Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Alif Hikmah Fikri
Abstrak :
Berdasarkan data yang kami dapat dan kelola, negara Indonesia ini memiliki tingkat risiko kebencanaan yang cukup tinggi dan juga ini akibat faktor dari wilayah geografis Indonesia yang dikelilingi oleh banyak lautan. Dari data menunjukkan, tahun 2018 korban kebencanaan paling banyak berasal dari bencana perairan terutama tsunami. Tsunami ini memiliki dampak yang sangat destruktif dan cukup sulit penanggulanngannya jika telah terjadi. Begitupula dengan bencana banjir yang memiliki tingkat destruktif cukup tinggi sehingga jika 2 bencana perairan ini datang menerjang maka tim penyelamat akan kewalahan. Isu inilah yang kami angkat untuk menjadi topik bahasan teknologi yang kita kembangkan sehingga menjadi alat yang mampu membantu tim penyelamat dalam melakukan penyelamatan korban bencana. Harapannya alat ini bisa digunakan langsung ketika terjadi kebencanaan. ......Based on the data, Indonesia has a high level of disaster risk and this is also due to factors from Indonesia's geographical area which is surrounded by many oceans. From the data shows, in 2018 the most victims of disasters came from water disasters, especially tsunamis. This tsunami has a very destructive effect and is quite difficult to overcome if it has occurred. Likewise with the flood disaster which has a destructive rate high enough so that if these 2 waters disasters come crashing, the rescue team will be overwhelmed. We raised this issue to become the topic of technology that we developed so that it became a tool that was able to assist the rescue team in rescuing disaster victims. It is hoped that this tool can be used directly when disaster strikes.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ilham Akbar Abbas
Abstrak :
Dalam Industri maritime, khususnya industri perkapalan, kapal pelayaran rakyat mulai ditinggalkan dikarenakan langkanya kayu, mahalnya biaya pembuatan, dan kualitas kapal yang kurang bersaing. Lambat laun para pedagang mulai bisnis transportasi ini, dan berpindah ke transportasi laut yang lebih modern, dampaknya banyak pihak dan masyarakat pemilik kapal pelayaran rakyat kehilangan bisnisnya dan nilai budaya itu sendiri. Peningkatan Armada Pelayaran Rakyat dianggap dapat menjadi salah satu solusi untuk mengembalikan kejayaan pelayaran rakyat hingga kejayaan maritim di Indonesia. Pengembangan kapal pelayaran rakyat juga di dukung oleh pemerintah yang ditulis dalam Peraturan Pemerintah Nomor 20 pasal 47 Tahun 2010 terkait tujuan dan langkah pemerintah dalam mengebangkan kapal pelayaran rakyat.Tulisan ini berisikan perhitungan estimasi biaya pembuatan, perhitungan kelayakan investasi dan periode balik modal.
In the maritime industry, especially the shipping industry, Traditional shipping vessels are being abandoned due to scarcity of wood, the high cost of manufacturing, and the quality of ships that are less competitive. Gradually, the traders began this transportation business, and moved to more modern sea transportation, the impact occurs to many parties and people who owned shipping vessels lost their businesses and cultural values themselves. The development Traditional Shipping Vessels is considered to be one solution to restore the glory of Indonesia maritime. The development of Traditional shipping vessels is also supported by the government written in Government Regulation No. 20 of article 47 - 2010, regarding the goals and steps of the government in developing Traditional shipping vessels.This paper contains a calculation of the estimated cost of manufacture, calculation of investment feasibility and return period.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library