:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Orang - orang asing di kota : Suatu kajian mengenai strategi melangsungkan kehidupan pada kelompok pedagang bubur ayam di Kramat Pulo Dalam Jakarta

Savitri; Achmad Fedyani Saifuddin, supervisor (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2005)

 Abstrak

Studi ini dimaksudkan untuk mengkaji kelompok migran sirkuler dalam melangsungkan kehidupannya di kota Jakarta. Sebagai pendatang di kota, mereka dihadapkan pada kesulitan-kesulitan hidup karena lingkungan kota secara fisik, sosial, ekonomi dan budaya berbeda dengan desa asal mereka Oleh karena itu mereka harus dapat beradaptasi agar dapat melangsungkan kehidupan di kota. Para migran sirkuler tersebut bermigrasi ke kota dengan tujuan utama yaitu mencari pekerjaan, sehingga mereka memiliki pandangan bahwa kota bukan tempat tinggal yang permanen tetapi tempat untuk mencari uang. Jadi mereka tinggal di kota hanya bersifat sementara yaitu dalam rangka pemenuhan kebutuhan ekonomi.
Penelitian ini dilakukan terhadap kelompok tukang bubur ayam yang tinggal di daerah Kramat Pulo Dalam-Jakarta dimana mereka adalah para pendatang yang berasal dari berlainan daerah. Kelompok tukang bubur ayam tersebut terdiri dari beberapa rumah tangga yang mengajak anggota keluarganya tinggal bersarna di kota. Maka satuan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rumah tangga. Mereka tinggal berkelompok dalam sebuah pondokan yaitu semacam rumah atau tempat tinggal sederhana yang disewalkan murah, dikenal dengan nama pondokan 'tukang bubur teli'.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan informan kunci yaitu para anggota rumah tangga dari kelompok tukang bubur ayam tersebut khususnya para ibu rumah tangga. Data diperoleh dari informan melalui kegiatan wawancara dan pengamatan.
Hasil penelitian menemukan bahwa untuk melangsungkan kehidupan di kota maka para tukang bubur ayam yang tinggal di Kramat Pulo Dalam melakukan strategi yaitu strategi internal dan strategi ekstenal. Strategi internal meliputi strategi internal rumah tangga terdiri dari pengaturan pengeluaran, pembagian kerja anggota rumah tangga, dan penghasilan tambahan. Sedangkan strategi ekstemal meliputi strategi dalam pengelolaan usaha dan strategi pemanfaatan jaringan sosial. Strategi dalam pengelolaan usaha terdiri dari pemilihan lokasi berjualan dan Cara berjualan, memperoleh peralatan dan bahan baku murah, Cara mengolah dan memasak bubur, serta memperoieh pelanggan. Strategi pemanfaatan jaringan sosial merupakan jalinan hubungan-hubungan sosial yang mereka miliki baik itu dengan kerabat maupun bukan kerabat.

 File Digital: 1

Shelf
 Orang-orang asing-TOC (T 21707).pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T21707
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2005
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik :
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T21707 15-20-865923136 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 109236