Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 96 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Evanti Andriani
"Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh opini dan temuan audit terhadap tingkat pengungkapan laporan keuangan pemerintah daerah. Temuan audit dalam penelitian ini terdiri dari jumlah temuan terkait SPI, jumlah temuan terkait ketidakpatuhan dan nilai temuan.
Dalam penelitian ini menggunakan 2 (dua) model penelitian. Model pertama yaitu menggunakan metode Lag Effect, yang meneliti pengaruh opini dan temuan audit di tahun 2008 terhadap tingkat pengungkapan laporan keuangan di tahun 2009, sedangkan metode kedua tidak menggunakan Lag Effect.
Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk kedua model hanya opini dan nilai temuan yang berpengaruh signifikan terhadap tingkat pengungkapan. Untuk opini memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan. Sedangkan untuk nilai temuan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pengungkapan.

The study was conducted to analyze the effect of audit opinions and findings on the level of disclosure of local government financial reports. Audit findings in this study consisted of the number of findings related to SPI, the number of findings related to non-compliance and value of finding.
In this study using a 2 (two) research model. The first model is using the Lag Effect,which examines the influence of audit opinions and finding in 2008 on the disclosure of financial statement in 2009. While the second method does not use the Lag Effect.
The results showed that for both models only the opinions and the findings of a significant effect on the level of disclosure. For the opinionshas a positive and significant impact on disclosure. As for the value of the findings has a negative and significant effect on disclosure.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ferawati
"Skripsi ini membahas mengenai penatausahaan aset tetap yang dikelola oleh Satuan Kerja PPPTMGB "LEMIGAS" dengan menggunakan aplikasi Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi Barang Milik Negara (SIMAK BMN), yang bertujuan agar laporan barang yang dihasilkan dapat tersaji dengan baik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Satuan Kerja PPPTMGB "LEMIGAS" selaku Unit Akuntansi Kuasa Pengguna Barang (UAKPB) sudah melaksanakan penatausahaan aset tetap sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Namun, masih ada permasalahan yang dihadapi, seperti belum semua aset atas tanah memiliki sertifikat sehingga perlunya adanya tindak lanjut terhadap kepemilikan BMN tersebut.

This study discusses the administration of Fixed Assets managed by PPPTMGB "LEMIGAS" using the application of The State Property's Accounting and Management Information System (known as SIMAK BMN), which aims to make the property statement can be presented properly. The research is in form of qualitative research by descriptive design. The result of the research shows that PPPTMGB "LEMIGAS", has conducted the administration of fixed assets in accordance with laws and regulations. However, there are still problems to face, such as not all of the assets of Land have a certificate, so that the need for followup to the management of PPTMGB "LEMIGAS"."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Praditya Syalfiar Sagita
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi waktu penyelesaian audit yang berdampak pada ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan dengan menggunakan audit report lag (ARL) sebagai proksinya. Objek penelitian adalah 236 perusahaan non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama 2008-2011. Data diolah menggunakan metode regresi data panel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ARL ditemukan lebih panjang pada perusahaan yang mengalami kerugian dan memiliki banyak anak perusahaan, namun lebih pendek pada perusahaan yang mendapat opini audit wajar tanpa pengecualian. Sementara itu, berita baik/buruk dan probabilitas kebangkrutan tidak ditemukan memiliki pengaruh terhadap ARL sama halnya dengan rotasi partner audit. Selain itu, perusahaan yang melakukan rotasi KAP secara riil terbukti memiliki ARL yang lebih panjang, sedangkan perusahaan yang melakukan rotasi KAP secara semu memiliki ARL yang lebih pendek. Hasil pengujian juga menunjukkan bahwa rotasi KAP secara cross-up tidak ditemukan berpengaruh terhdap ARL. Sedangkan rotasi KAP secara cross-down atau rotasi dari KAP dengan ukuran lebih besar ke KAP dengan ukuran lebih kecil terbukti memiliki ARL yang lebih pendek.

