Ditemukan 208 dokumen yang sesuai dengan query
Anugrah Priatama Lagosa
"Pertumbuhan jumlah penumpang pesawat udara pada kompetisi pasar yang meningkat secara signifikan harus diikuti oleh pertumbuhan dan ketersediaan infrakstruktur dan tenaga ahli yang bertalenta. Kemampuan memenangkan perang talenta berpengaruh pada kemampuan memenangkan pasar. Hal ini menimbulkan tuntutan bagi perusahaan agar lebih mumpuni dalam melakukan proses penyeleksian talenta serta perusahaan dituntut lebih baik lagi dalam memotivasi dan memelihara talenta-talenta terbaik yang ada di perusahaan. Salah satu tujuan dari proses talent management bagi PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. adalah untuk mempertahankan pegawai. Engagement selain berkorelasi dengan performa bisnis juga memberikan informasi seberapa atraktif perusahaan dalam persaingan talent. Selain itu engagement juga dapat meningkatkan kemampuan perusahaan untuk menarik, memotivasi, dan mempertahankan talent yang sangat bernilai yang pada akhirnya dapat mengurangi pegawai yang berkinerja rendah. Penelitian ini adalah penelitian eksplanatif yang bertujuan untuk menjelaskan pengaruh talent management terhadap employee engagement pada PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan data penelitian yang dikumpulkan melalui kuesioner yang disebar ke seluruh responden. Hasil dari penelitian ini adalah membuktikan bahwa terdapat pengaruh antara talent management terhadap employee engagement pada PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.
The growth of passenger numbers in aircraft market competition that have increased significantly must be followed with the growth and availability of infrastructures and talented experts. The ability to win the competition in finding the best talent affects the ability to win the market. This requires the company to! be!more! competent in performing talent selection process, and the company is demanded to be one step ahead in motivating and retaining the best talents in the company. One of the goals of the talent management process for PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. is to retain employees. Engagement not only correlate with business performance but also provide information on how attractive the company is in the talent competition. This can enhance the company's ability to attract, motivate, and retain valuable talents, which eventually could reduce lowperforming employees. This study is an explanatory study that aims to elaborate the effect of talent management practices on employee engagement at PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. This research is a quantitative study made through questionnaires which have been distributed to all respondents. The finding of this research proves an impact between talent management practices and employee engagement at PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2014
S53715
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Dwi Yulianti Adiningsih
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengembangan karier terhadap komitmen organisasional pada PT XYZ (Kantor Pusat). Pengembangan karier diukur berdasarkan teori Weng (2010) dan komitmen organisasional diukur menggunakan teori Allen & Meyer (1997). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survey yang menggunakan teknik total sampling, yaitu sebanyak 65 responden pegawai PT XYZ (Kantor Pusat). Analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan uji regresi sederhana dengan bantuan program aplikasi SPSS versi 21.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan karier memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional pada PT XYZ (Kantor Pusat).
This study aimed to examine the influence of career development towards organizational commitment at PT XYZ (Head Office). Career development is measured based on the theory of Weng (2010) and organizational commitment is measured based on the theory of Allen & Meyer (1997). This study used quantitative approach with survey method that used total sampling technique which held to 65 respondents employee of PT XYZ (Head Office). The data were analyzed by using simple regression method which assisted by application program SPSS version 21.0. The result of this study showed that career growth had a positive and significant impact to organizational commitment at PT XYZ (Head Office)."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2014
S53638
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Anglir Mediastri
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh quallity of work life terhadap kepuasan kerja pada pekerja tetap level non-managerial di pabrik PT X. Variabel dependen dalam penelitan ini adalah kepuasan kerja yang diukur dengan menggunakan kuesioner dari Michigan Organizational Assessment Questionaire, sedangkan variabel independen dari penelitian ini adalah quality of work life dengan menggunakan dimensi dari Cascio (2003). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pekerja tetap (level non-managerial) di pabrik PT X sebesar 244 orang, dan sampel yang diambil untuk penelitian ini sejumlah 71 orang pekerja tetap di pabrik PT X dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa QWL memiliki hubungan positif dan pengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja pada pekerja tetap Pabrik PT X.
