341
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Suni Triani
Abstrak :
Kegiatan pengolahan dan dokumentasi bahan pustaka yang dilakukan PUSTAKA menghasilkan berbagai jenis sarana bibliografis. Fungsi utama sarana bibliografis tersebut adalah sebagai alat bantu penelusuran informasi sehingga dapat menemukan sumber informasi yang diperlukan dengan lebih cepat dan tepat penggunaan sarana bibliografis terutama dalam kegiatan layanan perpustakaan. Namun, pustakawan cenderung tidak tampak menggunakan sarana bibliografis dalam memberikan layanan kepada pengguna perpustakaan. Penelitian ini ingin memahami permasalahan yang terjadi dalam pemanfaatan sarana bibliografis oleh pustakawan. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah supaya pengguna perpustakaan PUSTAKA dapat dilayani dengan tepat guna melalui penelusuran informasi dan temu kembali informasi yang diiakukan dengan cepat dan mudah melaiui penggunaan sarana bibliografis. Metodologi yang digunakan untuk mengetahui fenomena permasalahan penelitian dilakukan secara survey untuk mendapatkan gambaran secara langsung mengenai situasi, kondisi, dan fenomena yang terjadi di lokasi penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan cara mengumpulkan data melalui metode wawancara dan pengamatan berperan serta. Hasil wawancara kemudian ditranskripsikan dalam transkrip wawancara dan catatan lapang penelitian. Metode sitasi digunakan untuk menganalisa data hasil penelitian dan disimpulkan dengan metode grounded theory. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan sarana bibliografis banyak digunakan oleh pengguna yang langsung datang ke perpustakaan PUSTAKA. Pustakawan menggunakan sarana bibliografis untuk melakukan penelusuran informasi dan menentukan titik akses untuk temu kembali sumber informasi. Pustakawan berperan sebagai pembimbing pengguna dalam melakukan penelusuran informasi, dengan cara menunjukkan lokasi sarana bibliografis, menentukan titik akses yang paling cepat dan mudah, mengarahkan teknik-teknik penelusuran informasi, menganalisa subyek informasi yang diminta, serta evaluasi informasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pustakawan telah memanfaatkan sarana bibliografis untuk membantu pengguna menelusur dan menemukan sumber informasi yang diminta dengan lebih cepat dan tepat. Disarankan agar perpustakaan PUSTAKA menyediakan fasilitas pendukung agar sarana bibliografis yang ada dapat semakin dilengkapi dengan pemberian titik akses yang menjadi penghubung temu kembali sumber informasi.
Organization and documentation of library material at Indonesian Center to Agricultural Library and Technology Dissemination (ICALTD) produces some kinds of bibliographic tools. Former function of those bibliographic tools is using as information retrieval aids, which enable to find out the information sources quickly and promptly. Bibliographic loots primarily use on library services division. Nevertheless, librarians tends rarely seem presenting library services with using those bibliographic tools. The aim of this research is to understanding the problem research in using of bibliographic tools by librarians. The purpose of this research is so that the users of the ICALTD enable served to retrieve and to find the information sources quickly and promptly with using of bibliographic tools. The research phenomenon investigated using a survey method, which perhaps unable researcher to gain more comprehensive data proper into the research problem. Qualitative study was implemented in this research to collecting research data using interviews and participatory observations methods. The conversations of the interviews methods were transcribed into conversation transcription and notes of: fiefs observations. Citation method was using for analyzed research findings and concluded with grounded theory methods. Findings research describes that using of bibliographic tools mostly by the directly users which coming to the ICALTD to using the library collection. Librarians had using the bibliographic tools to retrieve information and defined the' access point to find information sources. Librarians take the role as the adviser co the users in retrieve the information, point out the location of the bibliographic tools, defining the access point, guiding with reference techniques, analyzes the information subjects, and evaluate the information sources. This research concluded that the librarians were had using the bibliographic tools to help the users to find out the information quickly and exactly. Suggested to the ICALTD to provide facilities that supported bibliographic tools uses.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2005
