Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 61 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Lubis, Syahid Izharuddin
Abstrak :
ABSTRAK
Selama bertahun-tahun, toleransi beragama di antara kelompok agama telah menjadi masalah sosiopolitik kritis di Indonesia dan di seluruh dunia. Sampai saat ini, belum ada penelitian yang menyelidiki mekanisme psikologis yang mungkin mendasari munculnya toleransi pada orang beragama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki apakah peran kerendahan hati intelektual dan fleksibilitas kognitif dalam memprediksi hubungan antara religiusitas dan toleransi beragama tergantung pada tingkat agresivitas. Kami menggunakan analisis mediasi atas data religiusitas, kerendahan hati intelektual, fleksibilitas kognitif, dan agresivitas dari 226 mahasiswa Muslim Indonesia untuk menguji prediksi kami. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerendahan hati intelektual dan fleksibilitas kognitif secara signifikan memediasi pengaruh religiusitas dalam meningkatkan toleransi beragama. Seperti yang diperkirakan, kerendahan hati intelektual adalah mediator yang lebih kuat pada orang-orang beragama yang memiliki tingkat agresivitas yang tinggi, sedangkan fleksibilitas kognitif adalah mediator yang lebih kuat pada orang-orang beragama dengan tingkat agresivitas yang rendah. Oleh karena itu, tingkat agresivitas orang beragama menentukan apakah kerendahan hati intelektual atau fleksibilitas kognitif akan menjadi faktor yang efektif dalam meningkatkan toleransi beragama. Temuan kami menunjukkan pentingnya mengembangkan kerendahan hati intelektual dan fleksibilitas kognitif untuk mempromosikan perilaku toleran di antara umat beragama.
ABSTRACT
Over the years, religious tolerance between religious groups has become a critical sociopolitical problem in Indonesia and throughout the world. To date, there has been no study that has investigated psychological mechanism which might underlie the emergence of tolerance in religious people. The purpose of this study is to investigate whether the roles of intellectual humility and cognitive flexibility in predicting the relationship between religiosity and religious tolerance are dependent on the levels of aggressiveness. We employed mediation analyses over data of religiosity, intellectual humility, cognitive flexibility, and aggressiveness from 226 Indonesian-Moslem students to test our predictions. The results showed that intellectual humility and cognitive flexibility significantly mediated the influence of religiosity in increasing religious tolerance. As predicted, intellectual humility is a stronger mediator in religious people who possess high level of aggressiveness, while cognitive flexibility is a stronger mediator in religious people with low level of aggressiveness. Hence, the level of aggressiveness of a religious person determines whether intellectual humility or cognitive flexibility would be an effective factor in increasing his/her religious tolerance. Our findings suggest the importance of developing intellectual humility and cognitive flexibility to promote tolerant behavior among religious people.
2019
T55223
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yohanes Yanuarius
Abstrak :
ABSTRAK
Studi ini melihat pengaruh diskusi terhadap justifikasi sistem. Sebanyak 41 orang berpartisipasi dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan ketika partisipan mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi hal-hal positif tentang sistem, kecenderungannya untuk menjustifikasi sistem akan meningkat. Dan sebaliknya, ketika partisipan mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi hal-hal negatif tentang sistem, kecenderungannya untuk menjustifikasi sistem akan menurun. Hal ini sesuai dengan teori shared reality yang menyebutkan bahwa suatu kepercayaan atau keyakinan akan terbentuk dan terpelihara jika kepercayaan dan keyakinan dibagi dan dishared bersama-sama orang lain. Dan sebaliknya, suatu kepercayaan dan keyakinan yang tidak dibagi dan tidak dishared bersama-sama orang lain, tidak akan terbentuk dan terpelihara. Hal ini menunjukkan bahwa asumsi teori justifikasi sistem tidak sepenuhnya benar. Mungkin saja kecenderungan individu menjustifkasi sistem karena individu tidak pemah berbicara tentang sistem. Penelitian ini menunjukkan diskusi berpengaruh terhadap justifikasi sistem.
