:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Hubungan fungsional antara pendapatan dan arus kas serta pengaruh ukuran perusahaan terhadap Return saham manufaktur di BEJ

Akhmad Wira Kesuma; Hamdy Hady, supervisor (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2005)

 Abstrak

Hubungan antara return saham, pendapatan dan arus kas menggambarkan secara langsung isu yang didasarkan atas data akuntansi yang mempunyai nilai informasi yang relevan. Bukti empiris tentang pendapatan terkini hanya di dokumentasikan dengan penjelasan yang masih kurang dan tidak ada kesimpulan informasi inkremental tentang arus kas yang konklusif.
Perbedaan karakteristik perusahaan dapat menimbulkan hubungan fungsional yang berbeda antara variabel-variabel pendapatan dan arus kas. Arus kas tidak banyak memberikan muatan informasi inkremental untuk perusahaan-perusahaan kecil, tetapi memberikan informasi yang lebih banyak untuk perusahaan-perusahaan besar. Pendapatan untuk perusahaan besar tergambar dari arus kas masuk sebagai hasil yang merupakan sinyal ketetapan penghasilan. Sebaliknya, pendapatan untuk perusahaan kecil sebagian besar proporsinya berupa komponen-komponen sementara, begitu juga arus kasnya. Namun demikian, pada dasarnya semua ini mengisyaratkan sinyal keuangan yang sama.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara return saham dengan pendapatan dan arus kas pada perusahaan dengan kapitalisasi pasar yang besar. Sedangkan pada perusahaan berkapitalisasi kecil hubungan antara return saham dengan pendapatan dan arus kas tidak signifikan. Ini menunjukkan pasar modal di Indonesia yang masih kurang efisien.

The relation between stock returns, earnings and cashflows is of importance because it directly addresses the issue of whether accounting data provide value relevant information. The empirical evidence to date, however, has documented low explanatory power for earnings and inconclusive incremental information content for cashflows.
That differences in firm characteristics may give rise to different functional relations between earnings and cashflow variables. Cashflows provide little incremental information content for small firms, but provide comparatively greater information for large firms. Earnings for large firms are delincated from cashflows by income smoothing which acts as a signal of income permanence. In contrast, earnings for small firms have a larger proportion of temporary components, but so too does cashflows. Hence, They essentially provide a similar financial signal.
The result of research shows there is significant relation between earnings, cashflows and return stock for large firms. For small firms, there is no significant relation between earnings, cashflows and return stock. It shows Indonesian Capital market is not efficient (weak form efficient).

 File Digital: 1

Shelf
 T15802-Akhmad Wira Kesuma.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

No. Panggil : T15802
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2005
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : viii, 105 hlm. ; 30 cm + lamp
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T15802 15-20-133861769 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 102211