Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
Cut Rullyani
"Dalam perencanaan material untuk konstruksi kapal diperlukan metode perhitungan yang seakurat mungkin untuk menekan jumlah material yang terbuang. Di Indonesia, literatur yang berkaitan dengan perhitungan berat konstruksi kapal masih sangat sedikit. Oleh karena itu perlu dilakukan suatu penelitian untuk membuat rumusan untuk menghitung berat konstruksi. Pada penelitian ini digunakan sampel kapal dengan tipe konstruksi yang identik yaitu kapal coaster dengan konstruksi well decker. Metode yang digunakan adalah pengumpulan data di beberapa galangan yang pernah membangun kapal tipe coaster. Analisis dan studi optimalisasi yang dilakukan bertujuan untuk menghitung nilai coefisien kapal tipe coaster dan membuat rumus pendekatan untuk menghitung berat konstruksi kapal tipe coaster 200 ? 1000 DWT.
Planning material for ship construction need accurate calculation method to reducing waste material. In Indonesia, literature related to ship contruction weight very limited. Hence, it is important to do a research to make equations or formulas for calculating steel weight in ship construction. his research use identic sample with well decker construction. Method used are collecting file from many shipyard had build coaster. Analize and optimize study in order to calculate coefficient for coaster type and make new equations to estimate ship construction weight for coaster 200 until 1000 DWT."
Depok: [Fakultas Teknik Universitas Indonesia;, ], 2007
S38070
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Noverdo Saputra
"Pembebanan Jam Orang ( JO ) merupakan hal yang sangat penting dalam suatu produksi kapal, karena sangat mempengarui biaya produksi yang seekonomis mungkin, mutu produksi yang baik, dan ketepatan waktu. Berkaitan dengan hal tersebut maka dalam penulisan skripsi ini akan dilakukan suatu analisa untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi dalam mengestimasi pembebanan jam orang sehingga didapatkan suatu perencanaan pembebanan jam orang yang optimal dalam proses produksi kapal. Analisa yang dilakukan, mempelajari sejumlah informasi dalam mengestimasi pembebanan jam orang dalam suatu proses produksi kapal serta melakukan pencatatan langsung di lapangan untuk mendapatkan data-data yang diperlukan.
Metode yang dilakukan adalah studi kasus pada PT. X. Data-data tersebut meliputi berapa besarnya waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan pada tahap fabrikasi, sub-assembly, assembly, erection, outfitting, machinery dan kelistrikan serta data-data yang berhubungan dengan variabel - variabel terpilih pada tahap tersebut. Data tersebut diolah dan dianalisa mengunakan s-curve diagram, dengan menggabungkan grafik jam orang perencanaan dan realisasi sehingga kita dapat mengetahui tingkat performanya. Dengan mengunakan metode DMAIC, dapat diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi pembebanan jam orang. Sehingga menjadi acuan untuk merumuskan estimasi pembebanan jam orang dalam suatu proses produksi kapal yang efektif dan efesien.
Man hour loading is matter which of vital importance in ship production, because very influence production cost which was possible economically, good production quality, and accuracy of time. Relating to the mentioned hence in this research will be done by an analysis to know factors influencing in estimating man hour loading so that got a planning of optimal man hour loading in ship process production. For analysis, studying a number of information's in estimating man hour loading in ship production and doing direct record in the field to get needed data. Method that I have done is case study at PT X. The Data cover is how big time that required to finish work at phase of fabrication, sub-assembly, assembly, erection, outfitting, machinery and electrical and also data that related with chosen variables that phase. The data is processed and analysed by s-curve diagram, with join planning graph and realization so that we able to know level of process production performance. With use the DMAIC method, able to know factors that influencing man hour loading. So become reference to formulate man hour loading estimation at effective ship process production."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
S38066
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Reno Purnomo Asmoro
"Perkembangan teknologi sistem propulsi telah melahirkan alternatif dari sistem propulsi yang sudah ada. Perkembangan teknologi sistem propulsi ini bertujuan untuk menciptakan suatu sistem yang efisien dan dapat diandalkan. Namun pengaplikasian sitem propuisi baru ini di Indonesia belum terlalu luas Permasalahan inilah yang kemudian menjadi alasan perlu adanya suatu kajian tentang pertimbangan pemilihan mesin yang paling tepat.
Penelitan ini terbatas untuk studi perbandingan jenis sistem propuisi untuk kapal patroli tipe 28 meter dari aspek teknis dan ekonomis. Kegiatan pengkajian ini dimulai dengan studi literatur dan studi lapangan untuk menentukan kapal yang akan dianalisa serta jenis sistem propulsinya. Selanjutnya adalah memilih sistem propuisi lainnya yang paling memungkinkan untuk digunakan pada kasus tersebut.
Hasil akhir dari penelitian ini adalah berupa hasil perbandingan dari aspek teknis dari penggunaan sistem propuisi dengan menggunakan Arneson Surface Drive sebagai pengganti Conventional System yang terdapat pada kapal tersebut.
Technological growth of propulsion system is make new kind of propulsion system. The new kind propulsion system invented to get more efficient and more reliable propulsion system. But a new kind of propulsion system is not familiar in Indonesia. This problems later, then become reason need existence study about consideration of most machine election precisely. This research limited for study of comparison of type of propulsion system for patrol boat 28 metre type from technical and economical aspect. This study activity started with study of literature and field study to determine ship to be analysed and also type of propulsion system. Then selected most other propulsion system enable to be used at the case. End result from this research in the form of comparison result from technical aspect the than use of propulsion system by using Arneson Surface Drive in the place of Conventional System that found on the ship."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
S38081
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library