T15371
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siambaton, Ernita
Abstrak :
Departemen Pekerjaan Umum, merupakan departemen yang menghasilkan banyak proyek penting yang berskala nasional dan bersifat monumental yang ditujukan bagi kepentingan masyarakat banyak seperti jembatan, jalan raya, irigasi, dsb. Oleh sebab itu departemen ini menghasilkan banyak arsip penting yang harus dikelola dengan baik guna menunjang pelaksanaan kegiatannya sehari-hari. Selain itu departemen ini juga menghasilkan banyak arsip penting yang memiliki makna sejarah dan memiliki nilai berkelanjutan bagi bangsa. Tentu saja untuk dapat mengelola arsip tersebut dengan baik dibutuhkan arsiparis yang memiliki motivasi kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) memperoleh gambaran tentang motivasi kerja arsiparis, (2) faktor-faktor motivasi kerja yang ada pada departemen tersebut, (3) upaya-upaya yang dilakukan untuk meningkatkan motivasi kerja arsiparis dan kendala yang dihadapi dalam meningkatkan motivasi kerja arsiparis. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah arsiparis pada Departemen Pekerjaan Umum yang seluruhnya berjumlah 35 orang. Arsiparis yang dipilih menjadi informan sebanyak 7 orang dipilih secara purposif mewakili arsiparis tingkat terampil dan ahli,senior dan junior, wanita dan pria dan arsiparis yang bekerja pada pusat arsip. Arsiparis yang bekerja di pusat arsip juga dipilih sebagai informan untuk mendapatkan gambaran motivasi mereka dalam bekerja di pusat arsip. Penelitian dilakukan dengan melaksanakan wawancara dengan para informan yang telah dipilih dengan menggunakan wawancara sistem terbuka, melakukan pengamatan terhadap kondisi kerja secara fisik dan mental serta melakukan kajian terhadap dokumen yang relevan dengan tema yang dipilih. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa hal sebagai berikut: (1) Arsiparis yang memiliki motivasi menjadi arsiparis karena memang menyukai pekerjaan sebagai arsiparis (motivasi internal), bekerja lebih serius bila dibandingkan dengan arsiparis yang memilih menjadi arsiparis karena faktor eksternal (motivasi eksternal), (2) Motivasi kerja arsiparis tingkat ahli lebih baik bila dibandingkan dengan arsiparis tingkat terampil, (3) Motivasi kerja arsiparis yang Baru diangkat (arsiparis junior) lebih baik dibandingkan dengan motivasi kerja arsiparis yang sudah lama masa kerjanya (arsiparis senior), (4) Motivasi kerja arsiparis wanita lebih baik dibandingkan dengan arsiparis pria, (5) Arsiparis yang bekerja di pusat arsip kurang memiliki semangat kerja akibat kurangnya dukungan terhadap pusat arsip dan kurang memadainya fasilitas dan perlengkapan kerja, (6) Motivasi kerja yang bersifat intrinsik masih dirasakan kurang memadai, terutama dalam hal kurangnya penghargaan dan pengakuan terhadap pekerjaan dan prestasi, (7) rendahnya penghasilan (faktor ekstrinsik) dan kurangnya pengakuan dan penghargaan (faktor intrinsik) merupakan faktor penghambat motivasi mereka dalam bekerja, (8) Upaya yang telah dilakukan untuk meningkatkan motivasi kerja para arsiparis mengalami kendala keterbatasan dana dan kurangnya dukungan serta perhatian dari lembaga/pimpinan. Untuk meningkatkan motivasi kerja arsiparis, penulis memberikan saran sebagai berikut: (1) Pimpinan di bidang kearsipan diharapkan untuk lebih kreatif dalam meyediakan pekerjaan yang lebih beragam bagi para arsiparis dan mendorong mereka untuk melakukan kreativitas dalam pekerjaaannya. (2) Peningkatan pengawasan dengan menegakkan disiplin dan sanksi, (3) Pemberian penghargaan kepada arsiparis yang telah bekerja dengan baik, (4) Sosialisasi jabatan fungsional arsiparis yang dilakukan setiap tahunnya perlu dilanjutkan dan ditingkatkan kualitas pelaksanaannya.
