Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 87 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rama M. Sukaton
Abstrak :
Dalam teori graf, masalah jalur terpendek merupakan suatu masalah pencarian jalur antara dua verteks sedemikian sehingga jumlah bobot dari busur penyusunnya adalah minimum. Masalah jalur terpendek ini salah satunya dapat ditemui pada jaringan data, yakni proses routing pada saat pengiriman data dari node sumber ke node tujuan. Terdapat beberapa algoritma atau metode yang dapat memecahkan masalah jalur terpendek ini, pada skripsi ini akan dibahas penerapan algoritma genetika yang didasarkan prinsip evolusi biologi dalam penyelesaian jalur terpendek. Operator dasar yang digunakan pada skripsi ini adalah roda roulette untuk reproduksi, order crossover untuk crossover, dan insertion mutation untuk mutasi. Kinerja algoritma genetika akan diuji dengan menggunakan data dari OR-Library. Berdasarkan hasil percobaan diperoleh bahwa algoritma genetika cukup baik untuk digunakan dalam penyelesaian masalah jalur terpendek. Selain itu, ditunjukkan bahwa perubahan nilai parameter algoritma genetika ternyata mempengaruhi kinerja algoritma genetika dalam memperoleh solusi. ......In graph theory, shortest path problem is a problem of finding a path between two vertices such that the total cost of the constituent edges is minimum. Shortest path problem can be found in data networks, namely routing process, when transmitting data from a source node to a destination node. There are several algorithms or methods that can solve this problem. In this final project, genetic algorithm based on principles of evolutionary biology is used to solve it. The basic operator for the genetic algorithm that used are the roulette-wheel for reproduction, order crossover, and insertion mutation. The performance of the genetic algorithm will be applied by using data from OR-Library. Based on the experiment result, the genetic algorithm is good enough to solve the shortest path problem. In addition, changes in values of parameters will affect the performance of the genetic algorithm in obtaining a solution.
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2011
S102
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Lintang Permata Sari Yuliadi
Abstrak :
Selat Malaka merupakan salah satu jalur pelayaran internasional terpadat yang mengalami peningkatan frekuensi pelayaran internasional setiap tahun dikarenakan selat ini sangat strategis dan memiliki nilai komersial tinggi. Kondisi morfologi, batimetri dan pasang surut (pasut) yang sangat kompleks menyulitkan kegiatan navigasi dan menyebabkan terjadinya kecelakaan kapal terutama tabrakan, kandas dan tenggelam serta meningkatkan resiko terjadinya pencemaran lingkungan akibat kecelakaan kapal tanker. Saat ini telah dibangun Trafic Separation Scheme (TSS) untuk meningkatkan keselamatan navigasi terutama mengurangi terjadinya tabrakan antar kapal.Tetapi usaha tersebut dirasakan belum maksimal mengingat kompleksnya karakteristik selat ini. Marine Electronic Highway (MEH) merupakan suatu konsep untuk meminimalisasi terjadinya kecelakaan di Selat Malaka. MEH adalah suatu konsep sistem pembaharuan informasi kelautan untuk keselamatan pelayaran serta perlindungan lingkungan laut. Sistem ini mampu menampilkan informasi real time mengenai perairan Selat Malaka yang diinginkan seperti pasut. Pasut merupakan salah satu hal yang sangat diperlukan guna keselamatan pelayaran bagi kapal-kapal berdraft besar, karena dengan data pasut real time dapat dilakukan analisis, prediksi dan penentuan kedalaman aktual untuk keperluan keselamatan navigasi. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, digunakan sistem telemetri dengan medium transmisi berbasis satelit untuk melakukan pengiriman data dari stasiun pasut terpilih ke data center di Batam, sehingga informasi kedalaman aktual di perairan Selat Malaka pada lokasi dan saat tertentu dapat didistribusikan dan diterima oleh para pelaut dalam waktu yang relatif singkat guna mendukung keselamatan navigasi seperti merencanakan lintasan kapal dan memberikan petujuk bagi para pelaut untuk mengetahui ambang batas aman perairan yang akan dilalui. Metode Admiralty digunakan untuk analisis data pasut dan menentukan konstanta harmonik pasut untuk prediksi pasut dan dibandingkan dengan data pasut observasi. Selain itu, Formzahl ratio digunakan untuk menentukan tipe pasut disekitar lokasi stasiun pasut. Saat ini, telah dipilih 4 lokasi stasiun pasut untuk proyek MEH, yaitu Pulau Jemur, Tanjung Medang, Tanjung Balai Karimun dan Tanjung Sengkuang. ...... The Malacca Strait is one of the world’s busiest international shipping route with increase of shipping annually due to the strategic location of the strait, going it high commercial value. The strait’s morfology, bathimetry and tidal conditions are very complex, so that make navigation a very difficult task and contributes to accidents leading to collision, grounding or sinking of ships and increased risk of marine pollution (tanker accidents). Currently a Traffic Separation Scheme (TSS) system has been built to improve the safety of navigation, especially to prevend accidents between ships. This effort however is still far from enough due to the complex characteristics of the straits. Marine Electronic Highway (MEH) is one of the concept to minimize an accident in the Malacca strait. MEH is a renewal marine information system for safety navigation and environmental protection. This system can display real time information required, especially tidal information to the real time depth at the position of the ship in the Malacca Strait, Tidal information is one of the most important variable for the safety of navigation of draft ships, because through it, mariners could conduct analysis, predictions and determine of the actual depth. Using today’s advance technology, a telemetry system is use with a technology based on satellite as a transmission medium to send real time tidal data from tidal station to data centre in Batam. Hence, the actual depth of the Malacca Strait on a certain location and time could be distributed and receive by mariners in a relatively short time to support the planning of the ships sailing and giving guidelines to mariners on depth required. Admiralty method is use to analyze the tidal data and determine the tidal harmonic constants to predict the tide in which compare with tidal observed data. Beside that, Formzahl Ratio is use to determine the tidal characteristics at the surrounding tidal stations. So far, four tidal stations selected for the MEH project, these tidal locations are Pulau Jemur, Tanjung Medang, Tanjung Balai Karimun and Tanjung Sengkuang.
