Found 2 Document(s) match with the query
Debra Mazaya
"Terdapat banyak praktik berupa dark pattern pada aplikasi-aplikasi e-commerce yang bertujuan untuk memanipulasi pengguna untuk melakukan sesuatu yang belum tentu mereka inginkan, seperti membayar lebih, memberi data pribadi di luar data esensial dan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi jenis-jenis dark pattern yang terdapat pada tiga aplikasi e-commerce terbesar di Indonesia: Shopee, Tokopedia, dan Lazada serta membuat rekomendasi desain alternatif terhadapnya. Pendekatan penelitian menggunakan design thinking dengan metode kualitatif khususnya evaluasi heuristik untuk mengidentifikasi jenis dark pattern berdasarkan dark pattern codebook oleh Gunawan et al. (2021) dan wawancara kontekstual untuk menggali dampaknya terhadap pengguna. Terdapat sebanyak 14 jenis dark pattern dari ketiga aplikasi dimana Shopee memiliki 11 jenis dark pattern yang terimplementasi dalam 15 elemen, Tokopedia memiliki 11 jenis dark pattern dalam 13 elemen, dan Lazada memiliki 6 jenis dark pattern dalam 7 elemen. Hasil evaluasi desain alternatif untuk setiap elemen dark pattern dari setiap aplikasi kemudian menunjukkan bahwa desain alternatif mudah digunakan dan lebih transparan serta adil bagi pengguna. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami berbagai bentuk implementasi dark pattern dalam aplikasi e-commerce khususnya Shopee, Tokopedia, dan Lazada serta memberikan langkah dan contoh rekomendasi desain antarmuka yang lebih transparan dan adil.
There are many dark pattern practices in e-commerce applications that aim to manipulate users to do something they don't necessarily want, such as paying more, providing personal data outside of essential data and others. This study aims to evaluate the types of dark patterns found in the three largest e-commerce applications in Indonesia: Shopee, Tokopedia, and Lazada and make alternative design recommendations for them. The research approach uses design thinking with qualitative methods, especially heuristic evaluation to identify types of dark patterns based on the dark pattern codebook by Gunawan et al. (2021) and contextual interviews to explore their impact on users. There are 14 types of dark patterns from the three applications where Shopee has 11 types of dark patterns implemented in 15 elements, Tokopedia has 11 types of dark patterns in 13 elements, and Lazada has 6 types of dark patterns in 7 elements. The results of the evaluation of alternative designs for each dark pattern element from each application then show that the alternative design is easy to use and more transparent and fair to users. This research contributes to understanding various forms of dark pattern implementation in e-commerce applications, especially Shopee, Tokopedia, and Lazada, and provides steps and examples of recommendations for more transparent and fair interface designs."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Shabrina Nurmalitasari
"Terdapat banyak praktik berupa dark pattern pada aplikasi-aplikasi e-commerce yang bertujuan untuk memanipulasi pengguna untuk melakukan sesuatu yang belum tentu mereka inginkan, seperti membayar lebih, memberi data pribadi di luar data esensial dan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi jenis-jenis dark pattern yang terdapat pada tiga aplikasi e-commerce terbesar di Indonesia: Shopee, Tokopedia, dan Lazada serta membuat rekomendasi desain alternatif terhadapnya. Pendekatan penelitian menggunakan design thinking dengan metode kualitatif khususnya evaluasi heuristik untuk mengidentifikasi jenis dark pattern berdasarkan dark pattern codebook oleh Gunawan et al. (2021) dan wawancara kontekstual untuk menggali dampaknya terhadap pengguna. Terdapat sebanyak 14 jenis dark pattern dari ketiga aplikasi dimana Shopee memiliki 11 jenis dark pattern yang terimplementasi dalam 15 elemen, Tokopedia memiliki 11 jenis dark pattern dalam 13 elemen, dan Lazada memiliki 6 jenis dark pattern dalam 7 elemen. Hasil evaluasi desain alternatif untuk setiap elemen dark pattern dari setiap aplikasi kemudian menunjukkan bahwa desain alternatif mudah digunakan dan lebih transparan serta adil bagi pengguna. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami berbagai bentuk implementasi dark pattern dalam aplikasi e-commerce khususnya Shopee, Tokopedia, dan Lazada serta memberikan langkah dan contoh rekomendasi desain antarmuka yang lebih transparan dan adil.
There are many dark pattern practices in e-commerce applications that aim to manipulate users to do something they don't necessarily want, such as paying more, providing personal data outside of essential data and others. This study aims to evaluate the types of dark patterns found in the three largest e-commerce applications in Indonesia: Shopee, Tokopedia, and Lazada and make alternative design recommendations for them. The research approach uses design thinking with qualitative methods, especially heuristic evaluation to identify types of dark patterns based on the dark pattern codebook by Gunawan et al. (2021) and contextual interviews to explore their impact on users. There are 14 types of dark patterns from the three applications where Shopee has 11 types of dark patterns implemented in 15 elements, Tokopedia has 11 types of dark patterns in 13 elements, and Lazada has 6 types of dark patterns in 7 elements. The results of the evaluation of alternative designs for each dark pattern element from each application then show that the alternative design is easy to use and more transparent and fair to users. This research contributes to understanding various forms of dark pattern implementation in e-commerce applications, especially Shopee, Tokopedia, and Lazada, and provides steps and examples of recommendations for more transparent and fair interface designs"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library