:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis pengaruh variabilitas tanah pada variabilitas respons spektrum gempa bumi

I Nyoman Sukanta; Widjojo Adi Prakoso, supervisor; Yuskar Lase, examiner; Damrizal Damoerin, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007)

 Abstrak

Efek gempabumi di permukaan tanah sangat dipengaruhi oleh jenis tanah yang dilalui oleh spektrum gempabumi. Wilayah Jakarta dan sekitarnya mempunyai jenis tanah yang sangar bervariasi. Ada 2 (dua) lokasi yang digunakan sebagai lokasi penelitian, yakni Kompleks UI Depok dan Kompleks BI Jakarta Komplek UI Depok mempunyai jenis tanah yang Iebih keras dibandingkan dengan tanah yang ada di Kompleks BI Jakarta.
Simulasi Monte - Carlo pada program aplikasi SHAKE2000 digunakan untuk membantu mengolah dan menganalisa response spektrum dan percepatan puncak muka tanah (PGA) pada Iokasi penelitian. Ada 2 (dua) sumber gempabumi dengan frequensi content berbeda yang digunakan sebagai input motion, yakni gempabumi Elcentro dan gempabumi Mexico.
Hasil pengolahan dengan SHAKE2000 menunjuklcan nilai response spektrum dan percepatan puncak muka tanah yang lebih besar diperoleh pada Iokasi dengan jenis tanah yang lebih lunak. Efek gempabumi Elcentro pada Komplek UI Depok menghasilkan nilai PGA rata - rata sebesar 0,41 g dan nilai response spektrum sebesar 1,3 g. Untuk Kompleks BI Jakarta mempunyai nilai PGA rata-rata sebesar 0,42 dan nilai response spektrumnya 1,3 g. Efek gempabumi Mexico pada Kompleks UI Depok menghasilkan nilaf PGA rata - rata sebesar 0,33 dan nilai response spektrum sebesar 1,3 g. Untuk Kompleks BI Jakarta mempunyai nilai PGA rata - rata sebesar 0,32 dengan nilai response spektrumnya sebesar 1,2 g.

 File Digital: 1

Shelf
 T21258-I Nyoman Sukanta.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T21258
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text ; computer
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : viii, 168 pages ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T21258 15-19-053314074 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 113460