:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Kenaikan titer antibodi antisperma (ASA) pada serum wanita yang rutin melakukan hubungan seksual secara normal dengan beberapa pria dibandingkan dengan satu pria

Suliarto Gunawan Halim; Indra Gusti Mansur, supervisor; Harahap, Alida Roswita, supervisor; Hadi Hartamto, supervisor (Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2005)

 Abstrak

Infertilitas yang disebabkan oleh masalah imunologis mempunyai peranan yang belum dipahami dengan baik. Sperma sebagai Salah satu komponen reproduksi mempunyai peranan penting dalam mencetuskan timbulnya ASA yang turut menyebabkan infertilitas. Kenaikkan titer ASA diduga mempengaruhi kemampuan reproduksi.
Keanekaragaman protein pada sperma mempunyai potensi sebagai imunogen yang akan menirnbulkan respon imun yang terukur sebagai titer ASA. Titer ASA yang diukur dengan metode ELISA dengan hasil kuantitatif dibandingkan pada kelompok yang terpajan oleh satu sumber sperma dengan kelompok yang terpajan oleh beberapa sumber sperma.
Hasil pemeriksaan titer ASA dengan metode ELISA menunjukkan adanya kenaikan titer ASA yang lcbih tinggi secara bermakna pada kelompok wanita yang terpajan oleh sperma multi sumber dibandingkan dengan satu sumber. Hal ini menunjukkan adanya respons imun yang lebih kuat pada kelompok pajanan oleh beberapa sumber sperma dibandingkan dengan kelompok pajanan oleh satu sumber sperma.

 File Digital: 1

Shelf
 T16240-Suliarto Gunawan Halim.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

No. Panggil : T16240
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2005
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiii, 58 hlm. : ill. ; 30 cm. + Lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T16240 15-20-804719204 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 105061