Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 78 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Andira Yudithiarini
Abstrak :
Suatu organisasi sangat bergantung pada teknologi informasi (TI) untuk membentuk strategi bisnis, menunjang kegiatan operasional, serta meningkatkan nilai bisnis dan mencapai tata kelola yang baik. Semakin pentingnya peranan teknologi informasi bagi organisasi, maka dibutuhkan suatu tata kelola teknologi informasi (IT Governance). Oleh karena itu, dibutuhkan suatu kerangka kerja (framework) untuk mengukur bahwa teknologi informasi telah dikelola secara tepat dan sumber daya teknologi informasi digunakan secara bertanggung jawab. Salah satu framework yang dapat digunakan adalah Control Objective for Information and Related Technology (COBIT). Berkaitan dengan hal tersebut, penulis melakukan penelitian di PT XYZ yang merupakan bagian dari KKKS dibawah pengawasan Satuan Kerja Sementara Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK MIGAS). Penelitian dilakukan dengan melakukan analisis terhadap tata kelola TI di PT XYZ menggunakan COBIT 5 framework untuk menilai pencapaian kapabilitas proses di perusahaan. Dalam melakukan pengumpulan data, penelitian ini menggunakan metode wawancara dan observasi untuk menilai 36 proses terpilih dari lima domain yaitu EDM, APO, BAI, DSS, MEA. Untuk rata-rata pencapaian tingkat kapabilitas proses saat ini untuk seluruh domain yaitu 2,81. Pencapaian tersebut masih termasuk dalam batasan level 2 yaitu "managed". Secara umum dari setiap proses telah terdokumentasi dan terkontrol dengan cukup baik, review dari setiap proses juga telah dilakukan. Dengan demikian, dari pencapaian tersebut juga harus diperhatikan penyediaan SDM TI yang cukup agar kegiatan operasional serta inisiatif lain yang datang dari pusat dapat terlaksana dengan baik.
An organization relies heavily on information technology (IT) to create business strategies, support operations, as well as increase business value and achieve good governance. The importance of the role of information technology for organizations, it takes an information technology governance (IT Governance). Therefore, we need a framework to measure that information technology has been managed appropriately and use information technology resources responsibly. One framework that can be used is the Control Objectives for Information and Related Technology (COBIT). In this regard, the author conducted research at PT XYZ that is part of the PSC under the supervision of Special Task Force For Upstream Oil & Gas Business Activities Republic Of Indonesia. The study was conducted by analyzing the IT governance at PT XYZ using COBIT 5 framework for assessing the achievement of process capability level in the company. In collecting the data, this study using interviews and observations to assess the 36 elected process from five domains, namely EDM, APO, BAI, DSS, MEA. For the average achievement level of the current process capability for the entire domain is 2.81. The achievement is still included in the limit level 2 is "managed". In general, it means of any process has been documented and controlled pretty well, reviews of each process has also been carried out. Thus, from these achievements should also be noted the provision of IT human resources are sufficient for operational activities as well as other initiatives that come from the parent company can be done well.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S58518
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pradita Saraswati
Abstrak :
Laporan magang ini membahas proses tahapan review atas kepatuhan kriteria kelayakan sistem remote trading yang dilakukan oleh Kantor Akuntan Publik AAA terhadap kliennya PT. C Securities Indonesia. Proses review ini menemukan beberapa ketidaksesuaian terhadap kriteria yang telah diberikan oleh Bursa Efek Indonesia mencakup masalah pengendalian internal dan koneksi cadangan (DRC) dari PT. C Securities Indonesia ke Bursa Efek Indonesia. Laporan magang ini menyarankan perbaikan atas ketidaksesuaian agar sistem keamanan atas data dapat terjaga dan memperlancar aktivitas perdagangan. ......This report is to investigate the stage of the process of compliance review for remote trading system conducted by AAA Public Accounting Firm towards their client PT. C Securities Indonesia. The review process found some discrepancies against criteria that have been granted by the Indonesia Stock Exchange covering the issue of internal control and a backup connection (DRC) from PT. C. Securities Indonesia to the Indonesian Stock Exchange. This report suggest the improvement over this discrepancies so that the system can be maintained over data security and facilitate trading activity.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ribka Kristin
Abstrak :
Tujuan dari penulisan laporan magang ini adalah untuk melakukan analisis terhadap proyek pengembangan sistem yang dikerjakan di PT ABC, Tbk, yakni proyek BI (business intelligence). Analisis dilakukan berdasarkan tahapan pengembangan sistem yang disusun oleh Konsultan XYZ (selaku pengembang sistem PT ABC, Tbk) dengan menggunakan metodologi PADBTD (Plan, Analysis, Design, Build, Test, Deploy). Metodologi ini kemudian akan dibandingkan dengan metodologi yang berlaku secara umum, yaitu metodologi FAST (Framework Application of System Thinking). Hasil analisis menunjukkan bahwa proyek pengembangan sistem di PT ABC, Tbk sudah sesuai dengan teori yang diajarkan. ......The purpose of this final internship report is to analyze information system development project of PT ABC, Tbk which is business intelligence project. This analysis is conducted based on information system development phases created by Consultant XYZ (information system developer of PT ABC, Tbk) called PADBTD (Plan, Analysis, Design, Build, Test and Deploy) methodology. The methodology, then compared with FAST (Framework Application of System Thinking) methodology, a general methodology. The results show that information system development of PT ABC, Tbk has aligned with the theory.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Joko Santoso
Abstrak :