Public Works Department is one of the most important institutions in Indonesia and this department have built so many important and monumental projects for public uses such as some giant bridges, streets, dams and irrigations, etc. Therefore Public Works Department creates so many important archives which should be managed well to support its daily activities. This department also creates so many archives that have historical and continuing values. To manage the archives well, this department need to have archivists who have strong motivation at the workplace. The objective of this research was to find out (1) the description of the archivists motivation at the workplace, (2) intrinsic factors and extrinsic factors, (3) management's efforts to improve their motivation at the workplace and the obstacles to improve their motivation at the workplace. Hopefully, the results of this research can be used as a guide to improve the archivists motivation at the workplace, especially at The Public Work Department. This research can be defined as a study case that using qualitative approach. The population in this research was all functional archivists in the Public Works Department, and the sample was taken by using purposive sampling based on stratification according to rank , seniority, and gender. Archivists work in records center also taken to be the respondents to find out the description of their motivation at the workplace in records center. Data collected by using open interview technique, doing observation on working conditions mentally and physically and studying the documents relevant to the topics. The results of this research indicated that: (I) the archivists who have internal motivation work more seriously than the archivists who have external motivation, (2) the junior archivists work more seriously than senior archivists, (3) the archivists who have higher rank work more seriously than they are in the lower rank, (4) the female archivists work more seriously than the male archivists, (5) the archivists who work in records center have less enthusiasm for work because of lack of appreciation and recognition and lack of facilities at their workplace, (6) lack of salary (extrinsic factors), lack of appreciation and recognition (intrinsic factors) did not support them to work effectively and efficiently, (7) efforts to improve the work motivation faced with lack of operating funds and lack of recognition and appreciation of the institution and the management. Based on the results, there are some recommendations to improve the archivists motivation at workplace: (1) the management should be more creatively providing various job for the archivists and motivate them to be more creative in work, (2) improve the supervision by maintaining discipline and punishment, (3) give appreciation to the archivists who have good performance, and (4) improve the quality of socialization functional job archivists.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2005
T15374
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yusri Fahmi
Abstrak :
Demi pengembangan ilmu pengetahuan, menyetujui untuk memberikan kepada Universitas Indonesia Hak Bebas Royalti Noneksklusif (Non-exclusive Royalty- Free Right) atas karya ilmiah saya yang berjudul:PERENCANAAN STRATEGIS PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI ISLAM (Studi Kasus pada Perpustakaan STAIN Padangsidimpuan) beserta perangkat yang ada (jika diperlukan). Dengan Hak Bebas Royalti Noneksklusif ini Universitas Indonesia berhak menyimpan, mengalihmedia/formatkan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan tugas akhir saya selama tetap mencantumkan nama saya sebagai penulis dan sebagai pemilik Hak Cipta. Penelitian ini membahas tentang perencanaan strategis Perpustakaan STAIN Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kondisi lingkungan internal dan eksternal Perpustakaan STAIN Padangsidimpuan, (2) menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi oleh Perpustakaan STAIN Padangsidimpuan, dan (3) mengidentifikasi rumusan strategi berbasis analisis SWOT untuk perencanaan strategis jangka pendek dan jangka panjang Perpustakaan STAIN Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk mendapatkan gambaran yang mendalam mengenai obyek penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Proses analisis data dilakukan dengan menggunakan 3 tahapan dari 5 tahapan umum perencanaan strategis, yaitu 1). Penilaian lingkungan perpustakaan dengan menggunakan analisis SWOT, 2). Identifikasi isu-isu strategis, 3). Formulasi strategi. Hasil penelitian ini adalah sebuah konsep perencanaan strategis pengembangan Perpustakaan STAIN Padangsidimpuan yang terdiri dari perencanaan strategis jangka pendek dan jangka panjang.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2011
