Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Abdullah Ali
"Prilaku kebersihan lingkungan. di kalangan masyarakat Cirebon golongan Islam, nampaknya belum seauai dengan sistem gagasan yamg diajarkan Islam, berdasarkan Al- Qur1 am dan Hadiets Nabi Muhammad saw. Banyak ayat-ayat Al- Qur'an dan Hadiets Nabi Muhammad sebenarnya yamg mengajarkan tentang norma dan nilai-nilai kebersihan, baik kebersihan diri menyangkut badan, pakaian dan makanan ataupun kebersition lingkungan, menyangkut pumah, halaman, pekarangan dan alam sekitar.
Masalah kebersihan lingkungan pada akhir-akhir ini banyak menarik perhatian, sehingga para birokrat dan cendekiawan. membicarakannya dalam berbagai kesempatan. Kebersihan lingkungan erat kaitannya dengan upay a pelestarian sumber daya alam y/ang sangat bepmanfaat bagi kelang-sungan hidup manusia dan kesejahteraan masyarakat bersama dalam kehidupan. Tercemarnya lingkungan hidup, sama arti-Kaya terancamnya kehidupan manusia sebagai penghuni bumi. pencemaran lingkumgan itu telah menjadi gejala yang sedang, berkembang pesat di pusat-pusat kota khususnya, searah dengan berkembangnya tehnologi dan modemisasi, Kemajuan tehnologi telah mendorong terjadimya perubahan dalam semua aspek kehidupan:, sehingga peluang manusia untuk memenuhi ke-butuhan hidupnya semakin terbuka. Dengan terpenuhinya kebutuhan, manusia dapat mempertahankan Kelangsungan hidup bahkan. meningkatkam poduktivitasnya, sehingga memperbesar jumlah penduduk. Besarnya jumlah penduduk yang tidak terkendali serta laju urbanisasi mengejar kemajuan teknologi, berakibat menimbulkan pencemaran lingkumgan, baik karena industri maupun limbah sampah dan sebagainya. Pertumbuhan penduduk di suatu kota, kemajuan tehnologi dan masalah lingkungan, pada hakikatniya merupakan siklus alami yang tidak bisa dihindari.
Melalui pendekatan ideologis, sebagai salah satu kompoten kebudayaan menurut White, dapat dijelaskan bahwa si stem gag as an bagaimanapun baiknya, tidak akan terwujud tanpa dukimgan si stem soslal dalam masyarakat dan si stem tehnologi. Gagasan kebersihan lingkungan, berdasarkan norma dan ndlai ajaran Islam atau program pemerimtah yang telah ditetapkan, tidak akan terlaksana dalam tingkah laku sehiari-hari, jika sistem-sistem lain tidnk mendukungnya. Secara antropologis, berbedanya respoas maayarakat golong-an Islam dalam pemeliharaan kebersihan lingkungan, dlaebab kan oleh perbedaan latar belakang siaten sosial budaya, sosial pendidikan, sosial ekonomik dan sistem tehnologi."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1991
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Karubaba, Jannes Johan
"ABSTRAK
Penelitian ini adalah studi kasus ekologi pembangunan masyarakat adat Papua dan implikasinya untuk pemekaran provinsi, pembinaan kesadaran nasional dan pengembangan ilmu lingkungan sebagai muitidisiplin ilmu.
Nilai-nilai kcarifan karaktelistik masyarakat adat Papua adalah pandangau yang mempertahankan, dan menjaga kelestarian lingkungau Karena itu, revitalisasi nilai-nilai kcarifan itu dalam pembangunan berkelanjutan menjamin kelestarian lingkungan Studi ini menyediakan 8 teoti baru dan sebuah paradigma bam: (1) Teori wawasan Kosmologi Papua, (2) Teori pernbangunan berkelanjutan berbasis revitalisasi nilai-nilai Ibearyizn Iingkungan, (3) Teori Nusaninra sebagai ibunya masyarakat adat Papua; (4) Teori etnogeologi masyarakat adat Papua sebagai penduduk terasli Nusantara sqiak zaman prasejaxah kira-kira 1.5-0.7 juta inhun Ialu; (5) Teori rakyat Papua sebagai pengawal pusaka NKRI S¢C8l?8, ekologis dan kosmologis; (6) Tcori suku Dani sebagai pohon sumber suku besar Papua dan suku tertua di Indonesia yang menerapkan traditional civil society; (7) Teori ekologi pemekaran wilayah; (8) Teori llmu Lingkungan sebagai multidisiplin ilmu; dan (9) Paradigma bam penclitian lingkungan memadukan metode-metode penelitian yang mempergunakan pendelcatau-pendekatan kaulitatif dan kuantitatitl dan berdasarkan nilai-nilai iilosofi ketakhinggam Ini menyediakan suatu model bemlakna dan terukur untuk pengembangan ilmu lingkungan.
