:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Dampak paket "sayang anak" untuk suami terhadap perilaku ibu menyusui di Rumah Sakit Haji dan RSUP, Haji Adam Malik Medan = Impact of "sayang anak" package for husband on nursing mother's behavior in 'Haji" hospital and RSUP, Haji Adam Malik Medan

Nasution, Siti Saidah; Setyowati, supervisor; Sutanto Priyo Hastono, supervisor; Eti Surtiati, examiner; Atik Hodikoh, examiner ([Publisher not identified] , 2007)

 Abstrak

ABSTRAK
Salah satu faktor yang mempengaruhi tingginya angka kematian bayi di Indonesia adalah berkaitan dengan asupan nutrisi dalam hal ini ASI. Pcmberian ASI yang optimal sangat dipengaruhi oleh perilaku ibu menyusui. Peran aktif suami diperlukan ibu dalam proses menyusui. Penelitian ini bertujuan untuk menilai dampak intervensi paket ?Sayang Anak? yang diberikan kepada suami dalam mengoptimalkan perilaku ibu menyusui. Desain penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan post test only design, yang dilaksanakan di RS. Haji dan RSUP.Haji Adam Malik Medan. Sampel adalah suami dan ibu post partum yang melahirkan normal sebanyak 86 orang responden yang terdiri dari kelompok intervensi dan kelompok kontrol. lnstrumen yang digunakan adalah kuisioner dan observasi yang dimodifikasi dari standart LACTH (Lacth, Audible Swallowing Type op nipple, Comport and Hold positioning). Intervensi merupakan pemberian informasi tentang ASI dan proses menyusui dibentuk dalam satu paket yang diberikan pada suami dengan media booklet. Hasil Intervensi paket ?Sayang Anak? yang di uji dengan Chi-Square, berdampak dengan signifikan (p=0,00), (OR: 9,759). Kesimpulan intervensi paket ?Sayang Anak" berdampak secara bermakna mengoptimalkan perilaku ibu menyusui. Keterlibatan suami dalarn proses menyusui dengan pemberian paket ini direkomendasikan agar diimplementasikan pada semua tatanan pelayanan kesehatan khususnya keperawatan maternitas. Paket ini perlu dikembangkan lebih lanjut dalam bentuk program suami aktif mendukung ibu menyusui.

 File Digital: 1

Shelf
 T22885-Siti Saidah Nasution.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T22885
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2007
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : ix, 114 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T22885 15-19-204938787 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 110315