T28871
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Syaikhu
Abstrak :
Tesis ini membahas kebijakan pengembangan koleksi perpustakaan IAIN Ambon tahun 2006-2007. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan informan penelitian terdiri dari 5 orang yang terlibat langsung dalam proses pengambilan kebijakan tentang pengembangan koleksi perpustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan koleksi perpustakaan IAIN Ambon selama kurun waktu 2006-2007 tidak menggunakan acuan kebijakan tertulis. Kebijakan pengembangan koleksi didasarkan pada perintah lisan dari pimpinan perguruan tinggi kepada kepala perpustakaan, keputusan rapat tingkat pimpinan bersama kepala perpustakaan, Keputusan rapat kerja tahunan, dan keputusan pimpinan perguruan tinggi tentang buku sumbangan wajib bagi mahasiswa akhir studi, sehingga dibutuhkan kebijakan pengembangan koleksi tertulis. ......This thesis describes the collection development policy of State Islamic Institute Ambon in the year of 2006-2007. This descriptive qualitative research has done by a case-study method that inspects deeply by means of any deep interview, observation, and document analysis. The informen of this thesis are 5 people who involve directly with the process of determining policies about developing library collections. The result of this research shows us that to develop the collections of the library of State Islamic Institute Ambon in the year of 2006-2007 was not use such a written policy. The collection development policy was based upon some rector's jugment for the library, some consideration between rector, the head of the department and the head of the library about collection development. Therefore the library of State Islamic Institute Ambon needs a written collection development policy.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2009
T37293
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Komarudin
Abstrak :
Tesis ini membahas tentang persepsi pemustaka terhadap layanan rujukan yang meliputi persepsi pemustaka terhadap koleksi, pustakawan dan fasilitas layanan rujukan di Perpustakaan STAIN Kediri. Penelitian ini adalah penelitian survai dengan pendekatan kuantitatif. Populasi adalah pemustaka aktif mahasiswa STAIN Kediri, Sampel diambil secara acak sederhana sebanyak 94 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemustaka menunjukkan persepsi negatif terhadap layanan rujukan. Peneliti menyarankan bahwa perpustakaan perlu meningkatkan koleksi rujukan baik kualitas maupun kuantitasnya, pengetahuan dan sikap pustakawan, dan fasilitas layanan rujukan. ......The focus of this study is user's perceptions of reference services that comprises of reference collection, reference librarian, and reference facilities at the Library of State College of Islamic Studies (STAIN) Kediri. This is a survey research with quantitative approach. Population of this research is library active user of undergraduate students of STAIN Kediri. The samples taken are 94 persons of the population by using simple random sampling. The data were collected by means of questionnaire and interview. The data were analysed with descriptive analysis method. The research shows that user's perception of reference service is negatif. The researcher suggests that library should improve reference collection both quantity and quality, librarian knowledge and behaviour, and reference service facilities.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2009
T39951
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Febri Aditya
Abstrak :
Penelitian ini mengambil judul: Layanan Jumal Elektronik EBSCO Di Perpustakaan BPPT: Pemanfaatannya Oleh Peneliti BPPT dengan mengambil batasan pada jurnal elektronik yang melalui jaringan Internet, yakni EBSCO. Masalah yang dimunculkan pada penelitian ini adalah: Seberapa besar tingkat pemanfaatan jurnal elektronik oleh peneliti, serta kendala apa saja yang dihadapi oleh peneliti dalam memanfaatkan jurnal elektronik tersebut. Janis penelitian yang digunakan adalah survei deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah peneliti yang berada pada bagian Kedeputian Teknis di wilayah BPPT Jakarta. Hal ini dimaksudkan untuk melihat gambaran secara umum terhadap topik yang diteliti. Pengambilan sampel yang digunakan adalah secara acak sederhana. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner terhadap 75 responden, serta didukung oleh wawancara, observasi, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya 25,33% responden yang memanfaatkan EBSCO, sedangkan selebihnya (74,67%) tidak pemah memanfaatkan EBSCO. Dari yang tidak/belum memanfaatkan EBSCO sebagian besar menyatakan kurang adanya sosialisasi atau promosi sehingga banyak diantara responden yang kurang mengetahui adanya EBSCO. Sekalipun mengetahui mereka merasa belum memerlukannya serta akses intemet yang sering lambat atau bermasalah. Kendala yang sering dihadapi adalah lamanya waktu download data atau informasi, waktu akses lambat, dan sebagainya. Dengan demikian perlu diadakannya suatu bentuk promosi/sosialisasi yang cukup gencar, karena amat disayangkan apabila fasilitas layanan yang sudah tersedia tapi tidak banyak orang yang menggunakannya.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2005