ABSTRACT
This research is aimed to examine factors that influence timeliness of audit completion which later affect the timeliness financial reporting with audit report lag (ARL) as proxy. The samples of this research are 236 non-financial companies listed on the Indonesia Stock Exchange from period 2008 to 2011. The data is examined using panel data regression. Results show that audit report lag is also found to be longer for firms which experienced loss in their current year income and has large number of subsidiaries but shorter for firms who got unqualified opinion. Meanwhile, good/bad news and bankrupcty probability have no effect on audit report lag. the audit partner rotation does not significant effect on audit efficiency. Real audit firm rotation has effect on make audit report lag becomes longer and quasi firm rotation has effect on make it shorter. Results also show that cross-up rotation has no influences on audit report lag. On the other hand, firms which experienced cross-down audit firms rotation (audit rotation from larger audit firms to smaller audit firms) significantly have longer audit report lag."
2013
S45772
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ghitha Afifah Hurin
"ABSTRACT
Penelitian ini bertujuan untuk mengukuran kesuksesan atau efektivitas Integrasi Sistem Pelaporan Akuntansi yang bernama Aplikasi SPAN Konsolidasian dalam penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP). Kriteria kesuksesan penerapan sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah model kesuksesan sistem informasi Delone dan McLean (1992, 2003). Sistem dikatakan sukses atau efektif apabila kualitas informasi, kualitas sistem, dan kualitas layanan dalam Aplikasi SPAN Konsoidasian membuat pengguna merasa puas dan manfaat penerapan sistem dirasakan oleh pengguna sistem. Penelitian ini menggunakan metodologi analisis deskriptif yang bersifat kualitatif dimana sumber data diperoleh dari hasil wawancara dan kuisioner kepada 4 pengguna Aplikasi SPAN Konsolidasian dan satu orang tim pengembang Aplikasi SPAN Konsolidasian.  Berdasarkan hasil analisis data kualitatif, maka ditarik kesimpulan bahwa penerapan Aplikasi SPAN Konsolidasian sudah memuaskan pengguna sistem dan memberikan manfaat dalam penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP).

ABSTRACT
This study aims to measure the success or effectiveness of  the Integrated Accounting Reporting System called Aplikasi SPAN Konsolidasian in preparation of Central Government Financial Report (LKPP). The criteria used in this study is Delone and McLean Information Systems success model (1992,2003). The system is said to be successful or effective if information quality, system quality, and service quality of Aplikasi SPAN Konsolidasian creates user statisfaction and net benefit from the implementing of the system.  This study uses a descriptive analysis methodology that is qualitative in which the data sources are obtained from interviews and questionnaires to four Aplikasi SPAN Konsolidasian users and a member of IT developer. Based on the results of qualitative data analysis, it was concluded that Aplikasi SPAN Konsolidasian creates user statisfaction and benecifial in preparation of Central Government Financial Report (LKPP)."
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dearetha Citra Aulia
"Laporan magang ini bertujuan untuk menganalisis proses penetapan harga jual pada PT G yang bergerak di bidang pengadaan kebutuhan bagi awak kapal besar seperti makanan, minuman, dan kebutuhan lainnya. Laporan magang ini membahas masalahmasalah yang dapat berpengaruh pada proses penetapan harga jual seperti alokasi biaya bersama, fluktuasi harga pasar, dan praktik kecurangan (fraud) dalam hal manipulasi harga. Kesimpulan dari laporan magang ini adalah kesalahan alokasi biaya bersama dapat berpengaruh pada kesalahan penetapan harga jual produk.
Fluktuasi harga juga dapat berpengaruh pada dasar penetapan harga jual yang berubah-ubah. Sementara manipulasi harga oleh pemasok dan karyawan perusahaan dapat menyebabkan kenaikan harga beli barang yang menurunkan margin laba PT G. Masalah alokasi biaya dapat diatasi menggunakan nilai penjualan sebagai dasar penetapan, fluktuasi harga diatasi dengan membuat kesepakatan, dan peningkatan pengendalian internal untuk mengurangi praktik manipulasi harga.