2010
T38326
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Poetri Primagita
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara positive gender identity, patriarchal belief, dan importance of gender identity dengan konflik identitas pada pemimpin wanita di Indonesia. Penelitian ini terdiri dari dua studi. Studi pertama merupakan survei dilakukan dalam dua tahap pengumpulan data yang melibatkan 151 pemimpin wanita di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif signifikan positive gender identity dengan konflik identitas pemimpin/wanita. Ditemukan pula hubungan positif signifikan patriarchal belief dengan konflik identitas pemimpin/wanita. Namun, tidak ditemukan hubungan yang signifikan antara importance of gender identity dengan konflik identitas pemimpin/wanita. Studi kedua merupakan studi kuasi eksperimen dua kelompok, yang bertujuan untuk melihat perbedaan konflik identitas pemimpin/wanita yang dirasakan oleh partisipan dalam kelompok positive gender identity dan kelompok kontrol. Sampel studi kedua berbeda dari sampel studi pertama, namun masih dalam populasi yang sama N=70 . Manipulasi dilakukan dengan menyajikan stimulus tertulis, kemudian partisipan diberikan self-report berisi item-item konflik identitas pemimpin/wanita dan positive gender identity. Hasil penelitian studi dua menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan konflik identitas pemimpin/wanita yang dirasakan oleh partisipan dalam kelompok positive gender identity dengan partisipan dalam kelompok kontrol.
ABSTRACT
This study aimed to determine whether there are a significant relationship between positive gender identity, patriarchal belief, and importance of gender identity with identity conflict in women leaders in Indonesia. This study consist of two studies. The first study was a survey with two stage of data collection involving 151 women leaders in Indonesia. The result shows that there is a negative significant relationship between positive gender identity with woman leader identity conflict. We also found there is a positive significant relationship between patriarchal belief with woman leader identity conflict. In contrast, there is no significant relationship between importance of gender identity with woman leader identity conflict. The second study was a quasi experimental between subject design, aiming to examine the differences of woman leader identity conflict perceived by participant in positive gender identity group and control group. Sample in the second study is not overlap with the sample in the first study, but they came from the same population N 70 . Manipulation is done by presenting written stimulus, then participants are given self report contained woman leader identity conflict and positive gender identity items. The result of the second study indicated that there is no significant differences woman leader identity conflict perceived by participants in positive gender identity group and control group.
2017
T47834
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Miftahul Jannah
Abstrak :
ABSTRAK
Perundungan merupakan isu utama yang menjadi masalah di SMA XYZ. Perundungan ini sudah menjadi tradisi yang menahun sehingga menyebabkan siswa merasa tertekan secara psikologis dan merasa tidak nyaman di sekolah. Dari studi literatur diketahui bahwa semakin positif hubungan antar siswa, yang ditandai dengan tingginya tingkat perilaku prososial, tingkat kejadian perundungan akan semakin rendah. Sebelum intervensi dilakukan, peneliti melakukan studi baseline di SMA XYZ. Berdasarkan studi baseline tersebut, diketahui bahwa beberapa siswa memiliki kemauan untuk mengubah tradisi perundungan dan menginginkan hubungan yang lebih positif di sekolah. Penelitian ini bertujuan meningkatkan perilaku prososial siswa pada kelompok intervensi, agar terbentuk hubungan yang positif di sekolah. Partisipan pada kelompok intervensi adalah pengurus OSIS, yang terdiri dari 10 siswa kelas X dan 10 siswa kelas XI. Pertimbangan pemilihan pengurus OSIS adalah karena mereka dapat menjadi agent of change di SMA XYZ. Intervensi dirancang dengan memodifikasi program CEPIDEA Counteract Externalizing Problems in Adolescence , salah satunya dengan memberikan pelatihan keterampilan komunikasi pada siswa. Materi yang disampaikan berupa komunikasi verbal, komunikasi noverbal dan komunikasi asertif. Indikator keberhasilan intervensi ini adalah meningkatnya keterampilan komunikasi siswa dan perilaku prososial secara signifikan. Hasil pengukuran wilcoxon signed rank test menunjukkan terdapat peningkatan secara signifikan pada skor keterampilan komunikasi dan perilaku prososial siswa.
