Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 176 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Agung Widiyanto Fajar Sutrisno
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
T41155
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Bagus Nurul Alam
"ABSTRAK
kegiatan pengadaannya, seperti bentuk lingkungan pemerintahan, peraturan yang
ketat dan memiliki hubungan bisnis pengadaan yang kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk membuat rancangan sistem pengadaan yang dapat mendukung kegiatan pengadaan di institusi perguruan tinggi negeri Universitas Indonesia.
Penelitian ini menggunakan metode business process re-engineering (BPR) untuk mendapatkan rancangan sistem perbaikan yang besar. Hasil penelitian menunjukkan sistem enterprise resource planning (ERP) yang digunakan bersamaan dengan metode BPR mampu mempercepat waktu pelaksanaan kegiatan pengadaan. Berdasarkan hasil simulasi proses perbaikan, waktu pelaksanaan jenis pengadaan melalui E-Katalog menurun sebesar 41%, jenis
pengadaan melalui pelelangan umum menurun sebesar 50%, dan jenis pengadaan
melalui penunjukkan langsung menurun sebesar 44%.

ABSTRACT
activities, such as legislative environment, strict regulations and has complex
business relationships. This study aims to design a procurement system to support procurement process in higher education institution Universitas Indonesia. This study use business process re-engineering (BPR) method to dramaticly improve the procurement process. Simulation with new design process that combination of enterprise resource planning (ERP) system and BPR does improve working time of procurement activities. Based on new process simulations, working time for
procurement via E-Katalog decreased by 41%, procurement through public auctions decreased by 50%, and procurement by direct appointment decreased by 44%.
"
2016
T45736
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Senira Artia Risky
"Pada era teknologi saat ini setiap perusahaan berusaha untuk menjaga kinerja bisnis mereka. Salah satu perusahaan telekomunikasi di Indonesia mencoba memberikan pelayanan terbaik yaitu, memperbaiki sistem operasionalnya dengan merancang kerangka kerja sistem operasional Machine-to-Machine. Penelitian inimelakukan wawancara kepada empat orang pakar, dan mengolahnya dengan metode Analytic Hierarchy Process (AHP) dan Interpretive Structural Modeling (ISM). Dari penelitian ini dihasilkan delapan kriteria dan dua puluh empat subkriteria dari sistem operasional M2M dan model struktural kerangka kerja sistem operasional dengan driver power yang terbesar yaitu integrate current M2M dashboard connectivity dan integrate current M2M platform & application.

In today's technological era every company is trying to keep their business performance. One Telecommunications Company in Indonesia that trying to provide the best service, improving operational systems by designing a framework for operational systems Machine-to-Machine. This study was conducted interviews to four experts, and processes them with the Analytic Hierarchy Process (AHP) and Interpretive Structural Modeling (ISM). Generated from these study eight criteria and twenty-four subcriteria of operational systems M2M and structural models of framework operating system that the biggest power drivers is integrate M2M current dashboard and integrate current M2M connectivity platforms and application."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S54118
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kinanti Rakayantias
"Penelitian ini mengimplementasikan metode Taguchi untuk merancang parameter penyetelan proses pencetakan tablet dengan satu respon kualitas, yaitu berat tablet (mg). Tidak diketahuinya parameter penyetelan yang optimal pada proses pencetakan tablet salah satu perusahaan farmasi di Indonesia menyebabkan timbuknya variasi berat tablet yang tinggi dan kapabilitas proses yang rendah.Faktor yang diteliti adalah machine speed (rpm) dan filling volume (mm3). Orthogonal array L9digunakan untuk melihat pengaruh dari kedua faktor terhadap berat tablet. Kemudian digunakan pareto anova dan perhitungan main effect untuk melihat signifikansi kontribusi kedua faktor terhadap berat tablet dan untuk melihat pada level berapa kedua faktor memberikan hasil yang optimal. Perhitungan dan analisis menunjukan bahwa faktor machne speed (rpm) dan filling volume (mm3) yang disetel pada level dua memberikan hasil terbaik.

