Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tania Putri Andini
"Sistem Rujukan Terintegrasi (SISRUTE) adalah teknologi informasi berbasis
elektronik yang menghubungkan data pasien antar fasilitas pelayanan Kesehatan baik
horizontal maupun vertikal, untuk mempermudah dan mempercepat rujukan pasien, yang
dikembangkan oleh Kementerian Kesehatan pada tahun 2016. Hingga saat penelitian ini
dilakukan, implementasi SISRUTE digunakan untuk rujukan kegawatdaruratan. Pada
rujukan kegawatdaruratan menggunakan aplikasi SISRUTE terdapat istilah yang
dinamakan response time, yaitu interval waktu yang dibutuhkan fasilitas pelayanan
Kesehatan untuk merespon permintaan rujukan. Response time menjadi indikator utama
keberhasilan pada rujukan kegawatdaruratan. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mendapat gambaran hubungan response time SISRUTE dengan karakteristik rumah sakit.
Lebih lanjut, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan evaluasi bagi pemerintah,
serta bahan pengambilan keputusan oleh rumah sakit dalam penggunaan aplikasi
SISRUTE. Hasil penelitian disajikan secara kuantitatif dengan memanfaatkan perangkat
Microsoft Excel dan SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan terkait response time SISRUTE menurut akreditasi rumah sakit, jenis rumah sakit, kelas rumah sakit, dan pemilik rumah sakit, serta terdapat hubungan yang signifikan terkait response time SISRUTE menurut jumlah tempat tidur rumah sakit dan propinsi letak rumah sakit. Kesimpulan penelitian menunjukan bahwa karakteristik
rumah sakit yang mempengaruhi SISRUTE adalah jumlah tempat tidur rumah sakit dan propinsi letak rumah sakit. Hasil penelitian menyarankan agar pemerintah menggiatkan sosialisasi serta pembuatan peraturan yang mewadahi penggunaan SISRUTE, agar rumah
sakit aktif menggunakan SISRUTE, sehingga tidak ada permintaan rujukan yang terabaikan dan nilai response time SISRUTE mencapai nilai idea"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Amran Rizal
"ABSTRAK
Dalam perkembangannya, pengelolaan rumah sakit sangat dipengaruhi oleh tuntutan dari
lingkungan, yaitu lingkungan eksternal dan internal. Kinerja rumah sakit merupakan
faktor penting yang harus diperhatikan untuk menghadapi tuntutan lingkungan tersebut.
Salah satu bentuk penilaian kinerja organisasi adalah dengan menggunakan Balanced
Scorecard (BSC) menjadi sebuah model sistem pengukuran kinerja yang paling popular
dewasa ini yang menyediakan kerangka komprehensif serta menjadi solusi yang baik
dalam kerangka pengukuran kinerja, ada perspektif yang dinilai yaitu keuangan,
pelanggan, proses bisnis internal, dan pembelajaran-pertumbuhan. Penelitian ini
dilakukan di RSUD KH. Hayyung Kepulauan Selayar, penilaian kinerja rumah sakit
menggunakan 13 indikator kinerja atau key performance indocator (KPI). Pengembangan
sistem pada penelitian ini menggunakan System Development Life Cycle (SDLC) metode
Rapid Application Development dengan pilihan model sistem prototipe. Hasil dari
penelitian ini adalah dibangunnya suatu sistem informasi penilaian kinerja rumah sakit
yang dapat menyajikan informasi dan memberikan gambaran mengenai kinerja rumah
sakit dalam bentuk tabel penilaian dan grafik capaian realisasi-target tiap indikator untuk
masing-masing perspektif, serta kesimpulan yang menunjukkan nilai akhir kinerja rumah
sakit.

ABSTRACT
In its development, the management of the hospital is strongly influenced by the demands of the
environment, namely the external and internal environment. The performance of the hospital is
an important factor that must be considered to face the demands of the environment. One form of
organizational performance appraisal is to use the Balanced Scorecard (BSC) into a model of
today's most popular performance measurement system that provides a comprehensive framework
as well as a good solution within the performance measurement framework, given the financial,
customer, business process internal, and learning-growth. This research was conducted at RSUD
KH. Hayyung Selayar Islands, assessment of hospital performance using 13 performance
indicators or key performance indocator (KPI). System development in this research using System
Development Life Cycle (SDLC) method of Rapid Application Development with choice of
prototype system model. The result of this research is the construction of an information system
of performance assessment of the sakfit house which can present the performance appraisal
information in the form of assessment table and achievement-target achievement graph of each
indicator for each perspective, and conclusion that show the final value of hospital performance."
2018
T53814
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Supinah
"Penelitian ini menganalisis alur proses pelayanan pasien poliklinik spesialis penyakit dalam rawat jalan di RSUD Kota Bogor tahun 2016 dengan konsep lean hospital. Hasil penelitian ini value added activity sebesar 3,7 % dan non value added sebesar 96,3 % hal ini menunjukkan tingginya pemborosan. Dari analisis melalui diagram tulang ikan dan 5 Why didapatkan hambatan : lamanya menunggu di pendaftaran, keterlambatan rekam medik, hambatan pada kedisiplinan dokter, serta hambatan pada lamanya mengambil obat. Melalui design usulan perbaikan terjadi peningkatan kegiatan yang mempunyai nilai tambah bagi pasien dari 3,7 % menjadi 38,4 % dan penurunan kegiatan yang tidak mempunyai nilai tambah dari 96,3 % menjadi 61,6 %.

