Ditemukan 18 dokumen yang sesuai dengan query
Fitra Ifana Fasli, author
Tugas akhir ini membahas mengenaj penerapan modiiikasi perilaku dengan metode positive reinforcement dalam melatih ketrampilan minum menggunakan sedotan pada anak dengan gangguan keterbelakangan mental berat. Tujuan dari intcrvcnsi ini adalah rneningkatkan iickuensi minum mcnggunakan sedotan. Penerapan modifikasi perilaku yang bcrhasil diiakukan sebanyak delapan sesi dalam waktu delapan had. Hasil penelitian...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2009
T34089
UI - Tesis (Open) Universitas Indonesia Library
Sumayyah, author
ABSTRAK
Saat ini, fenomena ibu bekerja di luar rumah sudah menjadi hal yang lumrah di masyarakat saat ini. Seorang ibu yang bekerja kini memiliki peran ganda yaitu sebagai ibu rumah tangga sekaligus sebagai seorang pekerja di bidang kerjanya. Berdasarkan hasil penelitian sebelumnya, ibu yang bekerja memiliki dampak pada beberapa aspek perkembangan...
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
S57168
UI - Skripsi (Membership) Universitas Indonesia Library
Sumayah Soimah, author
Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara persepsi dukungan sosial dari keluarga, teman, dan orang penting lainnya (staf perawat) tentang kepuasan hidup penghuni lansia Panti jompo. Jumlah partisipan dalam penelitian ini adalah 44 lansia yang tinggal di panti asuhan Werdha. Alat ukur yang digunakan adalah Multidimensional Scale of Perceived Social...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi (Membership) Universitas Indonesia Library
Anissa Azura, author
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dua tipe ruminasi (intrusive dan deliberate) terhadap posttraumatic growth pada remaja yang mengalami pengalaman buruk. Ruminasi merupakan pemikiran yang berulang-ulang mengenai suatu pengalaman, sementara posttraumatic growth merupakan perubahan psikologis positif sebagai hasil perjuangan menghadapi situasi hidup yang amat menantang. Dalam penelitian ini digunakan tiga...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
S59004
UI - Skripsi (Membership) Universitas Indonesia Library
Djuanita Bowman, author
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pengasuh dalam
mendisiplinkan anak untuk tidur siang yang diberikan melalui program intervensi.
Peningkatan keterampilan dua pengasuh anak yang mengikuti kegiatan di TPA
Makara UI dalam mendisiplinkan anak untuk tidur siang diukur dari pelaksanaan
rutinitas yang disusun oleh pengasuh sebelum anak tidur siang dan kerutinan
tidur siang anak asuh. Intervensi...
2013
T35653
UI - Tesis (Membership) Universitas Indonesia Library
Noridha Weningsari, author
ABSTRAK
Penelitian ini difokuskan untuk melihat penerapan CBT dalam meningkatkan keterampilan regulasi emosi pada anak usia sekolah dengan reactive attachment disorder (RAD). Penelitian ini merupakan penelitian single-case dengan menggunakan teknik pretest-posttest. Subjek adalah anak perempuan berusia 10 tahun yang telah didiagnosa dengan RAD dan memiliki kesulitan dalam meregulasi emosi. Pengukuran dilakukan...
2014
T38892
UI - Tesis (Membership) Universitas Indonesia Library
Sinaga, Deceiria Adventine, author
ABSTRAK
Studi ini menggunakan prinsip Parent-Child Interaction Therapy (PCIT) untuk mengatasi masalah perilaku disruptive pada anak laki-laki usia 9 tahun. Melalui prinsip PCIT sebagai intervensi dyadic, ibu diajarkan dan dilatihkan kemampuan untuk menciptakan interaksi yang hangat dan cara pendisiplinan yang efektif.
Studi ini menggunakan desain penelitian single subject design. Guna mengevaluasi efektivitas...
2014
T41894
UI - Tesis (Membership) Universitas Indonesia Library
Luisa Larasati Wirawan, author
ABSTRAK
Anak dengan ADHD diketahui memiliki defisit dalam regulasi diri dan menampilkan perilaku impulsif. Adanya hambatan dalam meregulasi diri membuatnya kesulitan untuk secara sadar mengatur serta mengendalikan emosi, pikiran, dan tubuhnya untuk berperilaku sesuai dengan situasi yang dihadapi. Hal ini yang membuat anak dengan ADHD sulit diatur, cenderung menarik diri, menampilkan...
2016
T46530
UI - Tesis (Membership) Universitas Indonesia Library
Diah Arum Witasari Humani, author
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan empat aspek kunci interaksi untuk mengembangkan interaksi antara ibu dan anak usia kanak-kanak awal melalui kegiatan bermain studi pada anak usia 3-6- tahun . Empat aspek kunci dalam interaksi ibu-anak tersebut meliputi, affection, responsiveness, encouragement, dan teaching Roggman, dkk., 2013 . Penelitian ini...
2017
T48803
UI - Tesis (Membership) Universitas Indonesia Library
Retna Puji Lestari, author
[Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan antara keterampilan komunikasi nonverbal dan jenis kelamin pada remaja pengguna internet. Pengukuran keterampilan komunikasi nonverbal yang digunakan adalah skala Social Skills Inventory milik Riggio yang telah diadaptasi oleh peneliti. Partisipan berjumlah 222 orang remaja, yang terdiri dari 104 laki-laki (46,8 %) dan 118 perempuan...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
S61914
UI - Skripsi (Membership) Universitas Indonesia Library