Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 38 dokumen yang sesuai dengan query
cover
M. Hamdan Basyar
"/wa/ merupakan salah satu partikel dalam Bahasa Arab, seperti halnya 'aw, 'an, min dan yang lainnya. Sebagai partikel, /wa/ mempunyai peranan yang sangat rumit dalam struktur gramatikal Arab. Contoh ujaran berikut akan memperlihatkan hal itu. Masya Muhammadun wa hasanun _Muhammad dan Hasan berjalan_; masya muhammadun wa al-nila _Muhammad berjalan bersama sungai nil_ (=sepanjang); nama _umaru wa yaduhu _ala ra_sihi _ Umar tidur, sedang tangannya diatas kepala _; wa al-layli _ _ Demi malam _; wa laylin ka mawji al-bahri _arkha sudulahu _alayya _Beberapa malam bagaikan ombak laut, telah menurunkan layarnya di atasku_; wa zaydah _"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1984
S13273
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maman Lesmana
"Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kian lama kian melaju. Di sana-sini timbul pendapat, pikiran serta teori-teori baru. Sebagai salah satu unsur bahasa, kata mempunyai peranan yang sangat penting dalam perkembangan tersebut. makin banyak pendapat, pikiran serta teori-teori baru ditemukan, makin banyak pula kata-kata yang dipergunakan"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1985
S13362
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dewi Fitri Lestari
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memberikan gambaran struktur sintaksis kalimat sumpah yang terdapat dalam al-Quran juz 29 dan 30.
Pengumpulan data dilakukan dengan mencari ayat-ayat yang mengandung kalimat sumpah berdasarkan ciri-ciri sintaksisnya. Ayat-ayat tersebut kemudian dipisahkan menurut pola struktur sintaksisnya.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa klausa pembentuk kalimat sumpah dapat berbentuk nominal dan verbal. Ciri khusus yang menandai klausa sumpah nominal adalah adanya pelesapan fungsi predikat. Sedangkan klausa jawab sumpah selalu ditandai dengan partikel penanda yang terikat dengan bentuk dan kala pada verba.

"
1995
S13205
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dharmakirti Marzuki
"Pembaharuan dalam Islam merupakan 'gerakan pembaharuan dalam agama, sebagai reaksi terhadap melemahnya kehidupan umas Islam. Artinya, gerakan pembaharuan dalam islam merupakan suatu respons dan manifestasi dari kesadaran akan keadaan umat Islam yang sudah tidak mampu lagi bergelut dengan perkembangan zaman, apresiasi terhadap taklid buta, sikap fatalis yang telah mengantarkan mereka kepada keadaan yang menyedihkan, dan keadan umat Islam sudah tidak mampu lagi menangkap ajaran-ajaran Islam secara positif."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1985
S13159
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Enizar Muaz
"ABSTRAK
Jam'iyyat Al Khayr lebih dikenal dengan sebutan nama Jamiat Kheir, didirikan di Jakarta pada tanggal 17 Juli 1905 M. Pendiri organisasi ini adalah Sayid Muhammad Al-Fakhir ibn ' Ab d Al Rahman Al Mashhur, Sayid Muhammad ibn 'Abd Allah ibn Sihab,Sayid Idrus ibn Ahmad ibn Sihab dan Sayid Shaykhan ibn Sihab.
Organisasi ini terbuka bagi setiap muslim tanpa perbedaan asal usul, walaupun kebanyakan anggotanya adalah orang Arab. Beberapa tokoh masyarakat Indonesia, antara lain : K.H. Ahmad Dahlan, pendiri Muhammadiyah, R. Hasan Djajadi-ningrat, saudara dari Prof. Husein Djajadiningrat, dan H.0-S. Tjokroaminoto, pendiri Sarikat Islam adalah anggota Ja_miat Kheir pada tahun 1910 M. Mereka hanya merupakan ang_gota-anggota pasif saja.Pemimpin dan anggota organisasi ini umumnya adalah orang..

"
1986
S12909
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Achmad Patoni
"Pemungutan kata dari suatu bahasa ke bahasa lain ada_lah masalah biasa karena bahasa itu senantiasa berkembang sebagaimana halnya pikiran manusia. Dengan kata lain, bahasa itu hidup. Bahasa Indonesia yang bersumber dari bahasa Malayu juga salah satu bahasa yang hidup. Ciri Bahasa hidup ialah terus tumbuh dan berkembang. Perkembangan bahasa Indonesia tampak terutama dalam segi kosakatanya. Unsur kosa kata yang terpungut masuk dalam bahasa Indonesia bukan saja dari bahasa-bahasa yang mempunyai hubungan kekeluargaan dengan bahasa Indonesia, yang dikenal dengan-bahasa daerah, akan tetapi juga dart bahasa asing, seperti bahasa Sansekerta, Arab, Belanda, Inggris. Pemakaian kata dari bahasa daerah maupun dari bahasa asing disebut pemungutan. Pemungutan adalah salah satu faktor yang ikut menentukan perubahan bahasa, dan yang menyebabkan adanya pungutan itu adalah adanya kontak bahasa dengan bahasa-bahasa lain balk yang sekerabat maupun yang tidak sekerabat..."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1984
S13153
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Rohmah
"ABSTRAK
Penelitian mengenai Tarekat Tijaniah telah dilakukan di desa Mertapadakulon, Cirebon, Jawa Barat, pada bulan Januari 1987, April 1987, Juni 1987 dan Oktober 1988. Tujuannya adalah untuk mengetahui sejauh mana tarekat Tijaniah yang dikembangkan oleh K.H. Junaedi Anas, K. Syifa, dan K.h.Drs. Fahim Hawi, mampu bertahan dan saling melengkapi dengan kehidupan nasyarakat di sekitarnya yang berpegang pada mazhab Ahlus Sunnah wal Jama'ah. Pengumpulan data dilakukan melalui studi perpustakaan disertai penelitian lapangan berupa observasi dan wawancara. Wawancara mendalam dilakukan terhadap K.H. Junaedi Anas, K. Syifa, dan K.h.Drs. Fahim Hawi. Ketiganya tokoh tarekat Tijaniah di desa Mertapadakulon, Cirebon. Pada hakekatnya hasil observasi, wawancara dan studi kepustakaan membuktikan bahwa tarekat Tijaniah yang dikembangkan ketiga tokoh di desa Mertapadakulon tersebut, dapat bertahan dan memberikan corak kehidunan rohani pada masyarakat di sekitarnya serta para pengikut tarekat tijaniah yang datang dari berbagai desa di daerah Cirebon dan sekitarnya, suatu tuntunan rohani yang tidak terlampau menuntut ibadah yang berat sehingga dapat melewati kehidupan dunia dengan selamat. Melalui latihan-latihan spiritual (zikir, haylalah), penduduk di sekitar desa Mertapadakulon mendalami, dan mengamalkan ilmu tarekat Tijaniah tersebut sebagai suatu jalan untuk mengenal lebih dekat Sang Pencipta. Disamping itu sebagai pengimbang kehidupan dunia yang fana.