S15586
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hanif Effendy
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai tingkat pemanfaatan jaringan internal Petranet sebagai salah satu sumber informasi bagi mahasiswa di Perpustakaan Universitas Kristen Petra. Pertimbangan yang mendasari penelitian ini, UK Petra merupakan universitas swasta pertama di Indonesia yang memasuki dunia Internet dengan diresmikannya Petranet pada Juni 1995. Dukungan dan layanan yang diberikan Petranet dimaksudkan untuk memperlancar fungsi. dan tujuan perpustakaan dalam memenuhi kebutuhan informasi pemakainya. Pengumpulan data dilakukan melalui pengujian kuesioner. Jenis penelitian, teknik pengumpulan data, teknik pemilihan responden dan cara menganalisis data dijelaskan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan Petranet dimanfaatkan para mahasiswa UK Petra sebagai salah satu sumber pemenuhan kebutuhan informasi untuk mendukung kegiatan pendidikan mereka. Meskipun telah dimanfaatkan dengan sebaik-_baiknya, perpustakaan UK Petra harus lebih proaktif untuk memperbaiki berbagai kekurangan yang ada agar bisa memberikan kualitas layanan yang lebih baik bagi pemakainya.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2004
S15723
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ernalia Sri Bintang
Abstrak :
Para ilmuwan dalam melakukan suatu penelitian memerlukan hasil penelitian dari ilmuwan lain yang dianggap ahli dalam bidangnya, hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya pengulangan penelitian yang dapat mengakibatkan pemborosan waktu dan biaya yang tidak perlu. Untuk mendapatkan informasi ilmiah diperlukan jasa pusat informasi ilmiah yang menyediakan berbagai jasa bagi para ilmuwan untuk mendapatkan informasi ilmiah. Salah satu cara mendapatkan informasi tersebut dilakukan dengan jasa penelusuran literatur. Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah-Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PDII-LIPI) menyediakan jasa penelusuran literatur yang didukung oleh sarana yang cukup memadai seperti literatur sekunder yang cukup lengkap dan 9 tenaga penelusur dari berbagai disiplin ilmu yang telah mendapat bimbingan dalam bidang penelusuran. Untuk mengetahui efektivitas hasil penelusuran di PDII, diperlukan suatu penelitian apakah hasil penelusuran dimanfaatkan secara maksimal oleh pengguna dengan cara memesan fotokopi artikel lengkap dari daftar pustaka hasil penelusuran. Dari penelitian diketahui pengguna pada Januari 1988 sampai dengan Desember 1988 yang terbanyak adalah Mahasiswa & Pelajar yaitu 389 (75,53%) dari 515 pengguna. Bidang ilmu yang paling banyak diminta ialah ilmu terapan sebanyak 317 (60,84%) dari 521 permintaan penelusuran. Dari 521 permintaan penelusuran 4 permintaan tidak dilayani karena 2 permintaan dibatalkan pengguna dan 2 permintaan ditolak dan disarankan untuk mencari ke sumber lain karena tidak sesuai dengan misi PDII_-LIPI. Dari 517 hasil penelusuran yang dikirimkan kepada pengguna, diketahui 181 (35,01%) pengguna meminta artikel lengkap dan 336 (64,99%) pengguna tidak memesan dengan rincian alasan: 197 (38,10%) pengguna tidak memberikan alasan; 18 (3,48%) pengguna mengirimkan berita bahwa hasil penelusuran sesuai dengan penelitian yang dilakukan tetapi tidak memesan fotokopi artikel lengkap karena sudah mendapat dari sumber lain; 39 (7,55%) pengguna mengirimkan berita bahwa hasil penelusuran sesuai dengan penelitian yang sedang dilakukan, tapi tidak memesan fotokopi artikel lengkap karena terlalu mahal; 41 (7,93%) pengguna mengirimkan berita bahwa hasil penelusuran sesuai dengan penelitian yang dilakukan, tetapi tidak memesan artikel lengkap karena bahasa asli artikel tidak dimengerti karena dalam bahasa asing; 41 (7,93%) pengguna mengatakan hasil penelusuran menyimpang dan tidak tepat dengan penelitian yang sedang dilakukan, meminta yang lebih tepat dengan memberikan rincian subjek. Kendala yang dihadapi adalah mahalnya biaya pengadaan fotokopi artikel lengkap, dan jangka waktu pemesanan artikel lengkap ke luar negeri cukup lama yaitu antara 2 sampai 3 bulan.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1990
S15257
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8   >>