Hasil kajian disertasi memiliki tiga implikasi penting. Pertama, memberikan penimbangan untuk pemekaran wilayah provinsi di Papua berdasarkan kajlan ekoiogi Serta sosial budaya. Kedua membuka ruang terhadap pemahaman nilai~ nilai lcearifan lokal Papua yang bukan konsep sempit primordialisme. Ketiga, pemahaman ini didekati dengan ilmu Iingkungan sebagai multidisiplin yang terdiri atas: sub sistem ilmu lingkungan alam, sub sistem ilmu Iingkungan sosial dan sub sistem ilmu iingkungan buatan.
Berdasarkan ekosistem landskap budaya, hukum adat, batas-batas ekoregion, kondisi geografi dan kemeralaan sebaran sumberdaya alam dapat dibentuk enam provinsi baru di Papua: (1) Provinsi Jayapura; (2) Provinsi Teluk Cenderawasih; (3) Provinsi Irian Jaya Barat (Provinsi Papua Barat); (4) Provinsi Fakfak; (5) Provinsi Papua Sclatan; dan (6) Provinsi Pegunungan Tengah. Harapan yang terkandung dalam kajian disermsi ini, ke depan supaya tidak ada lagi pengabaian ekologi dan sosial budaya dalam. kebijakan pembangunan di Papua.

ABSTRACT
This research is a case study about the ecological based development of Papuan indigenous people and its implication for the formation of. multiple provinces in Papua, building national unity awareness, and developing environmental science as a multi-discipline science.
The ecological wisdom values of the Papuan indigenous people are views that defend and protect environmental sustainability. Therefore, revitalization of the ecological wisdom values within sustainable development guarantees the environmental sustainability in Papua.
This study provides 8 new theories and one new paradigm: (1) Theory of cosmology view of Papua, (2) Theory of sustainable development based on revitalization ecological wisdom values; (3) Theory of Nusantara as the mother of the Papua indigenous people; (4) Ethno-Geology Theory of the Papuan indigenous people as original resident of Nusantara since prehistoric epoch about 1.5-0.7 million year ago; (5) Theory of the Papuan people as ecologic and cosmologic patrimony guard ofNKRI; (6) Theory of Dani tribe as the source tree of the big tribe of Papua and the eldest tribe in Indonesia applying society civil traditional; (7) Theory of Ecological Multiplication Number of Provinces, (8) Theory of Environmental science as a rnultldiscipline science; and (9) The new paradigm of environmental research combines research methods using quantitative and qualitative approaches and is based on the unlimited values? philosophy. This provides a measurable and meaningful model for the development of environmental science.
This study provides three important implications. Firstly, the ecological, social-cultural values and traditional systems must become the basis for plans on incrementing the number of provinces in Papua Secondly, wider access must be made in order to understand local values and principles, which should not be interpreted as equal to narrow concept of pre-mordialism. Thirdly, this understanding must be approached through environmental science as a multidiscipline science that consists of three sub-system of environmental science, namely: (a) sub system of natural environmental science, (b) sub system of social environmental science; and (c) sub system of constructed environmental science.
Based on cultural landscape ecosystem, customary law, borders of eco-region, geographic setting and equal distribution of natural resources can formed six new provinces in Papua: (1) Province of Jayapura; (2) Province of Cenderawasih Bay; (3) Province of Westem lrian Jaya (Papua); (4) Province of Falcfak; (5) Province of Southem Papua; and (6) Province of Centra] Range of Papua. There is a hope of this study, is that in the future ecological and social-cultural values will no longer be neglected in the development policies in Papua Author Keywords: Values, Wisdom, Environment, Development, Sustainability."
Depok: 2007
D744
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Desy Safitri
"[ABSTRAK
Manusia senantiasa mengembangkan kearifan Iingkungan
(ecological wisdom) berdasarkan pengalamannya beradaptasi secara
aktif, sebagai pedoman daiam mengolah sumber daya alam dan
mengelola lingkungan, karena ketergantungannya pada lingkungan
hidup dan menyadari akan arti pentingnya keseimbangan Iingkungan
yang harus dirawatnya. Adat Minangkabau merupakan mekanisme
adaptif yang dikembangkan masyarakatnya dan memiiiki iandasan
filosomi dasar alam terkembang jadi guru, merupakan aouan norrnatif
periiaku yang sarat mengandung unsur-unsur pelestarian lingkungan.
