:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Promosi perpustakaan melalui situs web: studi kasus di PUSTAKA Bogor = Library promotion through website: case study in PUSTAKA Bogor

Retno Pratiwi; Fuad Gani, supervisor; Taufik Asmiyanto, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kegiatan-kegiatan promosi perpustakaan melalui situs web PUSTAKA Bogor dan mengidentifikasi kendala-kendala kegiatan promosi melalui sites web di PUSTAKA Bogor. PUSTAKA Bogor selama ini telah melakukan kegiatan promosi perpustakaannya hanya dalam bentuk menyebarkan daftar hasil-hasil penelitian, daftar artikel-artikel penelitian, daftar bibliografi, indeks dan abstrak.
Data penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Jenis dan metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan metode studi kasus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara. Snowball sampling digunakan dalam penelitian ini untuk pemilihan informan. Penelitian ini menggunakan tiga orang informan, yaitu seorang kepala perptustakaan, kepala unit promosi perpustakaan dan kepala unit teknologi informasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan promosi perpustakaan melalui situs web yang dilakukan PUS'l'AKA Bogor adalah banyaknya responden tanggapan dari pengguna situs yang menginginkan artikel-artikel penelitian bidang pertanian, hat tersebut dapat dilihat dengan adanya permintaan artikel melalui email dan fax, Terlihat Pula banyaknya jumlah pengguna situs web dengan membuka tampilan menu pangkalan data dan jurnal elektronik.
Kendala yang dialami PUSTAKA Bogor dalam melakukan promosi perpustakaan melalui sites web adalah terlalu cepatnya menu infonnasi silos web yang ditampilkan dan kecermatan staf dalam mengetik tampilan menu informasi situs web PUSTAKA Bogor.
The aims of the research arc: to analyze activities of library promotion through website and to identify constraints of library promotion through website.
This research is based on qualitative approach with the use or case study method. The data was collected by means of depth interview and observation. The informan consists of three interviewee. They are the head of the library, staff of the library and the staff of the information technology division.
The result shown that: 1) the demands at research article have increased. 2) The visits of library website has increased. They have accessed electronic journal and other sites.
The weaknesses of PUSTAKA Bogor in promoting library website are: 1) The lack of appearance and navigation. 2) The lack of staff who has experienced on information technology.

 File Digital: 1

Shelf
 T 17643-Promosi perpustakaan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T17643
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2006
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : viii, 66 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T17643 15-17-222485788 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 103864