This research implements Taguchi Method to design setting parameter of tablet compression process with one quality response; tablet weight. Tablet compression process in one of the pharmacy manufacturer was found capable for weight because the optimum condition is not yet defined. Two process factors are investigated, including machine speed (rpm) and filling volume (mm3). TheTaguchi’s L9 array is adopted to investigate the effects of the two process factors concurrently. Then, the pareto anova and main effect analysis is implemented to determine thecombination of optimal factor levels, which is found as level 2 for both factors."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S53909
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Moh. Andad Ajiz Salam
"ABSTRAK
Pengiriman produk yang memiliki daya tahan atau shelf-life yang relatif terbatas secara optimal merupakan fokus dari penelitian ini. Karakteristik utama dari produk tersebut yaitu mudah rusak perishable dan terdeteriorasi dalam rentang waktu pengiriman tertentu. Produk yang mudah rusak perishable product tersebut telah menjadi persoalan utama dalam sistem distribusi cold chain yang dapat menyebabkan masalah ketidak efisiensian biaya pada proses pengirimanya. Dari persoalan tersebut, model matematika di desain melalui pengembangan vehicle routing problem, with soft time windows VRPSTW dengan mempertimbangkan kontribusi biaya energi terhadap fungsi tujuan. Pembuatan model matematika dilakukan melalui pemrograman komputer yang menggunakan Python 3.5 untuk mendapatkan hasil yang optimal. Agar solusi yangdihasilkan feasible pendekatan metaheuristik genetic algorithm dikembangkan dalam penelitian ini; hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa algoritma tersebut mampu menghasilkan solusi yang lebih baik daripada algoritma mixed integer linear programming.

ABSTRACT
Conveying product which has a limited shelf life optimally is the concern of this study. The main attribute of this product is perishable within a certain time frame. However,perishable product has a critical issue in the cold chain system which leads dispatching costs inefficiency problems. Regarding this problem, mathemetical model built thru extended a vehicle routing problem, with soft time windows VRPSTW by considering energy consumption cost to evaluate its contribution towards the objective function. Model building conducted into computer programming that uses Python Spyder 3 for generating feasible solution. For the sake of feasibility, a metaheuristic approach ofgenetic algorithms provided to find the best optimal solution the results diagnosed thatgenetic algorithms can generate best feasible solution efficiently with in a certain numberof variables in case of perishable product delivery."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nanang Suryana Putra
"Keluarnya undang-undang anti monopoli memberikan kesempatan kepada pihak swasta asing untuk ikut bersaing di pangsa pasar penjual BBM non subsidi nasional. Hal ini mengakibatkan tingkat persaingan antar SPBU semakin tinggi. Dengan kondisi persaingan yang ketat tersebut, hal utama yang harus diprioritaskan oleh Pertamina adalah dengan memberikan kepuasan pelanggan yaitu dengan memberikan layanan yang baik dan menyediakan fasilitas-fasilitas pendukung agar mampu bertahan, bersaing dan mengusai pasar. Untuk itu dilakukanlah penelitian menggunakan metode analisa faktor guna mengetahui prioritas layanan dan fasilitas pendukung yang diinginkan oleh konsumen sebuah SPBU.
Hasil dari penelitian menyebutkan bahwa faktor yang paling mempengaruhi konsumen dalam memilih SPBU di dalam kota Jakarta adalah kejelasan tanda dan petunjuk lokasi, sedangkan untuk konsumen SPBU di luar kota Jakarta adalah tata cahaya pada waktu malam hari. Adapun faktor yang tidak mempengaruhi konsumen dalam memilih SPBU adalah ketepatan ukuran meteran bahan bakar.

