Analisis inisiatif peningkatan utilisasi kapasitas produksi : studi kasus PT. Kapurindo Sentana Baja dalam menghadapi persaingan dengan low cost players
Henri Dunan Achiruddin;
Bagio Nugroho Karno, supervisor; Adi Zakaria Affif, examiner; Sofjan Assauri, examiner
([Publisher not identified]
, 2007)
|
ABSTRAK PT. Kapurindo Sentana Baja (KSB) memiliki beberapa customer yang telahmelakukan pembelian secara rutin, diantaranya perusahaan air minum, waste water treatment,pabrik-pabrik peleburan baja, pabrik-pabrik gula rafinasi, concrete dan lain-lain. Konsumenutama dari KSB ini adalah pabrik peleburan baja PT. Krakatau Steel (KS) yang melakukanpembelian berupa Quick Lime. Pada bulan Juli tahun 2006, KS menghentikan pembeliannyadari KSB karena KS sudah memiliki Bisnis Unit (pabrik) yang dapat menghasilkan sendiriproduk Quick Lime. Walaupun demikian KS tetap membeli Quick Lime dari pemasok-pemasok kecil lain yaitu industri tradisional yang menggunakan metode pembakarankonvensional. Padahal sebagian besar penjualan KSB ditujukan kepada KS. Akibatnya KSBsaat ini mengalami permasalahan yaitu kehilangan pasar utamanya dan kapasitas mesin idlesebesar 68,5% dari seluruh kapasitas produksinya.KSB berdiri pada tahun 1990 yang merupakan anak perusahaan dari KS. Pada saatterjadi krisis ekonomi tahun 1998, KSB dinyatakan pailit dan vakum selama kurang lebihsetahun. Pada tahun 1999 pihak manajemen KSB menjual saham-sahamnya kepada groupWasa Mitra Engineering sebanyak 80% dan kepada Narakita Mitra Sarana sebanyak 20%.Kemudian perusahaan kembali berproduksi pada bulan Mei tahun 2000 sampai dengansekarang. Di bawah Pengelolaan manajemen baru KSB berkomitmen untuk berupayamenghasilkan produk-produk kapur yang berkualitas tinggi (High Grade Lime Product) danmemberikan service yang Iengkap untuk memenuhi kebutuhan dan permintaan pelanggan.Kehilangan utilisasi kapasitas produksi ini mendorong perusahaan untuk melakukantindakan antisipasi yang dapat mengembalikan perusahaan kepada kondisi awal danmenciptakan profit. Manajemen KSB dihadapkan oleh dua inisiatif yang mungkin dapatdijalankan bersamaan yaitu menawarkan produk Slaked Lime secara Iebih agresif dan tetapbersaing dengan perusahaan kapur tradisional dengan tetap menjual Quick Lime. |
T21235-Henri Dunan Achiruddin.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T21235 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2007 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text ; computer |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xv, 78 pages : illustration ; 30 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T21235 | 15-19-150596898 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 113273 |