ABSTRACT
Bullying is an issue that has becomes a major problem in SMA XYZ. It has become a tradition for years and caused students to feel uncomfortable and psychologically depressed in school. Previous studies found that the positive relationship among students, which marked by the high level of prosocial behavior, is inversely proportional to the number of bullying incidences in school. Before the intervention was carried out, the researcher conducted a baseline study in SMA XYZ. The baseline study finds that most students have willingness to change the bullying tradition and want a more positive relationship among students in school. The research aims to improve the prosocial behavior in the intervention group, in order to establish a positive relationship among students in school. Participants in the intervention group were the student council member OSIS , consisting of 10 students from class X and 10 students from class XI. The OSIS members were chosen because of their potential as an agent of change in SMA XYZ. The intervention was designed by modifying the CEPIDEA program Counteract Externalizing Problems in Adolescence , and one of the program were by providing communication skills training to the students. The materials presented in training are verbal nonverbal and assertive communication. The indicators of success of this intervention are the significant improvement in students rsquo communication skills and prosocial behavior. The Wilcoxon signed rank test shows that there is a significant increase in students rsquo communication skill and prosocial behavior score.
2018
T51366
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yogi Pambudi
Abstrak :
Penelitian ini menguji intervensi norma sosial dan arsitektur pilihan untuk mengurangi penggunaan sedotan plastik di restoran. Penelitian ini terdapat dua tahap, yaitu studi baseline dan intervensi. Pada tahap studi baseline menerapkan metode wawancara, observasi dan kuesioner. Target responden baseline terdiri dari 106 kuesioner dan 12 responden wawancara. Selama studi baseline ditemukan bahwa alasan penggunaan sedotan pada pengunjung karena disediakan, kebiasaan, dan penggunaan praktis. Norma deskriptif yang tergambarkan adalah sebagian besar pengunjung menggunakan sedotan ketika meminum, dan untuk norma injungtif menyatakan bahwa pengunjung mempercayai tidak menggunakan sedotan salah satu cara mengurangi sampah plastik. Pada tahap intervensi menggunakan quasi-ekperimental selama lima hari di ketiga kelompok , yakni dua kelompok intervensi dan satu kelompok kontrol. Studi intervensi menguji pemberian teknik arsitektur pilihan dengan pesan norma sosial dibandingkan kelompok kontrol, pemberian intervensi arsitektur pilihan dengan kelompok kontrol, dan pembandingan pemberian intervensi berganda arsitektur pilihan dengan pesan norma sosial dengan intervensi tunggal arsitektur pilihan. Hasil uji dengan Kruskal-Wallis terdapat perbedaan signifikan dari ketiga kelompok (p<,05). Selanjutnya dilakukan pengujian Mann-Whitney antar kelompok dengan p<,0167. Sehingga disimpulkan bahwa penerapan intervensi dinyatakan terdapat perbedaan penggunaan sedotan dibandingkan kelompok kontrol, dan jika dibandingkan antar kelompok intervensi ditemukan bahwa penerapan intervensi berganda arsitektur pilihan dan pesan norma sosial lebih signifikan dibandingkan intervensi tunggal arsitektur pilihan saja.
