Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 66 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Annisa Himmatu Fitriana
"Penelitian ini merupakan sebuah telaah kritis terhadap pemikiran Michel Foucault dan Anthony Synnott mengenai kepemilikan tubuh individu. Melalui Foucault tubuh diartikan sebagai hal yang patuh terhadap relasi kuasa yang dicerminkan melalui berbagai pengawasan (panopticon) sehingga tidak ada ruang gerak untuk tubuh, sementara Anthony Synnott melihat tubuh sebagai bagian dari sosial yang tidak bisa dilepaskan dari konstruksi sosial sehingga tubuh terbentuk sedemikian rupa dan menjadi tubuh sosial. Penelitian ini berusaha untuk menunjukkan benang merah yang berada di antara tubuh yang patuh dan tubuh sosial sehingga terlihat bahwa tubuh individu tidak bisa dimiliki karena berada di dalam relasi kuasa dan sosial.

This undergraduate thesis is a critical analysis of Michel Foucault and Anthony Synnott's theories about the possession of individual body. Based on Michel Foucault, the body is defined as a docile entity which enslaved by power relation that can be seen through some kind of surveillances called panopticon. In consequence, there is no free space for the body. Antony Synnott sees the body as part of social relation which cannot be separated from its construction. From this point the body is being constructed to be the body social. This undergraduate thesis is a serious effort to points out the general connection between the docile body and the social body which indicate that the possession of individual body cannot be attained, because the body is being placed under power and social relation.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S56180
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andri Nugraha
"Identitas hadir sebagai bagian penting dalam kehidupan subjek. Konsep identitas hadir sebagai cara orang di luar subjek, untuk bisa membedakan subjek dengan yang lain. Seringkali identitas yang diyakini memiliki status ontologis universal, hal ini membuat terkadang identitas yang hadir terlihat tidak cocok dengan situasi disekeliling actual world subjek. Possible worlds hadir sebagai cara untuk subjek bisa melihat segala kemungkinan, salah satunya permasalahan identitas. Dengan possible worlds membentuk pola pikir subjek untuk meyakini bahwa identitas tidak hadir secara tunggal, melainkan hadir secara jamak. Hal itu terjadi karena ada kausa dan modalitas yang melekat pada subjek.

Identity is present as an important part in the life of the subject. The concept of identity is present as the way people outside the subject, to be able to distinguish subjects with others. Often, the identity of which is believed to have universal ontological status, it makes visible sometimes present identity does not match the actual situation around the world subject. Possible worlds as a way to present the subject could see all the possibilities, one of which issues identity. With the possible worlds shaping our thinking to believe that the subject does not present a single identity, but is present in the plural. It happened because there are causes and modalities attached to the subject."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Fyza Ghaniya
"ABSTRAK
Artikel ini membahas tentang perkembangan seni visual dalam unsur kaligrafi dan non-kaligrafi
di Aljazair. Saya berargumen bahwa terdapat perubahan kebudayaan yang sebelumnya
konservatif di bawah pengaruh Turki Utsmani kemudian berubah menjadi permisif setelah
penjajahan Perancis yang dibawa sampai ke era Modern. Studi-studi sebelumnya hanya
membahas variasi seni dalam kebudayaan Aljazair dan hanya mencakup unsur seni di Aljazair
secara deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan mengumpulkan data
visual yang tersedia di berbagai sumber serta wawancara yang mendalam kepada ahli seni visual
di berbagai institusi seni di Indonesia dan studi pustaka mengenai seni dan kebudayaan di
Aljazair.

ABSTRACT
This article discusses the development of visual arts in the elements of calligraphy and non-calligraphy
in Algeria. I argue that there was a culture change before conservatives under the influence of the Ottoman Turks later turned permissive after French occupation brought up to the Modern era. Previous studies only
discusses variations in art in Algerian culture and only includes elements of art in Algeria descriptively. This research uses qualitative methods, by collecting data visuals available in various sources as well as in-depth interviews with visual arts experts in various art institutions in Indonesia and literature studies on arts and culture in Algeria.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2018
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Fatturachman Hakim
"Stanislavski hadir dengan pemahaman bahwa aktor harus dibebaskan untuk mencapai sebuah karakter yang otentik. Seorang aktor sering terjebak pada suatu metode pendalaman karakter yang membuatnya menjadi "boneka" bagi penonton, naskah, atau sutradara, secara sadar ataupun tidak. Jean-Paul Sartre dihadirkan untuk lebih memahami serta memperkuat pemikiran Stanislavski. Imajinasi, kesadaran, bad faith, dan intersubjektifitas adalah teori yang digunakan untuk memberikan pemahaman secara mendalam pada pemikiran Stanislavski. Skripsi ini dibuat untuk menjelaskan dan membuktikan bahwa seorang aktor tetap memiliki pilihan dan bisa menjadi subjek otonom dengan metode "The System".

