:: Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Mass customization: challenges and limits

(Manajemen Usahawan Indonesia, XXXII (06) Juni 2003: 49-55, 2003)

 Abstrak

Strategi berproduksi massal dan distribusi masal tidak lagi fleksibel danresponsice untuk melayani pasar saat ini. Teknologi informasi turut bertanggung jawab atas perubahan ini. Banyak perusahaan sekarang mempertimbangkan untuk beralih dari produksi massal ke kustomisasi massal. Kustomisasi massal adalah strategi untuk menawarkan produk dan jasa sesuai dengan keingingan individu dalam skala besar (Pine, 1993) mengatakan bahwa kustomisasi akan memberikan pelayanan yang lebih relevan terhadap keinginan dan kebutuhan pembeli dan memebedakan penawaran dari pesaing, sehingga akan meningkatkan nilai penawaran. Namun demikian kustomisasi massal bukanlah hal yang sederhana. Tidaklah mudah beralih dari produksi massal ke kustomisasi massal. Permintaan terhadap kustomisasi massal juga terbatas yang mana tidak semua produk dapat dikustomisasikan dan tidak semua konsumen menghendaki kustomisasi. Kesiapan perusahaan untuk menerapkan strategi kustomisasi massal akan menentukan sukses tidaknya dalam bersaing. Kustomisasi massal tidak selalu merupakan strategi terbaik dalam segala situasi. Interaksi antara produksi massal dan kustomisasi massal bahkan bisa menjadi alternatif untuk bersaing. Produksi massal mungkin dikatakan kuno tapi produksi massal masih tetap merupakan strategi yang efektif untuk kondisi tertentu.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : MUIN-XXXII-06-Juni2003-49
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Manajemen Usahawan Indonesia, XXXII (06) Juni 2003: 49-55, 2003
Sumber Pengatalogan :
ISSN :
Majalah/Jurnal :
Volume :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik :
Lokasi :
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MUIN-XXXII-06-Juni2003-49 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 114440