The objectives of this research is to analyzie the influence of quality of work life on job satisfaction of permanent workers non-managerial level at PT X Factory. The dependent variable of this research is job satisfaction and it will be measured using questionnaire from Michigan Organizational Assessment Questionaire ; and the independent variable of this research is quality of work life and will be measured using the dimension by Cascio (2003). The population of this research are 244 people which are the whole permanent worker at PT X Factory, and the sample of this research are 71 respondent by using stratified random sampling technique. The result of this research was showing that QWL has a positife relationship and significance impact on job satisfaction on a permanent employee at PT X Factory."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
S59977
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Nur Amalina Khalisha
"
ABSTRAKSkripsi ini membahas mengenai implementasi dari penggunaan aplikasi Qlue sebagai kanal pelaporan keluhan terkait pelayanan publik di DKI Jakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana penerapan penggunaan aplikasi Qlue sebagai kanal pelaporan keluhan di DKI Jakarta, dimulai dari masyarakat melaporkan keluhannya hingga keluhan ditindaklanjuti oleh SKPD yang berwenang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara mendalam dengan pihak ndash; pihak yang terlibat, dan menggunakan pendekatan kualitatif dalam penelitian ini. Qlue sendiri merupakan salah satu bentuk dari e-government yang bertujuan untuk mendekatkan komunikasi antara masyarakat dengan Pemerintah dalam menyampaikan keluhan serta aspirasi. Dari penelitian ini dapat dilihat bahwa dalam pengimplementasian aplikasi Qlue masih menemui beberapa hambatan yang masih perlu diperbaiki agar program ini dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.
ABSTRACTThe focus of this thesis is to discuss about the implementation of a mobile application named Qlue as a Public Service Complaint Management in DKI Jakarta. The aim of this thesis is to analyze how the implementation of Qlue as a complaints channel tools in DKI Jakarta, starting from when civil society deliver their complaints until their complaints are being managed by the involved party, in this case the Public Officer appointed. Method used in this thesis is by doing in depth interview with related party involved in this program, not only the Public Officer, but Civil Society Qlue User as well, and used Qualitative Approach in this thesis. Qlue itself is a form of e government that aims to help Civil Society to communicate easily with the government to deliver their complaints in public service. From this research seen that in the implementation, the stakeholder still face problem and obstacle they need to solve in order for this Program to run as expected."
2016
S65884
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Rizky Heriko Putra
"
ABSTRAKSkripsi ini membahas mengenai reformasi pelayanan bantuan sosial di kota Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis proses reformasi birokrasi pemerintah kota Bandung terhadap pelayanan bantuan sosial, dimulai dari perubahan kebijakan publik sampai dengan mekanisme dan sistem yang diterapkan selama ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara mendalam dengan pihak-pihak yang terkait serta studi kepustakaan, dan menggunakan pendekatan kualitatif dalam penelitian. Bantuan Sosial Online adalah salah satu bentuk inovasi pelayanan publik yang berbasis e-government dengan tujuan transparansi dan keterbukaan publik terkait penyaluran dana bantuan sosial di kota Bandung. Jenis bantuan sosial yang dibeikan oleh pemerintah Kota Bandung terdiri dari berbagai macam bantuan seperti bantuan pendidikan, kesehatan, perencanaam pembangunan dan lainya. Hasil dari penelitian ini adalah pemerintah Kota Bandung telah melakukan reformasi birokrasi terhadap pelayanan dana bantuan sosial dengan cara merevisi peraturan walikota serta menciptakan standar operasional prosedur yang jelas, namun terdapat beberapa kekurangan diantaranya adalah mengenai sosialisasi yang dilakukan pemerintah kota Bandung terhadap masyarakat atau lembaga organisasi karena pada kenyataanya masih ada masyarakat yang belum mengetahui mengenai permohonan bantuan sosial yang sekarang sudah menjadi online.