This study examined social norm interventions and architectural choices to reduce the use of plastic straws in restaurants. This study had two stages, namely the baseline study and intervention. At the baseline study stage, the interview method, observation, and questionnaire were applied. The target of the baseline respondents consisted of 106 questionnaires and 12 interview respondents. During the baseline study, it was found that the reason visitors using staws were because the straws are provided, habits, and practical use. Descriptive norms illustrated that most visitors use straws when drinking, and while in injunctive norms stated that visitors believe that they do not use straws one way to reduce plastic waste. At the intervention stage using quasi-experimental for five days in the three groups, namely two intervention groups, and one control group. Intervention studies examined the administration of selected architectural techniques with social norm messages versus the control group, the choice of architectural intervention options with the control group, and a comparison of the provision of multiple intervention architectural choices with messages of social norms with a single intervention of choice architecture. The results of the Kruskal-Wallis test showed significant differences from the three groups (p <.05). The Mann-Whitney test was then carried out between groups with p <.0167. So it was concluded that the application of the intervention stated that there were differences in the use of straws compared to the control group, and when compared between intervention groups it was found that the application of multiple intervention architectural choices and messages of social norms was more significant than single-choice architectural interventions.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
T53338
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Noriksa Ratu Vetsera
Abstrak :
Fenomena phubbing mudah ditemui sehari-hari di lingkungan sekitar termasuk di restoran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pemberian prompt dalam mengurangi perilaku phubbing di restoran.Intervensiyang digunakan adalah pemberianprompt pasif berupa papan pesan berbahan akrilik yang berdiri tegak dan prompt aktif berbentuk kotak sehingga pelanggan perlu secara aktif meletakkan ponsel dalam kotak. Peneliti juga menguji perbedaan pengaruh antara pemberian intervensi tunggal(hanya diberikan prompt pasif saja) dengan pemberian intervensi ganda(diberikan prompt pasif sekaligus prompt aktif) dalam mengurangi perilaku phubbing di restoran. Desain penelitian ini adalah kuasi eksperimen yang melibatkan dua kelompok kontrol yang di dalamnya terdapat 2.711 pelanggan restoran dan dua kelompok yang diberi intervensi berupa pemberian promptyang mengikutsertakan 2.659 pelanggan restoran. Pengujian terhadap hipotesis penelitian dilakukan melalui analisis statistik dengan menggunakan One-way ANOVA. Hasil pengujian hipotesis pertama menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh pemberian prompt dalam mengurangi perilaku phubbing di restoran. Hasil pengujian hipotesis kedua memperlihatkan bahwa tidak ada perbedaan pengaruh antara pemberian intervensi tunggal dengan intervensi ganda dalam mengurangi perilaku phubbing di restoran. Keterbatasan penelitian dan saran dibahas lebih lanjut dalam makalah ini. ...... Phubbing phenomena are easily found everyday in the surrounding environment, including in restaurants. This study aims to examine the effect of prompt giving in reducing phubbing behavior in restaurants. The prompt used is a passive prompt in the form of an acrylic message board that stands upright and a boxy active prompt so that the customer needs to actively put the cellphone in the box. The researchers also examined differences in influence between single promptings (only given a passive prompt) with multiple prompts (given passive and active prompts) in reducing phubbing behavior in restaurants. The design of this study was a quasi-experimental involving two control groups in which there were 2,711 restaurant customers and two groups given the intervention in the form of giving a prompt which included 2,659 restaurant customers. Testing of the research hypothesis was carried out through statistical analysis using One-way ANOVA. The results of testing the first hypothesis indicate that there are differences in the effect of prompt giving in reducing phubbing behavior in restaurants. The results of testing the second hypothesis show that there is no difference in effect between giving a single prompt with a double prompt in reducing phubbing behavior in a restaurant. The limitations of the research and suggestions are further discussed in this pape.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
T53337
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nuriyah Amalia
Abstrak :
Studi mengenai penggunaan Instagram mayoritas fokus pada konsekuensi negatifnya, tetapi tidak pada konsekuensi positifnya (Meier & Schafer, 2018). Penelitian ini hendak menjawab kondisi apa yang membuat Instagram berdampak positif atau negatif dengan menguji pengaruh tipe pos (positif, netral), profil pengunggah yang terdiri dari sosok pengunggah pos (orang tidak dikenal, selebgram) dan usia pengunggah (seusia, lebih tua), serta orientasi perbandingan sosial (OPS) terhadap afek. Berdasarkan eksperimen yang dilakukan (n= 437), afek positif partisipan menurun setelah melihat pos selebgram seusia, tetapi meningkat setelah melihat pos selebgram lebih tua. Afek negatif partisipan menurun jika partisipan memiliki OPS rendah lalu melihat pos netral milik selebgram yang seusia dan pos positif milik selebgram yang lebih tua. Peningkatan afek negatif tidak ditemukan dalam kondisi apapun. Dari hasil ini, terlihat bahwa selebgram menjadi target perbandingan sosial yang lebih dapat mempengaruhi kondisi afek individu daripada orang tidak dikenal. Ini mendukung studi Wheeler dan Miyake (1992) yang menyatakan bahwa perbandingan sosial cenderung dilakukan individu dengan orang lain yang ia kenal, termasuk selebritas di dalamnya, daripada dengan orang yang tidak ia kenal.
