:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisa pengaruh pengumuman right issue terhadap reaksi pasar suatu event study di BEJ pada periode pasca crisis ekonomi

Istiqomah Safitriningrum; Indra Widjaja, supervisor (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pengaruh pengumuman penawaran umum terbatas (Right Issue) terhadap reaksi pasar (market return). Serta melihat bagaimana pengaruh dari beberapa faktor relevan yang diduga dapat menyebabkan timbulnya reaksi pasar (market return) terhadap pengumuman penawaran umum terbatas (Right Issue). Penelitian ini dilakukan pada periode pasca krisis di Indonesia, yaitu sejak Juni 1999 sampai dengan 2003.
Populasi penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan yang menerbitkan right di BEJ. Sample yang diambil adalah perusahaan-perusahaan yang menerbitkan right dalam kurun waktu Juli 1999 - Desember 2003. Metode yang digunakan yaitu; Metode Statistik Non Parametrik Sign Test dan Metode Statistik Parametrik. Analisis dan pengolahan data yang dilakukan untuk menganalisis return harga saham, menggunakan sign test, sedangkan analisis dan pengolahan data untuk menganalisis pengaruh dan derajat keeratan antara variabel-variabel yang diteliti menggunakan Multiple Regression.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa reaksi pasar terhadap pengumuman penawaran umum terbatas pada t = 0 atau pada saat tanggal pengumuman penawaran umum terbatas adalah negatif. Demikian juga untuk t = -1 sampai dengan t = + 1 dan setelah tanggal pengumuman right issue yaitu pada t = + 1 sampai dengan t = +5 terjadi respon pasar yang negatif signifikan. Dengan menggunakan uji Non Parametrik Sign Test telah terjadi 35 peristiwa pengumuman penawaran umum terbatas yang direspon negatif oleh pasar dari total 52 peristiwa yang terjadi.
Untuk faktor daya tahan di bursa melalui besarnya kapitalisasi pasar emiten (SIZE) dalam penelitian ini koefisiennya bernilai positif tetapi tidak signifikan. Untuk faktor diskon koefisiennya bemilai negatif signifikan. Untuk faktor besamya jumlah dari saham baru relatif terhadap saham lama yang beredar (Relative Offering Price) hasil yang didapat dari penelitian diatas memiliki nilai koefisien negatif tetapi tidak signifikan. Dan untuk variabel liquiditas nilai koefisien yang didapat adalah positif tetapi tidak signifikan.

The goal of this research is to see how the announcement of offer of limited public (Right Issue) influence to market reaction (return market). And also to see how some relevant factor that anticipated to announcement of offer of limited public (Right Issue) can influence the reaction of market (return market). This research period take from Jun 1999 until 2003, after the crisis time in Indonesia.
These Research populations are companies publishing right in BEJ. And the sample are companies publishing right in July range of time 1999, December 2003.The methodologies are uses for this research are; Non Parametric Statistic Method and the Parametric Statistic Method. Analysis and data processing conducted to analyses share price return, using sign test, while data processing and analysis to analyze the influence and the degree of strongly relation and between accurate variables use Multiple Regression.
Result of this research indicate that reaction of market to announcement of offer of public limited to t = 0 or at the date of announcement of right issue is negativity. And so do for t = - 1 up to t = + 1 and after date of announcement of right issue that is at t = +1 up to t = + 5 happened negative market respond of significant. Invention of negative market responds around date of announcement and after date of announcement of right issue. By using test of Non Parametric Sign Test have happened 35 event of announcement of offer of limited public which negative had respond by market from totaling 52 events that happened.
For power factor hold up in stock through the level of market capitalization of emitted (SIZE) in this research has positive valuable coefficient but not significant. For factor discounted the coefficient valuable is negative of significant. For factor of level of the amount of from new share relative to old share which circulate (Relative Offering Size) result of which got from research above owning negative coefficient value but not significant. And for the variable of liquidity the coefficient valuable is positive but not significant.

 File Digital: 1

Shelf
 T 20134-Analisis pengaruh.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T20134
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2004
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik :
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T20134 15-20-304742461 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 108363