ABSTRACTThis thesis discusses the reform of social assistance services in the city of Bandung. The purpose of this research is to analyze the process of bureaucratic reform of Bandung city government toward social assistance service, starting from public policy change until mechanism and system applied so far. The method used in this research is by conducting in depth interviews with related parties as well as literature study, and using qualitative approach in research. Online Social Assistance is one form of public service innovation based on e government with the aim of transparency and public openness related to the distribution of social assistance funds in the city of Bandung. Type of social assistance provided by the government of Bandung consists of various kinds of assistance such as education, health, development and other planners. The result of this research is the government of Bandung City has done bureaucracy reform to social assistance fund service by revising the regulation of mayor as well as creating standard operational procedure which clear, but there are some deficiencies such as socialization done by Bandung city government to society or organization institution because In fact there are still people who do not know about the application for social assistance that is now online."
2017
S67860
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Asri Andiani
"Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh brand trust dan brand affect terhadap brand loyalty pada merek Apple di Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendeketan kuantitatif. Sampel penelitian adalah pengguna merek Apple di Jakarta dengan jumlah 100 responden. Penarikan sampel menggunakan teknik purposive atau judgemental. Penelitian ini menggunakan metode survei menggunakan kuesioner dan dianalisis melalui analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa brand trust secara individual tidak berpengaruh terhadap brand loyalty; brand affect secara individual memiliki pengaruh positif signifikan terhadap brand loyalty; brand trust dan brand affect secara bersama-sama memiliki pengaruh positif signifikan terhadap brand loyalty.
The purpose of this research is to discover the effects of brand trust and brand affect toward brand loyalty of Apple as a brand. This study uses a quantitative approach by distributing questionnaires to 100 respondents of Apple’s users around Jakarta. In order to select the respondent, this study uses purposive or judgmental method. The results indicate that brand affect has significant positive effect toward brand loyalty; brand trust is neglected as it has no significant effect showed by the regression model; the combination of brand trust and brand affect, together, resulted in significant positive effect on brand loyalty."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
T-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Maharani Rasyida
"Kepemimpinan adalah bagaimana seorang pemimpin dapat mempengaruhi pengikutnya. Terdapat berbagai jenis kepemimpinan, salah satunya kepemimpinan transformatif yang dibahas di dalam skripsi ini. Skripsi ini membahas mengenai kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta dalam kebijakan Mass Rapid Transit/Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta pada periode 2017-2019. MRT merupakan moda transportasi umum massal yang baru diluncurkan di DKI Jakarta pada tahun 2019 setelah mulai diinisiasi pada tahun 1985. Keberadaan MRT diharapkan dapat menurunkan jumlah pengguna transportasi pribadi, sehingga pada akhirnya bisa berkontribusi untuk menanggulangi masalah yang telah lama ada di DKI Jakarta, yaitu kemacetan. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori transformational leadership seperti yang dikemukakan oleh Bass (2003), yaitu empat komponen transformational leadership yang terdiri dari idealized influence, inspirational motivation, individual consideration, dan intellectual stimulation. Dengan metode kualitatif, hasil analisis data menunjukkan bahwa Gubernur DKI Jakarta merefleksikan atribut transformational leadership dalam kebijakannya mengenai MRT Jakarta.
Leadership is how a leader influence their followers. There are various types of leadership, one of which is transformational leadership which discussed in this theasis. This thesis discussed the leadership of the DKI Jakarta Governor regarding Mass Rapid Transit (MRT) policy. MRT is a mass public transportation mode that was only launched in 2019 after it was initiated since 1985. The existence of MRT is expected to reduce the number of private transportation users, so that it can contribute to overcome the long-standing problem in DKI Jakarta, traffic congestion. The theory used in this study is the theory of transformational leadership as proposed by Bass (2003), namely the four components of transformational leadership which consisted of idealized influence, inspirational motivation, individualized consideration, and intellectual stimulation. Using qualitative methods, the results of the data shows that the Governor of DKI Jakarta reflects the attributes of transformational leadership in his policy regarging Jakarta MRT."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Arief Febriant Putra
"
ABSTRAKKarya Akhir ini membahas penerapan good governance pada Unit Pelayanan Publik UPP Kementerian. Penelitian ini menggunakan teori prinsip-prinsip good governance yang dibuat oleh United Nation Developmen Program UNDP dengan pendekatan positivis. Teknik analisis data menggunakan analisis deksriptif terhadap prinsip-prinsip good governance. Hasil penelitian menunjukan bahwa Unit Pelayanan Publik UPP Kementerian Perindustrian belum memenuhi prinsip-prinsip good governance dalam memberikan pelayanan rekomendasi kepada para pemohon. Permasalahan utama dalam pelayanan yang diberikan adalah waktu pemrosesan melebihi dari SOP yang telah ditentukan. Masukan dari para pemohon untuk melakukan perubahan menjadi permohonan secara online telah dilakukan oleh UPP. Namun, program tersebut baru diberlakukan pada 18 November 2016 sehingga belum dapat dilakukan evaluasi terhadap efektfitas pelayanan yang diberikan. Untuk itu, perlu dilakukan inovasi untuk memperbaiki pelayanan yang diberikan kepada para pemohon sehingga pelayanan yang diberikan dapat lebih maksimal.
