:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Konsep quantum leap pada Bank XYZ untuk meningkatkan pangsa pasar dan profitabilitas

Ardiana Prima Setya; Albert Widjaja, supervisor (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

Pencapaian sasaran bisnis / target Bank XYZ diatur dalam Business Plan yang dibuat satu tahun sekali. Kondisi di mana pertumbuhan bisnis Bank XYZ tidak paralel dengan pertumbuhan pasar, sangat tidak diharapkan karena dapat mengurangi keuntungan perusahaan.
Quantum Leap merupakan suatu keadaan dimana suatu perusahaan mengalami pertumbuhan bisnis yang agresif atau di atas pertumbuhan normal seIama ini, dengan pencapaian yang lebih tinggi dibandingkan angka yang ditetapkan secara Status Quo. Bank XYZ mencoba untuk mengadopsi konsep ini untuk mengatasi terjadinya penurunan pangsa pasar, sehingga target bisnis lebih berorientasi pada peningkatan pangsa pasar dan bukan sekedar mempertahankan pangsa pasar.
Tujuan penulisan karya akhir ini adalah untuk menganalisa lingkungan internal Bank XYZ dalam mengatasi persaingan perbankan di Indonesia, menyusun analisa strategi untuk menjaring pasar, dan memberikan langkah alternatif yang dinilai lebih efektif dalam rangka meningkatkan pangsa pasar Bank XYZ dan perolehan keuntungan yang sustainable.
Jenis penelitian yang digunakan meliputi dua tahap. Tahap pertama melalui studi kepustakaan umuk mengetahui analisa persaingan perbankan di Indonesia, khususnya dalam menerapkan stralegi peningkatan pangsa pasar. Tahap kedua dilakukan melalui penelitian langsung mengenai pelaksanaan dan hasil yang dicapai melalui konsep Quantum Leap di Bank XYZ yang melibatkan pimpinan, unit pemasaran dan unit terkait lainnya.
Studi ini bertujuan untuk menganalisa lingkungan internal Bank XYZ dalam mengatasi persaingan perbankan di Indonesia, menyusun analisa strategi untuk manjaring pasar dan memberikan langkah alternatif yang dinilai lebih efektif dalam rangka meningkatkan pangsa pasar Bank XYZ dan perolehan keuntungan yang sustainable.
Dari hasil penelitian diperoleh bahwa kompetensi inti dan strategi internal Bank XYZ ada yang harus diperbaiki dan harus dioptimalkan pemanfaatannya. Dengan menggunakan analisa VRISA (Value, Rareness, Imitability, Susbtitutability, dan Appropriability) dapat diketahui bahwa sumber daya yang dimiliki Bank XYZ juga dimiliki oleh bank-bank pesaingnya. Agar dapat menjadi sebuah bank yang unggul, Bank XYZ harus menggabungkan seluruh sumber daya yang dimilikinya dengan kapabilitas perusahaan, berupa pelayanan ungggul (service excellent, biaya transaksi dan tarif bunga yang murah, kemampuan membaca kebutuhan dan keinginan pasar secara cepat (inovasi produk perbankan), proses pelayanan yang cepat, tepat dan efisien, kemampuan membaca kekuatan bank pesaing, dan lain sebagainya.
Faktor eksternal yang dianggap mempengaruhi operasional perbankan adalah stabilitas politik dan ekonomi, stabilitas nilai main uang IDR dan tingginya tingkat kesadaran masyarakat terhadap perbankan, Dengan mensinergikan faktor eksternal dan internal perusahaan, diharapkan konsep Quantum Leap yang dijalankan tidak semala-mata hanya berupa rencana, tetapi harus terbukti handal mampu meningkatkan pangsa pasar Bank XYZ dan meningkatkan profitabilitas perusahaan secara berkesinambungan.

 File Digital: 1

Shelf
 T13598-Ardiana Prima Setya.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T13598
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2004
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : viii, 77 hlm. ; 30 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T13598 15-20-330287932 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 100299