With the publication of anti-monopoly legislation provides the opportunity for foreign private parties to compete in the market share of non-subsidized fuel sellers nationwide. This resulted in the level of the higher competition between gas stations. With stiff competition conditions, the main thing that should be prioritized by Pertamina is to provide customer satisfaction by providing good service and provide support facilities in order to survive, compete and dominate the market. For that conducted this study using factor analysis method to determine the priority of services and facilities desired by the consumer of a gas station.
Results from studies suggest that the factors that most affect consumers in choosing a gas station in the city of Jakarta is the clarity of signs and clues to the location, while for consumer retail outlets outside the city of Jakarta is the lighting at night. The factors that do not affect consumers in choosing the pump is a precision fuel gauge sizes.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S42401
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Irvan
"Penelitian ini mengkaji tentang pengimplementasian sistem penilaian kinerja supply chain produk A pada perusahaan stamping periode April - September. Pendekatan yang digunakan adalah metode SCOR (Supply Chain Operations Reference) untuk menentukan indikator kinerja yang akan dinilai dan Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk mentukan bobot setiap indikator kinerja. Indikator kinerja yang dinilai berjumlah 28.
Hasil dari penelitian ini adalah nilai kinerja Supply Chain setiap bulannya dan tiga indikator kinerja yang diprioritaskan untuk untuk segera diperbaiki beserta beberapa saran untuk pihak perusahaan dan penilitian berikutnya.

This study evaluated the implementation of supply chain performance appraisal system of a product on the stamping?s company the period April to September. The approach used is a method of SCOR (Supply Chain Operations Reference) to determine which performance indicators will be assessed and the Analytical Hierarchy Process (AHP) to determine the weight of each performance indicators. Performance indicators are numbered 28.
The results of this study is the value of Supply Chain performance each month and the three performance indicators for the priority to be corrected along with some suggestions for the company and subsequent research.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S54639
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Indra Herdian
"Penelitian ini bertujuan untuk menentukan Indikator Kinerja Utama pada perusahaan E-Commerce di Indonesia dengan menggunakan pendekatan ke empat perspektif Balanced Scorecard, Metode DELPHI, dan Decision Making-Trial Evaluation Laboratory (DEMATEL). Perspektif balanced scorecard digunakan untuk memastikan bahwa indikator kinerja yang akan diteliti meliputi seluruh aspek. DELPHI digunakan untuk menyeleksi indikator kinerja utama bagi perusahaan E-Commerce di Indonesia, dengan melibatkan sekelompok ahli di bidang e-commerce. DEMATEL dipergunakan untuk mendapatkan gambaran hubungan antar perspektif dan indikator perspektif, sehingga diketahui tingkat pengaruh sebab akibat antar perspektif tersebut. Pengambilan keputusan menggunakan metode DELPHI dan DEMATEL dilakukan oleh responden ahli yang berpengalaman dalam e-commerce. Pengolahan data hasil kuesioner tahap 1 dan tahap 2 dilakukan dengan menggunakan Microsoft Excel.
Hasil penelitian menyatakan, DELPHI menghasilkan 23 indikator kinerja utama bagi perusahaan e-commerce. Sementara itu hasil DEMATEL menggambarkan perspektif Pelatihan dan Pengembangan menjadi perspektif yang paling berpengaruh dibandingkan dengan perspektif lainnya. Indikator kinerja dalam kriteria perspektif pelatihan dan pengembangan yaitu Efisiensi Kerja Tim, Citra Perusahaan, Kepuasan Karyawan, Kolaborasi Dengan Mitra, dan Budaya Berbagi Pengetahuan secara berurutan harus menjadi perhatian utama didalam penentuan strategi perusahaan yang akan datang.

