:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Reaksi return dan volume, perdagangan saham terhadap publikasi laporan keuangan interim: studi kasus pada beberapa perusahaan yang listing di PT BEJ

Anidya Sylviani; Imo Gandakusuma, supervisor (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Banyak penelitian yang berusaha menjelaskan pengaruh diterimanya suatu informasi, khususnya informasi keuangan, oleh pasar terhadap harga saham. Salah sate jurnal yang menjadi acuan penulis adalah "Price and Trading Volume Reaction Surrounding Earnings Announcement: A Closer Examination." Jurnal ini ditulis oleh Dale Morse pada tahun 1981. Penelitian tersebut merupakan penelitian empiris tentang perubahan harga dan volume perdagangan saham di sekitar hari publikasi earning kuartalan dan tahunan di Wall Street Journal (WSJ). Penelitian yang digunakan oleh penulis bertujuan menentukan kecepatan reaksi return dan volume transaksi perdagangan saham terhadap publikasi laporan keuangan interim. Penelitian semacam ini sering disebut sebagai event study. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 40 perusahaan yang sekuritasnya tercatat di PT Bursa Efek Jakarta. Reaksi return saham terhadap publikasi laporan keuangan interim di harian Bisnis Indonesia terjadi pada hari ke +1 sampai dengan hari +4. Reaksi volume transaksi saham terhadap publikasi laporan keuangan interim di harian Bisnis Indonesia terjadi pada hari ke +2, +3, dan +4.
Laporan keuangan interim telah digunakan oleh pelaku pasar modal dalam pengambilan keputusan investasi. Hal ini terbukti dari adanya perbedaan yang signifikan pada beberapa hari diantara 31 hari observasi dibandingkan dengan rata-ratanya. Pasar modal, dalam penelitian ini BEJ membutuhkan waktu untuk memproses informasi yang diterimanya. Masalah yang perlu dipertimbangkan bagi penelitian selanjutnya adalah efek penggunaan data harian dapat menimbulkan masalah. Penelitian akan memberikan basil yang lebih baik dengan memperbesar sampel. Selain itu dapat juga digunakan model selain market model yang diregresi mengingat tidak semua sampel memiliki koefisien regresi berbeda secara signifikan dengan 0. Penggunaan model ini diharapkan dapat memberikan hasil yang lebih baik. Investor dapat menggunakan laporan keuangan interim dalam pengambilan keputusan investasi. Informasi tidak langsung tercakup dalam harga dan investor tidak langsung menyesuaikan portofolionya. Karena itu perlu diteliti lebih lanjut tentang faktor apa yang menyebabkan lambatnya proses penyesuaian ini.

A lot research tried to explain the influence that accepted with information, especially financial information, by market stock price. Journal that becomes writer reference is: "Price and Trading Volume Reaction Surrounding Earnings Announcement : A Closer Examination ". This journal wrote by Dale Morse in 1981. The research is empirical research about price and volume stock trading changes surrounding publication days quarterly and year earning at Wall Street Journal (WSJ). A research used by writer has something as a purpose to determine velocity return and volume transaction stock trading reaction to publication interim financial statement. This research called as event study. Sample that used in this research is 40 companies that listing in BEJ. Reaction stocks return to publication interim financial report in Bisnis Indonesia news paper that happened at day +1 until +4. Reaction volume stock transaction to publication interim financial report in Bisnis Indonesia newspaper happened at day +2, +3, and +4.
Interim financial statement had already used by people in capital market taking investment decision. That prove there is a significant different in a few days between 31 days observation equals with means. Capital market with this research, BEJ need time to processing information that accepted. A problem that needs to be considerate for next research is the used effect of daily data can cause problem. Research can extend a better result by increasing sample. Besides that, it can also used model beside market model that regression considered not all sample have regression coefficient different significant with O. The using of this model expected can give better result. Investor can used interim financial report in taking investment decision. Indirect information covered in price and investor can indirect adapt their portfolio. Because of that, it needs to be careful about factor that caused the late of adjustment process.

 File Digital: 9

Shelf
 T 18333-Reaksi return-HA.pdf :: Unduh
 T 18333-Reaksi return-Literatur.pdf :: Unduh
 T 18333-Reaksi return-Metodologi.pdf :: Unduh
 T 18333-Reaksi return-Kesimpulan.pdf :: Unduh
 T 18333-Reaksi return-Bibliografi.pdf :: Unduh
 T 18333-Reaksi return-Analisis.pdf :: Unduh
 T 18333-Reaksi return-Lampiran.pdf :: Unduh
 T 18333-Reaksi return-Abstrak.pdf :: Unduh
 T 18333-Reaksi return-Pendahuluan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T18333
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2006
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xii, 88 hlm.; il.; 29 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T18333 15-19-756495931 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 110335