ABSTRAKthesis discussed about the implementation of Good Governance in Unit Pelayanan Publik UPP in the ministry. The theory used in this study is the principles of good governance made by the United Nations Development Program UNDP with positivist approach. Data were analyzed using descriptive analysis of the principles of good governance. The results showed that the Public Service Unit UPP The Ministry of Industry has not meet the principles of good governance in providing services recommendation to the applicant. The main problems in the provided services is the processing time exceeds a predetermined SOP. Input from the applicant to make changes into an online recomendation has been carried out by the UPP. However, these programs will be effective on 18 November 2016, so the evaluation of the effectiveness of the services cannot be done. Therefore, innovation needs to be done to improve the service to the applicant so that the service can be maximized. "
2017
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Elsa Ajarwati
"Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Pengaruh Perceived Organizational Justice, Perceived Organizational Support dan Perceived Career Advancement Opportunities Bagi Mahasiswa Perempuan Terhadap Employer Attractiveness (Studi Pada Unilever Indonesia). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 132 responden mahasiswi perempuan dari Universitas Indonesia dan Universitas Bina Nusantara Jakarta. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik non-probability. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferential. Analisis inferensial menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian ini menemukan bahwa perceived organizational justice, perceived organizational support, dan perceived career advancement opportunities berpengaruh positif terhadap employer attractiveness di Unilever Indonesia.Â
This study aims to explain the influence of perceived organizational justice, perceived organizational support and perceived career advancement opportunities of female students to employer attractiveness (study of Unilever Indonesia). This study used quantitative approach with a total of 132 sample of female students from University Indonesia and Bina Nusantara University Jakarta. The sampling technique is done using non-probability sampling. To analyze the data, descriptive and inferential analysis are used. Multiple regression is used for inferential analysis. The result of this study found that perceived organizational justice, perceived organizational support, and perceived career advancement opportunities have a significant effect to employer attractiveness at Unilever Indonesia."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Rana Muthia Oktari
"
ABSTRACTTujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kredibilitas social media influencer terhadap brand attitude (studi pada social media influencer Rachel Vennya pada Merek Sate Taichan Goreng). Sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden yang terdiri dari pria dan wanita yang mengetahui social media influencer Rachel Vennya, yang mem-follow Rachel Vennya di Instagram, dan mengetahui Sate Taichan Goreng, dengan menggunakan metode non-probability sampling serta teknik purposive sampling. Instrumen pada penelitian ini menggunakan kuesioner dan analisa data menggunakan linear regression. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa social media influencers memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap brand attitude.
ABSTRACTThe aim of this study is to analyse the correlation between the Credibility of Social Media Influencer towards Brand Attitude (Study on Rachel Vennya as a Social Media Influencer for the Sate Taichan Goreng brand). 100 respondents that consist of men and women that knows social media influencer Rachel Vennya, follows Rachel Vennya on Instagram, and knows Sate Taichan goreng are used as the sample using the non-probability sampling method and purposive sampling techniques. The instrument used in this study is questionnaire through google form and the data is analysed using linear regression. The outcome of this study shows that social media influencer has a significant positive correlation towards brand attitude."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library