This internship report is intended to analyze the pricing decisions process in PT G whose main business is to provide the needs of large ships crews such as food, beverages, and other supplies. This internship report discusses issues that affect the pricing decisions process such as allocation of joint-costs, market price fluctuations, and price manipulation. This report concludes that misallocation of joint-costs can cause erroneous selling price, either too high or too low.
Price fluctuations can also affect the basis of selling prices. Last but not least, price manipulation by suppliers or staff increase the purchase price of goods, thus reducing profit margin of PT G. The problem of cost allocation can be handled by using sales value as a basis for pricing decisions, price fluctuations can be handled by making agreements, and increasing internal controls to reduce the practice of price manipulation.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Zulfaa Ira Malliha
"Laporan magang bertujuan untuk mengevaluasi proses substantif tes pada KAP XYZ pada tanggal 31 Desember 2019. Pembahasan berfokus pada akun Beban Usaha atas Perusahaan Pengukur Kerugian Asuransi yang diaudit oleh KAP XYZ. Berdasarkan evaluasi, KAP XYZ sudah menjalankan prosedur audit untuk substantif tes atas beban usaha sesuai dengan teori dan standar yang berlaku.

This internship report to evaluate the process of substantive test of KAP XYZ for 31 December 2019. The focus of this report on Operating Expenses on Loss Adjuster Company audited by KAP XYZ. Based on the evaluation, KAP XYZ has fulfilled audit procedure for substantive test for operating expenses account in accordance with theory and audit standards."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Rahma Nur Amalia
"Laporan magang ini membahas mengenai evaluasi atas pengungkapan akun Imbalan Kerja pada PT Euphoria, PT Dope, dan PT Lost berdasarkan PSAK 24 Imbalan Kerja yang dilakukan dalam rangka melakukan kegiatan quality assurance di Divisi Quality Assurance di KAP SAN. Ketiga perusahaan tersebut memiliki Program Imbalan Pasti yang menjadi pembahasan utama dalam laporan magang ini. Di dalam laporan keuangan masing-masing, ketiga perusahaan mengungkapkan bahwa mereka menggunakan metode Projected Unit Credit untuk menghitung Program Imbalan Pasti. Diungkapkan juga mengenai risiko aktuaria yang timbul akibat adanya Program Imbalan Pasti, serta asumsi aktuaria yang digunakan dalam menghitung Program Imbalan Pasti. Ketiga perusahaan juga mengungkapkan analisis sensitivitas terkait dengan asumsi aktuarial yang signifikan. Terdapat perbedaan pada penyajian Imbalan Kerja ketiga perusahaan pada laporan keuangan masing-masing. Perbedaan lain terdapat pada asumsi tingkat kematian dan tingkat gaji yang digunakan oleh ketiga perusahaan tersebut. Berdasarkan evaluasi, ketiga perusahaan sudah mengungkapkan informasi mengenai Imbalan Kerja di Laporan Keuangan masing-masing sesuai dengan ketentuan yang terdapat dalam PSAK 24, kecuali PT Euphoria yang belum mengungkapkan informasi mengenai sifat dari imbalan program yang dimilikinya. Selain evaluasi, laporan magang ini juga akan membahas mengenai refleksi diri selama menjalankan magang di KAP SAN. Melalui refleksi diri, dapat diketahui kelebihan dan kekurangan pada diri.

The topic of this internship report is about evaluation of disclosure of Employee Benefits at PT Euphoria, PT Dope, and PT Lost based on PSAK 24 Employee Benefits, which is done in the context of doing quality assurance activities in the Quality Assurance Division of KAP SAN. The three companies mentioned all have Defined Benefit Program which will be the main focus of this report. In the financial report, each company discloses that they use the Projected Unit Credit method to calculate the Defined Benefit Program. They also disclose the risks that arise from the existence of the Defined Benefit Program, as well as the actuarial assumptions used to calculate the Defined Benefit Program. The three companies also disclose sensitivity analysis regarding significant actuarial assumption. There is a difference in the presentation of Employee Benefits of the three companies in each of their financial statements. Other differences are in the mortality rates and salary rates used in the three companies. Based on the evaluation, the three companies have disclosed information on Employee Benefits in each of their Financial Statements in accordance with PSAK 24, except for PT Euphoria who has not disclosed the information about the nature of benefits of the program it has. Other than evaluation, this internship report will also discuss about self reflection during doing the internship program at KAP SAN. Through self reflection, strengths and weaknesses of self are able to be known."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Fikriakbar Habibie
"Laporan magang ini membahas tentang evaluasi atas proses pencatatan akun utang kredit mitra beserta jurnal yang dibuat pada Departemen ABC PT XYZ. PT XYZ merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa konstruksi, di mana Departemen ABC membawahi proyek-proyek konstruksi yang berada pada lini usaha energi dan industrial plant. Berdasarkan hasil evaluasi, secara umum, proses pencatatan akun utang kredit mitra pada Departemen ABC PT XYZ beserta jurnal yang dibuat telah sesuai dengan konsep proses pencatatan akuntansi. Laporan magang ini juga membahas tentang refleksi diri penulis selama pelaksanaan kegiatan magang. Berdasarkan hasil refleksi diri, masih terdapat beberapa hal yang perlu penulis perbaiki untuk kedepannya.