Study of Instagram focuses mostly on its negative consequences, but not on the positive consequences (Meier & Schafer, 2018). This study would like to answer what kind of conditions produce Instagrams positive or negative impact. Influence of post types (positive, neutral), figure which consist of uploader types (stranger, celebgram) and age differences (same age, older), and social comparison orientation (SCO) on affect tested. Based on the experiment (n = 437), participants positive affect decrease after saw same age celebgrams posts, but increase after saw older celebgrams posts. Participants negative affect with low SCO decrease after saw same age celebgrams netral posts and older celebgrams positive posts. Negative affect doesnt increase in any conditions. From these results, celebgrams post influence participants affect more than strangers post. This supports Wheeler and Miyake (1992) who stated that social comparison tended to be done by individuals to other people they knew, including celebrities, rather than strangers.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
T53805
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sherly Mega Paranti
Abstrak :
Studi terdahulu menemukan bahwa individu cenderung melihat orang terdekatnya seperti melihat dirinya. Fenomena ini terjadi karena terdapat kecocokan/kesamaan antara struktur konsep diri individu dan struktur konsep yang dibangun individu tentang orang terdekat tersebut. Mekanisme terjadinya kecocokan kedua representasi mental tersebut karena individu cenderung memasukkan orang terdekat ke dalam konsep dirinya (inclusion others in the self/IOS) sehingga terjadi peleburan kedua representasi mental. Mengingat individu bisa memiliki lebih dari satu orang terdekat, dalam hal ini individu yang bisa memiliki beberapa sahabat sekaligus, lalu apakah kecocokan kedua representasi mental tersebut akan setara terjadi pada seluruh sahabat yang dimiliki individu? Jika tidak, apa faktor yang mempengaruhinya? Dua studi kuasi eksperimental dengan desain within subject dilakukan kepada partisipan mahasiswa untuk menjawab pertanyaan penelitian tersebut. Lebih khusus penelitian ini mencoba mengeksplorasi pengaruh faktor persepsi pentingnya suatu persahabatan yang dimaknai oleh individu terhadap tingkat kecocokan representasi mental diri dan sahabat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat kecocokan antara kedua representasi mental di antara para sahabat, yang menunjukkan individu mempersepsi sahabat-sahabatnya secara berbeda. Sahabat yang dinilai paling penting oleh individu adalah sahabat yang paling dipersepsi mirip seperti individu mempersepsi diri. ......Previous studies have found that people tend to see close others as they see themselves. This phenomenon occurs due to presence of similarity between self-concept structures and close others-concept structures that perceived by individual. This mechanism can be explain by individuals that tend to include close others to their self-concept (inclusion others in the self), thus there is a fusion of the two mental representations. Considering people may have more than one close others, or in this case an individual can have several close friends at once, then will the compatibility of the two mental representations equally happen for all close friends that the individual has? If not, what factors do influence it? Two quasi-experimental studies with within-subject designs were conducted on student participants to answer the research questions. More specifically, this study attempt to explore the influence of friendship importance that perceived by participants on the compatibility of mental representations about self and close friends. The results of this study indicate that there are differences in the level of compatibility between the two mental representations between best friends, which shows that individuals perceive their best friends differently. Best friend who is considered as the most important one appeared to be best friend who is perceived most similar to individual’s self-perception.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wawan Kurniawan
Abstrak :