Melalui peran pendidikan, pewarisan nilai adat menjadi efektif
digunakan sebagai sarana pelestafian Iingkungan Salingka Danau.
Penelitian ini bertuiuan untuk menemukan pemahaman
masyarakat Salingka Danau terhadap konservasi lingkungan yang
berkaitan dengan kualitas pelestarian Iingkungan Saiingka Danau,
menemukan pemahaman masyarakat Salingka Danau trhadap
pewarisan nilai adat Minangkabau yang berkaitan dengan pelestarian
lingkungan, dan membuat model pewarisan nilai adat Minangkabau
yang efektif digunakan sebagai sarana pelestarian lingkungan
Salingka Danau.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan secara kualitatif
yang dikembangkan oleh Miles dan Hubemlan. Pengumpulan data
dilakukan dengan data primer dan sekunder yang meliputi anaiisis
fokus dan sub fokus. Teknik pengumpulan data dengan observasi
langsung, pengisian angket, Serta in depth inten/iew dengan
responden terpilih. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis
jaringan hubungan sebab akibat,
Hasil peneiitian rnenunjukkan bahwa.- pelestarian Iingkungan
dapat didukung oleh pemahaman terhadap konservasi lingkungan
yang berinteraksi positif dengan pemahaman terhadap pewarisan nilai
adat, dimana adat Minangkabau berisi berbagai nilai adat yang dapat
diwariskan dengan model yang melibatkan berbagai komponen,
sehingga pewarisan nilai adat menjadi efektif sebaga? sarana dalarn
pelestarian Iingkungan Danau.;

ABSTRACT
Human often improverecotogicai-wisdom as guidance to process
natural resources and 'manage environment due to their
independences on living environment and their realization of
importance of environmental balance that has to be maintained. The
ecological wisdom which is improved based on experience adapting
actively will function as guidance to construct relationship with the
environment. Minangkabau custom is adaptive mechanism improved
by its society, has philosophical basis of nature improved to be
teacher. Environmental conservation of Salingka Lake can be
supported by understanding about lake environmental conservation
which is positively interacted with understanding about inheritance of
Minangkabau custom value. Minangkabau custom contains various
custom value which can be inherited with model involving education
function so that custom value inheritance will be effectively used as
facility in Salingka Lake conservation.
The purpose of this study is to know about factors which cause
decrease of environmental quality in Maninjau lake area, to find a part
of Minangkabau custom being able to be inherited through education
in environmental cosenration, and to make a model of custom vaiue
inheritance will be effectively used as facility of environmental
conservation lake.
_ Research methods used are qualitative approach improved by
Miles and Huberman. Data collection is done with primary and
secondary data involving analysis of focus and sub focus. Techniques
of data collection are done by directly observation, questionnaire, and
in depth intenriew with chosen respondents. Data analysis in this
study uses analysis of cause-effect relationship. network.
The result of this study shows that environmental conservation
can be supported by understanding of environmental conservation
interacting potively with understanding of custom value inheritance
Minangkabau custom consist of various custom value inherited with
a model including various components, so that custom value
inheritance will be effective as a facility in environmental conservation.
Key words: Minangkabau custom, environmentai conservation,
education, and adaptation, Human often improverecotogicai-wisdom as guidance to process
natural resources and 'manage environment due to their
independences on living environment and their realization of
importance of environmental balance that has to be maintained. The
ecological wisdom which is improved based on experience adapting
actively will function as guidance to construct relationship with the
environment. Minangkabau custom is adaptive mechanism improved
by its society, has philosophical basis of nature improved to be
teacher. Environmental conservation of Salingka Lake can be
supported by understanding about lake environmental conservation
which is positively interacted with understanding about inheritance of
Minangkabau custom value. Minangkabau custom contains various
custom value which can be inherited with model involving education
function so that custom value inheritance will be effectively used as
facility in Salingka Lake conservation.
The purpose of this study is to know about factors which cause
decrease of environmental quality in Maninjau lake area, to find a part
of Minangkabau custom being able to be inherited through education
in environmental cosenration, and to make a model of custom vaiue
inheritance will be effectively used as facility of environmental
conservation lake.
