:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Gambaran kemajuan anak yang mengalami perilaku menarik diri melalui penerapan theraplay

Yulistia; Rini Hildayani, supervisor (Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemajuan yang dicapai oleh seorang anak yang memiliki perilaku menarik diri melalui penerapan theraplay. Selain itu, penulisan tugas akhir ini juga bertujuan untuk mengetahui hal-hal apa yang mendukung keberhasilan terapi.
Penelitian ini melibatkan seorang anak yang memiliki perilaku menarik din yang diambil secara purposif dengan menggunakan pendekatan kualitatif berupa studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi dan wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya kemajuan pada diri subjek setelah menjalani theraplay sebanyak sembilan sesi terapi. Hal itu disebabkan oleh pemilihan tugas yang tepat untuk menangani anak yang memiliki perilaku menarik diri disertai dukungan dan peran dari orang tua dalam mengikuti proses terapi. Orang tua mendapatkan pemahaman baru dalam berinteraksi dengan anak dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Selain beberapa faktor yang mendukung, terdapat juga beberapa faktor yang menghambat terapi. Salah satunya adalah kurangnya waktu luang orang tua untuk mengerjakan pekerjaan rumah. Hal lainnya adalah keterbatasan jumlah terapis yang menjalankan terapi sehingga tidak tersedianya interpreting therapist untuk membantu proses terapi.

 File Digital: 1

Shelf
 T 18102-Gambaran kemajuan-TOC.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T18102
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2006
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xii, 86 hlm. ; 30 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T18102 15-21-044848031 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 106645