Sains menjadi penting untuk dipahami sebab memberikan gambaran pada level individu maupun masyarakat dalam menjalani kehidupan serta memberikan jawaban pada berbagai hal yang belum terpecahkan. Literasi sains menjadi faktor penting untuk memberikan keyakinan terhadap sains pada individu, akan tetapi selain itu terdapat beberapa hal yang dapat memberi pengaruh pada keyakinan terhadap sains, seperti ideologi politik dan sikap partisan. Di Indonesia, keyakinan terhadap sains tidak selamanya dipengaruhi oleh literasi sains semata. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana efek moderasi yang dimunculkan oleh ideologi politik dan sikap partisan dalam memprediksi hubungan literasi sains dan keyakinan terhadap sains. Terdapat 439 partisipan (217 laki-laki dan 222 perempuan, SD = 10.30). Hasil analisi menujukkan bahwa literasi sains tidak dapat memprediksi keyakinan terhadap sains. Pada hasil analisis moderasi ideologi politik, dimensi religius memperlihatkan hasil signifikan dalam melihat keyakinan terhadap sains yang dimiliki individu. Begitu pun dengan sikap partisan yang memperlihatkan hasil signifikan. Pada ideologi politik, dimensi sosial dan ekonomi tidak dapat memprediksi hubungan literasi sains dan keyakinan terhadap sains. Hanya dimensi religius, yang signifikan dengan korelasi negatif terhadap hubungan literasi sains dan keyakinan terhadap sains. ......Science becomes important to understand because it gives a picture of the level of individuals and society in living life and provides answers to various things that have not been solved. Science literacy is an important factor to provide confidence in science to individuals, but besides that, there are several things that can influence beliefs in science, such as political ideology and partisanship. In Indonesia, belief in science is not always influenced by science literacy alone. Therefore, this study aims to see how the effects of moderation raised by political ideology and partisanship in predicting the relationship between science literacy and belief in science. There are 439 participants (217 men and 222 women, SD = 10.30). The results of the analysis show that science literacy cannot predict confidence in science. In the results of the analysis of moderation of political ideology, the religious dimension shows significant results in seeing beliefs in the science of individuals. Likewise, the partisanship shows significant results. In political ideology, the social and economic dimensions cannot predict the relationship between science literacy and belief in science. Only the religious dimension, is significant with a negative correlation to the relationship between science literacy and belief in science.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pangaribuan, Febrie Sani
Abstrak :
Perilaku berbagi pengetahuan merupakan salah satu perilaku yang perlu ditampilkan oleh karyawan dimanapun tanpa memandang organisasi maupun profesi. Hal ini dikarenakan perilaku berbagi pengetahuan memiliki pengaruh positif terhadap penerima informasi maupun pemberi informasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran efikasi diri sebagai mediator, dan kepercayaan pada tim sebagai moderator pada hubungan tidak langsung kepemimpinan yang memberdayakan dan berbagi pengetahuan melalui efikasi diri. Penelitian dilakukan menggunakan survei daring dengan teknik convenience sampling (N = 154). Hasil penelitian menunjukkan efikasi diri memediasi hubungan antara kepemimpinan yang memberdayakan dan perilaku berbagi pengetahuan. Penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan pada tim tidak memoderasi hubungan antara efikasi diri dan berbagi pengetahuan secara signifikan. Dengan demikian, kepercayaan pada tim juga tidak signifikan memoderasi interaksi kepercayaan pada tim terhadap perilaku berbagi pengetahuan melalui efikasi diri. Implikasi dari penelitian ini adalah penggunaan teori personal mastery dalam menjelaskan peran efikasi diri sebagai mediator. Secara praktis, penelitian ini memberikan saran bagi organisasi untuk meningkatkan kapasitas manajer agar dapat menampilkan gaya kepemimpinan yang memberdayakan. ......Knowledge sharing is a behavior that employees must demonstrate regardless of the organization or profession. Because knowledge sharing positively influences the recipient and the giver of information. This study examines the role of self-efficacy as a mediator and team trust as a moderator in the indirect relationship of leadership that empowers and shares knowledge through self-efficacy. The study was conducted using an online survey using a convenience sampling technique (N = 154). The results show that self-efficacy mediates the relationship between empowering leadership and knowledge-sharing behavior. Research shows that team trust does not significantly moderate the relationship between self-efficacy and knowledge sharing. Thus, team trust also does not significantly moderate the interaction of team trust on knowledge sharing via self-efficacy. The implication of this research is the use of personal mastery theory in explaining the role of self-efficacy as a mediator. Practically, this research offers recommendations for organizations to improve managers' ability to demonstrate an empowering leadership style.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7   >>