Depok: Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2008
T39498
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sihotang, Rily Tua Arvolino
Abstrak :
Pembahasan yang dilakukan adalah mengidentifikasi dan menganalisa pola kata benda, frasa kata benda dan kata kerja yang membentuk kalimat sederhana dalam Bahasa Inggris. Berdasarkan pola-pola tertentu tersebut, akan diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia sesuai dengan pola kata benda, frasa kata benda dan kata kerja yang berlaku, baik secara praktis maupun baku. Proses penerjemahan yang dilakukan dengan menggunakan konsep kalkulus predikat, yang selanjutnya disusun algoritma berdasarkan logika atau aturan penerjemahan yang baku maupun praktis. Penyajian algoritma yang dilakukan menggunakan Backus Naur Form (BNF), yang relatif sesuai dengan sintaks dari bahasa pemrograman logic (Turbo Prolog versi 2.0). Bahasa tersebut nantinya sebagai salah satu sarana untuk mengimplementasikan algoritma yang dihasilkan dalam riset kali ini. Kata Kunci : Kalkulus predikat, algoritma, kalimat sederhana.
Depok: Universitas Indonesia, 2005
S27602
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Puput Lismawati
Abstrak :
Manusia cukup baik dalam mengenali wajah, betapapun miripnya wajah yang diberikan. Akan tetapi membangun model komputasional yang dapat menyamai kemampuan manusia dalam mengenali wajah merupakan pekerjaan yang sulit. Upaya pengenalan dan pengklasifikasian wajah dilakukan dengan mentransformasikan face images menjadi himpunan karakteristik dari image yang disebut vektor eigen. Pengenalan wajah dengan menggunakan vektor eigen metode Principal Component Analysis dilakukan dengan memproyeksikan test image ke ruang yang direntang dari vektor-vektor eigen, yaitu disebut face space. Kemudian mengklasifikasikannya sebagai individu yang ?dikenali? atau ?tidak dikenali? dengan membandingkan test image tersebut di face space dengan individu pada database.
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2007
S27683
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Asri Nur Chiquita
Abstrak :
Teknik kompresi citra merupakan jawaban atas kebutuhan ruang memori yang cukup besar dalam penyimpanan data citra digital. Citra fraktal merupakan citra yang bersifat self-similarity. Hal ini berarti citra fraktal tersebut tersusun atas bagian-bagian yang tampak sama dengan citra awal sendiri. Skripsi ini bertujuan melakukan kompresi citra dengan metode fraktal tersebut. Prinsip kompresi citra metode fraktal ialah melakukan pencarian domain block yang paling mirip dengan range block pada citra lalu dilakukan transformasi afinitas terhadap domain block tadi. Partisi quadtree diterapkan dalam kompresi citra metode fraktal untuk menggeneralisasikan ukuran range block secara tetap yaitu 2n×2n, sedangkan penerapan Huffman code bertujuan agar menghasilkan citra dengan kualitas yang baik.
Image compression is an answer of the need of large memory space in saving digital image data. Fractal image is a self-similarity image. This means fractal is composed of images similar to the original one. This mini thesis discussed about fractal image compression. The main idea of the fractal image compression is to search the most similar domain block to range block then use the affine transform to the domain block. A quadtree partition is applied to generalize the size of range block, 2n×2n, while the Huffman code is applied to get good image quality.
Depok: Universitas Indonesia, 2012
S45512
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lhuqita Fazry
Abstrak :
Citra fraktal merupakan citra yang memiliki sifat self-similarity. Hal ini berarti bahwa fraktal tersusun atas bagian-bagian yang tampak sama dengan gambar itu sendiri secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kompresi citra menggunakan metode kompresi citra fraktal. Prinsip kompresi citra fraktal adalah melakukan pencarian blok ranah yang paling mirip dengan blok jelajah, kemudian menurunkan transformasi affine kontraktif yang memetakan blok ranah ke blok jelajah tersebut. Percobaan kompresi citra menggunakan metode kompresi citra fraktal memberikan rasio kompresi yang cukup tinggi. Penerapan algoritma genetika pada kompresi citra fraktal bertujuan mengurangi jumlah pemasangan blok ranah dan blok jelajah sehingga mempersingkat waktu kompresi.
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2008
S27768
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Kainama, Kristhianto Nathanael
Depok: Universitas Indonesia, 2001
S27335
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Faulina Yusuf
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2001
S27347
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tri Yunarti
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2002
S27365
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ulfah Herdyaningsih
Depok: Universitas Indonesia, 2003
S27460
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9   >>