_ Research methods used are qualitative approach improved by
Miles and Huberman. Data collection is done with primary and
secondary data involving analysis of focus and sub focus. Techniques
of data collection are done by directly observation, questionnaire, and
in depth intenriew with chosen respondents. Data analysis in this
study uses analysis of cause-effect relationship. network.
The result of this study shows that environmental conservation
can be supported by understanding of environmental conservation
interacting potively with understanding of custom value inheritance
Minangkabau custom consist of various custom value inherited with
a model including various components, so that custom value
inheritance will be effective as a facility in environmental conservation.
Key words: Minangkabau custom, environmentai conservation,
education, and adaptation]"
2007
D1890
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Karubaba, Jannes Johan
"[ABSTRAK
Penelitian ini adalah studi kasus ekologi pembangunan masyarakat adat
Papua dan implikasinya untuk pemekaran provinsi, pembinaan
kesadaran nasional dan pengembangan ilmu lingkungan sebagai
muitidisiplin ilmu.
Nilai-nilai kcarifan karaktelistik masyarakat adat Papua adalah pandangau yang
mempertahankan, dan menjaga kelestarian lingkungau Karena itu, revitalisasi
nilai-nilai kcarifan itu dalam pembangunan berkelanjutan menjamin kelestarian
lingkungan
Studi ini menyediakan 8 teoti baru dan sebuah paradigma bam: (1) Teori
wawasan Kosmologi Papua, (2) Teori pernbangunan berkelanjutan berbasis
revitalisasi nilai-nilai Ibearyizn Iingkungan, (3) Teori Nusaninra sebagai ibunya
masyarakat adat Papua; (4) Teori etnogeologi masyarakat adat Papua sebagai
penduduk terasli Nusantara sqiak zaman prasejaxah kira-kira 1.5-0.7 juta inhun
Ialu; (5) Teori rakyat Papua sebagai pengawal pusaka NKRI S¢C8l?8, ekologis dan
kosmologis; (6) Tcori suku Dani sebagai pohon sumber suku besar Papua dan
suku tertua di Indonesia yang menerapkan traditional civil society; (7) Teori
ekologi pemekaran wilayah; (8) Teori llmu Lingkungan sebagai multidisiplin
ilmu; dan (9) Paradigma bam penclitian lingkungan memadukan metode-metode
penelitian yang mempergunakan pendelcatau-pendekatan kaulitatif dan kuantitatitl
dan berdasarkan nilai-nilai iilosofi ketakhinggam Ini menyediakan suatu model
bemlakna dan terukur untuk pengembangan ilmu lingkungan.
Hasil kajian disertasi memiliki tiga implikasi penting. Pertama, memberikan
penimbangan untuk pemekaran wilayah provinsi di Papua berdasarkan kajlan
ekoiogi Serta sosial budaya. Kedua membuka ruang terhadap pemahaman nilai~
nilai lcearifan lokal Papua yang bukan konsep sempit primordialisme. Ketiga,
pemahaman ini didekati dengan ilmu Iingkungan sebagai multidisiplin yang
terdiri atas: sub sistem ilmu lingkungan alam, sub sistem ilmu Iingkungan sosial
dan sub sistem ilmu iingkungan buatan.
Berdasarkan ekosistem landskap budaya, hukum adat, batas-batas ekoregion,
kondisi geografi dan kemeralaan sebaran sumberdaya alam dapat dibentuk enam
provinsi baru di Papua: (1) Provinsi Jayapura; (2) Provinsi Teluk Cenderawasih;
(3) Provinsi Irian Jaya Barat (Provinsi Papua Barat); (4) Provinsi Fakfak; (5)
Provinsi Papua Sclatan; dan (6) Provinsi Pegunungan Tengah.
Harapan yang terkandung dalam kajian disermsi ini, ke depan supaya tidak ada
lagi pengabaian ekologi dan sosial budaya dalam. kebijakan pembangunan di
Papua.;

ABSTRACT
This research is a case study about the ecological based development of
Papuan indigenous people and its implication for the formation of.
multiple provinces in Papua, building national unity awareness, and
developing environmental science as a multi-discipline science.
The ecological wisdom values of the Papuan indigenous people are views that
defend and protect environmental sustainability. Therefore, revitalization of the
ecological wisdom values within sustainable development guarantees the
environmental sustainability in Papua.