A study was conducted to analyze the process flow of patient internist specialist policlinic outpatient services in the Public Hospitals Bogor 2016 by concept of lean. The research showed value added activity by 3.7%, and non value added activity by 96.3% showed a high waste. Fishbone diagram and 5 why analysis obtained obstacles : the long wait at registration, medical records delays, discipline doctors, as well as constraints on the length of taking the drug. Through design improvements proposed was expected to increase value added activity from 3,7 % to 38,4 % and decline non value added activity from 96,3 % to 61,6 %."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Saprina Maryani
"Tesis ini merupakan penelitian di bidang manajemen pemasaran rumah sakit yangbertujuan untuk mengetahui segmen, terget dan posisi pasar dalam bauranpemasaran di Poliklinik Terpadu Anak Sehat POTAS RSAB Harapan Kita tahun2016 dalam rangka peningkatan angka kunjungan pasien dan revitalisasi programpelayanan unggulan terpadu untuk tumbuh kembang anak.Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan menggunakan pendekatankualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data primer dilakukan dengan penyebarankuesioner sebagai instrumen terhadap 96 responden yang memanfaatkan layanandi POTAS dan data kualitatif diperoleh dengan wawancara mendalam terhadappihak manajemen rumah sakit, sedangkan data sekunder diperoleh dari hasilpenelusuran terhadap dokumen dan data laporan bulanan rumah sakit, data dariProfil Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Barat.Diharapkan penelitian ini dapat memperkaya pengetahuan tentang segmen pasarrawat jalan terpadu sehingga dapat mempermudah menentukan pasar sasarannyauntuk dituangkan dalam suatu penetapan dan pernyataan posisi yang akandipergunakan sebagai dasar strategi pemasaran untuk pelayanan POTAS yangakan datang.

This thesis is a study in marketing management hospital that aims to identify themarket segmentation, targeting, and its positioning in the marketing mix at thePoliklinik Terpadu Anak Sehat POTAS RSAB Harapan Kita on 2016 in order toincrease the number of patient visits and the revitalization of the service programfeatured integrated development of the child.This study is a survey using qualitative and quantitative approaches. Primary datawere collected by distributing questionnaires as an instrument against 96respondents who use the service in POTAS and qualitative data obtained indepthinterviews with the hospital management, while secondary data obtained from thesearch results to documents and data monthly report hospital and from the HealthProfile of West Jakarta.Hopefully this research can enrich the knowledge of the market segmentation ofoutpatient integrated so as to facilitate determining the target market for theestablishment and forth in a position statement that will be used as the basis ofmarketing strategy for the POTAS services later."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Amran Rizal
"ABSTRAK
Dalam perkembangannya, pengelolaan rumah sakit sangat dipengaruhi oleh tuntutan darilingkungan, yaitu lingkungan eksternal dan internal. Kinerja rumah sakit merupakanfaktor penting yang harus diperhatikan untuk menghadapi tuntutan lingkungan tersebut.Salah satu bentuk penilaian kinerja organisasi adalah dengan menggunakan BalancedScorecard BSC menjadi sebuah model sistem pengukuran kinerja yang paling populardewasa ini yang menyediakan kerangka komprehensif serta menjadi solusi yang baikdalam kerangka pengukuran kinerja, ada perspektif yang dinilai yaitu keuangan,pelanggan, proses bisnis internal, dan pembelajaran-pertumbuhan. Penelitian inidilakukan di RSUD KH. Hayyung Kepulauan Selayar, penilaian kinerja rumah sakitmenggunakan 13 indikator kinerja atau key performance indocator KPI . Pengembangansistem pada penelitian ini menggunakan System Development Life Cycle SDLC metodeRapid Application Development dengan pilihan model sistem prototipe. Hasil daripenelitian ini adalah dibangunnya suatu sistem informasi penilaian kinerja rumah sakityang dapat menyajikan informasi dan memberikan gambaran mengenai kinerja rumahsakit dalam bentuk tabel penilaian dan grafik capaian realisasi-target tiap indikator untukmasing-masing perspektif, serta kesimpulan yang menunjukkan nilai akhir kinerja rumahsakit.

