:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis ekspektasi term structure of interest rates surat utang negara kupon tetap

Renova Viscky; Armand Hermawan, supervisor (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Tingkat suku bunga merupakan faktor penting yang menggerakkan perekonomian nasional di tingkat makroekonomi dan juga memiliki pengaruh yang sangat signifikan dalam industri keuangan. Penentuan kebijakan tingkat suku bunga jangka pendek oleh otoritas moneter ditanggapi oleh investor di pasar obligasi dengan penyesuaian tingkat imbal hasil (yield) dalam menyusun portofolio investasi mereka. Penelitian hipotesis ekspektasi dalam tesis ini dilakukan untuk meiihat apakah tingkat imbal hasil obligasi jangka pendek yang terjadi pada saat ini dan nilai ekspektasinya di masa yang akan datang dapat digunakan untuk menentukan term structure of interest rates obligasi di Indonesia.
Dengan menggunakan data observasi dart instrumen Surat Utang Negara yang berkupon tetap (fix-rate), terbukti bahwa tingkat imbal hasil obligasi jangka pendek yang terdapat di pasar obligasi Indonesia dapat di,gunakan untuk menentukan term structure of interest rates obligasi dengan tenor yang lebih panjang. Demikian juga sebaliknya dapat kita katakan bahwa, term structure of interest rate yang terjadi di pasar obligasi Indonesia merupakan indikator dart ekspektasi pelaku pasar terhadap tingkat suku bunga jangka pendek di masa yang akan datang. Penelitian ini telah membuktikan kebenaran hipotesis ekspektasi tingkat suku bunga di Indonesia dan dapat dijadikan sebagai pembanding untuk penelitian term structure of interest rate lainnya yang menggunakan teori segmentasi pasar, liquidity preference atau preferred habitat.

Interest Rate is a key factor that push the national economies in macroeconomic level and it also has a dramatic influence in financial industry. The policy to set up interest rate benchmark by the monetary authority is met by the bond market investors through setting-up their required yields in their investment portfolios. The research is undertaken to seek whether the yield of short term government bonds and its expected values in- the future can be used to develop the term structure of interest rates of Indonesian bonds.
Using the Fix-Rate Indonesian Treasury Bond data, this reseach has proven that the yield of short term government bonds can be used to develop the term structure of interest rates which consist of other government bonds with longer maturity term. Likewise, this reseach also states that the term structure of interest rates which prevails in Indonesian bond market is the best indicator for the bond market investors' expectation on the future interest rates. This research validates the expectation hypotheses of interest rates in Indonesia and can be used as reference for further researchs in the term structure of interest rates area but with different theories such as segmented-market, liquidity preferrence or preferred habitat.

 File Digital: 1

Shelf
 T 20273-Analisis ekspektasi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T20273
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2006
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik :
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T20273 15-20-994479446 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 108862