This study provides 8 new theories and one new paradigm: (1) Theory of
cosmology view of Papua, (2) Theory of sustainable development based on
revitalization ecological wisdom values; (3) Theory of Nusantara as the mother of
the Papua indigenous people; (4) Ethno-Geology Theory of the Papuan
indigenous people as original resident of Nusantara since prehistoric epoch about
1.5-0.7 million year ago; (5) Theory of the Papuan people as ecologic and
cosmologic patrimony guard ofNKRI; (6) Theory of Dani tribe as the source tree
of the big tribe of Papua and the eldest tribe in Indonesia applying society civil
traditional; (7) Theory of Ecological Multiplication Number of Provinces, (8)
Theory of Environmental science as a rnultldiscipline science; and (9) The new
paradigm of environmental research combines research methods using
quantitative and qualitative approaches and is based on the unlimited values?
philosophy. This provides a measurable and meaningful model for the
development of environmental science.
This study provides three important implications. Firstly, the ecological, social-
cultural values and traditional systems must become the basis for plans on
incrementing the number of provinces in Papua Secondly, wider access must be
made in order to understand local values and principles, which should not be
interpreted as equal to narrow concept of pre-mordialism. Thirdly, this
understanding must be approached through environmental science as a
multidiscipline science that consists of three sub-system of environmental science,
namely: (a) sub system of natural environmental science, (b) sub system of social
environmental science; and (c) sub system of constructed environmental science.
Based on cultural landscape ecosystem, customary law, borders of eco-region,
geographic setting and equal distribution of natural resources can formed six new
provinces in Papua: (1) Province of Jayapura; (2) Province of Cenderawasih Bay;
(3) Province of Westem lrian Jaya (Papua); (4) Province of Falcfak; (5) Province
of Southem Papua; and (6) Province of Centra] Range of Papua.
There is a hope of this study, is that in the future ecological and social-cultural
values will no longer be neglected in the development policies in Papua
Author Keywords: Values, Wisdom, Environment, Development, Sustainability.;his research is a case study about the ecological based development of
Papuan indigenous people and its implication for the formation of.
multiple provinces in Papua, building national unity awareness, and
developing environmental science as a multi-discipline science.
The ecological wisdom values of the Papuan indigenous people are views that
defend and protect environmental sustainability. Therefore, revitalization of the
ecological wisdom values within sustainable development guarantees the
environmental sustainability in Papua.
This study provides 8 new theories and one new paradigm: (1) Theory of
cosmology view of Papua, (2) Theory of sustainable development based on
revitalization ecological wisdom values; (3) Theory of Nusantara as the mother of
the Papua indigenous people; (4) Ethno-Geology Theory of the Papuan
indigenous people as original resident of Nusantara since prehistoric epoch about
1.5-0.7 million year ago; (5) Theory of the Papuan people as ecologic and
cosmologic patrimony guard ofNKRI; (6) Theory of Dani tribe as the source tree
of the big tribe of Papua and the eldest tribe in Indonesia applying society civil
traditional; (7) Theory of Ecological Multiplication Number of Provinces, (8)
Theory of Environmental science as a rnultldiscipline science; and (9) The new
paradigm of environmental research combines research methods using
quantitative and qualitative approaches and is based on the unlimited values?
philosophy. This provides a measurable and meaningful model for the
development of environmental science.
This study provides three important implications. Firstly, the ecological, social-
cultural values and traditional systems must become the basis for plans on
incrementing the number of provinces in Papua Secondly, wider access must be
made in order to understand local values and principles, which should not be
interpreted as equal to narrow concept of pre-mordialism. Thirdly, this
understanding must be approached through environmental science as a
multidiscipline science that consists of three sub-system of environmental science,
namely: (a) sub system of natural environmental science, (b) sub system of social
environmental science; and (c) sub system of constructed environmental science.
Based on cultural landscape ecosystem, customary law, borders of eco-region,
geographic setting and equal distribution of natural resources can formed six new
provinces in Papua: (1) Province of Jayapura; (2) Province of Cenderawasih Bay;
(3) Province of Westem lrian Jaya (Papua); (4) Province of Falcfak; (5) Province
of Southem Papua; and (6) Province of Centra] Range of Papua.
There is a hope of this study, is that in the future ecological and social-cultural
values will no longer be neglected in the development policies in Papua
Author Keywords: Values, Wisdom, Environment, Development, Sustainability., his research is a case study about the ecological based development of
Papuan indigenous people and its implication for the formation of.
multiple provinces in Papua, building national unity awareness, and
developing environmental science as a multi-discipline science.
