:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Aplikasi teori optimal currency area pada pergerakan bersama mata uang ASEAN 4 periode 1997-2005 dengan menggunakan model vector error correction

Moch. Doddy Ariefianto; Perry Warjiyo, supervisor; Rino Effendi, supervisor (Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Tesis ini melakukan penelitian pada keberadaan dan karakteristik ekonomi co-movement mata uang ASEAN 4. Secara lebih spesifik, penelitian ditujukan untuk menjawab tiga pertanyaan, yakni (1) apakah pergerakan bersama tersebut berarti secara statistik?, (2) jika signifikan, mekanisme fundamental apakah yang melandasinya? Studi literatur lebih lanjut menunjukkan kemungkinan teori Optin nun Currency Area (OCA) berperan sebagai penjelas dan (3) apakah fenomena co-movement ini adalah dampak faktor global (pergerakan JPY).
Untuk menjawab pertanyaan penelitian, tesis ini menggunakan model Vector Error Correction Model (VECM) untuk merangkum dinamika jangka pendek dan jangka panjang co-movement mata uang ASEAN 4 dan variabel karakteristik OCA. Statistik koefisien yang melebihi nilai kritis merupakan syarat untuk menyatakan bahwa fenomena co-movement mata uang ASEAN 4 adalah berarti dan dapat dijelaskan oleh OCA. Slatistik yang dianalisis ini meliputi: koefisien koinlegrasi, stabilitas, dan pemenuhan persyaratan asumsi klasik. Variabel karakterislik OCA yang dipilih meliputi jumlah uang beredar (M1), tingkat bunga deposito, inflasi dan pendapalan rill domestik. Semua variabel diukur terhadap suatu benchmark lertentu, yakni Amerika Serikat, mengingat co-movement mata uang ASEAN 4 diamati terhadap USD. Disamping itu pergerakan nilai tukar USDIJPY juga dimasukkan sebagai variabel kontrol, untuk membuka kemungkinan keberadaan faktor global lain yang berpengaruh pada co-movement ASEAN 4.
Inferensi terhadap hasil estimasi memberikan tiga kesimpulan penting, yakni:
1. Co-movement dianlara mata uang ASEAN4 merupakan suatu fenomena yang kurang didukung oleh data. Hal ini bisa dilihat dari tingkat signifikansi yang rendah dari hasil estimasi persamaan jangka pendek dan jangka panjang baik pada OCA bivariat maupun model lengkap. Disamping itu tanda dari koefisien yang diperoleh juga tidak homogen.
2. Teori OCA tidak terlihat cukup robust didalam menjelaskan fenomena co-movement yang ada. Hal ini berlaku baik pada model lengkap maupun model bivariat. Indikasi atas hal ini dapat dilihat dari rendahnya signifikansi dari variabel eksogen didalam ECM.
3. Keberadaan OCA juga merupakan fenomena global. Hal ini lerindikasi dari homogenitas tanda koefisien dan juga signifikansi parameter yang cukup baik dari variabel penganih JPY.

 File Digital: 1

Shelf
 T 17645-Aplikasi teori.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T17645
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2006
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xii, 181 lembar; il., 29 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T17645 15-21-089609102 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 103868