:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis hubungan jenis kap (big four dan non big four) dengan pengngkapan sukarela laporan tahunan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek Jakarta tahun 2003

Indah Kusumaningtyas; Manao, Hekinus, supervisor; Wondabio, Ludovicus Sensi, examiner; Eka Pria Anas, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2007)

 Abstrak

Suatu perusahaan diharapkan mampu mewujudkan good corporate governance seperti akuntabilitas, pengungkapan dan transparansi. Perusahaan dituntut untuk melaksanakan prinsip keterbukaan (disclosure) karena perkembangan perusahaan dimonitor oleh masyarakat pemegang saham dan pihak-pihak yang berkepentingan dengan perusahaan. Konsekuensinya perhatian berbagai pihak terhadap pelaporan (keuangan maupun non-keuangan) yang dilakukan oleh perusahaan menjadi semakin mendalam (intensif) dan lebih menuntut transparansi.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah faktor- faktor seperti jenis KAP berasosiasi secara positif dengan ukuran perusahaan, struktur kepemilikan dan DER mungkin berhubungan dengan tingkat pengungkapan sukarela laporan tahunan. Penelitian dilakukan atas dasar laporan tahunan 2003 terhadap 50 perusahaan sampel.
Penelitian ini menemukan bahwa besarnya tingkat pengungkapan sukarela (disclosure level) atas laporan tahunan 2003 pada perusahan manufaktur yang terdaftar di BEJ untuk indeks pengungkapan dengan pembobotan adalah 13,5% dan indeks pengungkapan tanpa pembobotan adalah 16%.
Hasil penelitian dengan indeks pengungkapan dengan pembobotan ataupun tanpa pembobotan menunjukkan bahwa jenis KAP berasosiasi secara positif terhadap hubungan antara ukuran perusahaan dan tingkat pengungkapan, dan juga jenis KAP berasosiasi secara positif terhadap hubungan antara struktur kepemilikan dan tingkat pengungkapan. Sedangkan jenis KAP berasosiasi secara positif terhadap hubungan antara DER dan tingkat pengungkapan tidak terbukti.

 File Digital: 9

Shelf
 T 23828-Analisis hubungan-Bibliografi.pdf :: Unduh
 T 23828-Analisis hubungan-Lampiran.pdf :: Unduh
 T 23828-Analisis hubungan-Analisis.pdf :: Unduh
 T 23828-Analisis hubungan-Abstrak.pdf :: Unduh
 T 23828-Analisis hubungan-Kesimpulan dan Saran.pdf :: Unduh
 T 23828-Analisis hubungan-Metodologi.pdf :: Unduh
 T 23828-Analisis hubungan-Pendahuluan.pdf :: Unduh
 T 23828-Analisis hubungan-HA.pdf :: Unduh
 T 23828-Analisis hubungan-Literatur.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T23828
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2007
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text ; computer
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : 70 pages ; illustration ; 29 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T23828 15-19-281036560 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 114838