"
1989
S13377
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Moehamad Sahri
"Agama Islam masuk ke Indonesia dibawa oleh muslimin dari. Gujarat, India; disiarkan secara damai tanpa ada paksaan atau perang. Kemudian dilanjutkan oleh pemuka-pemuka masyarakat setempat yang dikenal dengan sebutan wali. Para wali menyiarkan agama Islam dengan arif dan bijaksa_na. Tradisi yang hidup dan berkembang dalam masyarakat tidak sepenuhnya dihilangkan sepanjang tidak bertentangan dengan syariat Islam, bahkan adat istiadat itu dipelihara dan dikembangkan, disesuaikan atau diisi dengan ajaran agama Islam, seperti pagelaran wayang dan selamatan. Maka wajarlah kalau hingga sekarang masih banyak adat istiadat yang dilakukan oleh orang Islam. Dengan cara tersebut di atas banyak orang yang memeluk agama Islam dengan suka rela, bahkan ingin mempelajari ajaran-ajarannya secara mendalam. Itu dilaksanakan di rumah-rumah dan masjid-masjid; yang lama kelamaan berkembang menjadi pondok pesantren. Dalam sistem pengajaran yang dipergunakan di pondok pesantren terdapat dua cara, yaitu: Cara bandongan, yaitu seorang kiai menentukan kitab yang akan dikaji oleh para santrinya. Setelah itu pada waktu yang telah ditentukan, biasanya sesudah salat subuh..."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1985
S13307
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sutarman Salmona
"Masyarakat Baduy adalah suatu masyarakat yang menga_singkan diri dan kehidupannya masih bersifat terbelakang. Hal ini disebabkan oleh suatu sikap hidup yang sangat ter_ikat dengan nilai tradisi nenek moyang mereka. Dengan demikian kita dapat mengetahui corak dan pola kehidupan masya_rakat Baduy. Perkembangan Islam di Baduy dan syari_at yang dilaksanakannya, serta pengaruh pembinaan dan pelaksanaan da_wah Islam terhadap masyarakat Baduy. Masyarakat Baduy yang dijadikan bahan skripsi ini disusun berdasarkan penelitian kepustakaan dan lapangan ( observasi, wawancara ). Pembahasannya secara deduktif.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa da_wah Islam diarahkan untuk menghilangkan kepercayaan animisme, dinamisme serta sistem kebudayaan yang pada dasarnya meng hambat kemajuan pola pemikiran dan kehidupan mereka. Dalam menunjang pelaksanaan da_wah Islam bagi masyarakat Baduy telah ditempuh berbagai langkah usaha seperti mengadakan ..."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1985
S13389
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sulistyowati
"ABSTRAK
Menurut Antoine Dahdah, ma memiliki sebelas fungsi. Terkaitan dengan fungsi-fungsi tersebut maka akan ditemukan ma sebagai ism dan ma sebagai partikel.
Skripsi ini membahas salah satu fungsi ism ma yaitu ma a1-istifhamiyyah yaitu ism ma yang berfungsi sebagai alat tanya. Ism ini memiliki sinonim ma2a yang menurut Ibnu Hisyam kesinoniman ini tidak 100 % karena ma2a tidak hanya dapat bermakna 'apakah' namun dapat pula bermakna 'sesuatu' atau 'itu' atau 'yang'. Akan tetapi, penulis menganggap antara ma al-istifhamiyyah dengan maza tidak berbeda, karena makna-makna tersebut hanya ditemukan pada syair saja.
Analisis yang digunakan adalah analisis sintaksis dengan sedikit analisis semantis dan morfologis. Dari analisis sintaksis penulis menyimpulkan ma a1-istifhamiyyah dan maza dapat menduduki fungsi mubtada, khabar muqaddam, khabar kana, ma f' u! bih mugaddam danmaf' u1 mutlaq pengganti. Sedang Arab yang dapat dikembalikan adalah marfu', mansub dan majrur. Tetapi karena ma a1-istifhamiyyah termasuk dalam ism mabni, maka I'rabnya bersi-fat mahallan artinya tidak dapat dilihat perubahan bentuknya. Dari analisis semantik disimpulkan bahwa kalimat tanya tidak selalu bermakna Tanya dan dari analisis morfologis ma a1-istifhamiyyah dapat mengalami proses morfologis yaitu bila didahului oleh huruf jar dan zarf.

"
1995
S13387
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4   >>