ABSTRACT
In its development, the management of the hospital is strongly influenced by the demands of theenvironment, namely the external and internal environment. The performance of the hospital isan important factor that must be considered to face the demands of the environment. One form oforganizational performance appraisal is to use the Balanced Scorecard BSC into a model oftoday 39 s most popular performance measurement system that provides a comprehensive frameworkas well as a good solution within the performance measurement framework, given the financial,customer, business process internal, and learning growth. This research was conducted at RSUDKH. Hayyung Selayar Islands, assessment of hospital performance using 13 performanceindicators or key performance indocator KPI . System development in this research using SystemDevelopment Life Cycle SDLC method of Rapid Application Development with choice ofprototype system model. The result of this research is the construction of an information systemof performance assessment of the sakfit house which can present the performance appraisalinformation in the form of assessment table and achievement target achievement graph of eachindicator for each perspective, and conclusion that show the final value of hospital performance. "
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2018
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Novy Maryana
"Penerapan tatalaksana COVID-19 masih mengalami kendala pada RSUD dr. Agoesdjam, dimana masih ada kekurangan berupa dokter dan perawat belum mendapatkan pelatihan penanganan pasien COVID-19 dan ruang isolasi belum standar. Pada tanggal 7 Mei 2020, Kabupaten Ketapang PDP total 43 orang yaitu laki-laki 23 orang dan perempuan 20 orang. ODP berjumlah 1057 orang dengan jenis kelamin laki-laki 608 orang dan perempuan 449 orang dan positif 12 orang dan meninggal 1 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan karakteristik demografi, pengetahuan dan sikap terhadap kepatuhan perawat dan bidan dalam tatalaksana COVID-19 di RSUD dr. Agoesdjam Kabupaten Ketapang tahun 2020. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan desain cross sectional. Sampel penelitian ini adalah perawat dan bidan yang menangani Covid-19 di RSUD dr. Agoesdjam Kabupaten Ketapang sebanyak 44 responden. Data Primer diperoleh dari hasil penyebaran Google Form yang telah teruji validitas dan reabilitas. Analisis data dilakukan dengan analisis univariat, bivariat dan multivariate. Hasil penelitian ini menunjukkan responden penelitian ini adalah perawat (6,8%) dan bidan (93,2%) berjenis kelamin perempuan (84,1%) dengan usia <45 tahun (97.7%) serta berpendidikan S1 (56.8%) memiliki pengetahuan 88.69 baik, bersikap baik 82.18 serta tingkat kepatuhan 82.96. Pada perawat dan bidan yang patuh, proporsi pengetahuan tinggi lebih besar daripada yang pengetahuan rendah dalam tatalaksana COVID-19. RSUD dr. Agoesdjam diharapkan dapat memberikan pelatihan atau keterampilan, melakukan bimbingan (coaching) kepada petugas secara berkala mengenai prosedur kerja, pencegahan dan pengendalian COVID-19.

The implementation of COVID-19 management is still having problems at RSUD dr. Agoesdjam, where there is still a shortage of doctors and nurses who have not received training in handling COVID-19 patients and isolation rooms are not standardized. On May 7, 2020, Covid 19 patients under supervision of Ketapang District had a total of 43 people, namely 23 men and 20 women. Total of person in monitoring is 1057 people with the gender of 608 men and 449 women and 12 positive people and 1 person died. The study aims to determine the relationship between demographic characteristics, knowledge and attitudes towards the compliance of nurses and midwives in managing COVID-19 in dr. Agoesdjam Ketapang Regency in 2020. This type of research is quantitative with a cross sectional design. The samples of this study were nurses and midwives who handled Covid-19 at dr. Agoesdjam Ketapang Regency as many as 44 respondents. Primary data is obtained from the results of the distribution of Google Forms that have been tested for validity and reliability. Data analysis was performed using univariate, bivariate and multivariate analysis. The results of this study shows that the respondents of this study are female nurses (6.8%) and midwives (93.2%) aged < 45 years old (97.7%) and undergraduate education (56.8%) having knowledge 88.69 good, being kind 82.18 and the level of obedience 82.96. Nurses and midwives with good knowledge are more obedient than those with poor knowledge so that it will affect attitudes and practices in the management of COVID-19. It is hoped that it can provide training or skills to officers through availability of regular education and training on working procedural, preventing and controlling of COVID-19."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library