:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Dampak pelaksanaan kebijakan total tax management terhadap terjadinya kejahatan perusahaan bidang perpajakan : Studi kasus pada perusahaan XYZ di Jakarta = The implementation impact policy of total tax management to the happening of corporate crimes of taxation

Ciek Julyati Hisyam; Erlangga Masdiana, supervisor (Universitas Indonesia, 2005)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kebijakan Total Tax Management di perusahaan XYZ dan tindak kejahatan perpajakan di perusahaan XYZ sebagai dampak adanya kebijakan tersebut.
Penelitian dilakukan pada tiga perusahaan di Jakarta. Waktu penelitian selama 4 bulan sejak Maret s/ d Juni 2005. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan Studi dokumen. Observasi di kantor Pengadjlan pajak untuk data perusahaan yang telah diputus permohonan bandingnya. Wawancara terhadap key informan, petugas pajak di pengadilan pajak dan 3 informan, manajer keuangan atau kepala divisi pajak dengan menggunakan pedoman wawancara. Studi dokumentasi dilakukan melalui buku, data atau arsip pembukuan pajak perusahaan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan X yang berusaha di bidang perkebunan melakukan kejahatan perpajakan penghindaran pajak (tax avoidance) melalui penggunaan metode penyusutan yang tidak tepat. Perusahaan Y yang berusaha di bidang jasa keuangan melakukan kejahatan perpajakan melalui penggelapan pajak (tax evasion) karena menyembunyikan data perpajakan. Perusahaan Z yang berusaha di bidang produksi minuman ringan tergolong barang mewah melakukan kejahatan melalui penghindaran pajak (tax avoidance) dan penggelapan pajak (tax evasion) terhadap transfer harga karena adanya hubungan istimewa (transfer pricing) dan tidak membayar pajak penjualan barang mewah atas pemakaian sendiri barang produksinya.

 File Digital: 1

Shelf
 T22663-Ciek Julyati Hisyam.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T22663
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2005
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : viii, 226 hlm. ; 30 cm. + Lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T22663 15-21-549538397 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 106306