:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Strategi bisnis PT. Bangun Bejana Baja supaya menjadi market leader

Heerdjan; Sofjan Assauri, supervisor; Nurdin Sobari, examiner; Rembeth, John Daniel, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2007)

 Abstrak

Dunia kontraktor sekarang sedang-mengalami masa pembangunan. PT. Bangun Bejana Baja yang bergerak di bidang kontraktor tangki juga sedang mengerjakan beberapa proyek. Persaingan di kontraktor tangki ini cukup ketat masing-masing sudah mengenal karakter pesaing-pesaingnya.
Penulis mencoba menyusun strategi untuk PT. Bangun Bejana Baja agar mendapatkan proyek secara berkesinambungan hingga dapat tumbuh dengan baik. Analisis yang dipergunakan menggunakan analisis lingkungan eksternal, analisis lingkungan internal, analisis SWOT dan analisis kinerja unit perusahaan.
Pertumbuhan dan keuntungan perusahaan sangat tergantung kepada lingkungan eksteinalnya, bail; itu lingkungan umum maupun lingkungan industri. Harga minyak dunia saat ini sedang naik, menyebabkan meningkatnya pekerjaan di sektor minyak dan gas, temiasuk pcrkembangan pembangunan tangki. Pembangunan tangki ini meliputi pembangunan plant ham untuk kilang minyak maupun terminal-terminal tangki bate untuk transit minyak maupun gas ke seluruh Indonesia. Lingkungan eksteinai meliputi lingkungan umLml, lingkungan industri, analisis pe]anggan, analisis pesaing dan analisis pasar.
Lingkungan internal meliputi sumber daya, kapabilitas dan kompetensi intr. PT. Bangun Bejana Baja perusahaan kontraktor yang memfokuskan kepada pembangunan tangki mulai dari tangki yang berukuran kecil sampai ke ukuran yang besar didukung oleh karyawan-karyawan yang berpengalaman puluhan tahun, yang sangat concern terhadap mutu dan kualitas bisa memberikan jasa peiayanan kepada pelauggan mulai dari tahap perencanaan sampai tahap pelaksanaan dan pengujian.
Analisis SWOT (strong, weakness, opportunities, threat) yang bertujuan agar perusahaan dapat mengidentifikasi kekuatan, kesemahan, kesempatan dan ancaman terhadap perusahaan. I-Iasil dari analisa SWOT ini akan berguna dalam menenlukan strategi perusahaan di tingkat fungsional. Dari perumusan strategi bisnis diambil kesimpulan posisi PT. Bangun Bejana Baja adalah sebagai perusahaan yang sedang tumbuh, "Grow" dan Build". Strategi yang cocok bagi perusahaan adalah Intensive yaitu market penetration, market development, dan product development. Untuk jangka pendek strategi detilnya adalah :
- memperluas jaringan agar tender lebih banyak lagi
- pertahankan SDM yang sudah berpengalaman
- lengkapi alat-alat konstruksi
- usahakan sertifikat ISO
- tambah orang instrumen dan elektrik di kantor
- selalu tnengikuti prosedur API sehingga mutu dan kualitas tetap terjaga
- teliti saat tender dan ubah rate satuan karena persaingan makin banyak
Penulis sudah melaksanakan strategi-strategi di atas dan dapat menghasilkan 6 proyek yang sedang berjalan saat ini dengan nilai sekitar Rp. 80 miliar.

Business of construction is still growing now. PT. Bangun Bejana Baja is a construction company, specialized in storage tank manufacturing and the company is doing some projects now. The competition in storage tank market is so tight because the competitors know well each other their characteristic.
In this summary, 1 propose a strategic plan for PT. Bangun Bejana Baja to gain more projects continuously and can grow strongly. The plan uses external environment analysis, internal environment analysis, SWOT analysis and analysis of the performance of the company working units.
The growth and profit of the company highly depends on the external environment, that is, general economic condition and specifically the industrial sector. Recently, the world oil price is climbing. This has made the gas and oil industry gaining a raise, including storage tank market. The storage tank construction covered in new refinery plants, new oil and gas storage terminals for oil-gas distribution transits in Indonesia. The analysis of external environment consists of the general environment, industrial environment, customer analysis, competitor analysis and market analysis.
The analysis of internal environment consists of recources, capablities and the core competence. PT. Bangun Bejana Baja is a construction company, focuses in storage tank manufacturing. The product range is from small to large storage tank, which is built by tens years experience workers. By the experience, they concern the high quality .and good customer services from design step, during construction and until the final test.
The purpose of SWOT (strong, weakness. opportunities, threat) analysis is to identity the company strength, weakness, opportunities and threat to the company. The output of SWOT analysis will be used to help the company making strategic plans for its functional levels. The formulation of the business strategy of PT. Bangun Bejana Baja was made and PT. Bangun Bejana Baja is positioned at "Grow and Build". The business strategy of the company is intensify (market penetration, market development and product development). The short term points of the strategic plan are given as follows:
- To extend auction network
- To maintain the experienced human recourses
- To complete construction facilities
- ISO certification
- Need instrument and electrical technicians
- To follow API procedure to maintain the quality
- To examine carefully the auction and reduce the unit prices since the competition is getting harder.
I have implemented those strategic plans and gained 6 ongoing projects which value Rp 80 billions.

 File Digital: 1

Shelf
 Strategi bisnis-Full Text (T 19708).pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T 19708
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2007
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : ix, 76 pages : illustration ; 29 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T 19708 15-19-400187224 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 111075