This report discusses the evaluation of short term loans account recording process and the related journal entries made in ABC Department of PT XYZ. PT XYZ is a construction company, in which the ABC Department oversees construction projects that are in the business line of energy and industrial plants. Based on the evaluation, in general, the recording process of short term loans account in ABC Department of PT XYZ and the journal entries made are in accordance with the concept of accounting recording process. This report also discusses the writer`s self-reflection during the internship. Based on the self-reflection, there are still a few things that needs to be improved in the future."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Agustinus Andika Wicaksono
"ABSTRAK
Sejak tahun 2002, Pemerintah DKI Jakarta membuat kebijakan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada keluarga miskin dan kurang mampu yang dikenal dengan program JPK Gakin. Kebijakan tersebut merupakan pengembangan dari program jaminan pengamanan sosial bidang kesehatan yang dibuat oleh Pemerintah. Dana yang digunakan untuk melaksanakan program JPK Gakin berasal dari APBD DKI Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui anggaran yang digunakan, pengendalian internal yang dilakukan, serta pelaksanaan program JPK Gakin. Metode penelitian yang ada bersifat deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui survei literature, wawancara dan observasi.
Melalui analisis data primer dan sekunder, penelitian ini membahas mengenai anggaran dan penggunaan dana. Penelitian ini juga menganalisa pelaksanaan pengendalian internal serta pelaksanaan program JPK Gakin. Hasil dari penelitian ini, anggaran untuk program JPK Gakin tidak selalu meningkat setiap tahun. Hal ini didasarkan kepada penyerapan anggaran tahun sebelumnya. Pengendalian internal yang diterapkan belum menghasilkan kinerja yang efektif. Masih terdapat pelanggaran dalam pelaksanaan program JPK Gakin yang tidak sesuai dengan ketentuan yang ada.

ABSTRACT
Since 2002, DKI Jakarta goverments has made a policy to provide health care to poor and underprivileged families, known as JPK Gakin program. This policy is the development of social protection programs in health insurance made by the Government. Funds used to carry out the JPK Gakin program comes from APBD DKI Jakarta. This study aims to determine the budget that is used, internal control is performed, as well as implementation of JPK Gakin program. The research method that is descriptive qualitative data collection through literature survey, interviews and observation.
Through analysis of primary and secondary data, this study discusess the budget and the use of funds. This study also analyzes the implementation of internal control and the implementation of JPK Gakin Program. The results of this study is the budget for JPK Gakin program does not necessarily increase every year. It is based on the absorption of the previous year?s budget. Implemented internal control have not produced effective performance. There are violations in the implementation of JPK Gakin program which is inappropriate with existing regulations.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Agustia Dwi Rahmawati
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh corporate governance dan kinerja keuangan terhadap credit rating. Penelitian ini adalah pengujian empiris dengan menggunakan model ordered logit, menggunakan sampel 57 perusahaan pada periode 2007, 2008 dan 2010. Hasil penelitian menunjukkan bahwa corporate governance dan kinerja keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap credit rating. Semakin tinggi komitmen perusahaan dalam menerapkan prinsip-prinsip good corporate governance dan kinerja keuangannya, risiko ketidakmampuan membayar (default risk) perusahaan menjadi lebih rendah, sehingga kepercayaan kreditor terhadap perusahaan akan meningkat. Kepercayaan yang tinggi dari kreditor dapat meningkatkan credit rating suatu perusahaan.

ABSTRACT
This research investigated whether the effect of corporate governance and financial performance on credit rating. This study is an empirical test using ordered logit models, using a sample of 57 companies in the period 2007, 2008 and 2010. This research found that corporate governance and financial performance have a positive and significant affect on credit rating. High commitment of the company in implementing the principles of good corporate governance and increasing financial performance, default risk of the company will be lower, so the creditors of the company's trust will be increase. The high trust of the creditors can improve a company's credit rating."
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>