:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Praktek komisi pengawas persaingan usaha dalam menerapkan pendekatan rule of reson : studi terhadap kasus Dual access PT. (Persero) Perusahaan Penerbangan Garuda Indonesia

Rasamala; Syamsul Maarif, supervisor (Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Pada masa lalu kondisi persaingan di Indonesia sarat dengan nuansa monopoli dan persaingan usaha tidak sehat, beberapa pelaku usaha tertentu telah menjadi besar dan menguasai beberapa bidang produksi dan layanan jasa. Penguasaan tersebut muncul akibat pemberian proteksi dan kemudahan-kemudahan oleh pemerintah yang bermaksud membesarkan pelaku usaha dalam negeri, pada kenyataannya proteksi tersebut menjadikan pelaku usaha tertentu menjadi tidak efisien, namun mendominasi pasar dan memunculkan apa yang disebut kapitalisme semu (ersatz capitalism). Lahirnya Undang-undang No.5/1999 mengatur tentang perjanjian dan perilaku usaha, salah satunya terkait dengan integrasi vertikal yang diatur dalam pasal 14. Penerapan pasal 14 tersebut akan bertalian dengan metode pendekatan yang digunakan, yakni pendekatan rule of reason yang mengedepankan pembuktian pada "dampak" dan "cara" sehingga perilaku atau perjanjian tersebut dapat dilarang.
Pada konteksnya terdapat dua cara pandang yang berbeda mengenai integrasi vertikal, beberapa sarjana menganggap integrasi vertikal tidak perlu dilarang sebab tujuan efisiensi yang melatar belakanginya jauh lebih kuat ketimbang dampak merugikan yang ditimbulkannya, namun cara pandang yang lain melihat bahwa integrasi vertikal perlu untuk tetap dilarang apabila merugikan persaingan usaha. Sebagai contoh aplikatif berkaitan dengan pelanggaran pasal 14, Penulis mengangkat kasus dual access PT. (Persero) Perusahaan Penerbangan Garuda Indonesia, yang kemudian dianalisis untuk mendapatkan pemahaman bukan hanya secara teori namun juga secara praktis mengenai teknik penerapan pendekatan rule of reason oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) yang memang diberikan kewenangan untuk itu oleh UU NO.5/1999.

 File Digital: 10

Shelf
 T 19884--Praktek komisi--Kesimpulan.pdf :: Unduh
 T 19884--Praktek komisi--Abstrak.pdf :: Unduh
 T 19884--Praktek komisi-.pdf :: Unduh
 T 19884--Praktek komisi-- HA.pdf :: Unduh
 T 19884--Praktek komisi--Literatur.pdf :: Unduh
 T 19884--Praktek komisi-- Bibliografi.pdf :: Unduh
 T 19884--Praktek komisi--Lampiran.pdf :: Unduh
 T 19884--Praktek komisi--Metodologi.pdf :: Unduh
 T 19884--Praktek komisi--Analisis.pdf :: Unduh
 T 19884--Praktek komisi--Pendahuluan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T19884
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2006
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : iv, 168 hlm. ; 30 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T19884 15-21-257443696 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 111381