:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis strategi manajemen PT. solar global internasional (badan usaha milik muhammadiyah) dalam upaya implementasi jaringan ekonomi muhammadiyah

Chairul Razak; Nasution, Mustafa Edwin, supervisor (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2005)

 Abstrak

Persyarikatan Muhammadiyah dengan basis anggota sekitar 30 juta orang yang didukung jaringan organisasi di seluruh Indonesia berupa 28.880 unit organisasi, 5.725 lembaga pendidikan, 312 lembaga kesehatan dan 1.257 lembaga sosial, hakekatnya merupakan potensi pasar yang sangat besar dan dapat dikembangkan menjadi sebuah kekuatan ekonomi. Karenanya Muhammadiyah melakukan transformasi dari jaringan organisasi menjadi sebuah jaringan ekonomi melalui aliansi strategis dengan para produsen yang memasok kebutuhan Muhammadiyah. Jaringan ekonomi ini merupakan kombinasi dari tiga pola ekonomi yaitu transaksi skala besar dari perspektif sebagai konsumen, service provider business dari perspektif pola bisnis yang dibangun dari costumer base, serta karakteristik e-commerce yang direct communication dan direct distribution. Dari perspektif tersebut berbagai amal usaha Muhammadiyah disinergikan dan diintegrasikan melalui holding company Badan Usaha Milik Muhammadiyah (BUMM) PT. Solar Global Internasional berdasarkan SK-PPM Nomor 80/SK-PP/ IV.C/1.b/1999 tanggal 20 Oktober 1999.
Berdasarkan hasil analisa, PT. Solar Global Internasional memiliki peluang pasar yang cukup besar namun masih memiliki berbagai kelemahan internal, karenanya strategi yang tepat untuk diterapkan adatah memanfaatkan peluang yang ada dengan meminimalkan kendala internal. Hal ini tercermin dari posisi korporasi yang memiliki daya tarik industri tinggi sedangkan daya saing produknya sedang. Selanjutnya untuk meningkatkan pertumbuhan pangsa pasar, strategi yang dapat diterapkan adaiah pertumbuhan selektif melalui segmentasi untuk membangun keunggulan kompetitif dengan memfokuskan diri kepada suatu ceruk yang telah dipilih secara hati-hati dengan menggunakan aset-aset lokalnya untuk membangun posisi yang aktif.

 File Digital: 1

Shelf
 T 17062-Analisis strategi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T17062
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2005
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : ix, 264 lembar; il., 29 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T17062 15-20-639258506 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 105473