Pengumpulan data audit dalam audit kepabeanan umumnya memerlukan banyak waktu karena melibatkan data yang besar. Lamanya pengumpulan data ini akan berpengaruh pada waktu penyelesaian audit yang lebih lanjut dapat berakibat pada hilangnya potensi penerimaan negara. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan analisis dalam pengembangan sistem E-Audit Kepabeanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan telaah dokumen. Hasil dari penelitian ini adalah perancangan logis sistem yang meliputi Data Flow Diagrams, Entity Relationship Diagrams, dan prototipe tampilan antarmuka pengguna, yang lebih lanjut dapat digunakan pada tahap selanjutnya dalam pengembangan sistem E-Audit Kepabeanan. Model tersebut diharapkan dapat mempermudah pengumpulan data audit dan memberikan informasi yang lebih awal kepada importir jika terdapat ketidaksesuaian atas pemberitahuan pabean mereka.
Collecting audit data in customs audits generally takes much time because it involves extensive data. The length of time that this data is collected will affect the time to complete the audit, further resulting in the loss of potential state revenue. The purpose of this study is to analyze the development of the Customs E-Audit system. This research uses a qualitative case study approach. Data collection techniques in this study were observation, interviews, and document review. The result of this research is a logical system model that includes Data Flow Diagrams, Entity Relationship Diagrams, and user interface display prototypes, which can further be used at a later stage in the development of the Customs E-Audit system. These models are expected to facilitate audit data collection and provide earlier information to importers if there is a discrepancy with their customs declaration.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisinis Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eltanin Rahayu Putri
Abstrak :
Tujuan dari penulisan ini adalah menganalisis faktor faktor yang mempengaruhi tingkat pelaporan CSR pada website perusahaan sektor keuangan di Indonesia tahun 2014. Tingkat CSR disclosure pada website dinilai melalui scoring dengan menggunakan indikator pelaporan GRI G4. Penulis menemukan bahwa semakin besar profitabilitas dan ukuran perusahaan semakin tinggi tingkat pengungkapan CSR yang dilakukan perusahaan sektor keuangan di Indonesia dalam website nya. Variabel leverage dan market to book ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat pengungkapan CSR pada website. Selain itu dalam penelitian ditemukan bahwa perusahaan sektor keuangan di Indonesia paling banyak melaporkan aspek kinerja sosial dan sangat sedikit melaporkan aspek kinerja lingkungan dalam website nya. ......The objective of this research is to analyze factors affecting CSR disclosure on financial sector website in Indonesia on 2014. CSR disclosure on financial sector websites are obtained through scoring with GRI G4 sustainability reporting guidance. It can be concluded that the extend of disclosure of CSR on website in Indonesia is greater in large company and also in companies in greater profitability. The independent variables leverage and market to book ratio are founded not significantly affect CSR disclosure on website. Therefore the most disclosed aspect by financial sector companies listed in Indonesia is social aspect and the least disclosed aspect is environment aspect.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S61658
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadira Sharlini Utari
Abstrak :
Laporan ini membahas proses pengendalian internal yang dilaksanakan oleh PT DEF terhadap aset tetap yang dimiliki dalam bentuk kendaraan bermotor oleh perusahaan. PT DEF adalah perusahaan yang memproduksi dan mendistribusikan minuman non-alkohol dalam kemasan. Pembahasan berfokus pada prosedur operasional standar atas kendaraan bermotor perusahaan. Berdasar pada kerangka kerja COSO - ERM, pengendalian internal yang dimiliki PT DEF atas kendaraan bermotor sudah cukup memadai untuk mengawasi dan mencegah timbulnya risiko terhadap akun kendaraan bermotor perusahaan. ......This report covers the internal control process carried out by PT DEF on their fixed asset in the form of motor vehicle. PT DEF is a company that produces and distributes packaged non-alcoholic beverages. The focus of this internship report is on the company's motor vehicle's standards operational procedures. Based on COSO - ERM framework, author assessed that PT DEF internal control is adequate enough to monitor and prevent risks concerning motor vehicle account.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Emi Yulastriningsih
Abstrak :
Laporan magang ini mengevaluasi prosedur audit yang dilakukan oleh KAP MKL atas akun properti investasi pada sebuah perusahaan yang bergerak dibidang properti dan real estat bernama PT LTY, beserta refleksi diri atas kegiatan magang yang telah dilakukan. Prosedur audit yang dievaluasi adalah bagian dari pengujian substantif yaitu, uji rinci dan prosedur analitikal substantif. Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa prosedur yang dilakukan oleh KAP MKL telah sesuai standar audit yang berlaku menurut, Arens, Hayes, SA 330, SA 315, dan SA 500. Kesimpulan dari refleksi diri penulis memuat hal yang dipelajari selama program magang, kelebihan diri, kekurangan diri, rencana perubahan diri, dan rencana karier di masa depan. ......This internship report includes the evaluation of audit procedures carried out by KAP MKL for investment property accounts at a company engaged in property and real estate named PT LTY, and self-reflection on the author’s internship activities. The audit procedures that are evaluated are tests of details and substantive analytical procedures. Overall, it can be concluded that the procedures carried out by KAP MKL have complied with the applicable auditing standards, including audit procedures according to, Arens, Hayes, SA 330, SA 315, and SA 500. The conclusion of the author's self-reflection contains things learned during the internship program, strengths and weaknesses of author, author’s self-improvement plans, and author’s future career plans.