The ecological wisdom values of the Papuan indigenous people are views that
defend and protect environmental sustainability. Therefore, revitalization of the
ecological wisdom values within sustainable development guarantees the
environmental sustainability in Papua.
This study provides 8 new theories and one new paradigm: (1) Theory of
cosmology view of Papua, (2) Theory of sustainable development based on
revitalization ecological wisdom values; (3) Theory of Nusantara as the mother of
the Papua indigenous people; (4) Ethno-Geology Theory of the Papuan
indigenous people as original resident of Nusantara since prehistoric epoch about
1.5-0.7 million year ago; (5) Theory of the Papuan people as ecologic and
cosmologic patrimony guard ofNKRI; (6) Theory of Dani tribe as the source tree
of the big tribe of Papua and the eldest tribe in Indonesia applying society civil
traditional; (7) Theory of Ecological Multiplication Number of Provinces, (8)
Theory of Environmental science as a rnultldiscipline science; and (9) The new
paradigm of environmental research combines research methods using
quantitative and qualitative approaches and is based on the unlimited values’
philosophy. This provides a measurable and meaningful model for the
development of environmental science.
This study provides three important implications. Firstly, the ecological, social-
cultural values and traditional systems must become the basis for plans on
incrementing the number of provinces in Papua Secondly, wider access must be
made in order to understand local values and principles, which should not be
interpreted as equal to narrow concept of pre-mordialism. Thirdly, this
understanding must be approached through environmental science as a
multidiscipline science that consists of three sub-system of environmental science,
namely: (a) sub system of natural environmental science, (b) sub system of social
environmental science; and (c) sub system of constructed environmental science.
Based on cultural landscape ecosystem, customary law, borders of eco-region,
geographic setting and equal distribution of natural resources can formed six new
provinces in Papua: (1) Province of Jayapura; (2) Province of Cenderawasih Bay;
(3) Province of Westem lrian Jaya (Papua); (4) Province of Falcfak; (5) Province
of Southem Papua; and (6) Province of Centra] Range of Papua.
There is a hope of this study, is that in the future ecological and social-cultural
values will no longer be neglected in the development policies in Papua
Author Keywords: Values, Wisdom, Environment, Development, Sustainability.]"
2007
D1892
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nengah Bawa Atmadja
"Studi ini berbentuk penelitian kualitatif berlokasi di Desa Adat Julah, Buleleng, Bali. Masalah yang dikaji tentang latar belakang tanah paruman desa dan kebertahanannya, konversi dan implikasi social dan politik terhadap desa adat maupun keluarga petani dalam mengelola tanah yang mereka miliki.
Temuan kanoah menunjukkan bahwa latar belakang tanah paruman desa berkaitan dengan pembukaan hutan untuk kepentingan subeistensi atas- dasar ikatan teritorial, yakni desa adat. Mereka menetapkan pemilikan tanah di tangan desa adat adalah untuk mamperkuat demakrasi desa yang bertujuan untuk mewujudkan ideologi.Tri Nita Karana.
Tanah purustan desa amat kuat bertahan, karena pemilikannya berada pule di tangan dews sehingga tabu untuk dikonversi. Berkenaan dengan itu maka Desa Adat Julah pun melakukan adaptasi politik dan sosiakutural untuk melestarikan tanah paruman desa. Di pihak lain politik pertanahan yang diterapkan oleh penguasa supradesa ikut memberikan dukungan, karena masih mentolelir keberlakuan hak ulayat.
Tanah paruman desa dimanfaatkan untuk kepentingan publik, ,yaitu berbentuk hutan desa, pelalangan, dan areal pembangunan sarana umum. Selain itu tanah paruman desa digunakan pula sebagai sarana bagi pemenuhan, kebutuhan subsistensi keluarga, yakni berbentuk tanah hunian dan tegalan yang dikuasai .secara berkala. Pengelolaan tanah paruman desa berlandaskan pada tanah tanah, yakni adat-istiadat dan agama Hindu.
Pada tahun 1930-an hutan desa dialih fungsikan menjadi tegalan yang dilakukan oleh migran dari karangasem dengan status sebagai petani penyakap. Hereka tordiri dart orang Bali Hindu dan Islam. Dena Adat Julah memoriam kaum migran, tidak hanya karena mereka bersedia melunasi rekognisi, tetapi juga karena kehadiran mereka dinilai tidak murugikan dilihat dari segi ekonomi, sosiobudaya, politik maupun agama termasuk di dalamnya aspek kosmologi. Penerimaan ini mengakibatkan penduduk Desa Adat Julah bersifat majemuk, baik dilihat dari segi kesukubangsaan maupun agama.