Stanislavski comes with a comprehension that an actor must be freed to reach an authentic character. Actor often get stuck with some character building method which make him became a "puppet" to the audience, script, or the director, consciously or not. Jean-Paul Sartre presented in order to explain the Stanislavski"s thought. Imagination, consciousness, bad faith, and intersubjectivity is some of Sartre"s theory that used to give a profound knowledge to the Stanislavski"s thought. This undergraduate thesis made to explain and prove that an actor still have his choice and can become an autonomous subject with "The System" method.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Karina Andjani
"Musik biasanya dikaitkan dengan suara Pandangan umum ini kemudian diuji dengan kehadiran John Cage seorang komponis Amerika era avant garde yang dikuasai oleh gagasan Zen Buddhisme yang dikatakan membuat karya musik berjudul 4 rsquo 33 rdquo yang sering disebut sebagai karya diam karena hanya berisi tanda diam dari awal hingga akhir Secara singkat komponis merupakan seseorang yang pekerjaannya membuat karya musik namun apakah dengan adanya komponis alat musik dan pemusik mencukupi suatu karya untuk disebut sebagai karya musik
Penyelidikan dalam penulisan ini dilakukan secara sistematis dan refleksif dalam pencarian mengenai filsafat musik serta status ontologis musik sehingga dilihat suatu gambaran lengkap mengenai permasalahan dan konsep agar dapat memperoleh pemahaman.

Music is usually associated with sound The general view is then tested in the presence of John Cage an American composer of avant garde era dominated by the idea of Zen Buddhism who is said to make a piece of music titled 4 rsquo 33 rdquo which is often referred to as the silent piece because it only contains silent indications from beginning to end Briefly a composer is someone who makes a piece of music however whether the presence of the composer musical instruments and the musicians meet the criteria that a work can be referred to as a piece of music
The investigation in this writing was done systematically and reflectively in search for the philosophy of music as well as the ontological status of music so that a complete picture of the issues and concepts can be seen in order to gain a comprehension.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S52721
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Leo Panji Mahendra
"Dalam perdebatan tentang musik, terdapat gagasan bahwa akses manusia kepada musik dapat dicapai melalui emosi. Gagasan ini memiliki kelemahan, yaitu bahwa kita menyandarkan pemahaman kita pada hal yang bersifat tidak stabil. Akses yang layak bagi manusia adalah melalui kognisi. Kognisi bekerja melalui proses sosial, lebih daripada proses individual. Melalui interaksi sosial, manusia mendapatkan kontak yang intens terhadap musik dan nilai-nilai estetika yang berkembang. Dalam interaksi sosial, pola pikir dan perilaku manusia mengalami modifikasi atas dasar gaya-gaya sosial yang bekerja di dalam masyarakat. Kognisi manusia dapat mengalami tekanan tertentu yang mendorongnya untuk memiliki kepekaan tertentu terhadap kualitas musikal, sehingga manusia dapat memiliki kecerdasan selera tertentu, dengan intervensi yang kuat dari pendidikan.

In the academic debate, there is an idea of human’s understanding of music, which is reached by the human’s emotion. This idea had a weakness, i.e. we cannot rely our understanding on that unstable thing. The proper access for human understanding is through the cognition. Human’s cognition is worked under the force of the social process, rather than an individual force. Through the social interaction, human makes some intense contacts to the music and any developed aesthetic’s value. With those social interactions, human’s mind and behaviour are modified under the social forces. Human’s cognition has been driven to be able to get some certain sensitivities to the musical quality, so that human can modified his/her own particular inteligence of taste, with a strong intervention of eduacational system.;In the academic debate, there is an idea of human’s understanding of music, which is reached by the human’s emotion. This idea had a weakness, i.e. we cannot rely our understanding on that unstable thing. The proper access for human understanding is through the cognition. Human’s cognition is worked under the force of the social process, rather than an individual force. Through the social interaction, human makes some intense contacts to the music and any developed aesthetic’s value. With those social interactions, human’s mind and behaviour are modified under the social forces. Human’s cognition has been driven to be able to get some certain sensitivities to the musical quality, so that human can modified his/her own particular inteligence of taste, with a strong intervention of eduacational system."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S53450
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Doni Arinova
"Keris bukan hanya menjadi sebuah senjata tradisional namun keris merupakan simbol yang memiliki makna lebih dalam. Dalam skripsi ini interpretasi simbol menjadi sebuah kajian yang paling penting dan pada penelitian terbatas dalam keris Jawa. Keris merupakan simbol yang merepresentasikan konsep kesadaran yang dibangun bedasarkan pemahaman manusia Jawa. Dalam hal ini gerak dinamika perubahan zaman maka pemahaman juga akan mempengaruhi kesadaran dalam pemahaman mengenai interpretasi simbol. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keris merupakan simbol yang berdasarkan reperesentasi kesadaran manusia Jawa.