Depok: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Yenni Agnes Maria
Abstrak :
Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi prosedur audit substantif atas akun pendapatan yang dilakukan oleh KAP TXT pada PT YAM untuk laporan keuangan tahun berakhir 31 Desember 2021. PT YAM adalah perusahaan yang bergerak pada industri telekomunikasi. Hasil evaluasi mengacu pada perbandingan antara praktik dari prosedur audit yang dilakukan selama magang dengan teori dan standar yang berlaku. Prosedur audit yang dilakukan adalah prosedur audit substantif. Dari hasil evaluasi, praktik dari prosedur audit yang dilaksanakan KAP TXT telah sesuai dengan teori dan standar yang berlaku. Prosedur yang dilakukan meliputi pengujian rinci atas program pemasaran, pengujian rinci atas tagihan, dan pengujian pisah batas. Untuk setiap prosedur substantif yang dilakukan, terdapat beberapa atribut pengujian. Atribut pengujian diterapkan untuk mengumpulkan bukti audit yang cukup dan tepat untuk mendukung opini audit yang dikeluarkan. Bukti audit yang cukup dan tepat diperoleh melalui prosedur inspeksi, perhitungan ulang, dan permintaan keterangan. Pemenuhan atribut pengujian prosedur substantif juga sekaligus berkontribusi dalam tercapainya pengujian asersi kelengkapan, keterjadian, keakurasian, dan valuasi & pengalokasian. Selain pembahasan evaluasi prosedur audit substantif KAP TXT atas akun pendapatan PT YAM, laporan magang ini juga membahas refleksi diri dari pengalaman yang dicatat selama program magang berlangsung. ......This internship report aims to evaluate the substantive audit procedures by KAP TXT of PT YAM’s revenue for the financial statements for the year ending December 31, 2021. PT YAM is a company that is engaged in the telecommunications industry. The evaluation results refer to the comparison between the practice of the audit procedures performed during the internship with the applicable theory and standards. The audit procedures performed is substantive procedures. From the results of the evaluation, the practice of the audit procedures carried out by KAP TXT is in accordance with the applicable theory and standards. The procedures carried out include Test of Detail of Marketing Program, Test of Detail Billings, and Cut-off Testing. For each substantive procedure performed, there are testing attributes. The testing attribute is applied to obtain sufficient and appropriate audit evidence to support the auditor’s opinion. Sufficient and appropriate audit evidence is obtained through inspection, recalculation, and inquiry. The fulfillment of the attributes testing of substantive procedure also contributes to testing the completeness, occurrence, accuracy, and valuation & allocation assertions. Apart from discussing the evaluation of KAP TXT’s audit substantive procedures on PT YAM’s revenue, this internship report also discusses self-reflection from the experiences gained during the internship program.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Dwia Pungky Arumdani
Abstrak :
Basis data yang belum terintegrasi membuat proses penggajian di PT X sering terhambat karena data pendukung penggajian terlambat masuk ke HR. Data pendukung yang terkait dengan proses penggajian di PT X masih dalam bentuk Excel dan hardcopy. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang sistem informasi pengelolaan sumber daya manusia dan penggajian dengan pendekatan self-service di PT X. Sistem ini diharapkan dapat menghasilkan informasi yang mendukung proses penggajian dengan memfasilitasi sistem penggajian dalam mengumpulkan dan memproses data penggajian. Pendekatan self-service yang dimaksudkan untuk menjadikan karyawan sebagai entitas yang memainkan peran aktif dalam sistem informasi pengelolaan sumber daya manusia dan penggajian untuk mengelola data mereka secara real time. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif dengan wawancara mendalam, observasi, dan studi literatur. Dalam penelitian ini, jenis data yang digunakan adalah data primer. Metode yang digunakan untuk merancang sistem informasi pengelolaan sumber daya manusia dan penggajian adalah enam tahap awal dari kerangka FAST. Tesis ini juga akan menjelaskan tentang perbandingan total cost of ownership antara implementasi menggunakan Cloud based dibandingkan dengan On-premis. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan perancangan sistem informasi untuk manajemen sumber daya manusia dan penggajian dengan pendekatan yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk meminimalkan risiko yang mungkin terjadi dalam proses penggajian dan membuat proses menjadi efektif dan efisien. ......The database that is not yet integrated makes the payroll process at PT X often hampered because data collection is late in entering HR payroll. Supporting data related to the payroll process at PT X are still in the form of excel and hardcopy. The purpose of this study is to design human resource management and payroll with a self-service approach at PT X. Human resources management and payroll information systems with a self-service approach are expected to produce information supporting the payroll process that facilitates the payroll system in collecting and processing payroll data. The self-service approach is intended to make employees as entities that play an active role in information systems for managing human resources and payroll so they can manage their data in real time. The study was conducted qualitative research method with in-depth interviews, observations, and literatures studies. In this study, the type of data used is primary data. The method used to design human resources management and payroll information systems is the initial six phase of Framework for the Application of System Thinking method. This thesis will also explain about comparison total cost of ownership between implementations using cloud based compared to on-premise. The results of this study are expected to provide a design of information systems for human resource management and payroll with a self-service approach that can be used by company to minimize the risks that might occur in the payroll process and make the process effective and efficient.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mulyana Chandra Hadiati
Abstrak :
Dewasa ini teknologi informasi (TI) menjadi unsur yang semakin penting bagi organisasi untuk mengendalikan dan meningkatkan kinerja bisnis. Sebagai bagian yang dianggap penting bagi organisasi, sering kali TI mereprestasikan investasi yang sangat signifikan. Besarnya investasi dalam teknologi informasi perusahaan menimbulkan kebutuhan tata kelola teknologi informasi (IT Governance) yang layak untuk memastikan terwujudnya nilai, memitigasi risiko dan diterapkannya perilaku yang diharapkan. Oleh sebab itu, dibutuhkan suatu model penilaian yang dapat dipakai untuk mengukur bahwa teknologi informasi telah dikelola secara tepat, yaitu Process Assessment Model (PAM) Using COBIT 5. Terkait dengan hal tersebut, penulis melakukan penelitian di PT. XYZ yang merupakan perusahaan penyedia teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia. Penelitian dilakukan dengan menilai tingkat kapabilitas proses tata kelola TI di PT. XYZ dengan menggunakan Process Assessment Model Using COBIT 5. Untuk mencapai tujuan penelitian, penulis mengumpulkan data dengan cara studi kepustakaan, observasi dan wawancara. Penilaian tingkat kapabilitas dilakukan dengan cara memberi peringkat atas atribut proses setiap tingkat kapabilitas dari 27 proses COBIT 5 terpilih yang dikelompokkan dalam domain EDM, APO, BAI, DSS dan MEA. Pencapaian tingkat kapabilitas proses tata kelola TI PT. XYZ secara rata-rata bernilai 3,5 atau berada di tingkat proses telah mapan (establised process). Berdasarkan penilaian ini, PT. XYZ telah menerapkan proses yang telah didefinisikan dan proses telah diukur serta dilaporkan menggunakan metode yang ditetapkan. Untuk peningkatan pencapaian ke tingkat kapabilitas 4, PT. XYZ direkomendasikan untuk menetapkan dan melakukan aktifitas analisis hasil pengukuran proses dan pengendalian atas proses tersebut. ......Recently information technology (IT) is becoming more important for organization in controlling and improving their business performance. Considered as important role in organization, IT frequently represents significance amount of investment. High spending on IT investment raise the necessity of good IT Governance implementation to ensure value realization, risk mitigation and practice of expected behavior. Accordingly, ISACA defined Process Assessment Model (PAM) Using COBIT 5 for being a basis in conducting process capability assessment to measure the IT Governance practice in organization. In this research, the assessment takes place in one of information and communication provider company in Indonesia, PT. XYZ. In order to meet the research objective, this research collects data by literature review, observation and interview. Process capability level is determined by judging the process attributes for each of 27 processes selected in domain of EDM, APO, BAI, DSS and MEA. Assessment result shows that process capability of PT. XYZ has achieved level of 3 (established process). Recommendations for process improvement to level 4 are arranged with focus in defining and implementing analysis technique and control limits.
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8   >>