Pada tahan 1978 tegalan paruman desa dikonversi menjadi tanah milik perarangan, Penyebabnya adalah perluasan sietem ekonomi uang sehingga menimbulkan kelompok reformis dengan tujuan mengkonversi tegalan paruman desa agar mereka bisa ditanami tanaman, keras dan diwariskan secara turun-temurun. Gagasan tersebut ditolak oleh dewan desa, tidak saja karena mereka taut kepada dews, tetapi jugs karena tats tanah yang berlaku dianggap masih bersifat fungsional bagi kehidupan desa adat maupun keluarga petani. Penolakan ini menimbulkan konflik pertanahan sehingga pemerintah pun ikut eampur tangan. Dengan berpegang pada kekuasaan, ideologi pembangunan dan berbagai pe-caturan hukum tanah, maka pamerintah memaksa agar Desa Adat mengkonversi tanahnya. Desa Adat Julah pun terpaksa mengkonversi tegalan paruman desa. Pengkonversian itu berlandaskan pula pada pertimbangan politik, sosioekonomi, agama, psikologi dan sosiokultural yang di dalamnya mencakup legitimasi perubahan berdasarkan konsep desa, kaIa, patra dan rwa bhineda.
Konversi menimbulkan dampak sosial pada desa adat, yakni lenyapnya demokrasi ekonomi dan hilangnya kontrol desa adat terhadap tanah. Selain itu desa adat memberikan pula pelonggaran kepada warga desa adat untuk marantau dengan oars menyeauaikan kaidah adat dan agama yang menghambtannya. Hal ini dimakaudkan sebagai suatu upaya guna menetralisir masalah sosial yang timbul sebagai akibat dari ketidakmampuan desa adat untuk memberikan jatah tanah kepada warganya. Namun di sisi yang lain kegiatan merantau pun menimbulkan pula dampak sosial balk pada lingkungan keluarga maupun desa adat.
Konversi menimbulkan pula dampak sosial pada lingkungan keluarga. dalam pengelolaan tegalan. Hal ini terlihat dari adanya kenyataan, yakni kegiatan beroocok tanam mengarah pada penanaman komoditas yang disertai dengan peningkatan konservasi lahan dan teritorialites. Selain itu mereka mengenal pula pengalihan tegalan baik lewat pewarisan maupun pasar tanah. Namun orang Julah enggan membeli tegalan, tidak saja karena keterbatasan modal dan sektor pertanian kurang menguntungkan, tetapi juga karena mereka memiliki aneka keperluan yang lebih mendesak, yakni menoukupi kebutuhan pangan, pagan, dan dana ritual. Karena itu tidak mangherankan .jika pembelian tegalan kebanyakan dilakukan oleh orang dari luar Desa Adat Julah, sehingga masyarakat Desa Adat-JuIah. yang semula bersifat korporatif tertutup menjadi bersifat terbuka.
Dampak sosial lainnya pada lingkungan keluarga adalah ketidakmampuan desa adat menyadiakan tanah perumahan karena persediaannya telah habis, mengakibatkan setiap keluarga melakukan penataan ulang stets rumah mereka agar bisa menampung hunian., sebanyak mungkin. Hal ini tidak saja menimbulkan perubahan fisik, tetapi juga hubungan sosial di kalangan. pars penghuni tanah perumahan. Mereka yang memiliki modal bisa membeli tegalan untuk dialihfungsikan manj adi tanah hunian, sehingga luas tegalan di rasa Adat Julah menjadi semakin berkurang.
Konversi menimbulkan pula dampak positif pada desa adat, yakni melemahnya otonomi desa adat. Selain itu konversi tidak saja mengakibatkan desa adat kehilangan tanah ulayat, tetapi juga memudarkan demokrasi desa. Terbukti dari adanya kenyataan bahwa keluarga yang terbentuk pada masa pasoakonversi menolak duduk dalam dewa desa. Karena itu Desa Adat Julah melakukan strukturalisasi, yakni semilahkan keanggotaan desa adat menjadi dua, yakni anggota penuh dan tidak penuh. Hal ini memang bisa mengatasi masalah yang mereka hadapi, namum karena anggota tidak penuh tidak duduk di dalam dewan desa, maka prinsip demokrasi desa dalam bidang politik, yakni partisipasi seluruh kepala keluarga dalam proses pengambilan keputusan menjadi tidak berlaku lagi. Hal ini dapat memberikan peluang bagi timbulnya ketidaksepakatan atau kesalahpengertian antara anggota penuh dengan anggota tidak penuh. Status anggota tidak penuh pun menjadi lebih rendah daripada anggota penuh, sehingga masa persamaan sosial yang tercakup di dalam demokrasi desa menjadi terabaikan.