Keris not only became traditional dagger but can be a symbol wih a deep meaning. In this script an interpretation symbol became research material and limited in javanese keris. Keris was build from concept of javanese people to representation of their mind. In this research a dynamic movement has influence for interpretation meaning of the symbol . The results of this research describe keris have a symbol based on representation of Javanese Consciousness."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S54898
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jeannette Regina Tani
"ABSTRAK
Interpretasi merupakan sebuah hal yang selalu terjadi dalam musik. Namun kerap kali tidak disadarin keberadaannya. Penulis mengangkat permasalahan ini dan berusaha untuk membedahnya menggunakan hermeneutika filsafat. Sumbangsih atas lima pemikir hermeneutika dijadikan penulis sebagai sumber yang dikaji secara mendalam melalui penulisan skripsi ini.

ABSTRACT
There are always an interpretation in musical works. But not realized the existence. In this thesis, the writer try to solve this problem using hermeneutic perspective in philosophy. Used five hermeneutic thinkers, as the foundation to established a new theory of creation in musical interpretation.
"
2016
S63418
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rasikh Fuadi
"ABSTRAK
Teater, yang bermain di tataran praktis, didiskriminasi dan dianggap sekadar sebagai budak dari bahasa, wujud dari filsafat yang logosentris, yang bermain di tataran teoretis. Ia dinilai tidak memiliki kemampuan untuk berkontribusi dalam tataran teoretis. Dengan memperkenalkan Theatre of Cruelty, sebuah konsep yang mengacuhkan gap tataran antara teater dengan filsafat, Antonin Artaud melakukan perjuangan melawan bahasa. Dengan mengacuhkan gap tersebut, Artaud membuktikan beberapa hal. Pertama, ia membuktikan bahwa bahasa sudah tidak lagi relevan dengan menggunakan act dari tubuh yang spontan dan mistis sebagai poros utama kinerja teater dalam proses being. Kedua, ia membuktikan bahwa teater tidak lagi perpanjangan dari sastra dan teks, juga tidak lagi mimesis maupun representasi dari realitas, tetapi menjadi sebuah proses penyembuhan atau being melalui tubuh. Ketiga, ia membuktikan bahwa teater, dengan mengomunikasikan katarsis tubuh, meniadakan konsep jarak panggung dan penonton. Perjuangan Antonin Artaud membawa semangat baru dalam seni teater ? sebuah semangat untuk lepas dari perbudakan bahasa.

ABSTRACT
Theatre, which works in the area of practice, has been discriminated and seen as a mere slave of language, in which logocentric philosophy, which works in the area of theory, takes form. It is considered having no capability to contribute in the theoretical area. By introducing Theatre of Cruelty, a concept which ignores the areal gap between theatre and philosophy, Antonin Artaud struggled to resist against language. By ignoring such gap, Artaud proved some points of argument. First, he proved that language has no longer been relevant by using act from the spontaneous and mystic body as the heart of how theatre works in its process of being. Second, he proved that theatre has no longer been either continuation of literature and text or mimesis, as well as representation, of reality, but a process of healing or being in the medium of the body. Third, he proved that theatre, by communicating the catharsis of the body, eliminating the fourth wall which separates the spectators from the actors. Antonin Artaud?s struggle brought a new spirit in the art of theatre ? a spirit to break free from the strings language pulls to control it."
2016
S63813
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Farid Ramli Mahri
"Skripsi ini adalah sebuah tulisan yang mencoba mengungkap proses terbentuknya peradaban dan hal apa yang menjadi penyebab masalah dari peradaban disertai interpretasi pribadi. Kasus yang muncul pada tulisan ini adalah salah satu contoh akibat dari peradaban yang dialami oleh generasi kekinian dan diangkat sebagai problem gender, di mana gender lelaki adalah korban juga.

This study is writing that tries to uncover the progress of civilization and what is the cause of problem from civilization with personal interpretation. The case that used in this study is an example of civilization problem that happened to the current generation and raised to be a gender problem, where rsquo s men as gender also a victim.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
S68875
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7   >>