This research aim to determine a Key Performance Indicators for E-Commerce company in Indonesia with an approach to the four perspectives of the Balanced Scorecard, DELPHI Method, and Decision-Making Trial Evaluation Laboratory (DEMATEL). Perspective of the balanced scorecard is used to make sure that the performance indicators that will be studied include all aspects. DELPHI used to select a key performance indicators for E-Commerce companies in Indonesia, with the involvement of a group of experts in e-commerce. DEMATEL is used to get an overview of the relationship between perspective and the indicators of perspective, so that the known level causal effect between these perspectives. Decision making using DELPHI and DEMATEL method performed by the experts in e-commerce. Data processing results of the questionnaire phase 1 and phase 2 is done by using Microsoft Excel.
The results stated, DELPHI produced 23 key performance indicators for e-commerce companies. Mean while DEMATEL results illustrate the perspective of Training and Development became the most influential perspective in comparison to other perspectives. Key Performance indicators in the perspective of training and development is Work Efficiency Team, Corporate Image, Employee Satisfaction, Collaborating With Partners, and Cultural Knowledge Sharing in a sequence should be the primary concern in determining the company's future strategy."
Depok: Universitas Indonesia, 2013
T35529
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aninditha Kemala Dinianyadharani
"Pertumbuhan ekonomi Jakarta memberikan peluang signifikan untuk pembangunan perkotaan yang berkelanjutan (sustanaible city). Di sisi lain, pertumbuhan ekonomi tersebut memicu tingginya pertumbuhan penduduk Jakarta yang dapat menciptakan permasalahan yang berdampak terhadap pembangunan kota, seperti banjir rob, kurangnya ketersediaan air bersih, dan keterbatasan lahan untuk pengembangan bisnis, pemukiman, dan Ruang Terbuka Hijau. Dalam menghadapi hal tersebut, Pemerintah DKI Jakarta mengeluarkan kebijakan Jakarta Coastal Defense Strategy (JCDS) sebagai solusi permasalahan tersebut yang diprediksikan dapat mempengaruhi aspek-aspek keberlanjutan Kota Jakarta.
Pada penelitian ini, dikembangkan 4 skenario kebijakan JCDS yaitu Jakarta Under Water, Jakarta Goes Green, Jakarta Goes Green Without Reclamation, dan Jakarta Waterfront City. Kemudian, skenario alternatif kebijakan tersebut disimulasikan ke dalam integrasi model T21 Jakarta dan model JCDS yang dikembangkan dengan pendekatan sistem dinamis agar didapatkan hasil yang dapat digunakan untuk menganalisis 4 skenario kebijakan tersebut.

Jakarta's economic growth provides significant opportunities for sustainable urban development (sustanaible city). On the other hand, the economic growth trigger high population growth in Jakarta can create problems that affect the development of the city, such as tidal flood, the lack of availability of clean water, and limited land for business development, residential and Green Open Space. In the face of this problems, the Jakarta Government issued Jakarta Coastal Defense Strategy (JCDS) policy as a solution to these problems that is predicted to affect the sustainability aspects of Jakarta.
In this study, developed 4 policy scenarios namely Jakarta Under Water, Jakarta Goes Green, Jakarta Goes Green Without Reclamation, and Jakarta Waterfront City. Then, the policy alternative scenarios simulated in the integration of T21 Jakarta model and JCDS model developed with system dynamics approach in order to obtain results which can be used to analyze those policy scenarios.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T38667
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Renan Lintang Prakoso
"Saat ini perusahaan berlomba-lomba untuk meningkatkan kinerja SCM (Supply Chain Management)-nya, karena SC (Supply Chain) adalah salah satu kunci penting dalam memenangkan kompetisi dengan pesaingnya. SC memainkan peranan penting dalam sebuah industry berat, khususnya industry baja, karena perusahaan harus mengelola material, proses produksi dan bahan jadi yang bentuk dan ukurannya berbeda-beda dan dengan jumlah jutaan ton per tahunnya.
Penelitian ini dilaksanakan di PT. Krakatau Steel Tbk, yang lokasinya di Cilegon, Banten, Indonesia yang akan membandingkan hasil prioritas strategi dari 2 metode yaitu metode Fuzzy QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) dan Fuzzy QFD (Quality Function Deployment).
Pengolahan data menggunakan Fuzzy QSPM mempunyai kekuatan bahwa strategi yang dihasilkan adalah pendapat dari para ahli atau experts yang mengarahkan prioritas strategi SC yang tepat buat perusahaan.
Sedangkan pengolahan data menggunakan Fuzzy QFD mempunyai kekuatan bahwa strategi yang dihasilkan adalah berdasarkan apa yang diinginkan pelanggan (Voice of Customer), selain itu pada metode QFD prioritas strategi yang dihasilkan harus memenuhi komposisi dari tingkat prioritas dan biaya implementasi. Metode QFD juga memperhitungkan keterkaitan antar strategi, yang berarti bahwa strategi yang mempunyai keterkaitan dengan strategi lainnya mempunyai skor yang lebih tinggi daripada strategi yang tidak terkait dengan strategi lainnya/independent.
Setelah mempertimbangkan proses pengolahan data yang telah dilakukan dan kebutuhan perusahaan saat ini, maka para ahli memutuskan bahwa perusahaan akan memilih prioritas strategi yang dihasilkan oleh metode QFD, berikut hasil prioritas strategi nya :
Rank  Strategies                                    Crisp Values
1 Inventory Level Control 51.22
2 Increase On Time Delivery Percentage 48.65
3 Increase Production Volume 41.65
4 Arrangement Delivery Transportation & Mode 38.97
5 Human Resource Development 38.56
6 Increase Sales Volume 38.22
7 Arrangement Operation Mode (Energy Eficiency) 27.86
8 Raw Material Fulfillment 25.08
9 Product Diversification 24.95
10 Decrease The Production Cost 24.62
11 Increase Production Quality 12.76
Selain hal tersebut diatas, pada proses perhitungan jarak antara persepsi pelanggan dan persepsi perusahaan terkait kinerja SC, terdapat 2 (dua) kriteria penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan, karena perusahaan mengganggap kriteria tersebut sudah dicapai dengan baik, tetapi pelanggan menganggap kriteria tersebut belum memuaskan pelanggan, dua hal tersebut antara lain Complaint Response Management (selisih persepsi 2,00 angka) dan Reject Rate (selisih persepsi 1,42 angka).