Desa adat juga kehilangan tegalan sebagai sumber daya untuk menunjang kekuasaan. Walaupun demikian desa adat masih memiliki sumber daya kekuasaan, yakni tanah perkarangan desa, kuburan dan pura. Dengan menggunakan sumber daya tersebut desa adat masih mampu mengikat dan mengintegrasikan warganya ke dalam suatu wadah, yakni desa adat."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1998
D671
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Desy Safitri
"Manusia senantiasa mengembangkan kearifan Iingkungan (ecological wisdom) berdasarkan pengalamannya beradaptasi secara aktif, sebagai pedoman daiam mengolah sumber daya alam dan mengelola lingkungan, karena ketergantungannya pada lingkungan hidup dan menyadari akan arti pentingnya keseimbangan Iingkungan yang harus dirawatnya. Adat Minangkabau merupakan mekanisme adaptif yang dikembangkan masyarakatnya dan memiiiki iandasan filosomi dasar alam terkembang jadi guru, merupakan aouan norrnatif periiaku yang sarat mengandung unsur-unsur pelestarian lingkungan. Melalui peran pendidikan, pewarisan nilai adat menjadi efektif digunakan sebagai sarana pelestafian Iingkungan Salingka Danau.
Penelitian ini bertuiuan untuk menemukan pemahaman masyarakat Salingka Danau terhadap konservasi lingkungan yang berkaitan dengan kualitas pelestarian Iingkungan Saiingka Danau, menemukan pemahaman masyarakat Salingka Danau trhadap pewarisan nilai adat Minangkabau yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan, dan membuat model pewarisan nilai adat Minangkabau yang efektif digunakan sebagai sarana pelestarian lingkungan Salingka Danau.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan secara kualitatif yang dikembangkan oleh Miles dan Hubemlan. Pengumpulan data dilakukan dengan data primer dan sekunder yang meliputi anaiisis fokus dan sub fokus. Teknik pengumpulan data dengan observasi langsung, pengisian angket, Serta in depth inten/iew dengan responden terpilih. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis jaringan hubungan sebab akibat.
Hasil peneiitian rnenunjukkan bahwa.- pelestarian Iingkungan dapat didukung oleh pemahaman terhadap konservasi lingkungan yang berinteraksi positif dengan pemahaman terhadap pewarisan nilai adat, dimana adat Minangkabau berisi berbagai nilai adat yang dapat diwariskan dengan model yang melibatkan berbagai komponen, sehingga pewarisan nilai adat menjadi efektif sebaga€ sarana dalarn pelestarian Iingkungan Danau.
Human often improverecotogicai-wisdom as guidance to process natural resources and ' manage environment due to their independences on living environment and their realization of importance of environmental balance that has to be maintained. The ecological wisdom which is improved based on experience adapting actively will function as guidance to construct relationship with the environment. Minangkabau custom is adaptive mechanism improved by its society, has philosophical basis of nature improved to be teacher. Environmental conservation of Salingka Lake can be supported by understanding about lake environmental conservation which is positively interacted with understanding about inheritance of Minangkabau custom value. Minangkabau custom contains various custom value which can be inherited with model involving education function so that custom value inheritance will be effectively used as facility in Salingka Lake conservation.
The purpose of this study is to know about factors which cause decrease of environmental quality in Maninjau lake area, to find a part of Minangkabau custom being able to be inherited through education in environmental cosenration, and to make a model of custom vaiue inheritance will be effectively used as facility of environmental conservation lake.
Research methods used are qualitative approach improved by Miles and Huberman. Data collection is done with primary and secondary data involving analysis of focus and sub focus. Techniques of data collection are done by directly observation, questionnaire, and in depth intenriew with chosen respondents. Data analysis in this study uses analysis of cause-effect relationship. network.
The result of this study shows that environmental conservation can be supported by understanding of environmental conservation interacting potively with understanding of custom value inheritance Minangkabau custom consist of various custom value inherited with a model including various components, so that custom value inheritance will be effective as a facility in environmental conservation."
2007
D859
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library