Pengolahan corporate social responsibility : studi kasus PT Pertamina (Persero) pada unit Pengolahan (UP) VI Balongan, Indramayu
Freby Dempaka;
Siti Adiprigandari Adiwoso Suprapto, supervisor; Firman Djunasien; Tjahjanto Budisatrio, examiner
(Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2007)
|
ABSTRAK Tesis ini dibuat mengenai perihal tanggung jawab perusahaan danbagaimana mengkomunikasikannya dengan para stakeholder terkait dengantanggung jawab perusahaan. lnteraksi perusahaan dengan berbagai kelompokstakeholder yang berbeda bukan suatu topic baru, akan tetapi pertanyaan tanggungjawab perusahaan seperti apa yang benar-benar memenuhi kebutuhan Sertakeinginan stakeholder adalah diskusi utama. Buruh anak, kerusakan lingkungandan masalah etika merupakan semua masalah yang akan membawa arah diskusimengenai corporate social responsibility, CSR.Awarness terhadap CSR semakin meningkat dan pendekatan yang tepattanggung jawab dari perusahaan mempakan suatu kebutuhan. CSR ialah mengenaibagaimana perusahaan memilih cara menjalankan perusahaan atau bagaimana caramemulai bisnis. Perusahaan yang memiliki perhatian serius terhadap CSR akanmempunyai suatu competitive advantage, saat menghadapi masalah yang terjadidiakibatkan perusahaan lalai dalam mengatasi masalah sosial dilingkunganbisnisnya. Perusahaan yang menggunakan metoda pengendalian lingkungan yangramah Iebih menginginkan customer ataupun publik untuk mengetahui apa yangperusahaan lakukan, akan tetapi perusahaan yang menggunakan buruh anak-anaksebagai karyawannya berusaha sebisa mungkin menutupi informasi bagaimanaparusahaan menjalankan bisnisnya.Kedua skenario tadi berdasarkan bentuk pengelolaan CSR, yangmerupakan topik dari thesis ini. Tujuan dari Penelitian ini ialah untuk menyelidikibagaimana corporate social responsibility berjalan diperusahaan dihubungkandengan cara mengkomunikasikannya. Tujuan akhirnya ialah untuk menghasilkangambaran secara Iuas bagaimana pengelolaan CSR dengan fokus komunikasikemasyarakat Iuas. Penelitian ini diarahkan untuk isu-isu berikut: Apa arti CSRbagi perusahaan dan apa timbal balik dari CSR yang dilakukan perusahaan?Bagaimana Pengelolaan CSR diperusahaan besar? Bagaimana perusahaanmelakukan pendekatan komunikasi CSR?Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan perusahaan yangmenjadi objek penelitian ialah PT PERTAMINA (PERSERO) pada UnitPengolahan (UP) VI Balongan, Indramayu. Dalam pembentukan gambaran carakerja CSR diPERTAMINA, data-data empirik dikumpulkan dengan melakukanwawancara dan menganalisa berbagai dokumen. Karyawan yang bekerjamengelola CSR diwawancara, juga masyarakat sekitar fasilitas produlsiPERTAMINA di Balongan sebagai stakeholder CSR PERTAMINA latarbelakang data empirik berdasarkan data Iiteratur tentang CSR PERTAMINAdijelaskan dalam BAB lerpisah.Pertimbangan mengenai CSR dan cara komunikasi CSR menunjukkanbahwa CSR seharusnya merupakan bagian penting dari corporations brandmanagement. Pada saat yang sama, perusahaan harus aware bahwa CSR dapatmemberikan dampak terhadap reputasi perusahaan dalam berbagai hal.Komunikasi CSR yang positif dapat memperkuat brand perusahaan, sedangkanpemberitaan begatif dari CSR dapat membawa dampak yang buruk bagi perusahaan. |
T21243-Freby Dempaka.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T21243 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2007 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text ; computer |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xiii, 117 pages : illustration ; 30 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T21243 | 15-19-563350295 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 113279 |