:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Evaluasi atas kualitas board governance dalam mewujudkan good gorproate governance studi kasus pt asuransi kredit indonesia (persero)

Nurul Fatiha; Akhmad Syakhroza, supervisor; Lindawati Gani, examiner; Silvia Veronica, examiner (Universitas Indonesia, 2007)

 Abstrak

Dalam rangka meningkatkan kinerja BUMN, pemerintah telah melakukan pembenahan secara terus menerus. Operasional BUMN bertumpu kepada tiga hal yaitu restrukturisasi privatisasi dan penerapan prinsip Good Corporate Governance (GCG). Penerapan prinsip GCG di BUMN ditandai dengan penerbitan Keputusan Menteri Negara BUMN Nomor 117/M-MBU/2002 tentang Pengembangan Praktik Corporate Governance di BUMN. Perusahaan asuransi sebagai lembaga penghimpun dana , yang bersumber dari penerimaan premi asuransi dari masyarakat, dimana dana ini telah mendapat persetujuan pemerintah untuk diinvestasikan kembali pada sektor-sektor produktif dan aman sekaligus sebagai pembiayaan pembangunan.. PT Askrindo sebagai salah satu perusahaan asuransi milik pemerintah memiliki pengaruh yang cukup besar dalam perekonomian Indonesia. Posisi board governance merupakan sebagai ?perantara? antara pemegang saham (RUPS) dan manajemen (dewan direksi). Penilaian terhadap Board harus dilakukan untuk melihat efektivitas board dalam menjalankan fungsinya. Hasil penilaian tersebut akan menyimpulkan bahwa board sangat efektif (outstanding), baik (consistently good), perlu peningkatan (need improvement) dan sangat perlu peningkatan (need significant improvement). Pertanyaan dalam penilaian tersebut meliputi : Board Information, Board Composition, Board Accountability dan Standards of Conduct. Jika perusahaan memiliki Board Governance yang baik maka perusahaan akan memiliki kinerja yang baik pula. Board governance merupakan salah satu faktor input kunci guna menghantarkan optimalisasi pengelolaan sumber daya organisasi.

 File Digital: 8

Shelf
 T 23827-Evaluasi atas kualitas-HA.pdf :: Unduh
 T 23827-Evaluasi atas kualitas-Kesimpulan dan Saran.pdf :: Unduh
 T 23827-Evaluasi atas kualitas-Pendahuluan.pdf :: Unduh
 T 23827-Evaluasi atas kualitas-Bibliografi.pdf :: Unduh
 T 23827-Evaluasi atas kualitas-Abstrak.pdf :: Unduh
 T 23827-Evaluasi atas kualitas-Lampiran.pdf :: Unduh
 T 23827-Evaluasi atas kualitas-Analisis.pdf :: Unduh
 T 23827-Evaluasi atas kualitas-Literatur.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T23827
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2007
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text ; computer
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : 89 pages : illustration ; 29 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T23827 15-19-882056159 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 115056