:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Efektivitas paket "Peduli" untuk suami terhadap kepatuhan ibu hamil dalam mengkonsumsi suplemen vitamin dan mineral di Kecamatan Klaten Selatan tahun 2006

Dwi Susilawati; Setyowati, supervisor; Rr. Tutik Sri Hariyati, supervisor; Chandra Widjajanti, supervisor; Yulianingsih, examiner (Universitas Indonesia, 2007)

 Abstrak

Pada masa kehamilan, ibu hamil akan mendapatkan suplemen vitamin dan mineral untuk mencegah terjadinya anemia dalam kehamilan sehingga tidak terjadi dampak buruk bagi ibu dan janin.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pemberian paket peduli untuk meningkatkan kepatuhan ibu hamil dalam mengkonsumsi suplemen vitamin dan mineral di Kecamatan Klaten Selatan. Paket peduli adalah sebuah paket yang berisi mengenai anemia dan cara pencegahannya. Desain penelitian ini adalah quasi experimen dengan metode triangulation yang menggunakan rancangan "Pretest-Posttest with control Group" yang berguna untuk mengukur tingkat kepatuhan ibu dalam mengkonsumsi suplemen pada responden sebelum pre-rest) dan sesudah (posttest) dibelikan intervensi paket peduli. Populasi dalam penelitian iui adalah ibu hamil trimester dua dan tiga di Kecamatan Klaten Selatan. Jumiah sampel 65 orang, 32 orang untuk kelompok intervensi dan 31 orang untuk kelompok kontrol. Pengambilan sampel dengan menggunakan total sampel, kemudian diambil dengan tehnik simple random sampling untuk mendapatkan data kualitatif yaitu sebanyak 10 orang. Analisis efektivitas paket peduli terhadap kepatuhan ibu hamil dalam rnengkonsumsi suplemen menggunakan chi- square. Hasil uji homogenitas responden didapatkan hasil antara kelompok intervensi dan kelornpok kontrol adalah homogen. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kepaluhan ibu hamil dalam mengkonsumsi suplemen antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol (p = 0,901). Pada kelompok yang diberi intervensi paket peduli memiliki tingkat kepatuhan dengan kategori rendah baik dalam hasil observasi maupun kuesioner. Hal ini menunjukkan bahwa paket peduli untuk suami tidak efektif dalam meningkatkan kepatuhan ibu hamil dalam mengkonsumsi suplemen, meskipun hasil wawancara mendalam menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan/pemahaman ibu hamil tentang anemia dan cara pencegahannya dan perilaku suami yang mendulcung ibu hamil dalam mengkonsumsi suplemen.

 File Digital: 1

Shelf
 T22872-Dwi Susilawati.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

No. Panggil : T22872
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2007
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 87 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T22872 15-19-869817882 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 110618