Deskripsi Lengkap
| Bahasa : | ind |
| Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
| Tipe Konten : | text (rdacontent); computer (rdamedia) |
| Tipe Media : | unmediated (rdamedia); computer (rdamedia) |
| Tipe Carrier : | volume (rdacarrier); online resource (rdacarrier) |
| Deskripsi Fisik : | xiii, 117 pages : illustration ; 30 cm + appendix |
| Naskah Ringkas : | |
| Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
| Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
- Ketersediaan
- File Digital: 1
- Ulasan
- Sampul
- Abstrak
| No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
|---|---|---|
| T21243 | 15-19-563350295 | TERSEDIA |
| Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 113279 |
Abstrak
ABSTRAK
Tesis ini dibuat mengenai perihal tanggung jawab perusahaan dan bagaimana mengkomunikasikannya dengan para stakeholder terkait dengan tanggung jawab perusahaan. lnteraksi perusahaan dengan berbagai kelompok stakeholder yang berbeda bukan suatu topic baru, akan tetapi pertanyaan tanggung jawab perusahaan seperti apa yang benar-benar memenuhi kebutuhan Serta keinginan stakeholder adalah diskusi utama. Buruh anak, kerusakan lingkungan dan masalah etika merupakan semua masalah yang akan membawa arah diskusi mengenai corporate social responsibility, CSR.
Awarness terhadap CSR semakin meningkat dan pendekatan yang tepat tanggung jawab dari perusahaan mempakan suatu kebutuhan. CSR ialah mengenai bagaimana perusahaan memilih cara menjalankan perusahaan atau bagaimana cara memulai bisnis. Perusahaan yang memiliki perhatian serius terhadap CSR akan mempunyai suatu competitive advantage, saat menghadapi masalah yang terjadi diakibatkan perusahaan lalai dalam mengatasi masalah sosial dilingkungan bisnisnya. Perusahaan yang menggunakan metoda pengendalian lingkungan yang ramah Iebih menginginkan customer ataupun publik untuk mengetahui apa yang perusahaan lakukan, akan tetapi perusahaan yang menggunakan buruh anak-anak sebagai karyawannya berusaha sebisa mungkin menutupi informasi bagaimana parusahaan menjalankan bisnisnya.
Kedua skenario tadi berdasarkan bentuk pengelolaan CSR, yang merupakan topik dari thesis ini. Tujuan dari Penelitian ini ialah untuk menyelidiki bagaimana corporate social responsibility berjalan diperusahaan dihubungkan dengan cara mengkomunikasikannya. Tujuan akhirnya ialah untuk menghasilkan gambaran secara Iuas bagaimana pengelolaan CSR dengan fokus komunikasi kemasyarakat Iuas. Penelitian ini diarahkan untuk isu-isu berikut: Apa arti CSR bagi perusahaan dan apa timbal balik dari CSR yang dilakukan perusahaan? Bagaimana Pengelolaan CSR diperusahaan besar? Bagaimana perusahaan melakukan pendekatan komunikasi CSR?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan perusahaan yang menjadi objek penelitian ialah PT PERTAMINA (PERSERO) pada Unit Pengolahan (UP) VI Balongan, Indramayu. Dalam pembentukan gambaran cara kerja CSR diPERTAMINA, data-data empirik dikumpulkan dengan melakukan wawancara dan menganalisa berbagai dokumen. Karyawan yang bekerja mengelola CSR diwawancara, juga masyarakat sekitar fasilitas produlsi PERTAMINA di Balongan sebagai stakeholder CSR PERTAMINA latar belakang data empirik berdasarkan data Iiteratur tentang CSR PERTAMINA dijelaskan dalam BAB lerpisah.
Pertimbangan mengenai CSR dan cara komunikasi CSR menunjukkan bahwa CSR seharusnya merupakan bagian penting dari corporations brand management. Pada saat yang sama, perusahaan harus aware bahwa CSR dapat memberikan dampak terhadap reputasi perusahaan dalam berbagai hal. Komunikasi CSR yang positif dapat memperkuat brand perusahaan, sedangkan pemberitaan begatif dari CSR dapat membawa dampak yang buruk bagi perusahaan.
Tesis ini dibuat mengenai perihal tanggung jawab perusahaan dan bagaimana mengkomunikasikannya dengan para stakeholder terkait dengan tanggung jawab perusahaan. lnteraksi perusahaan dengan berbagai kelompok stakeholder yang berbeda bukan suatu topic baru, akan tetapi pertanyaan tanggung jawab perusahaan seperti apa yang benar-benar memenuhi kebutuhan Serta keinginan stakeholder adalah diskusi utama. Buruh anak, kerusakan lingkungan dan masalah etika merupakan semua masalah yang akan membawa arah diskusi mengenai corporate social responsibility, CSR.
Awarness terhadap CSR semakin meningkat dan pendekatan yang tepat tanggung jawab dari perusahaan mempakan suatu kebutuhan. CSR ialah mengenai bagaimana perusahaan memilih cara menjalankan perusahaan atau bagaimana cara memulai bisnis. Perusahaan yang memiliki perhatian serius terhadap CSR akan mempunyai suatu competitive advantage, saat menghadapi masalah yang terjadi diakibatkan perusahaan lalai dalam mengatasi masalah sosial dilingkungan bisnisnya. Perusahaan yang menggunakan metoda pengendalian lingkungan yang ramah Iebih menginginkan customer ataupun publik untuk mengetahui apa yang perusahaan lakukan, akan tetapi perusahaan yang menggunakan buruh anak-anak sebagai karyawannya berusaha sebisa mungkin menutupi informasi bagaimana parusahaan menjalankan bisnisnya.
Kedua skenario tadi berdasarkan bentuk pengelolaan CSR, yang merupakan topik dari thesis ini. Tujuan dari Penelitian ini ialah untuk menyelidiki bagaimana corporate social responsibility berjalan diperusahaan dihubungkan dengan cara mengkomunikasikannya. Tujuan akhirnya ialah untuk menghasilkan gambaran secara Iuas bagaimana pengelolaan CSR dengan fokus komunikasi kemasyarakat Iuas. Penelitian ini diarahkan untuk isu-isu berikut: Apa arti CSR bagi perusahaan dan apa timbal balik dari CSR yang dilakukan perusahaan? Bagaimana Pengelolaan CSR diperusahaan besar? Bagaimana perusahaan melakukan pendekatan komunikasi CSR?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan perusahaan yang menjadi objek penelitian ialah PT PERTAMINA (PERSERO) pada Unit Pengolahan (UP) VI Balongan, Indramayu. Dalam pembentukan gambaran cara kerja CSR diPERTAMINA, data-data empirik dikumpulkan dengan melakukan wawancara dan menganalisa berbagai dokumen. Karyawan yang bekerja mengelola CSR diwawancara, juga masyarakat sekitar fasilitas produlsi PERTAMINA di Balongan sebagai stakeholder CSR PERTAMINA latar belakang data empirik berdasarkan data Iiteratur tentang CSR PERTAMINA dijelaskan dalam BAB lerpisah.
Pertimbangan mengenai CSR dan cara komunikasi CSR menunjukkan bahwa CSR seharusnya merupakan bagian penting dari corporations brand management. Pada saat yang sama, perusahaan harus aware bahwa CSR dapat memberikan dampak terhadap reputasi perusahaan dalam berbagai hal. Komunikasi CSR yang positif dapat memperkuat brand perusahaan, sedangkan pemberitaan begatif dari CSR dapat membawa dampak yang buruk bagi perusahaan.