:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pengaruh suplemantasi phyllanthus nururi L terhadap penderita PPOK ekssaserbasi akut yang mendapat siprofloksasin

Retno Ariza Soeprihatini Soemarwoto; Hardianto Mangunnegoro, supervisor; Manuhutu, Ernst Johannis, supervisor; Arini Setiawati, supervisor (Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

Siprofloksasin sering digunakan sebagai antibiotik pads PPOK eksaserbasi akut yang disebabkan infeksi bakteri, baik di poliklinik Asma maupun di lnstalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Persahabatan. Bakteri yang sering dijumpai pada PPOK eksaserbasi akut adalah Streptococcus pneumonia, Haemophilus influenzae dan Moraxela catarrhalis selain itu terdapat pula Pseudomonas aeruginosa, Kiebsiela spp, S. aureus, Mycoplasma pneumonia dan Chlamydia spp. Pada pencucian sputum penderita PPOK oleh Jabang ditemukan Klebsiella spp, Pseudomonas spp, S. aureus dan Streptococcus spp. Uji kepekaan in vitro beberapa antibiotik terhadap kuman penyebab infeksi saluran napas di Medan menunjukkan bahwa siprofloksasin mempunyai sensitiviti terbaik yakni antara 45-95%, terhadap Pseudomonas aeruginosa 66,7% dan terhadap Streptococcus pneumoniae 84,8%. Belum ada penelitian P. niruri yang digunakan bersamaan dengan siprofloksasin pada PPOK eksaserbasi akut yang disebabkan infeksi bakteri, diharapkan sehingga penggunaan ajuvan ini memberikan hasil yang positif.
Permasalahan
Penyakit paru obstruktif kronik merupakan penyakit yang sering mengalami eksaserbasi akut karena telah terjadi kolonisasi bakteri. Salah sate penatalaksanaan PPOK eksaserbasi akut yang disebabkan bakteri adalah pemberian antibiotik. Pada beberapa penelitian ditemukan telah terjadi penurunan C3 maupun SOD pads PPOK dibanding kontrol. Phyllanthus niruri L merupakan suatu ajuvan, pada penelitian Ma'at dikatakan bahwa P. niruri dapat meningkatkan aktiviti respons imun nonspesifik mencit melalui peningkatan komplemen dan respons imun spesifik melalui peningkatan produksi IgM dan IgG. Beberapa penelitian terhadap P. niruri memberikan hasil yang positif akan tetapi belum ada penelitian penggunaan ajuvan ini pada PPOK eksaserbasi akut. Diharapkan penggunaan ajuvan bersamaan dengan siprofloksasin dapat memberikan hasil yang positif terhadap penatalaksanaan PPOK eksaserbasi akut.
Tujuan penelitian
Tujuan umum
Untuk mengetahui apakah Phyllanthus niruri L dapat meningkatkan efikasi pengobatan pada PPOK eksaserbasi akut yang disebabkan bakteri.
Tujuan khusus
1. Untuk mengetahui apakah Phylanthus niruri L jika diberikan bersama siprofloksasin pada penderita PPOK eksaserbasi akut yang disebabkan bakteri dapat :
a. Mempercepat perbaikan gejala klinis berupa penurunan sesak dan penurunan jumlah maupun purulensi sputum
b. Meningkatkan perbaikan sistem imun, berupa peningkatan:
i. komplemen (C3)
ii. superoksid dismutase (SOD)
iii. imunoglobulin (Ig) M dan G
2. Mengetahui pola kuman PPOK eksaserbasi akut pada pasien rawat jalan maupun rawat inap di RS Persahabatan.

 File Digital: 1

Shelf
 T-pdf-Pengaruh suplementasi Full text.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T55897
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2004
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik :
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T55897 15-20-545674870 HILANG
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 107834