Currently companies are trying hard to improve their SCM (Supply Chain Management) performance, because SC (Supply Chain) is one of the important keys in winning the competition with its competitors. SC plays important role in a heavy industry, especially for the steel industry, companies have to manage materials, production processes and finish goods that has various shape and size with the number of millions tons per year.
This research was conducted at PT. Krakatau Steel Tbk, which is located in Cilegon, Banten, Indonesia. This research will compare the results of two methods of strategic priorities, namely Fuzzy QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) and Fuzzy QFD (Quality Function Deployment).
Data Processing using Fuzzy QSPM has the advantage that the output strategy is the opinion of the experts who directs the SC strategy priorities for the company.
While data processing using a Fuzzy QFD has the advantages that the output strategy is based on what customers need (Voice of Customer), in addition to the QFD has output that the strategic priorities has composition of high the priority levels and implementation cost. QFD method also calculating correlation among the strategies, which means that the strategy is linked with other strategies, they have higher scores than other strategies that are not correlated with other strategies / independent strategy.
After considering the data processing and the company requirements, the experts decided that the company choose the priority strategies generated by the QFD method, and that strategies priorities results, as follows :
Rank  Strategies                                    Crisp Values
1 Inventory Level Control 51.22
2 Increase On Time Delivery Percentage 48.65
3 Increase Production Volume 41.65
4 Arrangement Delivery Transportation & Mode 38.97
5 Human Resource Development 38.56
6 Increase Sales Volume 38.22
7 Arrangement Operation Mode (Energy Eficiency) 27.86
8 Raw Material Fulfillment 25.08
9 Product Diversification 24.95
10 Decrease The Production Cost 24.62
11 Increase Production Quality 12.76
In addition, the process of calculating the distance/GAP between customer’s perceptions and company’s perceptions related company SC performance, there are two (2) important criteria that must be considered by the company, because the company judge these criteria have been good achievement, but the customer judge these criteria have not been satisfying, these two things, as follows Complaint Response Management (perceptual difference is 2.00 points) and the Reject Rate (perceptual difference is 1.42 point).
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T39384
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>